Let's Chat
Wisata Malang Air Terjun

Cantik! Berikut Rekomendasi Wisata Malang Air Terjun

Wisata Malang Air Terjun – Siapa bilang kawasan Malang Raya hanya punya pantai dan tempat wisata yang menarik? Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu juga memiliki banyak sekali air terjun yang indah dan eksotis. Datang kesini pengunjung pasti akan takjub dengan keindahan alam dan kesejukan air terjun yang mengalir. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang panorama air terjun.

Jika Anda belum tahu harus pergi ke mana saat libur tiba, tak ada salahnya mampir ke beberapa wisata air terjun di Malang Raya. Air terjun ini cocok dijadikan tempat healing sejenak bersama teman atau sahabat dan keluarga. Berikut daftar rekomendasi wisata air Terjun di Malang.

Rekomendasi Wisata Malang Air Terjun

Coban Jahe Malang

Yang pertama, Air Terjun Coban Jahe terletak di desa Pandansari Lor, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Air Terjun ini jaraknya tidak jauh dari pintu masuk di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).
Perjalanan kesini tidak terlalu jauh. Diperkirakan hanya memakan waktu satu jam dengan mobil dari pusat kota Malang.

Setibanya di sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan aliran sungai setinggi 45 meter. Airnya mengalir cukup deras.
Air Terjun Coban Jahe memiliki banyak spot foto yang indah. Di sini terdapat jembatan kayu yang membentang di antara pepohonan. Lalu ada juga teras kayu dengan latar belakang air terjun dan tebing. Bersama teman atau keluarga, para pengunjung dapat bersenang-senang di dalam air sebanyak yang mereka inginkan. Namun hati-hati karena cipratan airnya cukup deras.

Coban Pelangi

Ingin menikmati suasana berbeda dari air terjun? Pengunjung bisa singgah di air terjun Coban Pelangi. Jika beruntung, air terjun ini akan menyuguhkan pemandangan pelangi di sekitarnya.

Pengunjung bisa melihat pemandangan ini jika berkunjung ke sana antara pukul 10:00 WIB hingga 14:00 WIB. Saat itu, matahari yang sudah terbit akan memantulkan sinar cahayanya di sekitar air terjun. Pantulan ini akan membuat air terjun tampak berwarna-warni seperti pelangi. Air Terjun Coban Pelangi terletak di kawasan Taman Nasional Bromo tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang.

Coban Rondo

Wisata Malang Air Terjun

Tak kalah indahnya, di kawasan Pujon Kabupaten Malang juga terdapat air terjun yang menawarkan panorama indah. Wisatawan pasti tahu yang namanya air terjun Coban Rondo.
Jika Anda ingin mencoba dan menikmati indahnya pemandangan air terjun, Coban  Rondo adalah pilihan yang tepat. Air terjun ini mampu membuat pengunjungnya merasa segar dalam sekejap berkat keindahan dan alamnya.

Ada juga beberapa taman indah di sini. Salah satunya adalah disebut taman sesat atau labirin. Pengunjung kerap datang ke taman ini untuk bersenang-senang dan berfoto bersama.

Coban Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu atau dikenal juga dengan nama Coban Sewu merupakan air terjun dengan ketinggian 120 meter. Air terjun ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur.

Sangat indah, Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ciri air yang mengalir berbentuk tirai sehingga tergolong air terjun bertingkat. Tempat ini terletak di sebuah lembah yang panjang dan curam dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di atas Sungai Glidih yang mengalir ke Gunung Semeru. Secara geografis Air Terjun Tumpak Sewu terletak di dua desa, yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Tumpak Sewu beroperasi mulai subuh hingga senja, mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuk air terjun ini masih terjangkau yakni Rp.10.000/orang. Selain itu, jangan lupa untuk menganggarkan uang ekstra untuk biaya parkir. Biaya parkir untuk mobil adalah Rp. 10.000, sedangkan untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 5000.

Coban Nirwana

Coban Nirwana merupakan destinasi wisata yang terletak di Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pengalaman menyenangkan dengan pemandangan alamnya yang indah, air terjun yang indah, dan suasananya yang damai. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, anda akan setuju bahwa Coban Nirwana merupakan destinasi wisata yang ideal bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam seutuhnya. Suasananya yang sangat sepi dan sejuk membuat pengunjung bisa merasakan kedamaian yang jarang ditemui di kota-kota besar.

Air Terjun Coban Nirwana Indah dengan ketinggian sekitar 25 meter. Pengunjung dapat mengagumi keindahan air terjun dari berbagai sudut dan menikmati segarnya udara yang bertiup di sekitar area air terjun. Di sekitar kawasan air terjun terdapat jalan setapak yang bisa dilalui pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Selain air terjun, Coban Nirwana juga memiliki beberapa spot foto menarik seperti gardu pandang dengan latar belakang air terjun, jembatan kayu yang melintasi sungai, dan deretan pepohonan rindang yang memberikan suasana menyenangkan bagi wisatawan. Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, tersedia sejumlah spot-spot dengan pemandangan menakjubkan. Selain itu, tempat ini juga memiliki tempat parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir.

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan merupakan tempat dengan air terjun menjulang yang memikat hati pengunjung. Lebih dari satu air terjun menjadi spot andalan di Coban Ciblungan.
Di lokasi ini terdapat sebuah air terjun besar yang terletak di puncak atau titik tertinggi. Di bawahnya terdapat air terjun kecil yang tak terhitung jumlahnya, menciptakan keindahan alam yang luar biasa secara keseluruhan.
Sumber air coban besar berasal dari sungai, namun air terjun kecil berasal dari aliran sungai sekitar.

Perpaduan air dari coban kecil dan coban besar menghasilkan genangan yang jernih namun tidak terlalu dalam. Pasalnya, airnya langsung mengalir ke sungai di belakang danau air terjun.

Ada beberapa jenis aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di situs Coban Ciblungan yaitu berenang atau bermain air. Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan pengunjung selama berada di sini adalah berburu foto untuk kebutuhan konten di media sosial. Dan menikmati keindahan alam, kondisi alam membuat tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas segala kepenatan hidup baik itu pekerjaan maupun lainnya. Udara segar, suara air terjun yang mengalir, dan suara burung yang terbang bebas di alam menciptakan suasana damai.

Baca Juga: Beli oleh-oleh Malang dimana?

Coban Rais

Selanjutnya, tidak lengkap membahas Air Terjun Malang tanpa menyertakan Coban Rais. Kawasan air terjun ini sangat terkenal dengan keindahannya. Coban Rais merupakan objek wisata di kota Batu. Sejak tahun 2016, tempat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu juga terdapat Taman Bunga Bukit Bulu Batu yang sangat indah.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terletak sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Panderman. Dulunya Coban bernama Coban Sarangan, artinya untuk sampai ke Coban harus melintasi 14 sungai.
Di kawasan wisata Coban Rais, para pengunjung akan disuguhi banyak spot foto yang cantik dan Instagrammable. Coban Rais terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kabupaten/Kota Batu. Lokasinya dapat diakses dari kota Batu sekitar 7 km, waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Jadi, tertarik berwisata air terjun yang mana saat ke Malang?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top