Let's Chat

9 Wisata Malam di Kota Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Malam di Kota Malang – Malang, yang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur, mempunyai beragam pilihan destinasi wisata yang mengesankan. Dikelilingi oleh gunung-gunung karena lokasinya di dataran tinggi, serta memiliki rangkaian pantai indah di bagian selatan provinsi, Malang menawarkan wisata alam yang beraneka ragam. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan pilihan-pilihannya untuk wisata malam, khususnya di area Kota Batu.

Berikut adalah 9 rekomendasi destinasi wisata malam di Malang yang patut untuk dijadikan tujuan:

1. Kampung Lampion Wangi

Wisata Malam di Kota Malang

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Malang Kota Baru, berada di belakang Kampung Warna Warni Jodipan. Perkampungan ini menawarkan pemandangan yang unik dengan berbagai lampion cantik yang menghiasi area tersebut. Di malam hari, lampion-lampion ini akan dinyalakan dan menciptakan efek cahaya yang berwarna-warni.
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Jodipan, Blimbing, Kota Malang

Waktu Operasional: 09.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Rp3.000
Kontak: 0877-5988-6888

2. Alun-Alun Tugu

Wisata Malam di Kota Malang

Wisata Malam di Kota Malang – Malang memiliki dua alun-alun yang terletak cukup dekat satu sama lain. Alun-Alun Tugu berlokasi di arah barat dari Stasiun Malang Kota Baru, dan berseberangan dengan Balai Kota Malang serta SMAN 4 Malang. Alun-alun ini adalah salah satu titik yang memiliki nilai sejarah di Malang dan selalu menjadi tujuan yang populer.

Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
Waktu Operasional: Buka 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Taman Kunang-Kunang

Wisata Malam di Kota Malang

Berlokasi di pusat kota, tepatnya sejajar dengan Jalan Jakarta dan Simpang Ijen, Taman Kunang-Kunang menawarkan keindahan khusus dengan 96 lampu LED yang menerangi hutan kota setiap malam. Terbagi menjadi lima Plaza, masing-masing dengan jumlah lampu LED yang variatif. Misalnya, Plaza pertama memiliki 18 lampu LED, sedangkan Plaza 3 menghadirkan dua gazebo yang dikelilingi oleh lampu LED berbentuk bulat. Taman ini juga menyediakan tempat duduk untuk pengunjung yang ingin bersantai.

Alamat: Jl. Jakarta Oro-Oro Dowo, Penanggungan, Klojen, Kota Malang
Waktu Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Gratis

4. Taman Slamet

Wisata Malam di Kota Malang

Terletak tidak jauh dari Stadion Gajayana, Taman Slamet adalah ruang publik yang sering menjadi tempat relaksasi warga Malang. Baru-baru ini, taman ini mengalami renovasi, salah satunya adalah penambahan lorong berwarna jingga.

Ada 6 lorong yang konon melambangkan jumlah gunung di sekitar Malang, seperti Gunung Kawi, Kelud, Arjuno, Semeru, Bromo, dan Panderman. Di malam hari, lorong-lorong ini dihiasi lampu, membuatnya menjadi spot yang menarik untuk berfoto.

Alamat: Taman Slamet, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang
Waktu Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Gratis

5. Alun-Alun Kota Malang

Wisata Malam di Kota Malang

Sebagai pelengkap dari Alun-Alun Tugu, Alun-Alun Kota Malang berada hanya 1 km darinya. Selalu dipadati oleh pengunjung, kawasan ini terus mengembangkan atraksi untuk menarik lebih banyak orang.

Selain taman bermain anak-anak, kini juga ada pertunjukan air mancur menari yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Agung Kota Malang, masjid terbesar di kota tersebut.

Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
Waktu Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Gratis

6. Malang Night Paradise

Jika Kota Batu punya Batu Night Spectacular, Malang tidak mau kalah dengan Malang Night Paradise. Terletak dekat Gerbang Tol Singosari, tempat ini menawarkan berbagai jenis wahana, dari Air Terjun Menari hingga Dino Park dan Taman Lampion.

Selain itu, ada juga pilihan untuk wisata edukatif dengan menampilkan patung-patung dinosaurus. Untuk pengalaman yang berbeda, pengunjung bisa mengarungi sungai buatan dengan perahu kayu.

Alamat: Jl. Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang
Waktu Buka: 17.00 – 23.00 WIB
Biaya Masuk: Rp50,000 – Rp100,000
Kontak: (0341) 4351 795

7. Bukit Delight

Sebagai café pilihan bagi generasi muda di Malang, Bukit Delight menyajikan suasana hangat dari sore hingga tengah malam.

Tempat ini memamerkan keindahan lampu-lampu gantung di area luar, menciptakan suasana yang nyaman dan romantis. Dari lokasi ini, pengunjung bisa menikmati lampu kota Malang dari kejauhan. Tempat ini menjadi lebih ramai di malam hari, terutama karena cuaca dingin yang membuatnya ideal untuk relaksasi.

Baca Juga : Pia Cap Mangkok Malang Menjadi Pilihan

Alamat: Jl. Joyo Agung No. 1, Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang
Jam Operasional: 16.00 – 24.00 WIB
Kisaran Harga: Rp7,000 – Rp30,000

8. Ronde Titoni

Di kota berhawa sejuk ini, Ronde Titoni menawarkan beragam kuliner malam, termasuk wedang ronde dan angsle, yang bertujuan untuk menghangatkan pengunjung. Didirikan sejak 1948, Ronde Titoni sudah menjadi ikon di Malang, baik untuk penduduk lokal maupun wisatawan.

Selain ronde dan angsle, Anda juga bisa menemukan roti goreng dan cakwe yang menjadi pelengkap sempurna untuk makan malam Anda.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Operasional: Senin – Sabtu: 18.00 – 24.00 WIB, Minggu tutup
Kisaran Harga: Rp4,000 – Rp10,000

9. Budug Asu

Jika Anda menyukai kegiatan berkemah, Bukit Budug Asu di Singosari, Kabupaten Malang, bisa menjadi pilihan. Bukit ini masih relatif tidak ramai dikunjungi wisatawan dan terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Daerah ini juga termasuk dalam lereng Gunung Arjuno. Akses ke Budug Asu memang cukup menantang; jalan tanah yang licin dan kondisi alam yang ekstrem membuat lokasi ini kurang cocok untuk jenis kendaraan seperti motor matic.

Alamat: Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang

Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5,000
Kontak: 0823-3646-0623

Itulah tiga tambahan destinasi untuk menikmati malam di Kota Malang, mulai dari opsi kuliner hingga kegiatan berkemah. Selamat menikmati malam di Kota Apel!

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Kota Malang menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata malam yang menarik dan beragam. Mulai dari café romantis seperti Bukit Delight, kuliner malam hangat di Ronde Titoni, hingga petualangan alam di Bukit Budug Asu. Setiap tempat memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, mulai dari suasana, kuliner, hingga aktivitas yang bisa dilakukan.

Apakah Anda mencari tempat untuk bersantai, menikmati kuliner lokal, atau mencari petualangan di alam terbuka, Malang memiliki sesuatu untuk semua jenis wisatawan. Jadi, jika Anda berencana menghabiskan waktu di Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai pilihan menarik ini. Selamat berwisata di Kota Apel!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top