Let's Chat
Tips Belanja Oleh-Oleh

Tips Belanja Oleh-Oleh, Bagaimana Menyimpannya Agar Tetap Segar dan Awet ?

Tips Belanja Oleh-Oleh – Jika Anda bepergian ke luar kota atau luar negeri, pastinya Anda sering membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Bagi orang-orang yang bekerja di kantoran, seringkali juga teman sekantor nitip untuk membelikan atau meminta oleh-oleh.

Namun, sebagian orang terkadang bingung saat memilih oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Entah itu benda, makanan, pajangan atau yang lainnya. Karena terkadang membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga bukanlah hal yang mudah dan perlu perhitungan agar tepat maknanya.

Yang paling penting untuk diingat adalah oleh-oleh yang Anda beli harus unik dan khas dari tempat yang Anda kunjungi. Tentu akan tidak pas misalnya jika Anda membeli bakpia saat jalan-jalan ke Bali, atau membeli Tape saat liburan ke Bandung.

Berikut ada beberapa tips ketika mencari, memilih atau membeli oleh-oleh untuk teman atau saudara di kampung halaman.

Tips Berbelanja Oleh-Oleh

Mempersiapkan budget

Yang paling penting ketika membeli oleh-oleh adalah mempersiapkan anggaran atau keuangan. Jangan memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh mahal, jika budget Anda tidak mencukupi. Anda harus menyesuaikan budget dengan harga oleh-oleh yang ingin di beli.

Jangan lupa hitung berapa orang yang akan kamu beri oleh-oleh nantinya. Selain itu, sebaiknya cocokkan oleh-oleh yang Anda beli dengan setiap orang di rumah atau untuk teman di tempat kerja, atau pilihlah oleh-oleh yang dapat diterima oleh semua orang.

Misalnya, Anda bisa membeli gantungan kunci, stiker kulkas, dompet, kain, dan tas kecil sebagai oleh-oleh karena lebih populer dan umumnya lebih terjangkau.

Perhitungkan Tanggal kadaluwarsa

Jika Anda membeli oleh-oleh berupa makanan, tanggal kadaluarsa adalah hal yang paling penting. Anda bisa mengecek tanggal kadaluwarsanya dengan melihat setiap kemasan makanan.

Hindari memilih makanan yang sudah diproduksi dalam jangka waktu lama, apalagi jika sudah mendekati tanggal kadaluarsa. Jika makanan tidak mengandung bahan pengawet, usahakan dimasak segar dan masih hangat.

Perhatikan Ukuran dan Berat

Selain uang, ukuran dan berat souvenir juga perlu diperhatikan, apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api atau bahkan pesawat terbang. Seperti yang mungkin Anda ketahui, saat naik pesawat ada batasan berat bagasi yang maksimal.

Jadi, kalau bisa hindari membeli oleh-oleh yang terlalu berat jika tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan. Namun, jika Anda membeli oleh-oleh dalam jumlah besar, cobalah mengirimkannya melalui pos atau cargo.

Anda bisa langsung memasukkan alamat rumah orang yang Anda targetkan, atau bisa juga dikirimkan ke alamat rumah Anda. Jika barangnya sangat besar, gunakan layanan pengiriman yang dapat diandalkan.

Membeli Oleh-Oleh di Toko

Bagi anda yang tidak suka ribet dan ingin yang praktis, anda bisa membeli oleh-oleh langsung di toko pusat oleh-oleh. Selain menghindari keramaian dan kepanasan, Anda juga bisa mendapatkan harga tanpa harus menawar. Biasanya toko oleh-oleh juga dilengkapi dengan AC. Jadi Anda bisa berbelanja sambil mendinginkan diri.

Kemungkinan harga di toko akan lebih mahal dibandingkan jika membeli di pasar misalnya. Namun kualitas produk dan bahannya tidak perlu diragukan lagi. Ya, akan selalu ada harga lebih tinggi yang harus dibayar untuk kualitas. Dan semuanya kembali lagi pada budget yang anda siapkan.

Membuat Daftar Orang yang akan Menerima Oleh-Oleh

Mungkin akan diperlukan mencatat atau mengira-ngirakan daftar orang yang akan menerima oleh-oleh secara detail. Karena tentu saja hal ini akan memudahkan Anda dalam berbelanja. Selain itu, mencatat siapa dan barang apa saja yang diberikan oleh-oleh dapat membantu kita menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Mulailah dari orang-orang terdekat dan paling mudah dijangkau terlebih dahulu. Tuliskan dan pikirkan apakah oleh-oleh yang kita bawa dapat disukai dan bermanfaat tidak bagi mereka. Hal ini dilakukan agar buah tangan yang Anda bawa tepat sasaran. Dan anda tentu tidak harus membawa oleh-oleh kepada semua orang yang anda kenal. Nah inilah gunanya membuat skala prioritas.

Proses Pengemasan

Setelah membeli oleh-oleh, membungkusnya juga tidak kalah pentingnya. Beberapa toko biasanya akan menyediakan kardus atau box kemasan agar oleh-oleh yang dibeli rapi dan tidak berantakan.

Anda pasti tidak ingin oleh-oleh yang Anda beli hancur sebelum sampai di rumah, entah itu benda, makanan, atau apa pun, sebaiknya dikemas dengan baik agar tidak rusak. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang menggunakan transportasi umum.

Jika Anda naik pesawat, bedakan apa yang ada di bagasi Anda dan apa yang akan dibawa ke dalam kabin. Untuk lebih amannya, sebaiknya Anda membawa makanan apa pun ke dalam kabin.

Memilih Yang Favorit

Agar ketika Anda memberikan oleh-oleh kepada orang terdekat Anda di kemudian hari dan mereka merasa senang, sebaiknya belilah oleh-oleh sesuai dengan kesukaannya.

Misalnya saudara anda menyukai barang-barang yang berwarna merah muda, maka anda bisa mencarikan pakaian atau souvernir berwarna merah muda sebagai oleh-oleh untuknya. Soal makanan, sebaiknya belilah masakan khas daerah asal Anda dan disukai banyak orang atau sesuai dengan toleransi rasa yang bisa dimakan.

Misalnya makanan ringan berbahan dasar tempe, kerupuk, pisang, atau makanan yang mempunyai rasa manis seperti permen dan coklat. Jika memungkinkan, buatlah daftar barang yang akan Anda beli sebagai oleh-oleh sebelum Anda berangkat.

Baca Juga : Oleh-Oleh Malang Tahan Lama

Tips Menyimpan Oleh-Oleh agar Tetap Segar dan Awet

Tahukah Anda, ada beberapa trik rahasia menyimpan makanan agar bisa bertahan lebih dari enam bulan. Jika dilakukan dengan benar, kita tidak perlu lagi khawatir oleh-oleh khas yang kita bawa pulang akan kering dan mudah rusak, namun tetap enak saat kita nikmati. Berikut tips menyimpan oleh-oleh berupa makanan agar segar dan awet.

Simpan di Tempat yang Dingin

Jaga makanan tetap dingin, Pastikan makanan benar-benar dalam keadaan dingin sebelum disimpan. Hal ini membantu mencegah pengembunan yang dapat membuat oleh-oleh berupa makanan menjadi lembab dan lebih cepat rusak.

Pastikan Wadah Penyimpanannya Kedap Udara

Simpan makanan dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara dapat membantu menjaga kualitas dan kesegaran makanan yang akan di simpan lebih lama. Pastikan wadahnya rapat dan tidak ada celah

Simpan di tempat Sejuk dan Kering

Simpan Makanan di tempat sejuk dan kering, seperti lemari es atau freezer. Hindari menaruh makanan di tempat yang lembap atau bahkan terkena cahaya matahari secara langsung.

Memakai Silica Gel

Jika ingin menumpuk makanan, anda dapat memisahkan setiap tumpukan makanan dengan ditata memakai silica gel, agar tidak saling menempel.

Memisahkan dengan yang Berbau Menyengat

Pisahkan makanan dari yang berbau menyengat. Jangan menyimpan oleh-oleh makanan yang berbau atau berasa menyengat. Makanan-makanan kering dapat menyerap bau atau rasa makanan lain di sekitarnya sehingga menyebabkan perubahan rasa.

Periksa Kondisi makanan secara berkala

Periksa makanan secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan. Jika makanan yang anda simpan terlihat atau terasa aneh, berubah warna, berbau atau lembap, segera membuangnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top