Let's Chat
Wisata Malang Selatan

Rekomendasi 10 Wisata Malang Selatan, Ada Pantai Apa Saja?

Wisata Malang Selatan –  Wisata di selatan Malang didominasi oleh pantai, sementara di bagian selatannya, pegunungan dan dataran bergelombang menjadi ciri khasnya. Dataran rendah di pesisir selatan terbatas, dan sebagian besar pantainya memiliki kontur berbukit.

Sama seperti lokasi geografis Malang lainnya, bagian selatan Malang juga menyajikan sejumlah tempat wisata menarik. Terletak dekat dengan Samudra Hindia, wilayah ini kaya akan pantai serta dikenal dengan keberadaan perkebunan tebu, serta tanaman hortikultura seperti salak dan semangka.

Jika Anda menginginkan pengalaman menikmati keindahan pantai, tempat wisata di selatan Malang adalah destinasi yang sangat cocok untuk dikunjungi selama liburan. Bagi pecinta pantai, jangan lewatkan tempat-tempat indah dan menarik di selatan Malang. Meskipun berada di selatan Malang, akses ke tempat-tempat wisata di Malang Selatan relatif mudah.

Rekomendasi 10 Wisata Malang Selatan

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung, destinasi wisata utama di Malang Selatan, menarik untuk dikunjungi. Terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun internasional, pantai ini terletak 57 kilometer ke selatan dari kota Malang, di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan.

Meskipun perjalanannya cukup jauh, kecantikan pantai dengan pasir putihnya yang bersih, karang yang menawan, dan pemandangan yang memukau akan membalas perjalanan yang menguras waktu tersebut.

Pantai Tiga Warna

Destinasi berikutnya di Malang Selatan yang patut dieksplorasi, menonjolkan keunikan yang membedakannya dari pantai-pantai lain di Malang.

Keunikan pertama dari Pantai Tiga Warna terletak pada pola warna uniknya, yang mencakup tiga warna berbeda. Perbedaan warna ini dihasilkan oleh pembiasan cahaya matahari, menghadirkan nuansa merah, hijau, dan biru di sepanjang pantai.

Sementara keunikan kedua Pantai Tiga Warna terletak pada manajemen pengelolaannya yang sangat ketat. Pantai ini menjalani penjagaan maksimal dengan menerapkan kuota harian untuk pengunjung. Pembatasan jumlah pengunjung bertujuan untuk menjaga kelestarian alam pantai ini, dengan kunjungan yang dibatasi hingga 2 jam.

Selain menikmati panorama alam Pantai Tiga Warna, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan seru seperti snorkeling dan berenang.

Pantai Licin

Pantai Licin, salah satu tujuan wisata di pesisir selatan Pulau Jawa, terletak di tepi Samudera Indonesia dan berada di wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Ampelgading, sebagai titik paling selatan timur Malang.

Perjalanan ke pantai ini menjadi tantangan karena jalur akses yang berkelok-kelok, sehingga diperlukan kewaspadaan ekstra selama perjalanan menuju Pantai Licin.

Pantai ini mempesona dengan keindahan alam pantai selatan yang dihiasi oleh pasir hitamnya, berasal dari letusan Gunung Semeru. Pantai Licin yang menghadap ke Samudera Hindia memiliki garis pantai yang melengkung, menciptakan teluk yang menarik.

Selain menikmati panorama alam pantai, pengunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling dan berenang di perairan tenang di sekitar Pantai Licin.

Pantai Sipelot

Destinasi wisata berikutnya di Malang Selatan adalah Pantai Sipelot, yang terletak di sebuah teluk di Kecamatan Tirtoyudao, Malang Selatan. Saat mengunjungi tempat ini, kamu akan memperoleh pengalaman memukau dengan pemandangan air yang sangat jernih yang dapat terlihat dari ketinggian.

Di sini, terdapat juga air terjun yang disebut Coban Sipelot yang dapat dinikmati.

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru, salah satu tempat wisata yang berlokasi di Malang Selatan, terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Untuk mencapainya dari kota Malang, diperlukan perjalanan sejauh sekitar 20 kilometer.

Pantai ini menampilkan keunikan dengan adanya danau kecil di pulau Sempu yang dikenal sebagai Segoro Anakan, menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Pantai Bajul Mati

Berikutnya, destinasi wisata di Malang Selatan adalah Pantai Bajul Mati, terletak di Kecamatan Gedangan. Perjalanan ke pantai ini memerlukan perjalanan sejauh sekitar 58 kilometer dari pusat kota Malang, dengan menggunakan jalur yang sama dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang, salah satu pantai favorit di Malang Selatan, bisa dijangkau dengan mudah berkat penunjuk arah yang jelas. Meskipun memerlukan perjalanan sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang, perjalanan menuju pantai ini tidak sulit.

Pantai Balekambang, yang merupakan salah satu pantai terkenal di Malang selain Sendang Biru, memiliki keunikan dengan adanya pura di pulau kecil bernama pulau Ismoyo. Sebuah jembatan memungkinkan pengunjung untuk melihat langsung Pura Luhur Amertha Jati.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep dikenal karena dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang membingkai pantainya. Selain itu, pantai ini mempesona dengan keeksotisan pasir putihnya. Untuk menikmati keindahan pantai ini, kamu perlu melakukan perjalanan sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang, yang terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

Lembah Indah

Sebagai destinasi wisata edukatif yang menyediakan penginapan, Lembah Indah menampilkan beragam fasilitas menarik dan kegiatan yang menghibur. Di sini, para pengunjung dapat mencoba berbagai kegiatan, termasuk beternak sapi, berkebun, menikmati flying fox, bersepeda ATV, menunggang kuda, berkemah, serta menikmati kuliner.

Fasilitas yang tersedia di Lembah Indah mencakup kegiatan outbond, area perkemahan, glamping, restoran, perkebunan, peternakan, dan juga lokasi yang cocok untuk berfoto di Instagram. Penginapan di Lembah Indah memiliki rentang harga mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1,75 juta per malam. Tiket masuknya seharga Rp 20.000 untuk satu orang dewasa dan anak berusia di atas 5 tahun.

Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah, destinasi alam dengan pemandangan bawah air yang memukau di Malang Selatan, menawarkan air yang begitu jernih sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat ikan-ikan kecil yang lucu, tumbuhan, dan pasir di dasarnya. Sekeliling telaga dipenuhi dengan pepohonan rindang.

Tidak hanya menawarkan pemandangan bawah air yang indah dan air yang menyegarkan, tetapi juga suasana asri dan sejuk. Pengalaman bermain di Mata Air Sumber Sirah menjadi sempurna dengan kesempatan untuk berfoto di bawah air, menampilkan pemandangan bawah air yang memukau.

Pengunjung dapat merasakan keseruan berenang, namun perlu berhati-hati karena kedalaman yang bervariasi, mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam di Mata Air Sumber Sirah yang berlokasi di Jalan Sunan Gunung Jati RT 05 RW 02, Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Lebih Lanjut Mengenal Pantai Batu Bengkung

Puncak Bundu

Puncak Bundu, atau dikenal juga sebagai Bukit Pelindung, menghadirkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan pegunungan dan sungai yang memikat. Area luas yang ditutupi oleh pepohonan hijau menciptakan suasana asri dan udara yang semakin sejuk di Puncak Bundu.

Dengan Gunung Semeru sebagai latar belakang yang menjulang tinggi, Puncak Bundu menawarkan spot foto menarik seperti sarang jari-jari tangan, hammock, meja, dan kursi kayu. Harga tiket masuknya terjangkau, yakni Rp 5.000 per orang. Lokasinya terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit dari pusat Kota Malang. Dari area parkir, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter.

Wisata ke Malang Selatan akan lebih sempurna dengan menikmati keindahan alam dan berbelanja oleh-oleh khas agar menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kunjungi pusat oleh-oleh populer dan legendaris di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok, yang menawarkan cita rasa otentik dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan cabang tersebar di berbagai lokasi di Kota Malang, pastikan untuk mampir ke Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang paling dekat dengan wisata Malang Selatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top