Let's Chat

10 Tempat Camping di Malang yang Asyik Bersama Keluarga

Tempat Camping di Malang – Saat bepergian, jenis akomodasi mana yang menjadi favoritmu? Apakah hotel, hostel, resort, homestay, atau mungkin camping? Tak peduli di mana kamu memilih untuk menginap, liburan selalu menjadi momen yang menyenangkan. Tentu saja, liburan bersama keluarga akan terasa berbeda dibandingkan dengan liburan bersama teman-teman, yang seringkali lebih menarik jika dihabiskan dengan camping.

10 Tempat Camping di Malang yang Asyik Bersama Keluarga

Di kota Malang, yang terkenal dengan iklimnya yang sejuk mirip Bandung, tersedia berbagai lokasi camping yang menarik. Selain di pegunungan, pantai juga bisa menjadi opsi lokasi yang menyenangkan untuk camping. Jika kamu berencana liburan ke Malang, berikut beberapa tempat camping yang menarik di kota ini:

1. Bumi Perkemahan Bedengan

Tempat Camping di Malang

Ingin camping di area yang edukatif sekaligus menyegarkan? Bumi Perkemahan Bedengan bisa menjadi pilihanmu. Lokasi ini menawarkan kegiatan memetik jeruk, yang sangat sesuai apabila kamu membawa anak-anak untuk mengenalkan mereka pada kegiatan pertanian. Di sini, pengunjung bisa memetik dan menikmati jeruk langsung dari pohonnya.

Letaknya di kaki Gunung Panderman, Bumi Perkemahan Bedengan menawarkan udara sejuk, pemandangan memukau, dan keberadaan sungai yang bening. Karena letaknya yang relatif jauh dari pusat kota Malang, area ini masih terjaga keasriannya.

Alamat: Jl. Raya Selokerto, Godehan, Selorejo, Dau, Kabupaten Malang
Jam Operasional: 24 jam
Biaya Masuk: Rp5.000 per orang

2. Latar Ombo, Gunung Panderman

Tempat Camping di Malang

Jika pernah mendaki Gunung Panderman di Kota Batu, pasti kamu familiar dengan Latar Ombo. Area padang rumput ini adalah bagian dari pos dua dalam pendakian Gunung Panderman dan berada pada ketinggian 1.604 meter di atas permukaan laut, menjadikannya pilihan ideal untuk camping.

Di malam hari, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan lampu kota Batu yang berkelap-kelip seperti bintang. Lokasi ini juga tidak terlalu jauh dari puncak Gunung Panderman, di mana kamu bisa menikmati keindahan alam, termasuk pemandangan Gunung Arjuno-Welirang.

Alamat: Kehutanan, Batu, Kota Batu
Jam Operasional: 24 jam
Biaya Masuk: Rp3.000 per orang

3. Camping di Coban Rais

Tempat Camping di Malang

Kota Malang terkenal dengan keberagaman air terjunnya, dan Coban Rais adalah salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasi ini menawarkan lahan yang luas untuk camping, dikelilingi oleh keasrian alam dan suara air terjun yang menenangkan. Meskipun sering ramai, terutama saat akhir pekan, ada banyak area untuk memasang tenda. Bahkan, kamu bisa mencoba aktivitas flying fox untuk menambah kegembiraan liburanmu.

Alamat: Jalur Lingkar Barat No. 8, Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu
Jam Buka: Setiap hari, 07:00 – 15:00 WIB
Biaya Masuk: Rp5.000 per orang

4. Pantai Balekambang: “Tanah Lot” di Malang

Tempat Camping di Malang

Malang juga dikenal dengan pantai-pantainya, termasuk Pantai Balekambang di Malang Selatan. Pantai ini sering disebut sebagai “Tanah Lot-nya Malang” karena adanya pura di pulau karang, menjadikannya sangat populer di kalangan wisatawan. Meski ada berbagai jenis penginapan, kamu tetap bisa memasang tenda dan menikmati matahari terbit langsung dari dalam tenda.

Alamat: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp10.000 per orang

5. Savana di Gunung Butak

Tempat Camping di Malang

Bagi para pendaki, berkemah di savana Gunung Butak bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dengan ketinggian 2.868 meter di atas permukaan laut, Gunung Butak adalah salah satu dari serangkaian Pegunungan Putri Tidur, yang mencakup Gunung Kawi dan Gunung Panderman. Savana ini menawarkan pemandangan menakjubkan, termasuk puncak Gunung Butak yang tampak jelas.

Alamat: Gunung Butak, Sumber Bendo, Hutan Ngadirenggo, Wlingi, Blitar
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp10.000 per orang

6. Apache Camp di Coban Talun

Untuk pengalaman camping yang unik, Apache Camp di Coban Talun menawarkan konsep camping ala suku Indian. Tenda-tenda di sini berbentuk kerucut dan dilengkapi dengan aksesori khas budaya Indian. Apache Camp bisa dianggap sebagai camping semi-glamor, dengan biaya Rp500.000 untuk maksimal 4 orang. Tenda berukuran 4×4 meter, membuatnya cocok untuk camping keluarga.

Alamat: Jl. Coban Talun, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: Setiap hari, 07:00 – 17:00
Biaya Masuk: Rp7.500 per orang

7. Pantai Goa Cina: Camping di Tepi Pantai Unik

Pantai Goa Cina adalah salah satu pantai paling menarik di Malang yang juga cocok untuk kegiatan camping. Disebut demikian karena adanya sebuah goa dekat pintu masuk yang digunakan oleh para pemuda Tionghoa untuk bersemedi. Pantai ini menawarkan pasir putih, air laut yang jernih, dan batu karang besar, membuatnya terlihat sangat unik. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada beristirahat di tenda sambil menikmati pemandangan laut.

Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp5.000 per orang

8. Coban Rondo: Lebih dari Sekadar Air Terjun

Coban Rondo adalah salah satu air terjun paling populer di Malang dan juga sebuah tempat yang bagus untuk camping. Dengan lahan yang luas, tempat ini ideal untuk acara komunitas atau kegiatan outdoor. Selain memasang tenda, kamu juga bisa menyelam ke kolam dan sungai alam di sekitarnya. Tapi berhati-hatilah, karena batu-batu di sini bisa menjadi licin.

Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp5.000 per orang

9. Budug Asu Camp: Tempat Latihan Mendaki yang Menarik

Meski belum sepopuler tempat lainnya, Budug Asu Camp di lereng Gunung Arjuno mulai menarik perhatian. Tempat ini diberi nama Budug Asu karena seringnya ditemukan anjing liar. Dengan ketinggian antara 1.500-2.000 meter, tempat ini cocok untuk latihan mendaki. Setelah berjalan kaki selama sekitar dua jam, kamu akan menemukan warung dan toilet.

Alamat: Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp10.000 per orang

10. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru: Surga bagi Pendaki

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau indah di Gunung Semeru dan merupakan salah satu tempat camping paling populer. Setelah mendaki dari Ranu Pane, banyak pendaki memilih untuk bermalam di sini sebelum melanjutkan ke Kalimati. Alasan utamanya? Pemandangan matahari terbit yang memukau dan langit malam yang ditaburi bintang dan Milky Way.

Baca Juga : Oleh Oleh Khas Malang Tahan Lama

Alamat: Tulungrejo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang
Jam Buka: 24 jam
Biaya Masuk: Rp17.500 per orang per hari
Itu dia daftar 10 tempat camping di Malang yang cocok untuk mengisi liburanmu. Mana yang paling menarik bagimu? Jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu!

Kesimpulan

Malang adalah kota yang penuh dengan pesona alam yang bisa dijelajahi, dari pantai hingga gunung. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, kota ini juga menyediakan berbagai lokasi yang ideal untuk camping. Mulai dari Pantai Goa Cina dengan pasir putihnya, Coban Rondo yang menawarkan kombinasi air terjun dan alam, Budug Asu sebagai tempat latihan mendaki yang mulai populer, hingga Ranu Kumbolo yang menjadi surga bagi para pendaki, semua menawarkan pengalaman unik dan berkesan.

Setiap lokasi memiliki keunikan sendiri dan fasilitas yang cukup memadai, mulai dari toilet hingga warung. Biaya masuknya juga relatif terjangkau, menjadikan tempat-tempat ini pilihan yang tepat bagi berbagai kalangan, baik pendaki profesional maupun mereka yang hanya ingin menikmati alam.

Jadi, jika kamu adalah pencinta alam yang ingin merasakan pengalaman camping yang beragam di Malang, opsi-opsinya sangat banyak dan menarik. Tinggal pilih sesuai dengan apa yang paling kamu sukai, dan jangan lupa untuk mengajak teman-temanmu untuk memaksimalkan keseruan petualanganmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top