Let's Chat

Rekomendasi Petik Apel Malang, Ada di Daerah Pujon dan Batu

Petik Apel Malang – Apel Malang telah menjadi simbol pariwisata utama di kota Malang. Di wilayah ini, kebun apel dapat ditemui dengan mudah di berbagai kecamatan, terutama di daerah Pujon dan Batu.

Bawa dan nikmati apel segar yang manis sebagai oleh-oleh yang tidak dapat dilewatkan saat berkunjung ke Malang. Beberapa destinasi wisata di kota ini banyak menawarkan pengalaman petik apel sebagai daya tarik utamanya. Berikut ini beberapa rekomendasi kebun Apel di Malang yang bisa Anda datangi sebagai destinasi wisata bersama keluarga maupun teman dan kolega. Sebelumnya mari kenali jenis-jenis Apel yang banyak tumbuh di Malang.

Jenis-jenis Apel di Malang

Apel merupakan jenis buah yang dapat berkembang baik di daerah dengan udara dingin dan ketinggian antara 700 hingga 1000 mdpl. Oleh karena itu, Malang menjadi lokasi yang cocok untuk tumbuh suburnya buah ini.

Berbagai varietas apel tersebar di seluruh dunia, dan lima di antaranya dapat ditemui di Kebun Apel Malang. Kelima jenis tersebut meliputi apel manalagi, apel Anna, apel Green Smith, apel rome beauty, dan apel wanglin.

Apel Manalagi

Apel ini dikenal lebih luas sebagai apel Malang, memiliki bentuk kecil dan daging putih yang cukup keras dengan warna dominan hijau kekuningan. Meskipun memiliki daging yang keras, apel manalagi menghadirkan aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Rasanya manis dengan sedikit berair.

Pohon apel manalagi memiliki daun yang lebih lebar dan mudah dirawat. Setelah dipetik, apel ini dapat bertahan cukup lama, sekitar satu bulan. Oleh karena itu, banyak kebun apel yang memilih menanam varietas ini, mengingat ukurannya yang kecil dan kemampuannya bertahan, menjadikannya sebagai oleh-oleh yang pas dari kota Malang.

Apel Anna

Apel Anna merupakan varietas apel yang relatif baru dalam perkebunan Apel Malang. Meskipun baru diperkenalkan ke Kota Batu sekitar 14 tahun yang lalu, apel ini telah banyak digemari.

Keunikan buah Apel Anna terletak pada kombinasi rasa asam dan manis yang menjadi ciri khas dibandingkan dengan jenis apel Malang lainnya. Warna merah kekuningannya juga sangat menggoda bagi pengamat buah apel.

Tidak hanya itu, aroma manis yang tajam ketika buah Apel Anna matang membuatnya menjadi pilihan utama di beberapa kebun apel. Meskipun daging buahnya lembut dan berbentuk trapesium yang terbalik, sayangnya apel Anna tidak begitu dapat bertahan lama setelah matang karena kulitnya yang tipis. Meskipun demikian, apel ini tetap menjadi salah satu pilihan oleh-oleh terbaik dari Malang bagi mereka yang ingin membawa pulang keunikan apel khas daerah ini.

Apel Granny Smith

Apel asal Australia ini jarang ditemui di Kebun Apel Malang. Granny Smith, dinamai setelah penemunya pada tahun 1868, Maria Ann Smith, memiliki ciri khas warna hijau terang dengan bintik putih di kulitnya. Biasanya, apel ini digunakan untuk membuat jus apel dan sering dijual langsung ke supermarket.

Rasa asam apel Granny Smith memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya pilihan yang cocok untuk diolah menjadi jus daripada dikonsumsi langsung.

Apel Rome Beauty

Apel jenis Rome Beauty juga dapat ditemui secara melimpah di Malang. Meskipun mirip dengan apel manalagi dalam bentuknya, apel ini memiliki tangkai dengan lekukan yang lebih dalam dan sedikit sentuhan warna merah di sekitar buah.

Rasa sedikit masam dan kandungan airnya yang cukup tinggi membuat apel Rome Beauty sering dipilih sebagai bahan utama untuk pembuatan sari apel. Meskipun daging buahnya sedikit keras, ketika matang di pohon, apel ini menjadi lebih renyah dan segar.

Apel Wanglin

Apel Wanglin termasuk varietas yang paling langka dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Dalam hal warna, apel ini menyerupai apel Granny Smith, namun dengan bintik hitam alih-alih bintik putih.

Apel Wanglin merupakan hasil persilangan antara apel manalagi dan buah pir, yang memberikan rasa yang sangat manis dan berair seperti buah pir.

Rekomendasi Kebun Petik Apel Di Malang

Kebun Apel Kelompok Tani Makmur Abadi

Kebun apel yang dikelola oleh Kelompok Tani Makmur Abadi menjadi destinasi terbaik untuk pengalaman petik apel. Dengan penanaman yang teratur, Anda dapat mencoba kegiatan memetik buah apel sepanjang tahun, tanpa harus menunggu musim tertentu.

Lokasinya berada di Jl. Pangeran Diponegoro No.24, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Kebun apel Kelompok Tani Makmur Abadi dapat dikunjungi mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Dan tarif masuknya yaitu sebesar Rp25.000.

Selama berada di kebun apel ini, Anda dapat menikmati buah yang baru dipetik secara langsung sambil bersantai di gazebo yang tersedia. Selain itu, Anda akan disediakan air mineral sebagai bekal setelah melewati pintu masuk, sehingga memungkinkan Anda untuk menjelajahi kebun dengan nyaman.

Kebun Apel Malang Kusuma Agrowisata

Kebun Apel Malang Kusuma Agrowisata telah menjadi salah satu destinasi petik buah yang terkemuka dan bisa dikatakan termahal di Kota Batu. Namun, harga tersebut tentu sesuai dengan fasilitas lengkap yang disediakan di dalamnya untuk para pengunjung.

Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati petik buah apel Malang, tetapi juga berbagai buah lainnya seperti strawberry dan jambu. Selain itu, bonus berupa yoghurt dan pancake strawberry ice cream akan diberikan saat Anda memasuki area kebun.

Lokasi kebun ini terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Waktu kunjungan wisatawan biasanya dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk masuk ke Kusuma Agrowisata dikenakan biaya sebesar Rp85.000.

Kebun apel Malang Agro Rakyat

Petualangan petik apel dapat Anda nikmati di kebun apel Malang Agro Rakyat. Di tempat ini, Anda berkesempatan untuk memetik empat variasi apel, termasuk apel manalagi, apel anna, apel rome beauty, dan apel wanglin.

Anda akan dipandu ke area petik yang telah disiapkan, di mana Anda dapat dengan leluasa memetik dan menikmati apel langsung dari pohonnya. Dengan dahan pohon yang tidak terlalu tinggi, kegiatan memetik buah apel di kebun Agro Rakyat ini menjadi lebih mudah.

Lokasi kebun apel Agro Rakyat terletak di Jalan Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Kebun ini melayani pengunjung setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Dan tarif masuk Agro Rakyat yaitu sebesar Rp25.000.

Baca juga: Toko Kue di Malang

Kebun Petik Apel Mandiri

Kebun petik apel ini menjadi destinasi yang paling diminati karena menawarkan kebebasan untuk memetik dan menikmati buah apel tanpa pembatasan. Terdapat dua varietas apel di sini, yaitu apel manalagi dan apel Rome Beauty.

Anda dapat menikmati dan memetik apel sepuasnya di kebun ini tanpa biaya. Namun, untuk membawa apel sebagai oleh-oleh, Anda diharuskan membayar.

Petik Apel Mandiri terletak di Jalan Raya Junggo No.33, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata ini dapat dikunjungi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sangat murah, tarif masuk Petik Apel Mandiri yaitu sebesar Rp20.000.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top