Let's Chat
Pantai Batu Bengkung

Keindahan Pantai Batu Bengkung, Berikut Harga Tiket dan Rute Terbaiknya!

Pantai Batu Bengkung – Pantai Batu Bengkung di Malang adalah tujuan wisata yang menarik dengan keindahan alam yang memukau, menjadi salah satu yang paling populer di antara destinasi lainnya.

Dengan gabungan kecantikan pantai, pasir putih, dan formasi batuan yang khas, Pantai Batu Bengkung memikat banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang memukau. Keberadaan pantai yang alami dan sepi menjaga kebersihannya dari polusi sampah, menjadikannya opsi yang ideal bagi mereka yang mencari liburan damai dan terhindar dari keramaian wisatawan.

Mengenal Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung mempunyai keunikan yang terletak pada struktur garis pantai di kedua sisinya, dengan keberadaan pantai yang menghadap ke barat dan selatan, menciptakan kesan bahwa pantai ini memiliki dua bagian yang berbeda.

Sama seperti kebanyakan pantai di sepanjang pesisir selatan Jawa, ombak di Pantai ini umumnya sangat kuat dan besar, sehingga menjadi potensi bahaya jika seseorang terlalu mendekati tengah dan terkena gelombang yang mendorong ke laut.

Namun, berkat formasi karang yang istimewa, Anda dapat bermain air dengan pengawasan dari tim SAR di sini. Karang di sisi selatan Pantai Batu Bengkung membentuk suatu struktur yang menyerupai benteng, sehingga mampu menahan ombak di pinggiran.

Air laut yang terkumpul membentuk kolam yang dapat dinikmati oleh pengunjung untuk berenang. Di sekitar pantai, terdapat bukit karang besar yang hampir menyerupai pulau dengan pepohonan tumbuh di atasnya.

Nama “Batu Bengkung” diambil dari bentuk pantai yang unik tersebut, di mana garis pantai dan batu karang besar terlihat seperti perut yang dibengkung atau diikat menggunakan stagen. Inilah keunikan yang membuat Pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi saat berada di Malang.

Lokasi dan Jalur Terbaik ke Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung berada di Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Tempatnya tidak terlalu jauh dari beberapa pantai terkenal di Malang, seperti Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina.

Jaraknya sekitar 64 km dari pusat Kota Malang, dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Rute terbaik menuju pantai ini dapat diakses menggunakan Google Maps, yang akan memberikan petunjuk perjalanan dari titik awal Anda.

Tarif Masuk Pantai Batu Bengkung

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Batu Bengkung sangat terjangkau dan tidak membebani. Tarif tiket masuknya bisa Anda lihat berikut ini:

  • Tiket Masuk: Rp10.000,00
  • Parkir Motor: Rp5.000,00
  • Parkir Mobil: Rp10.000,00

Harga-harga dalam tabel dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Namun, informasi ini dapat Anda gunakan sebagai panduan persiapan dan perkiraan biaya sebelum berwisata ke Pantai ini.

Jam Buka Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung dapat dinikmati kapan saja, karena tempat ini beroperasi 24 jam sehari. Meskipun demikian, ada waktu-waktu tertentu yang dapat menjadi pilihan ideal untuk berkunjung, seperti saat sore hari.

Pada sore hari, suhu matahari tidak begitu panas, sehingga Anda dapat dengan nyaman menjelajahi dan bermain di pantai. Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai ini tanpa perlu menunggu terlalu lama atau merasa kepanasan.

Sebaiknya, pilihlah waktu kunjungan saat musim kemarau untuk menghindari cuaca mendung dan hujan. Dengan demikian, Anda dapat mengeksplorasi dan berlibur di Pantai ini tanpa terganggu oleh kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Aktivitas Menarik di Pantai Batu Bengkung

Terdapat berbagai cara untuk menikmati pesona Pantai Batu Bengkung, mulai dari berenang, bermain pasir, hingga menikmati kuliner khas Malang. Berikut beberapa saran kegiatan menarik yang bisa Anda eksplorasi ketika berada di pantai ini.

Bermain Air di Kolam Alami

Kolam alami dengan kedalaman mencapai 1.5 meter terbentuk dari tembok karang tersebut, menjadi tempat yang ideal untuk berenang bagi para pengunjung. Kolam ini melintasi bagian selatan garis pantai, memberikan kesempatan bagi Anda untuk berenang dari satu ujung ke ujung lainnya.

Namun, untuk menikmati kolam air asin ini, perlu menunggu waktu pasang laut agar cekungan kolam terisi. Pada saat air laut surut, air di dalam kolam pun mengalami penyusutan dan menghilang.

Selalu ingat untuk berhati-hati dan mematuhi petunjuk keselamatan yang diberikan oleh petugas ketika berenang. Keadaan alam yang berubah-ubah dapat menjadi potensi bahaya, sehingga kewaspadaan sangat penting selama beraktivitas di pantai.

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan Malang. Pemandangan luas pasir putih dan ombak yang bening akan menyajikan panorama yang tak terlupakan.

Keistimewaan terletak pada hadirnya tembok karang dan dua panorama pantai yang dapat dinikmati secara bersamaan. Tembok karang ini memukau ketika menjadi pemecah ombak alami, menahan hantaman gelombang yang besar.

Daerah sekitar pantai dipenuhi dengan pepohonan hijau yang melingkupi pantai dan batu karang besar. Keberadaan pohon-pohon ini menambah keasrian Pantai Batu Bengkung dan memberikan nuansa yang menyenangkan.

Kombinasi warna kuning, putih, biru, dan hijau dari panorama pantai menciptakan pemandangan yang memukau. Bagi yang menginginkan pengalaman pantai yang bersih, alami, dan tidak terlalu ramai, Pantai ini layak untuk dikunjungi.

Menikmati Keindahan Matahari Terbenam

Salah satu keunggulan Pantai Batu Bengkung adalah kesempatan untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Dengan menghadap ke barat, pantai ini menyajikan pemandangan matahari terbenam yang memukau tanpa adanya halangan.

Anda dapat menikmati momen matahari terbenam dengan duduk santai, menikmati hidangan bersama teman atau pasangan. Suasana romantis dari langit senja di Pantai ini menciptakan momen yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Fotografi untuk mengabadikan keindahan ini terus berlanjut hingga langit menjadi gelap. Pemandangan matahari terbenam yang memukau di Pantai Batu Bengkung dapat menjadi pemandangan terbaik dan foto terindah dalam kenangan liburan Anda.

Berjalan-Jalan ke Puncak Bukit Karang

Jika Anda merasa bosan dengan aktivitas bermain air dan pasir di tepi pantai, mencoba mendaki bukit karang di Pantai Batu Bengkung bisa menjadi alternatif yang menarik. Dari puncak bukit karang, Anda dapat menikmati panorama pantai dan laut yang memukau dengan jelas.

Bukit ini juga menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto karena latar belakangnya yang indah. Untuk mencapai puncak bukit, Anda akan melalui jalur sempit di tepiannya dengan bantuan tali pengaman yang telah dipasang.

Walaupun tantangannya terasa sulit, pemandangan yang terbentang dari puncak bukit mampu menginspirasi semangat para pengunjung untuk terus melangkah. Tetaplah berhati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh saat mendaki bukit karang ini.

Camping di Pantai Batu Bengkung

Salah satu kegiatan menarik lainnya yang dapat dinikmati di Pantai Batu Bengkung adalah berkemah. Berkemah sering menjadi pilihan bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan pantai ini lebih lama.

Setelah menyaksikan matahari terbenam, suasana malam yang tenang menjadi momen ideal untuk membuat api unggun dan menikmati waktu bersama sambil bernyanyi. Cahaya bulan dan bintang yang menerangi malam semakin menambah keasyikan berkemah di Pantai ini.

Namun, untuk berkemah, Anda perlu menyiapkan sendiri peralatan dan perlengkapan camping dari rumah, karena belum tersedia tempat penyewaan di sekitar Pantai ini.

Baca Juga: Rekomendasi Air Terjun di Malang

Kuliner di Pantai Batu Bengkung

Berwisata ke Pantai Batu Bengkung akan semakin istimewa ketika Anda menikmati hidangan khas Malang yang ditawarkan di sana. Berbagai hidangan seafood, termasuk udang, kepiting, dan ikan laut segar, dapat dinikmati di tempat ini.

Menu andalan seperti kepiting saus pedas dan ikan asam manis menjadi favorit yang sebaiknya Anda cicipi saat berkunjung. Harga yang diberlakukan cukup terjangkau, sementara cita rasa tidak kalah lezat dengan restoran di pusat kota.

Nah itulah informasi mengenai Pantai Batu Bengkung. Di sekitar pantai, toko-toko juga menyediakan beragam souvenir dan oleh-oleh khas Malang yang dapat dibawa pulang. Liburan di Pantai Batu Bengkung menjadi lebih sempurna dengan menikmati keindahan alam dan berbelanja oleh-oleh.

Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh yang direkomendasikan di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok. Dengan cita rasa yang autentik dan harganya yang sangat terjangkau, pastinya tidak boleh dilewatkan. Cabangnya pun ada di berbagai sudut Kota Malang, sehingga Anda dapat mengunjungi Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok terdekat dengan Pantai Batu Bengkung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top