Let's Chat

10 Jajanan Khas Malang Yang enak – Anda Wajib Coba Nih

Jajanan Khas Malang – Saat berada di Malang, Anda memiliki banyak pilihan kegiatan menarik, mulai dari mengexplore tempat-tempat wisata, menikmati waktu luang di kafe-kafe lokal, hingga mencicipi aneka jajanan khas kota ini. Dengan udara sejuk yang ada, keinginan untuk mencari camilan di Malang tentunya semakin besar. Jadi, mencari jajanan di sini adalah pilihan yang cerdas.

Jika Anda adalah turis dari luar Malang, mungkin Anda masih asing dengan variasi jajanan populer di sini. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan membahas beberapa jajanan khas Malang yang pasti akan membuat Anda tergoda untuk mencobanya.

1. Pia Cap Mangkok

Jajanan Khas Malang

Ini adalah salah satu camilan yang tak bisa dilewatkan saat Anda berkunjung ke Malang. Mirip dengan bakpia pathok dari Yogyakarta, Pia Cap Mangkok adalah camilan sekaligus suvenir favorit dari kota ini. Isi dari kedua camilan ini juga serupa, yaitu kacang hijau.

Banyak turis yang sengaja mencari Pia Cap Mangkok ini saat berkunjung ke Malang. Dengan rasa unik, ukuran yang cukup besar, dan harga yang terjangkau, camilan ini sering dijadikan pilihan untuk dinikmati selama perjalanan atau sebagai oleh-oleh. Ada berbagai varian rasa, mulai dari kacang hijau, coklat, keju, durian, hingga tangkwee.

2. Ketan Legenda

Jajanan Khas Malang

Jangan lewatkan juga kunjungan ke alun-alun Kota Batu, yang masih merupakan bagian dari Malang. Di sana, Anda akan menemukan Pos Ketan Legenda 1967 yang menyediakan aneka makanan berbasis ketan. Camilan ini sudah menjadi ikon di Malang dan sering dianggap sebagai “must-buy” saat mengunjungi kota ini.

Menu yang ditawarkan oleh Ketan Legenda sangat beragam, termasuk ketan bubuk, ketan susu keju, ketan susu durian, ketan kicir, dan masih banyak lainnya. Pos Ketan Legenda 1967 sendiri selalu ramai dengan pengunjung, baik wisatawan maupun penduduk setempat.

3. Sempol

Jajanan Khas Malang

Jika Anda berada di Malang, mencicipi sempol adalah keharusan. Camilan ini bukan hanya populer di Malang tetapi juga telah menyebar ke berbagai kota di Jawa Timur. Dalam penampilannya, sempol bisa dikatakan mirip dengan sate telur gulung.

Namun, sempol memiliki komposisi unik dari daging ayam cincang yang dicampur dengan tepung terigu. Adonan tersebut kemudian dibentuk, ditusuk dengan tusuk bambu, dan dikukus hingga menjadi padat. Sebelum digoreng, sempol yang telah ditusuk akan dicelupkan ke dalam telur kocok. Camilan ini sempurna disantap dengan saus tomat, saus sambal, atau kecap manis.

4. Bakwan Malang

Jajanan Khas Malang

Jangan melewatkan kesempatan untuk mencoba Bakwan Malang, sebuah jajanan khas yang sudah terkenal hingga ke Jakarta. Nikmati semangkuk bakwan Malang di kota dengan udara sejuk ini, dan Anda akan merasakan keistimewaannya. Lalu, apa yang membedakan bakwan Malang dari bakso?

Bakwan Malang memiliki kuah yang lebih jernih dan aroma daging sapi yang lebih ringan. Teksturnya juga lebih padat dibandingkan bakso. Pelengkap lainnya mirip dengan yang biasa disajikan bersama bakso, seperti tahu, gorengan, dan mie kuning. Bakwan Malang bisa Anda temukan di hampir setiap penjuru kota ini.

5. Dodol Apel

Jajanan Khas Malang

Dodol Apel adalah salah satu jajanan yang sangat identik dengan Malang. Dodol, yang biasanya hanya menawarkan rasa manis, di Malang diinovasi dengan tambahan rasa dan aroma apel. Apel hijau yang banyak dihasilkan di Malang digunakan dalam pembuatan dodol ini.

Dodol Apel juga telah mendapatkan popularitas di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya akan terasa kurang lengkap jika Anda mengunjungi Malang tanpa membawa pulang dodol ini sebagai camilan atau oleh-oleh.

6. Lemet

Lemet adalah jenis kue basah tradisional khas Malang yang memiliki bentuk serupa dengan arem-arem. Namun, yang membedakan adalah lemet terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Kesamaannya dengan arem-arem ada pada bentuknya yang memanjang dan pembungkusan menggunakan daun pisang.

Dalam pembuatannya, singkong parut dicampur dengan kelapa parut dan garam. Adonan tersebut kemudian diletakkan di atas daun pisang yang telah diratakan. Gula merah ditambahkan di atas adonan sebelum ditutup kembali dengan singkong. Setelah itu, daun pisang dibungkus dan kue dikukus hingga matang.

7. Weci

Weci, juga dikenal sebagai ote-ote, adalah salah satu gorengan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Malang. Meski sama, weci Malang dan ote-ote dari Porong memiliki keunikan tersendiri. Bahan pembuatannya cukup sederhana, umumnya hanya terdiri dari tepung dan sayuran seperti tauge.

Sebagai topping, weci biasanya ditambahkan udang goreng utuh. Namun, jika Anda kurang menyukai udang, tersedia juga weci yang hanya berisi sayuran. Weci ini bisa dinikmati dengan sambal hijau atau sambal petis khas Malang.

8. Bakpao Sayang

Meskipun Bakpao Sayang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, versi Malang dari jajanan ini memiliki keistimewaan tersendiri. Kulit bakpao ini dibuat dari bahan berkualitas, membuatnya menjadi lebih lembut dan tahan lama. Warna kulit bakpaonya juga lebih alami, cenderung kekuningan, karena tidak menggunakan pemutih.

Selain itu, Bakpao Sayang menawarkan berbagai varian isi yang lezat, mulai dari kacang hitam, kacang merah, kacang tanah, hingga keju, kacang hijau, strawberry, blueberry, dan nanas.

9. Lepet Jagung

Lepet jagung adalah salah satu kue basah yang cukup populer di Malang. Meskipun tidak lagi mudah ditemukan, beberapa penjual kue basah di kota ini masih menawarkannya.

Bahan dasar lepet jagung adalah butiran jagung manis yang telah dihancurkan dan dicampur dengan sagu, kelapa parut, gula, dan sedikit garam. Yang menarik, lepet jagung ini dibungkus bukan dengan daun pisang, tetapi menggunakan kulit jagung. Setelah adonan siap, bungkuslah dengan kulit jagung dan kukus hingga matang.

10. Keripik Tempe

Keripik tempe adalah cemilan yang amat disukai oleh banyak orang dan sudah menjadi bagian dari kuliner Indonesia. Uniknya, banyak orang membeli keripik tempe ini secara online langsung dari Malang. Tempe diiris sangat tipis, dilapisi tepung, dan digoreng hingga menjadi renyah.

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk membeli keripik tempe ini. Cemilan ini sempurna untuk dinikmati sebagai snack atau bahkan sebagai pelengkap nasi putih.

Baca Juga : Pia Cap Mangkok Malang Menjadi Pilihan

Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang aneka jajanan khas Malang yang direkomendasikan oleh Keluyuran ini? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya? Jika Anda memiliki saran jajanan lain dari Malang, silakan tulis di bagian komentar di bawah.

Kesimpulan

Kota Malang di Jawa Timur menawarkan berbagai jajanan khas yang patut dicoba. Mulai dari kue basah seperti Lemet dan Lepet Jagung, gorengan seperti Weci, hingga cemilan renyah seperti Keripik Tempe, semua memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Beberapa di antaranya bahkan sudah populer hingga di luar kota dan bisa dibeli secara online.

Jadi, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Malang, pastikan untuk mencicipi dan bahkan membawa pulang beberapa dari jajanan khas ini. Bagi Anda yang memiliki rekomendasi jajanan Malang lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top