Let's Chat
Destinasi wisata akhir tahun di Malang

Rekomendasi Destinasi Wisata Akhir Tahun di Malang, Siap Berlibur Bersama

Wisata Akhir Tahun di Malang – Banyak orang menantikan liburan akhir tahun. Setelah melewati hari-hari yang sibuk dengan rutinitas, liburan akhir tahun menjadi waktu yang ideal untuk menghilangkan stres dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga serta teman-teman.

Bingung mau pergi ke mana saat libur Tahun Baru 2024?

Kota Malang, destinasi wisata yang terkenal, menawarkan beragam tempat menarik untuk merayakan libur akhir tahun. Ada beberapa tempat healing di Malang, Jawa Timur, yang menyediakan suasana tenang dengan pemandangan menarik dan juga kekinian. Lokasi-lokasi ini cocok untuk menghabiskan waktu selama liburan Tahun Baru 2024. Apa saja? berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Destinasi Wisata Akhir Tahun di Malang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang di Malang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata akhir tahun yang menakjubkan di kota ini. Keindahan pantai Balekambang ini tidak kalah dengan pantai-pantai yang lainnya di Jawa Timur. Salah satu ciri khasnya adalah adanya Pura Amarta Jati yang menjulang ke laut dan terhubung dengan jembatan, mirip dengan Pura Tanah Lot di Bali jika dilihat dari kejauhan. Tak heran banyak orang menyebut Pantai Balekambang sebagai versi miniatur dari Tanah Lot. Lokasinya berada di Jalan Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang, dan buka setiap hari selama 24 jam.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan adalah destinasi wisata yang terkenal di kalangan para pengunjung. Apalagi saat akhir tahun tiba, disini pengunjung dapat menikmati kampung tematik yang dinding bangunannya dihiasi dengan cat berwarna-warni yang cerah.

Hanya dengan membayar Rp 5.000, kamu bisa menjelajahi kampung ini yang memiliki banyak spot foto Instagramable, seperti tangga berwarna-warni, jembatan kaca, tembok-warna, dan lainnya.

Untuk berlindung dari teriknya matahari, terdapat lorong payung yang unik untuk beristirahat sejenak. Lokasinya yang strategis, berada di pusat Kota Malang, hanya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Malang.

Piata Camilan MOG

Selanjutnya destinasi unik Di Malang, terdapat sebuah toko yang menarik untuk merayakan libur akhir tahun dengan suasana berbeda. Dikenal dengan nama Piata Camilan, tempat ini menawarkan pengalaman berkuliner yang chill dan kekinian. Piata Camilan menyediakan berbagai snack kekinian, berbagai variasi mie ramen yang sedang populer saat ini dengan konsep self service, dan oleh-oleh khas Malang yang bisa sekalian anda bawa pulang.

Piata Camilan berlokasi di MOG Mall Malang, sehingga mudah diakses oleh pengunjung. Piata Camilan tidak hanya menawarkan konsep layanan yang unik, tetapi juga memiliki desain interior yang menarik. Oleh karena itu, pengunjung dapat mengabadikan momen foto Instagrammable di sini.

Untuk yang ingin menghabiskan waktu di sini, Piata Camilan buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00.

Malang Night Paradise

Ini adalah destinasi malam yang sedang diminati oleh para kaum muda di Malang, apalagi saat malam tahun baru tiba. Malang Night Paradise menawarkan pengalaman seru di malam hari dengan taman yang diterangi oleh jutaan lampu LED dan lampion yang memukau. Wahana-wahana di sini sangat menarik untuk dicoba, dengan tema “Magic Journey” yang mengajak pengunjung untuk menjelajahi suasana seperti dalam dongeng. Di sini, terdapat beberapa titik dengan tema yang berbeda-beda. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan keseruan menyusuri sungai buatan sepanjang 500 meter menggunakan perahu antik.

Lokasinya berada di Jalan Graha Kencana Raya No. 66, Karanglo, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Malang Night Paradise buka setiap hari mulai pukul 17.45 hingga 23.00 WIB.

Taman Langit Gunung Banyak

Salah satu destinasi wisata akhir tahun di Malang yang menawarkan beragam spot Instagramable selanjutnya adalah Taman Langit Gunung Banyak. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan megah Gunung Banyak dari setiap sudut taman ini. Taman Langit memiliki keunikan dengan menampilkan representasi tujuh Cahaya Cakra Manusia yang digambarkan melalui dua patung perempuan bersayap, yang berbeda dari taman pada umumnya.

Di beberapa area lainnya, terdapat tiga patung lain, seperti Angsa Wahana Brama, Garuda Wahana Wisnu, dan Singa Wahana Shiwa. Setelah menjelajahi tempat ini, jangan lupa untuk menikmati hidangan di kafe kekinian yang terletak di dalam kawasan Taman Langit.

Lokasinya berada di Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Taman Langit Gunung Banyak buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

Flora Wisata San Terra

Wisata Malang Bernuansa Alam

Dengan konsep wisata yang menghadirkan nuansa luar negeri, Flora Wisata San Terra merupakan destinasi akhir tahun di Malang yang memberikan pengalaman seolah sedang berkeliling di Eropa. Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), daya tarik tempat rekreasi ini terletak pada taman bunga yang luas, menghadirkan ratusan jenis flora lokal dan impor. Selain itu, area ini juga memiliki beberapa bangunan yang dirancang menyerupai suasana di Eropa. Misalnya, kincir angin ala Belanda, Green Bay Garden, Rainbow Wisteria, Little Amsterdam, Little Korea, Cafe Garden Santerra, dan Kaktus Raksasa.

Lokasinya berada di Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, dan buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Lembah Indah Gunung Kawi

Wisata Malang Bernuansa Alam

Terletak di kawasan dataran tinggi, Lembah Indah Gunung Kawi merupakan tempat yang sangat ideal untuk menyembuhkan diri. Udara sejuk dan lingkungan sekitar yang dingin akan memberikan kesegaran. Pemandangan alam yang indah akan memanjakan mata Anda, bahkan sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan banyak hal, seperti sungai, sawah, ladang, hutan, padang rumput, dan gunung. Jika Anda tertarik untuk berkemah, tentu saja itu dimungkinkan! Rasakan pengalaman glamping akhir tahun, yaitu camping mewah di alam terbuka dengan fasilitas layaknya hotel bintang empat atau lima. Jangan lupa untuk mencoba bermain wahana outbound juga.

Alamat Lembah Indah Gunung Kawi berada di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Buka mulai pagi hari, setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Baca Juga : Tempat Nongkrong Instagrammable di Malang

Candi Badut

Malang menyimpan beragam destinasi wisata bersejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Badut, diketahui merupakan candi tertua di Jawa Timur. Candi Hindu ini menjadi warisan dari Kerajaan Kanjuruhan yang diyakini telah dibangun sekitar abad ke-8, berdasarkan Prasasti Dinoyo. Terletak di Desa Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Candi Badut ditemukan pada tahun 1921 oleh Maureen Brecher, seorang Belanda, dan kemudian direstorasi antara tahun 1923-1926.

Nama “Candi Badut” diambil dari nama kecil Raja Gajayana, yaitu Liswa dalam bahasa Sansekerta, yang memiliki arti sebagai anak komedi, tukang lawak, atau penampil tarian seperti badut. Sangat direkomendasikan mengunjungi tempat-tempat bersejarah diakhir tahun, karena saat liburan sekolah tiba, seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak dapat ikut berwisata akhir tahun.

Kampoeng Heritage Kajoetangan

Salah satu destinasi wisata sejarah di Malang yang menarik adalah Kampoeng Heritage Kajoetangan atau dikenal sebagai Kayutangan Heritage. Hanya dengan membayar Rp 10.000, pengunjung dapat menjelajahi berbagai bangunan peninggalan era kolonial Belanda di area wisata bersejarah ini.

Sangat bersejarah, terdapat struktur cagar budaya yang dibangun sejak tahun 1870 hingga 1920 di Kayutangan Heritage. Terdapat sekitar 22 bangunan bersejarah yang telah dipelihara dengan baik dan masih digunakan sebagai tempat tinggal dan juga tempat usaha di kawasan ini. Pengunjung serta turis dapat melihat secara langsung bangunan-bangunan tersebut yang mencerminkan arsitektur khas era kolonial Belanda. Lokasinya terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Gg. 4, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Nah itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata akhir tahun di Malang yang beragam dapat Anda pilih. Tak ketinggalan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Malang di beberapa tempat seperti di pusat oleh-oleh Piata Camilan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top