Let's Chat

10 Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama dan Menarik

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama – Malang menawarkan aneka pilihan oleh-oleh yang menarik, baik berupa makanan maupun barang lainnya. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Malang, jangan lupa membawa pulang beberapa oleh-oleh khas dari kota ini.

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Kami akan membahas beberapa rekomendasi oleh-oleh yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Malang. Berikut daftar beberapa di antaranya:

1. Keripik Apel

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Malang dikenal sebagai salah satu produsen apel terbesar. Di sini, apel tidak hanya dijual dalam bentuk buah segar tetapi juga telah diolah menjadi berbagai macam camilan enak, salah satunya adalah Keripik Apel.

Camilan ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Beberapa toko oleh-oleh seperti Kanefood menawarkan Keripik Apel berkualitas tinggi. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi Kanefood yang berlokasi di Jalan Terusan Ijen No. 853 B, Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116.

Malang Strudel

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Apel dari Malang juga telah diolah menjadi Strudel, sebuah makanan asal Austria yang terbuat dari pastry berlapis. Berbeda dari Strudel biasa, Malang Strudel memiliki isian berupa apel khas Malang.

Produk ini pertama kali diinisiasi oleh artis Teuku Wisnu, yang terinspirasi saat berlibur ke beberapa negara Eropa, termasuk Austria.

Pia Mangkok

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama – Jika Jogja terkenal dengan Bakpia-nya, Malang punya Pia Mangkok sebagai alternatifnya. Meski serupa dengan Bakpia, Pia Mangkok memiliki tekstur yang lebih renyah, terutama di bagian kulit luar.

Saat menggigit, tekstur renyah kulit Pia Mangkok akan terasa, yang membedakannya dari Bakpia. Dalam hal isi, Pia Mangkok lebih ringan dibandingkan Bakpia dan menawarkan beragam pilihan rasa, mulai dari kacang hijau, keju, durian, hingga tangkwee atau labu putih.

Keripik Ceker Unik

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Jika kamu mencari camilan yang berbeda dari biasanya, maka Keripik Ceker adalah pilihan yang menarik. Seperti namanya, keripik ini terbuat dari ceker, atau kaki ayam. Hanya bagian kulit ceker yang digunakan untuk membuat keripik ini.

Proses pembuatannya cukup unik; kulit ceker dipisahkan dari tulangnya, kemudian direbus hingga empuk dan direndam dalam air kapur selama 10 menit. Perendaman dalam air kapur dilakukan untuk menghilangkan lendir pada kulit. Setelah itu, kulit ceker dijemur dan digoreng hingga menjadi keripik yang renyah. Selain rasanya yang enak, keripik ini juga mengandung nutrisi seperti kolagen dan asam amino.

Keripik Tempe Khas Malang

Oleh-Oleh Khas Malang yang Tahan Lama

Meskipun keripik tempe bisa ditemukan di banyak kota, versi Malang dari keripik ini memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya istimewa. Di Malang, tempe diiris sangat tipis sebelum digoreng.

Keistimewaan dari keripik tempe Malang ini terletak pada teksturnya yang sangat renyah, berkat irisan tempe yang sangat tipis. Ditambah lagi, irisan tempe ini dilapisi dengan tepung beras yang telah diberi bumbu khusus.

Bumbu khusus yang digunakan biasanya adalah campuran dari ketumbar, kencur, bawang putih, dan kunyit. Jika kamu berada di Malang, kamu bisa menemukan keripik ini di area Sanan.

Bakpao Telo yang Legit

Berbeda dari bakpao konvensional yang umumnya dibuat dari tepung terigu, Bakpao Telo ini unik karena terbuat dari ubi jalar, atau yang dikenal sebagai telo. Penggunaan ubi jalar sebagai bahan dasar memberikan rasa yang lebih kaya dan legit daripada bakpao biasa.

Untuk mencicipi keunikan ini, kamu bisa berkunjung ke toko Repoeblik Telo yang ada di Pasuruan dan Malang. Di Malang, alamatnya terletak di Jalan Raya Malang – Gempol No. 62, Sumping Wetan, Turirejo, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur 65213.

Bakpao Sayang dengan Varian Rasa

Selain Bakpao Telo, ada juga Bakpao Sayang yang memiliki kulit berwarna putih kekuningan dan tekstur yang lebih lembut. Yang menarik, Bakpao Sayang menawarkan hingga 30 varian rasa yang bisa kamu pilih!

Bakpao ini telah banyak dijual di Malang, Batu, dan beberapa kota lain. Di Malang, kamu bisa mendapatkannya di salah satu toko di Jalan Langsep, Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65116.

Ledre Pisang Bangka, Camilan dari Pisang Raja

Sesuai dengan namanya, Ledre Pisang Bangka adalah makanan yang terbuat dari pisang raja. Dalam proses pembuatannya, pisang raja dihaluskan, diberi gula, dan dicampur dalam adonan yang juga mengandung gula, garam, dan tepung ketan.

Camilan ini memiliki tampilan yang mirip crepes, dengan tekstur yang gurih dan rasa pisang yang kental. Jika ingin membeli camilan ini, kamu bisa pergi ke toko resminya yang berada di Jalan Bangka no. 20-22, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117.

Kaos Terbalik dari Soak Ngalam

Jika kamu mencari oleh-oleh yang bukan makanan, kaos dari Soak Ngalam bisa menjadi pilihan menarik. Kaos ini memiliki keistimewaan pada desainnya, yang mengandung kata-kata atau frase yang ditulis terbalik.

Contohnya, kata “Orang” ditulis sebagai “Genaro,” atau “Kamu” yang ditulis sebagai “Umak.” Untuk memperoleh kaos unik ini, datang saja ke toko resmi mereka di Jalan Kawi Atas No. 24, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Keramik Dinoyo, Seni yang Berkelas

Selain kaos, kamu juga bisa membawa pulang Keramik Dinoyo sebagai oleh-oleh. Keramik ini dibuat oleh pengrajin lokal di area Dinoyo, dengan menggunakan bahan dasar yang mereka produksi sendiri. Hasilnya, kualitas keramik ini sangat terjamin.

Keramik Dinoyo hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari vas bunga, guci, hingga gelas. Harganya juga cukup terjangkau. Jika tertarik, silakan kunjungi Jalan MT Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Baca Juga : Wisata Malam di Kota Malang

Inilah beberapa ide oleh-oleh asli Malang yang bisa kamu pertimbangkan. Jika kamu masih ingin mengetahui lebih banyak mengenai tempat-tempat yang menawarkan oleh-oleh khas Malang, kamu bisa mencari informasinya di artikel lainnya yang membahas 9 Tempat Oleh-oleh di Malang. Semoga saran kami berguna untukmu! Jika kamu memiliki rekomendasi lainnya, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar!

Kesimpulan

Kesimpulannya, kota Malang menawarkan beragam pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari makanan hingga barang non-makanan. Dari berbagai jenis keripik seperti Keripik Apel dan Keripik Tempe, hingga makanan unik seperti Bakpao Telo dan Ledre Pisang Bangka, semua memiliki kekhasan tersendiri. Selain itu, kaos dari Soak Ngalam dan Keramik Dinoyo juga menawarkan sesuatu yang unik dan berkualitas.

Jadi, jika kamu berada di Malang atau berencana untuk mengunjunginya, jangan lupa untuk memilih beberapa oleh-oleh khas dari sana. Semoga rekomendasi ini membantu kamu menemukan oleh-oleh yang paling cocok untuk dibawa pulang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top