Let's Chat
Pasar Oleh-Oleh Malang

9 Pasar Oleh-Oleh Malang, Pusat Belanja Murah Meriah

Pasar Oleh-Oleh Malang – Wisata di Malang memiliki daya tarik yang tak terbatas, mulai dari keindahan alam, kota, sejarah, hingga budaya, membuatnya menjadi destinasi favorit di Jawa Timur. Tak lengkap rasanya berkunjung ke tempat wisata tanpa menjelajahi ragam pasar tradisional yang unik di kota ini yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Pasar-pasar tersebut memiliki keunikan tersendiri dan menyediakan berbagai macam kebutuhan, dengan beberapa di antaranya buka hingga malam hari atau hanya pada pagi hari. Berikut adalah 9 destinasi wisata belanja di Kota Malang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar 9 Pasar Oleh-Oleh Malang

Pasar Besar

Pasar ini, sesuai namanya, merupakan pasar terbesar di Kota Malang yang menjadi pusat grosir kebutuhan primer. Dahulu dikenal sebagai pasar pecinan karena letaknya berdekatan dengan kawasan pecinan, Pasar Besar kini terus berkembang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Malang. Pasar ini menggabungkan konsep pasar tradisional dan modern, berlokasi di Jalan Pasar Besar, Klojen, Sukoharjo, Kota Malang.

Bagi pecinta kuliner khas Malang, pasar ini menawarkan beragam pilihan makanan yang menggiurkan. Mulai dari jajanan khas daerah hingga hidangan berat yang cocok dinikmati setelah menjelajahi pasar. Lantai 1 dan 2 pasar ini menyediakan kebutuhan tradisional seperti sayur, buah, pakaian, tas, barang elektronik, serta perabot rumah tangga. Sementara lantai 3 dan 4 dilengkapi dengan departemen toko, area bermain anak-anak, dan tempat makan.

Pasar Oro Oro Dowo

Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo, dikenal juga sebagai Pasar Oro-Oro Dowo, adalah salah satu pasar tradisional tertua yang ada di Kota Malang, dibangun pada tahun 1932 pada masa kolonial Belanda. Tetap mempertahankan bangunan tua Belanda yang menghadap ke utara, pasar ini menawarkan sejumlah barang seperti sembako, sayuran, buah, perabotan rumah tangga, serta berbagai produk dan oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Bagi pecinta kuliner, Pasar Oro Oro Dowo Malang adalah surga bagi mereka yang mencari makanan murah meriah di Malang. Operasional pasar ini dimulai dari pagi hingga petang, buka sejak pukul lima pagi dengan beberapa kios yang biasanya tutup sekitar pukul satu siang. Pasar ini cenderung ramai dikunjungi pada tanggal merah dan akhir pekan, terutama pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Selain untuk berbelanja, banyak pengunjung yang datang sekadar untuk menikmati suasana nyaman pasar sebagai destinasi wisata.

Kampung Sanan

Sentra Industri Tempe di kampung Sanan, Malang Jawa Timur merupakan salah satu pusat utama oleh-oleh khas Malang, Jawa Timur. Di daerah ini, tempe diproduksi dan kemudian diolah menjadi keripik, menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian Kota Malang. Di sini, pengunjung dapat membeli langsung olahan tempe dari produsennya dengan harga yang lebih terjangkau.

Tidak mengherankan jika berbagai olahan tempe dari Kampung Sanan sangat populer di kota ini, karena keripik tempe buatan mereka menjadi incaran pelancong dari berbagai daerah di Indonesia. Proses mulai dari pengolahan tempe hingga pengepakan dan distribusi dilakukan oleh warga Kampung Sanan sendiri. Selain memberi dampak positif pada perekonomian mereka, hal ini juga memberi ciri khas Malang yang kuat pada produk mereka karena dibuat langsung oleh penduduk setempat.


Yang menariknya, para pengunjung tidak hanya dapat membeli keripik tempe, tetapi juga diberi kesempatan untuk melihat langsung proses produksi keripik tempe yang dilakukan di rumah-rumah penduduk. Disarankan kepada pengunjung yang ingin menyaksikan proses produksi keripik tempe untuk datang pada jam-jam produksi, sekitar pukul 8 pagi hingga 12 siang.

Tersedia berbagai varian rasa keripik tempe yang dapat dipilih, mulai dari yang asli, pedas balado, manis jagung, barbeque, hingga favorit, rasa keju.

Selain menghasilkan keripik tempe, penduduk Kampung Sanan juga memproduksi keripik buah seperti apel, nangka, salak, semangka, buah naga, dan beragam varian lainnya.

Pasar Bunulrejo

Pasar Bunulrejo, yang terletak di Jalan Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang, dikembangkan dengan konsep pasar yang menarik untuk wisatawan. Baru-baru ini, pasar ini telah direnovasi dan diberi sentuhan baru. Di sini, berbagai macam barang tersedia mulai dari sembako, sayur, buah, hingga oleh-oleh khas Malang. Selain itu, terdapat beragam pernak-pernik souvenir yang khas dari Malang yang juga bisa ditemukan di pasar ini.

Pasar Minggu

Sesuai dengan namanya, pasar ini hanya beroperasi pada hari Minggu. Terletak di sepanjang Jalan Raya Semeru, di sebelah utara Stadion Gajayana, pasar ini buka mulai dari pukul 6 pagi hingga 11 siang. Tempat ini menjadi tujuan favorit warga untuk menghabiskan akhir pekan. Di sini, terdapat berbagai stand yang menjual kuliner, oleh-oleh, dan pernak-pernik dengan harga yang terjangkau.

Pasar Roma

Pasar Roma adalah kependekan dari Rombengan Malam. Pasar ini merupakan pasar yang bersifat sementara dan buka dari pukul 7 malam hingga dini hari. Di tempat ini, tersedia berbagai barang seperti pakaian, sepatu, celana, jam, tas, dan item lainnya. Pedagang menjajakan dagangan mereka sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan, Jodipan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Pasar ini juga terkenal sebagai pasar maling karena beberapa barang yang dijual di sini diduga berasal dari tindakan pencurian.

Keramik Dinoyo

Selain menawarkan pengalaman kuliner, Malang juga merupakan tempat yang menarik untuk berbelanja oleh-oleh khas. Sentra Keramik Dinoyo adalah tempat di mana kamu dapat menemukan aneka kerajinan keramik dengan berbagai bentuk unik. Di sepanjang jalan di kawasan ini, terdapat sejumlah toko yang menjual beragam keramik menarik, seperti mug, vas, cangkir mini, teko yang lucu, serta aneka hiasan dan souvenir lainnya. Selain itu, di tempat ini juga dapat dipelajari cara pembuatan kerajinan keramik.

Baca Juga: Mie Ramen Instan Halal

Pasar Buku Wilis

Pasar Buku Wilis adalah lokasi di mana Anda dapat menemukan berbagai jenis buku, baik yang bekas maupun baru. Di tempat ini, terdapat sejumlah kios buku yang beroperasi dari pagi hingga sore hari. Pasar Buku Wilis menjadi tujuan utama bagi para kolektor buku, bahkan bagi mereka yang berasal dari luar kota Malang.

Pasar Splendid

Pasar Splendid adalah pasar hewan yang terkenal di Kota Malang, tempat berbagai jenis hewan seperti burung, ikan, dan kucing dijual. Pasar ini merupakan pasar tematik yang khas bagi Malang, dengan adanya sentra tanaman hias di dalamnya. Lokasinya yang sangat dekat dengan pusat Kota Malang, berdekatan dengan Alun-Alun Tugu Malang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top