Let's Chat

25 Camilan Khas Malang Yang Enak dan Ramai Dikunjungi Wisatawan

Camilan Khas Malang – Ketika liburan ke destinasi wisata, selalu ada kebiasaan membawa kembali kenang-kenangan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan oleh-oleh. Ini berlaku untuk diri sendiri, keluarga, teman, atau rekan kerja.

Sebagai contoh, saat Anda berkunjung ke Malang, ada berbagai pilihan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang. Berikut daftarnya.

Daftar 25 Camilan Khas Malang yang Populer dan Terjangkau :

1. Makaroni Piatacamilan

Camilan Khas Malang

Makaroni Piatacamilan menawarkan pengalaman rasa yang berbeda untuk para pecinta camilan. Dengan tekstur yang renyah dan berbagai varian rasa yang menggugah selera, camilan ini dengan cepat menjadi favorit di kalangan masyarakat Malang.

Dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan, Makaroni Piatacamilan tidak hanya enak disantap saat santai tetapi juga cocok sebagai teman ngobrol atau saat menonton film favorit Anda. Kunjungi outlet terdekat untuk mendapatkan camilan ini dan rasakan sensasi rasa yang tak terlupakan!

2. Apel Malang

Camilan Khas Malang

Malang dikenal luas sebagai daerah produsen apel bermutu tinggi. Jadi, tidak mengherankan jika Apel Malang menjadi pilihan utama untuk oleh-oleh. Pastikan Anda membawa pulang buah ini sebagai kenang-kenangan.

Terdapat dua varietas apel yang populer dari Malang. Pertama adalah apel manalagi yang berbentuk bulat dengan warna hijau dan rasa yang manis segar. Kemudian, ada juga apel ana yang berbentuk agak lonjong dengan warna merah dan memiliki rasa yang sedikit asam.

Anda bisa dengan mudah menemukan apel-apel ini di berbagai tempat di Malang, mulai dari pasar tradisional hingga kawasan agrowisata dan toko khusus oleh-oleh Malang.

3. Sari Apel

Camilan Khas Malang

Apel Malang yang terkenal telah menginspirasi masyarakat setempat untuk mengolahnya menjadi berbagai produk, termasuk ekstrak apel.

Sehingga, bukan hanya buah apel dalam keadaan utuh, Anda juga bisa membawa pulang ekstrak apel dari varietas apel romebeauty dan manalagi.

Ekstrak apel dibuat dari buah apel pilihan yang sudah dicuci dan bijinya dibuang. Kemudian buah tersebut diperas untuk mendapatkan sari buah tanpa ampas.

Terdapat berbagai produsen ekstrak apel, sehingga Anda harus bijak dalam memilih produk yang bebas dari pengawet dan pemanis buatan.

Anda dapat memperoleh ekstrak apel ini di pusat-pusat oleh-oleh Malang atau area agrowisata.

4. Keripik Buah-buahan

Camilan Khas Malang

Selain apel, Malang juga menawarkan beragam keripik buah. Tidak hanya keripik apel, ada pula keripik dari buah-buahan lain seperti nangka, salak, kelengkeng, rambutan, dan semangka.

Berkat kondisi tanah yang subur, Malang mampu menghasilkan berbagai jenis buah-buahan. Dengan begitu, saat musim panen, masyarakat setempat berkreasi mengolahnya menjadi camilan yang tahan lama, salah satunya adalah keripik buah.

Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk membawa pulang keripik buah dari Malang sebagai oleh-oleh.

Keripik buah ini mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh khas Malang.

5. Keripik Tempe Malang

Camilan Khas Malang

Bukan hanya buah yang bisa dijadikan keripik di Malang. Tempe, yang biasanya kita nikmati sebagai lauk pendamping, telah diubah menjadi camilan renyah dengan berbagai rasa menarik.

Dengan reputasi sebagai produsen tempe berkualitas, keripik tempe mudah ditemukan di seantero Malang. Bagi Anda yang ingin mendalami dunia keripik tempe, Kampung Sanan di Kecamatan Belimbing merupakan destinasi utama.

Hampir seluruh penduduk di sana terlibat dalam bisnis tempe, mulai dari penyediaan bahan baku hingga pengemasan keripik tempe. Sementara keripik tempe kebanyakan memiliki rasa asin, di Kampung Sanan Anda bisa menemukan varian rasa lain seperti rumput laut, pizza, jagung manis, barbeque, dan keju.

6. Keripik Ceker

Camilan Khas Malang

Tak hanya keripik buah dan tempe, keripik ceker juga menjadi salah satu camilan khas Malang yang disukai. Dengan tekstur yang renyah dan rasa yang khas, keripik ceker ini tidak hanya lezat namun juga dikenal memiliki manfaat kesehatan karena kandungan kolagen, kalsium, dan asam amino di dalamnya.

Ditawarkan dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari yang kecil hingga besar, keripik ceker ini bisa Anda peroleh di banyak toko oleh-oleh khas Malang.

7. Keripik Kentang Cap Macan

Camilan Khas Malang

Saat Anda berkunjung ke Malang, pastikan untuk menambahkan Keripik Kentang Cap Macan ke dalam daftar oleh-oleh yang harus dibeli. Camilan ini menawarkan rasa yang berbeda dari keripik kentang pada umumnya.

Anehnya, bahan utamanya bukan dari kentang sebenarnya, tapi dari jenis umbi bernama gadung. Di beberapa tempat, camilan ini dikenal dengan nama keripik gadung.

Meskipun umbi gadung dikenal mengandung racun, Anda tidak perlu cemas. Melalui proses pengolahan khusus, racun dalam gadung dapat dihilangkan.

8. Variasi Olahan Ubi di Republik Telo

Camilan Khas Malang

Malang, dengan tanahnya yang subur, terkenal sebagai produsen beragam buah dan sayuran. Selain keripik buah dan kentang cap macan, kini ada berbagai variasi olahan dari ubi atau yang biasa disebut “telo”.

Telo ungu menjadi bahan dasar camilan di Republik Telo, yang kemudian diubah menjadi berbagai makanan menarik seperti es krim, keripik, pizza, bakpao, dan nugget.

Selain menikmati camilan berbasis ubi ini, Anda juga dapat menikmati fasilitas Wifi gratis di pusat oleh-oleh khas Malang, seperti yang terletak di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang.

9. Pia Mangkok Malang

Camilan Khas Malang

Bukan hanya Jogja yang dikenal dengan bakpianya. Malang memiliki varian Pia sendiri yang disebut Pia Mangkok.

Camilan ini memiliki daya tahan hingga 2 minggu setelah diproduksi. Jika Anda ingin mendapatkannya dalam kondisi paling segar, sebaiknya belilah segera setelah produksi. Salah satu tempat yang menjual Pia Mangkok terletak di Jalan Semeru 25.

Terdapat berbagai varian rasa, seperti durian, cokelat, kacang hijau, dan keju. Rasanya tentunya dapat bersaing dengan bakpia khas dari daerah wisata lainnya

10. Strudel Malang

Camilan Khas Malang

Strudel adalah kue lapis yang terbuat dari pastri dengan isian beragam buah. Malang memperkenalkan varian strudel sendiri, yang mulai populer sejak akhir tahun 2014.

Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan, seperti strudel dengan isian apel, strawberry, pisang, nanas, dan campuran buah. Kini, banyak home industri di Malang yang mulai memproduksi dan menjualnya di berbagai toko di kota ini.

Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya, Anda bisa mendatangi pusat oleh-oleh khas Malang atau langsung ke Jalan Ardimulo Nomor 14 Singosari.

11. Ledre Pisang Bangka dari Malang

Camilan Khas Malang

Berasal dari pisang, Ledre Pisang Bangka merupakan camilan yang sempurna untuk dijadikan oleh-oleh setelah Anda menikmati liburan di Malang.

Meskipun bernama “Bangka”, camilan ini tidak berasal dari Pulau Bangka. Nama tersebut diambil dari Jalan Bangka, sebuah area di dekat perumahan Kota Malang, tempat camilan ini dijual.

Dengan harga sekitar 42 ribu per kotak, camilan ini pasti menarik untuk dicoba. Jika ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi Jalan Bangka 20-22 Malang atau menghubungi via telepon di 0341-36823.

12. Madu Klanceng Malang

Camilan Khas Malang

Madu selalu dikenal dengan khasiatnya yang mengagumkan. Saat berkunjung ke Malang, pertimbangkan untuk membawa pulang Madu Klanceng sebagai oleh-oleh. Madu ini dibanderol dengan harga antara Rp. 130.000 hingga Rp. 150.000.

Meski terkesan mahal, khasiat yang ditawarkan, seperti kemampuannya dalam membantu pengobatan kanker dan meningkatkan fungsi otak, tentunya membuatnya sepadan dengan harganya.

13. Bakso Beku

Salah satu tempat populer untuk bakso di Malang adalah Bakso President yang terletak di Jalan Batanghari. Selain menyediakan bakso dalam bentuk beku yang dapat bertahan hingga beberapa bulan jika disimpan di freezer, tempat kuliner ini juga menyediakan bumbu khususnya.

Sehingga, Anda dapat menyajikan bakso khas Malang dengan mudah di rumah Anda sendiri.

14. Keripik Umbi Gadung

Berbeda dari keripik kentang biasa, Keripik Kentang Macan memiliki rasa dan tekstur khas. Hal ini disebabkan karena keripik ini dibuat dari sebuah umbi khas bernama gadung, bukan dari kentang seperti biasanya.

15. Bakpao Cinta

Kualitas bakpaonya tiada duanya dengan tekstur kulit yang lembut dan tak mudah hancur, menandakan kualitas premium. Dengan warna kulit yang keputihan mengarah ke kuningan, menandakan tidak adanya bahan pemutih. Varian isi yang beragam meliputi kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, kacang merah, keju, serta selai buah seperti strawberry, blueberry, sarikaya, dan nanas.

Disebut-sebut, Bakpao Cinta ini memiliki hingga 30 varian rasa. Temukan kelezatan Bakpao Cinta di Jl. Raya Langsep No.11, Malang. Info lebih lanjut bisa menghubungi 0341 569580.

16. Kue ASIX

Produk dari keluarga selebriti Anang-Ashanty ini menyajikan berbagai varian rasa seperti Anang Charcoal, Ash Kayagreen, Loly Rainberry Velvet, Jielly Hazelin, Acio Chocolava, hingga Acabi Chizmelt. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan bolu lapis, diberi tambahan toping seperti cokelat atau keju di bagian atas.

Dengan harga yang berkisar antara 57 – 75 ribu rupiah, Anda bisa menikmati kelezatan Kue ASIX di Jalan Guntur No 8, Malang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

17. Kue Makobu

Berlokasi di Jl. Ijen No.82, Malang, toko kue Makobu menawarkan variasi rasa seperti Castella Cheese, Castella Chocolate, Castella Cappucino, Castella Banana Crunchy, Castella Blueberry, dan Castella Apple. Setiap potongan kue dibanderol dengan harga antara 59 – 69 ribu rupiah dan toko buka mulai pukul 07.30 – 21.30 WIB.

18. Queen Apple

Dikenal sebagai selebriti kulinari, Farah Quinn turut serta menyelami dunia bisnis kue di Malang dengan membuka Apple Majestic. Terdapat dua jenis kue utama di sini, yakni bolu dan strudel.

Untuk varian bolu, tersedia rasa-rasa seperti Cinnamon, Cheese, Chocolate, Vanilla, Mango, Durian, Kurma, Jack Fruit, Milk, Vla, Almond, Raisins, dan Pineapple.

19. Putu Lanang Tengah Kota

Terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT.03, Samaan, Klojen, Malang, Putu Lanang Tengah Kota buka dari pukul 17.45 – 21.30 WIB. Sebagai salah satu warung makanan bersejarah di kota, mereka memajang spesialisasi pada kue putu.

22. Dodol Apel

Tak hanya sebagai sari atau keripik, apel juga bisa diolah menjadi jenang atau yang dikenal sebagai dodol. Memiliki rasa manis, nikmat, dan tekstur yang lembut.

23. Onde-Onde Tempat HTS

Onde-onde dari Depot Han Tjwan Sing (HTS) Lawang menjadi salah satu jajanan tradisional yang tidak kalah populer di Malang. Dengan tiga pilihan rasa menarik, seperti kacang hijau, kacang merah, dan kelapa, onde-onde ini selalu menjadi pilihan banyak orang.

24. Kue Carang Emas

Jajanan khas ini merupakan kue kering yang dibuat dari kombinasi ubi jalar dan gula jawa. Dengan bentuk yang unik, mirip dengan mie yang digulung menjadi bola dan kemudian digoreng, Carang Mas menjadi salah satu favorit.

Baca Juga : Makanan Apa yang Enak di Malang

25. Tempe Cokelat

Menikmati tempe dengan nuansa berbeda, Tempe Cokelat menawarkan kesenangan dari rasa manis cokelat yang berpadu dengan gurihnya tempe.

Beragam varian rasa, seperti susu, coklat, pedas, apel, dan stroberi tersedia dengan label de’Konco, dihargai sekitar 8 – 11 ribu rupiah. Untuk membeli langsung, Anda bisa mengunjungi toko di Jalan Danau Laut Tawar F1/F19 Sawojajar Kedungkandang, Malang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB.

Kesimpulan

Malang, sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur, menawarkan berbagai macam oleh-oleh dan camilan khas yang menarik untuk dicoba. Mulai dari jajanan pasar tradisional seperti Onde-Onde Depot HTS dan Carang Mas, hingga camilan modern seperti Cokelat Tempe dan Makaroni Piatacamilan.

Kesemua camilan ini mencerminkan keragaman budaya dan kekayaan kuliner kota Malang. Jadi, bagi siapa saja yang berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang berbagai oleh-oleh khas yang lezat dan menggugah selera ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top