Let's Chat

17 Minuman dan Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba

Minuman dan Makanan Khas Malang – Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan domestik dan internasional. Tak hanya terkenal karena daya tarik wisata alamnya, Malang juga dikenal dengan ragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa minuman dan makanan khas Malang yang harus kamu cicipi jika berkesempatan berkunjung ke kota yang dikenal sebagai Bumi Arema ini.

17 Minuman & Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba

1. Pia Cap Mangkok

Minuman dan Makanan Khas Malang

Pia Cap Mangkok merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang yang Saat mengunjungi kota ini, Anda harus membawa pulang sesuatu. Jajanan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1959 dan terkenal akan tekstur lembut di dalamnya serta renyah di bagian luarnya. Pia ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti kacang hijau, Apel, keju, cokelat, durian, kopi, tangkwee, serta teh hijau.

Kemasan Pia Cap Mangkok pun cukup menarik, mulai dari kotak, toples, bungkus, hingga mini bag. Meskipun kemasannya dihiasi dengan karakter China, Pia Cap Mangkok sudah memiliki sertifikasi Halal.

Ada 5 cabang Pia Cap Mangkok yang bisa kamu kunjungi, di antaranya di Jalan Semeru No. 25, Ruko Grand Soekarno Hatta Kavling 16-17, Jl. Galunggung 51, Jl. Villa Tidar Indah 5, dan Jl. Randu Agung 9 Singosari.

2. Bakso Malang

Minuman dan Makanan Khas Malang

Bakso Malang terkenal dengan kuah kaldu yang nikmat dan tekstur bakso yang lembut serta kenyal. Bakso ini memang memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan bakso dari kota lain. Daging sapi menjadi bahan utama untuk pentol bakso, disertai kuah kaldu sapi yang gurih. Bakso Malang dilengkapi dengan mie kuning atau bihun, tauge, tahu, siomay, gorengan, dan taburan bawang goreng. Jangan lewatkan Bakso Malang saat berkunjung ke kota ini.

3. Bakso Bakar

Minuman dan Makanan Khas Malang

Setelah mencicipi Bakso Malang asli, cobalah Minuman dan Makanan Khas Malang salah satunya adalah Bakso Bakar. Hidangan ini terdiri dari tumpukan bakso yang ditusuk dan dibakar dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Bakso Bakar Malang telah populer hingga ke kota-kota di luar Malang. Aromanya yang menggoda akan membuat perutmu tak sabar untuk mencicipinya. Bakso Bakar disajikan dengan kuah bakso dan mie bihun yang lembut.

4. Es Durian Dempo

Meskipun Malang terkenal dengan buah apel manis, kini kota ini juga menawarkan hidangan buah durian. Jika berkesempatan mengunjungi Malang, cobalah mencicipi makanan penutup Es Durian Dempo dari warung legendaris. Campuran buah durian segar, susu kental manis, sirup, dan es batu akan melegakan dahaga dan menyegarkan hari-harimu di Malang. Mangkuk tersebut hanya dijual dengan harga sekitar Rp 8 ribu rupiah.

5. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng adalah makanan legendaris kota Malang yang telah ada sejak tahun 1935. Hidangan ini terdiri dari tahu telur yang digoreng bersama bumbu kacang gurih. Tahu Lontong Lonceng Malang khas dengan porsi tauge dan kerupuk yang sangat banyak dalam satu piring. Kuliner legendaris ini pasti wajib dicoba saat berkunjung ke Malang.

6. Putu Lanang Celakat

Putu adalah jajanan tradisional yang masih menjadi favorit warga Malang. Putu terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah dan dikukus hingga matang. Kamu masih bisa menemukan penjual putu keliling dengan suara khasnya. Putu disajikan di atas daun pisang, ditaburi parutan kelapa yang gurih. Parutan kelapa itulah yang membuat rasa Putu semakin lezat. Saat digigit, gula merah yang lembut akan langsung meleleh di mulut.

7. Es Tawon

Apa itu Es Tawon? Es Tawon merupakan warung es campur yang telah berdiri sejak tahun 1955. Keunikan warung es campur ini adalah banyaknya lebah kecil yang mengelilingi gula yang menjadi campuran es campur. Karena banyaknya lebah tersebut, es campur ini disebut Es Tawon. Menikmati es sambil dikelilingi beberapa tawon menjadi pengalaman menarik dan unik.

8. Orem-Orem

Orem-orem adalah makanan khas Malang yang menarik untuk dicicipi. Hidangan ini terdiri dari irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental mirip kuah opor. Orem-orem unik karena lebih sering dimasak di atas bara api arang untuk menjaga kualitas rasa alami. Tambahkan kecap dan sambal untuk menambah cita rasa yang menggugah selera.

9. Burger Buto

Malang juga menawarkan berbagai makanan tradisional dan internasional, seperti Burger Buto. Restoran ini menonjol karena bentuk dan ukuran burger yang tidak biasa. Burger Buto menyajikan burger jumbo atau panjang, cocok untuk makan bersama teman-teman. Keunikan Burger Buto membuat restoran ini selalu ramai pengunjung.

10. Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan pilihan sarapan pagi bagi banyak warga Malang. Rasa yang kaya dari kuah kaldu, suwiran ayam, dan kacang melengkapi pagi harimu. Tekstur bubur ayam Malang sangat lembut dan rasanya nikmat. Jika menginap di Malang, jangan ragu mencoba Bubur Ayam sebagai sarapan pagi. Harga satu porsi bubur ayam hanya sekitar 10 ribu rupiah.

11. Tempe Mendol

Mendol adalah olahan tempe yang dibentuk menjadi blok atau mendol. Tempe Mendol sudah sangat familiar bagi warga Malang dan sering ditemukan dalam berbagai lauk pauk, seperti pecel dan lalapan. Tekstur Mendol cukup padat dan memiliki rasa yang lebih pekat dibanding tempe biasa. Mendol cocok disantap bersama nasi hangat dan sayur-sayuran.

12. Sate Kelinci

Saat berkunjung ke Malang, wisatawan seringkali juga mengunjungi Batu. Jika kamu berkesempatan ke Batu, cobalah mencicipi Sate Kelinci. Bumbu tradisional yang melapisi daging kelinci memiliki rasa lezat dan nikmat. Daging kelinci empuk seperti ayam dan mengandung berbagai manfaat kesehatan. Kabarnya, Sate Kelinci dapat membantu menyembuhkan penyakit asma.

13. Ronde Titoni

Malang dikenal dengan suhu udaranya yang sejuk, terutama pada malam hari. Udara dingin semakin nikmat jika disertai dengan hidangan hangat seperti Ronde Titoni. Hidangan ini terdiri dari air jahe dengan isian kolang-kaling dan disajikan bersama roti tawar, kacang tanah, dan mochi tepung beras.

14. Angsle

Minuman dan Makanan Khas Malang

Angsle adalah pasangan dari Ronde; jika kamu menemukan warung Ronde, biasanya mereka juga menjual Angsle. Angsle adalah minuman khas Malang yang terdiri dari wedang panas dengan isian roti tawar, kacang tanah, dan kacang hijau. Pada pagi hari, Angsle segar disajikan dengan es, sedangkan pada malam hari cocok dinikmati hangat. Rasa manisnya menjadikan Angsle favorit warga Malang.

15. STMJ

Minuman dan Makanan Khas Malang

Selain Ronde, Malang juga memiliki minuman khas yang dapat menghangatkan badan saat suhu dingin, yaitu STMJ. Minuman ini merupakan singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe. Rasanya pekat dan gurih, mampu mengusir hawa dingin di malam hari. STMJ juga bisa disajikan dingin untuk mengatasi hawa panas. Minuman ini kaya protein dan vitamin, sehingga baik untuk kesehatan.

16. Soto Kambing

Minuman dan Makanan Khas Malang

Makanan khas Malang ini mungkin hanya bisa ditemukan di beberapa daerah tertentu di Kota Malang. Pada awalnya, Soto Kambing hanya tersedia bagi kelompok tertentu, namun kini telah dapat dinikmati oleh semua orang. Rasa Soto Kambing mirip perpaduan antara soto dan gulai, kombinasi rasa ini membuat hidangan ini sangat lezat. Soto Kambing akan semakin nikmat disantap bersama nasi hangat.

Baca Juga : Jajanan Enak di Malang 2023

17. Es Santan Ketan Hitam

Minuman dan Makanan Khas Malang

Makanan legendaris dari Malang ini adalah minuman segar lainnya yang wajib kamu cicipi. Isi dari minuman ini terdiri dari kuah santan dan siraman sirup merah. Ditambah dengan ketan hitam dan dawet merah, serta dilengkapi dengan roti tawar. Es Santan Ketan Hitam semakin menyegarkan saat dinikmati pada siang hari. Perpaduan kuah santan dan sirup membuat Es Santan Ketan Hitam terasa spesial dan semakin disukai oleh masyarakat.

Kota Malang, yang juga terkenal sebagai Kota Pendidikan, menyimpan banyak objek wisata menarik. Namun, wisata kuliner juga menjadi daya tarik kota ini. Jika kamu berencana mengunjungi Kota Malang, jangan lewatkan berbagai makanan dan minuman khas Malang. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas kota ini untuk mengenang pengalaman indah mengunjungi Malang.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Kota Malang di Jawa Timur, selain terkenal sebagai Kota Pendidikan dan objek wisata menarik, juga memiliki beragam wisata kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa makanan dan minuman khas Malang yang wajib dicoba antara lain Pia Cap Mangkok, Bakso Malang, Bakso Bakar, Es Durian Dempo, Tahu Lontong Lonceng, Putu Lanang Celakat, Sate Kelinci, Ronde Titoni, Angsle, STMJ, Soto Kambing, dan Es Santan Ketan Hitam. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan khas Malang dan membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan saat mengunjungi kota ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top