Let's Chat

Wisata Kuliner Malang, Pasar Tradisional Oro-Oro Dowo

Wisata Kuliner Malang – Saat berkunjung ke Malang tidak lengkap jika tidak berburu makanan enak di Malang. Salah satu yang patut dicoba adalah berkuliner di Pasar Oro-oro Dowo. Terdapat banyak tempat makan enak dan khas yang ada di dalam pasar Pasar Oro-oro Dowo maupun di sekitarnya.

Pasar Oro-Oro Dowo merupakan salah satu pasar di Kota Malang yang sudah sejak Indonesia belum merdeka, yaitu tahun 1932. Pasar ini berlokasi di jl. Guntur no. 22 Kota Malang. Walaupun sebutannya pasar, bisa dikatakan tempat ini bersih dan nyaman untuk pengunjung. Sehingga para pembeli bisa berwisata kuliner karena banyak pedagang makanan ringan hingga berat yang berjejer. Dan tidak sedikit lapak selalu ramai oleh pembeli.

Di Pasar Oro-Oro Dowo ini banyak pembeli yang rela mengantri berjam-jam demi menikmati makanan enak di sana. Pilihan makanan yang dijual mulai dari pangsit mi, soto,  gado-gado, dan chinese food. Berbagai menu untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam pun tersedia. Berikut kuliner di Pasar Oro-oro Dowo dan sekitarnya yang enak dan banyak peminat. Tak perlu khawatir, karna harga menu makanan disini mulai dari Rp 3.000.

Wisata Kuliner Malang di Pasar Tradisional Oro-Oro Dowo

Gado-gado Pak Wito

Gado-gado Pak Wito berada di Pasar Oro-oro Dowo, dikenal sebagai kuliner yang legendaris di Kota Malang. Warung ini sudah dibangun sejak tahun 1977. Gado-gado ini buka mulai jam 09.00 sampai jam 14.00 WIB, setiap  Selasa hingga  Minggu, akan tetapi hari Senin tutup. Gado-gado Pak Wito memiliki menu gado-gado dengan porsi yang cukup besar. Terdiri dari lontong, kentang,  tahu, potongan telur,  sayur selada, mentimun, dan juga kerupuk. Isian tadi disiram dengan bumbu kacang yang khas kental dan lembut. Untuk harganya, satu porsi gado-gado dijual dengan harga Rp 15.000 saja.

Nasi Bhug OOD

Nasi bhug mungkin dikenal kuliner khas Malang yang identik dengan para pendatang yang berasal dari Madura. Nasi bhug satu piring biasa terdiri dari nasi, lodeh tewel atau sayur nangka muda, tempe mendol, dendeng kelapa, peyek teri, bakwan jagung,  dan sambal yang pedas.

Di Pasar Oro-oro Dowo ada warung nasi bhug ini yang terkenal, yaitu bernama Nasi Bhug OOD. Rasanya enak dan harganya murah meriah, mulai dari Rp 5 ribu. Sehingga membuat para pelanggan rela mengantri sampai terkadang menutupi akses masuk ke dalam pasar.

Gado-gado Cak Abu

Selanjutnya, Gado-gado Cak Abu yang lokasi juga di Pasar Oro-oro Dowo Bedak 3, Jl. Guntur no. 20. Gado-gado ini buka buka setiap hari, mulai jam 06.00 sampai dengan 15.00 WIB. Isiannya terdiri dari gado berisi lontong, kentang, tahu, taoge, mentimun, sayur selada, potongan telur, serta kerupuk atau emping. Macam-macam bahan tadi disiram dengan bumbu kacang yang ciri khas kacangmya masih sedikit bertekstur. Satu piring gado-gado dijua dengan harga Rp 12 ribu saja.

Bakso Goreng Bagoplek

Jika ingin mencicip makanan atau jajanan yang ringan, ada bakso goreng yang renyah luar dan lembut kenyal bernama Bakso Goreng Bagoplek. Bakso goreng ini dibuat dari campuran daging ayam dan bahan atau bumbu lain.  Menurut para pekerja bakso goreng ini, dalam satu hari habis kira-kira 20 kilogram adonan bakso.

Sesampainya disini, para pelanggan yang ingin membelinya harus sabar antre sekitar 1 jam untuk dalat menikmati sekantung bakso goreng yang renyah ini. Untuk harga per buahnya dijual dengan harga Rp 3.500 dan dengan minimal pembelian, yaitu sebanyak 5 buah.

baca juga : Ramen ala Piata Camilan

Pangsit Mie Ayam Arema Classic

Masih berada di Pasar Oro-oro Dowo Bedak 17, Jl. Guntur No 20, Oro-oro Dowo, Klojen. Warung Pangsit Mie Ayam Arema Classic ini buka setiap Sabtu hingga Kamis, tetapi hari Jumat libur,  mulai 09.00 sampai jam 16.00 WIB, Pangsit Mie Ayam Arema Classic mempunyai berbagai pilihan menu yaitu Pangsit Mie Biasa, Pangsit Mie Istimewa,  Pangsit Mie Bakso, dan Pangsit Spesial. Sedangkan untuk minuman ada Teh Hangat, Es Teh, Es Jeruk, dan Air Mineral. Pangsit mie ayam ini harga per porsi dibanderol dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 16.000.

Sego Liwet Bakar Kemangi

Menjadi salah satu menu sarapan favorit, sego liwet bakar atau nasi bakar di Pasar Oro-oro Dowo tidak pernah sepi pembeli. Isian dari nasi bakar disini sangat khas aroma kemangi menjadi daya tarik kelezatan.

Harga Sego Liwet Bakar Kemangi ini dijual per porsinya Rp 13 ribu. Isinya sangat padat dan berukuran cukup besar. Biasanya jika ingin membeli nasi bakar ini, harus mengantre 30 menit.

Depot Kanton

Berada di Jl Guntur No. 21, Oro-oro Dowo, Klojen, Depot Kanton buka setiap hari, mulai jam 11.00 sampai 21.00 WIB. Depot Kanton dari Pasar Oro-oro Dowo berjarak 180 meter dan hanya 5 menit ditempuh dengan jalan kaki. Tempat ini menyediakan menu makanan, yaitu Aneka Nasi Goreng Jumbo, Capjay Kuah, Bakmi Goreng, dan Sapi Lada Hitam.

Sedang untuk minuman terdapat Es Teh, Es Teh Susu,  Es Degan, Es Sirup, dan Kopi. Di tempat ini harga makanan dan minuman per menu mulai Rp 5 ribu hingga Rp 75 ribu.

Soto Betawi Djayakarta

Soto Betawi Djayakarta berada sekitar pasar, berjarak antara 150 meter dari Pasar Oro-oro Dowo. Tepatnya di Jl. Brigjend Slamet Riadi No. 80, Oro-oro Dowo, Klojen. Soto Betawi Djayakarta buka mulai jam 10.00 sampai jam 20.00 WIB, dan buka setiap hari, kecuali hari senin libur.

Soto Betawi Djayakarta menyediakan berbagai varian soto antara lain, Soto Betawi Ayam, Soto Mie Bogor, Soto Betawi Spesial, dan Cwie Mie. Dan untuk minumannya terdapat Teh Manis, Teh Telang, Jeruk Peras, dan Bir Pletok. Per menu dipatok dengan harga mulai Rp 3 ribu hingga Rp 22 ribu.

Cenil dan Lupis Hj Mistiani

Berada Pasar Oro-oro Dowo,  Cenil dan Lupis Hj Mistiani dalam satu porsi berisi ireng-ireng, cenil, ketan hitam, lupis, tiwul, lanun, bledus, gatot, lepet yang atasnya ditaburi dengan gula jawa dan parutan kelapa. Masih tradisional, tampilannya khas dan menarik dengan warna-warni macam-macam makanan tadi yang dibungkus dengan alas daun pisang. Untuk harganya cukuo murah Rp 10 ribu.

Depot Santai

Depot Santai ini lokasinya juga ada di Jl Brigjend Slamet Riadi No. 110, Oro-oro Dowo, Klojen. Berjarak hanya 350 meter dari Pasar Oro-oro Dowo, dan hanya 5 menit ditempuh dengan jalan kaki. Depot Santai buka setiap hari, mulai jam  11.00 sampai dengan jam 13.00 WIB dan buka kembali mulai jam 18.00 sampai dengan jam 21.30 WIB.

Tempat makan ini menyediakan berbagai menu makanan dengan porsi yang besar. Sehingga cocok untuk menyantap makan ramai-ramai bersama keluarga besar. Diantara menu makanannya yaitu Mihun Goreng, Tamie Goreng, Tamie Capjay, dan Bakmie. Untuk harganya mulai Rp 40 ribu hingga Rp 250 ribu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top