Let's Chat

Akan ke Malang? Berikut Tips Liburan ke Malang Agar Hemat dan Nyaman

Tips Liburan ke Malang – Saat ini melakukan perjalanan wisata ke berbagai kota di Indonesia bisa menjadi pilihan yang menarik. Apabila ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan pasangan, atau sejenak menikmati libur akhir pekan yang singkat. Salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan adalah perjalanan hemat berwisata ke Kota Malang, Jawa Timur.

Malang adalah salah satu kota besar yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain Surabaya, kota Malang sering menjadi tempat berwisata para pelancong dari tanah air maupun internasional. Pesona kota Malang salah satunya yaitu gugusan gunung-gunung yang berjejer megah, antara Gunung Bromo, Semeru dan area hutan konservasi, lalu pemandangan yang terhampar, perbukitan dan udaranya yang sejuk.

Sebelum memutuskan berwisata ke Kota ini, berikut beberapa tips liburan ke Malang agar kamu dapat berlibur dengan hemat dan nyaman.

Tips Liburan ke Malang Agar Hemat dan Nyaman

Memilih Waktu Yang Terbaik Untuk ke Malang

Wisata Malang Bernuansa Alam

Yang pertama yaitu memilih kapan waktu yang pas saat pergi ke Malang. Saat musim liburan, biasanya harga tiket perjalanan dan akomodasi akan melambung tinggi. Untuk itu menghindari berwisata ke Kota Malang saat musim liburan tiba.

 Tentunya apabila saat berwisata ke Malang pada hari-hari biasa, kamu akan merasa lebih nyaman di area wisata tujuan. Karena suasana cenderung tidak sepadat kala musim liburan tiba. Dan menghindari hiruk-pikuk keramaian wisatawan yang datang, kamu bisa lebih leluasa menikmati berbagai aktivitas atau wahana di tempat tujuan wisata.

Memilih Tujuan Wisata Yang Sesuai

Wisata Malang Bernuansa Alam

Setelah memilih waktu yang terbaik, selanjutnya memilih tujuan wisata yang akan didatangi. Hal ini untuk menghindari kebinggungan memilih tempat wisata daat sudah sampai di kota Malang. Sehingga waktu dapat digunakan dengan sebaik mungkin.

Memilih tujuan wisata juga harus disesuaikan dengan budged liburan yang kamu persiapkan. Jika berencana untuk berlibur dengan hemat, maka kamu bisa menekan budget dan menghindari destinasi wisata yang menguras kantong. Murah bukan berarti tidak nyaman, karena di Malang kebanyakan tempat wisata juga masih tergolong murah dan tidak menguras kantong.

Beberapa tempat wisata di Malang yang direkomendasi dan terjangkau seperti Kebun Teh Wonosari,  Museum Brawijaya, Goa Pinus, Masjid Tiban, Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, Banyu Anjlok, pasar malam alun-alun di kota Batu, dan masih banyak lagi.

Menentukan Rute Perjalanan dengan Jelas

Sebaiknya dalam melakukan perjalanan liburan tetap dalam gaya liburan terencana. Hal ini demi mendapatkan momen liburan yang nyaman. Sebelum kamu memesan tiket dan akomodasi, pastikan dahulu kamu sudah mempunyai gambaran yang jelas, liburan seperti apa yang kamu inginkan. Rencana yang jelas ini akan memberikan gambaran berapa pengeluaran untuk transportasi atau biaya lainnya, seperti makan dan tiket masuk tempat wisata.

Caranya dengan mengumpulkan informasi sebanyak yang kamu butuhkan, seperti tujuan wisata yang kamu ingin datangi. Selanjutnya membuat jadwal dan skala prioritas liburanmu saat di Malang nanti.  Apabila perlu, buat rute sederhana untuk memudahkan kamu menjelajah lokasi wisata di Malang dengan waktu yang pas.

Pilih Transportasi yang Tepat

Melakukan perjalanan liburan ke Malang ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan. Apabila kamu berangkat dari daerah sekitar Jawa Timur, kamu bisa menaiki kereta lokal atau bus. Hal ini untuk menghemat biaya dan tenaga.

Dan apabila kamu berangkat dari sekitar Jakarta atau Bandung, pilihan terbaik menggunakan kereta api. Karena tiketnya sendiri mulai dari harga seratusan ribu, cukup murah bukan. Tetapi yang perlu diperhatikan yaitu untuk mem-booking  tiket dari jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan dan harganya masih murah.

Menyewa Motor

Saat ini transportasi umum di Malang memang belum sepenuhnya memadai seperti di kota besar, misalnya Jakarta atau Surabaya. Ini mungkin bisa saja menjadi tidak mudah saat ingin mengunjungi tempat tujuan dengan cepat dan nyaman. Terlebih jika tempat tujuan jauh dari perkotaan atau jauh dari keramaian.

Sehingga selanjunya tips liburan ke Malang yang hemat dan nyaman selanjutnya yaitu menyewa motor. Agar dapat menghemat waktu dan biaya dalam perjalanan, menyewa motor sangat disarankan.

Sebelumnya, pastikan dahulu dengan menghubungi tempat penyewaan motor. Sebaiknya dari sebelum berangkat ke Malang agar tidak kehabisan. Harga sewa motor di Malang cukup terjangkau, yaitu rata-rata mulai dari Rp50.000 per harinya.

Mempersiapkan Pakaian Tebal dan Hangat

Wisata Malang Bernuansa Alam

Setelah melakukan perencanaan dari segi waktu, akomodasi dan transportasi, selanjutnya mempersiapkan diri untuk cuaca saat tiba di Malang. Malang secara geografis berada di kawasan dataran tinggi dan juga  dikelilingi oleh deretan gunung dan pegunungan serta wilayah hutan konservasi.

Sebab itu, suhu di daerah Malang cenderung sejuk dan dingin bahkan di siang hari. Tentu lebih baik sebelum berangkat liburan ke Malang, kamu mempersiapkan pakaian yang tebal atau hangat dan nyaman.

Terutama apabila kamu berencana melakukan pendakian gunung, misalnya di Gunung Semeru atau Gunung Bromo. Jaket tebal menjadi barang wajib guna menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan nyaman saat berada di gunung dengan suhu yang dingin.

Berkuliner Sesuai dengan Budget

Tempat Makan Enak Malang

Saat berada di Malang, kamu tentu tidak akan melewatkan kulinernya, karena memang tidak ada habisnya. Tetapi, tips liburan ke Malang selanjutnya yaitu menjajaki kuliner yang sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan.

Berbagai kuliner khas di Malang memang menarik dan  beraneka ragam. Tentu hal ini akan membuat ingin mencoba semuanya. Akan tetapi untuk menghemat kantong dan agar liburan tetap terasa nyaman,  sebaiknya berhati-hati dalam memilih tempat tujuan kuliner.

Sebenarnya untuk mencoba berbagai kuliner Malang yang khas dan enak,  kamu tidak perlu menghabiskan uang yang banyak ke tempat-tempat mahal. Cobalah mengunjungi tempat-tempat yang populer dengan harga yang murah seperti pecel kawi, nasi lengko, warung mak par dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tempat Makan Enak Malang

Berburu Oleh-Oleh Khas Malang

Setelah berwisata mengelilingi tempat-tempat di Malang, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan atau oleh-oleh khas Malang untuk dibawa pula. Ada berbagai jenis makanan khas yang bisa kamu bawa untuk dijadikan oleh-oleh dari Malang.

Tips berlibur ke Malang selanjutnya yaitu memilih oleh-oleh khas Malang yang sesuai dengan budget. Sebenarnya di Malang sendiri tersedia banyak sekali toko oleh-oleh yang menjual makanan atau souvenir khas mulai dari yang murah dan mahal sekalipun. Nah salah satu yang terjangkau dan mudah didatangi karena memiliki beberapa tempat yaitu Piata Camilan.

Piata Camilan merupakan produsen camilan khas malang yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Toko oleh-oleh ini sangat mudah ditemukan karena kamu dapat menemukannya di beberapa daerah di Malang. Selain itu, apabila tidak memiliki waktu yang cukup,  piata Camilan juga bisa dibeli secara online. Yaitu bisa melalui e-commerce atau pemesanan mandiri melalui platform digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top