Let's Chat

Daftar Oleh-Oleh Khas Malang, Dimana Membelinya? Yuk Simak!

Oleh-Oleh Khas Malang Dimana – Eksotisme Kota Malang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan membuat kota ini dijuluki berbagai macam nama seperti Kota Wisata, Kota Pendidikan, dan Kota Bunga. Kota Malang juga terkenal dengan tempat wisatanya yang tidak ada habisnya seperti Jatim Park, Kawasan Pujon, Coban Rondo, dan wisata alam lainnya yang memanjakan mata.

Apabila ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di kota ini, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Berikut ini daftar oleh-oleh khas Malang yang bisa anda bawa pulang beserta tempat membelinya, mulai dari makanan hingga pernak-pernik kerajinan tangan.

Oleh-Oleh Khas Malang, Dimana Membelinya?

Pia Mangkok Malang

Malang memiliki varian makanan khas yaitu pia yang tidak kalah nikmat dan populer dengan bakpia khas oleh-oleh kota Jogja. Yaitu bernama Pia Mangkok Malang, yang berbeda dengan bakpia Jogja. Bakpia Jogja biasanya memiliki ukuran kecil, sedangkan pia mangkok khas Malang ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki banyak pilihan rasa menarik.

Berbagai rasa tersebut antara lain, rasa kacang hijau, cokelat, tangkwee, green tea, keju, kopi, nanas, hingga rasa durian. Kemasannya pun dapat terdiri dari beberapa varian rasa tersebut, mulai dari isi lima hingga toples yang berisi 16 buah. Pia mangkok juga mampu bertahan lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah kembali dari Malang.

Tidak sulit didapatkan, ada beberapa Gerai toko Pia Mangkok yang tersebar di kota Malang. Salah satunya yang berada di Jl. Semeru 25 daerah Klojen Malang. Untuk harga yang ditawarkan, pia khas Malang ini dibanderol mulai dengan harga  Rp18.000,00 hingga Rp40.000,00.

Keripik Tempe

Malang juga terkenal varian keripik tempenya yang gurih dan renyah. Keripik tempe ini memiliki banyak pilihan rasa. Salah satu tempat yang sudah terkenal dengan centra pembuatan keripik tempe ini yaitu Kampung Sanan yang berada di Kecamatan Belimbing.

Di tempat ini,  anda dapat memborong keripik tempe dengan berbagai rasa seperti rumput laut, manis, keju, jagung, barbeque, hingga pizza. Selain rasanya yang gurih dan renyah, camilan ini juga tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Malang.

Selain di Kampung Sanan, anda juga bisa membeli keripik tempe ini di pusat oleh-oleh yang tersebar di Malang, sehingga tidak perlu jauh-jauh sampai ke Kampung Sanan. Harga keripik tempe dibanderol mulai dari Rp7 ribu hingga Rp15 ribu tergantung dari ukuran kemasan dan varian rasa keripik.

Keripik Kentang Malang

Keripik Kentang khas Malang juga tidak kalah populer untuk dijadikan oleh-oleh dari Malang.  Kentang yang dibuat untuk menjadi keripik ini,  adalah umbi-umbian khusus. Umbi ini lebih dikenal dengan nama gadung sehingga mempunyai rasa yang khas. Rasa dari keripik kentang ini gurih dan renyah, sehingga sangat cocok untuk menjadi camilan saat anda bersantai atau berkumpul dengan keluarga di rumah.

Salah satu merek yang terkenal dalam hal keripik kentang ini adalah Keripik Kentang Macan Malang. Camilan ini bisa kamu beli di Toko Keripik Kentang Cap Macan yang berada di jl. Brantas, kecamata Batu, kota Malang. Toko ini buka mulai sekitar jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Untuk sebungkus keripik kentang ini, dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 9 ribu hingga Rp. 20 ribu. Dan harga tersebut tergantung berat masing – masing keripik setiap bungkusnya.

Malang Strudel

Selanjutnya khas Malang kekinian yaitu Malang Strudel. Malang Strudel adalah oleh-oleh khas Malang yang dimiliki oleh artis Teuku Wisnu dan sudah diproduksi sejak tahun 2014. Strudel sendiri kue yang asalnya dari Jerman dan terbuat dari bahan pastry dengan isian buah maupun sayuran.

Berbeda dari Strudel Jerman, rasa dari Malang Strudel menyesuaikan citarasa lokal dengan isian dan bentuk yang menarik. Diantaranya seperti strudel pisang, apel, nangka,  nanas, serta buah lainnya. Anda juga dapat memilih sesuai selera beberapa tipe strudel lainya yaitu strudel original, toasted strudel,  strudel O, dan strudel premium.

Ada banyak outlet strudel di Malang yang bisa Anda datangi, salah satunya yaitu di Jalan Semeru, Oro-oro Dowo, kecamatan Klojen, Kota Malang. Satu kotak Strudel Malang dibanderol dengan harga mulai dari Rp48 ribu sampai Rp75 ribu, tergantung tipe dan varian isiannya.

Carang Mas

Carang mas merupakan camilan khas Malang yang dibuat dari ubi jalar dengan gula yang berbentuk pipih bulat seperti koin. Camilan atau Jajanan ini termasuk makanan yang jadul tetapi masih bisa eksis dan populer dii masa sekarang ini. Tentu dengan bentuk dan rasa yang lebih menarik.

Teksturnya pun renyah dan mempunyai rasa manis gula aren, sehingga sangat cocok untuk dinikmati saat sedang bersantai bersama teman maupun keluarga. Tidak sulit mendapatkan carang mas ini. Karena tidak jarang juga dijumpai tidak hanya di Malang, tetapi juga di beberapa daerah lainnya.

Di Malang, anda dapat membeli carang mas di toko-toko oleh-oleh Malang maupun pasar-pasar tradisional yang ada di sekitar Malang. Harganya juga sangat murah, satu buah dibanderol dengan harga sekitar Rp500 atau Rp15 ribu dalam kemasan yang besar.

Keripik Buah

Selain keripik tempe, di Malang Anda tak hanya bisa mencicipi berbagai buah segar namun juga olahannya seperti keripik buah. Bisa dikatakan hampir setiap buah yang ada di Malang dijadikan keripik dengan citarasa unik masing-masing buah.

Beberapa keripik buah oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda coba yaitu diantaranya buah apel, nangka, kelengkeng, salak, rambutan, hingga semangka. Tidak perlu khawatir keripik buah ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan buah aslinya.  Sehingga cocok menjadi oleh-oleh maupun camilan sehari-hari.

Jika ingin membelinya pun tidak sulit, karena keripik buah ini ada di hampir semua tempat oleh-oleh Malang. Satu bungkus keripik buah Malang biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp8 ribu sampai Rp25 ribu sesuai dengan ukurannya.

Keramik Malang

Selanjutnya souvenir khas Malang untuk Anda bawa pulang selain makanan. Anda dapat coba berkunjung ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Kawasan Dinoyo berada tepatnya di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Di tempat ini, anda dapat menemukan bermacam-macam kerajinan keramik.  Mulai dari guci, pot, gelas, piring, celengan dan lainnya.

Di Kampung Wisata Keramik Dinoyo anda juga dapat belajar proses pembuatan keramik atau gerabah. Mulai dari awal pembentukan hingga pewarnaan keramik atau gerabah yang dibuat. Keramik Malang Dinoyo ini bisa menjadi piliham souvenir, buah tangan, atau kado khas Malang yang bisa Anda kasihkan kepada orang terdekat atau tersayang.

Harga kerajinan keramik yang dijual di tempat ini juga lebih murah yakni mulai dari Rp15.000,00 hingga ratusan ribu rupiah. Jika Anda tertarik mengunjungi kampung keramik Malang, bisa manfaatkan jasa rental bus pariwisata Malang yang siap mengantar Anda dan rombongan.

Kaos Khas Malang

Kaos khas Malang juga bisa menjadi pilihan anda sebagai kenang-kenangan khas saat liburan di Malang. Desain kaos yang ditawarkan khas Malang, sehingga menjadi daya tarik dan terlihat sangat bagus saat dikenakan.

Salah satu desain yang populer dan menarik dari kaos Malang adalah tulisan boso kiwalan atau basa walikan. Basa walikan artinya bahasa kebalikan. Contohnya kaos dengan tulisan Soak Ngalam, Ognis Nade, Sam, dan lain sebagainya.

Kaos unik khas Malang ini mudah didapatkan karena dijual di hampir semua tempat wisata maupau toko oleh-oleh di Malang. Untuk Harga juga sangat murah dari Rp10 ribu sampai Rp50 saja per potongnya, tergantung dari bahan dan desain kaos tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top