Let's Chat
Paralayang Batu Malang

Berpacu Adrenalin di Wisata Paralayang Batu Malang, Berikut Selengkapnya!

Wisata Paralayang Batu Malang – Berlibur dapat menjadi lebih menyenangkan dengan mencoba paralayang di Paralayang Batu, sebuah destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur, yang dapat meningkatkan tingkat adrenalin Anda.

Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan dan kota Kota Batu dari ketinggian yang indah. Mengambang di udara selama beberapa menit ini akan memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan. Sebelum melakukannya, mari kita lihat ulasan lengkap tentang Paralayang Batu di bawah ini.

Mengenal Wisata Paralayang Batu Malang

Kota Batu telah menjadi tujuan wisata populer di Jawa Timur karena berbagai wahana wisata yang tersedia. Salah satunya adalah Paralayang Batu yang terletak di area Gunung Banyak.

Salah satu faktor yang membuat paralayang begitu diminati oleh wisatawan di Kota Batu adalah lintasannya yang panjang dan pemandangan indah yang bisa dinikmati. Selain menyediakan wahana paralayang, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas menarik seperti omah kayu dan taman langit.

Fasilitas ini dapat menjadi pengganti yang tepat bagi pengunjung yang enggan atau tidak berani mencoba paralayang. Dari kawasan Paralayang Batu ini, keindahan pemandangan Gunung Banyak dapat dinikmati dengan jelas.

Lokasi dan Akses ke Paralayang Batu

Paralayang Batu berada di wilayah Gunung Banyak, tepatnya di Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto, Batu, Batu. Jaraknya cukup dekat dari pusat Kota Batu, sekitar 10 km dengan waktu perjalanan sekitar 25 menit.

Akses ke Paralayang Batu relatif mudah karena tersedia banyak petunjuk jalan. Namun, tetap perlu berhati-hati karena jalannya cenderung menanjak dan berkelok, terutama saat kondisi hujan yang membuat jalannya licin.

Jika Anda berangkat dari Kota Batu, Anda akan melewati berbagai tempat wisata lain seperti Museum Angkut dan Jatim Park 1. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan rute terbaik menuju destinasi ini.

Jam Operasional Paralayang Batu

Paralayang Batu memiliki jam operasional yang berbeda antara hari biasa dan akhir pekan. Pada hari biasa, Senin hingga Jumat, tempat ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Sementara pada akhir pekan, Paralayang Batu buka selama 24 jam penuh, memungkinkan pengunjung datang kapan saja. Demikian pula dengan Omah Kayu dan Taman Langit, yang mengikuti jam buka objek wisata ini.

Waktu yang optimal untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim panas atau kemarau, ketika cuaca cerah memfasilitasi penerbangan dan pemandangan yang jelas. Namun, selama musim hujan atau cuaca mendung dengan angin kencang, Paralayang akan tutup karena kondisi tidak aman untuk terbang. Bahkan angin kencang selama musim kemarau pun dapat menyebabkan penutupan sementara hingga kondisi cuaca membaik.

Biaya Masuk dan Paket Paralayang Batu Malang

Untuk merasakan pengalaman bermain paralayang, pengunjung perlu menyiapkan anggaran yang cukup. Biaya ini mencakup beberapa fasilitas dan dapat dilihat dalam tabel berikut:

RetribusiTarif
Tiket Masuk WeekdaysRp10.000,00
Tiket Masuk WeekendsRp15.000,00
Paket ParalayangRp450.000,00 – Rp850.000,00
Foto di Omah KayuRp5.000,00
Penginapan di Omah KayuRp350.000,00 – Rp450.000,00
Taman LangitRp5.000,00
Flying FoxRp15.000,00
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Harga yang tertera dalam tabel dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola. Namun, daftar ini dapat menjadi panduan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi Paralayang Batu.

Daya Tarik Wisata Paralayang Batu Malang

Selain menawarkan pengalaman yang memacu adrenalin, Paralayang Batu memiliki beragam daya tarik lain yang membuatnya begitu menarik. Berikut beberapa hal yang membuat destinasi wisata ini patut untuk Anda kunjungi.

Terbang Bebas dengan Paralayang

Bagi Anda yang mencari tantangan, tentu tak akan melewatkan kesempatan untuk terbang bebas di udara dengan Paralayang Batu. Pemandangan alam yang memukau terlihat semakin menakjubkan ketika dilihat dari ketinggian.

Kegiatan ekstrem ini terbuka bagi mereka yang berusia antara 18 hingga 60 tahun, baik untuk pemula maupun ahli. Untuk peserta di bawah usia 18 tahun, persetujuan orang tua diperlukan dan mereka harus didampingi oleh instruktur.

Jika Anda ingin merasakan sensasi terbang tinggi di udara, Anda dapat memilih dari berbagai paket yang ditawarkan di tempat wisata Malang ini. Paket tersebut disesuaikan dengan tingkat pengalaman Anda, mulai dari paket pemula yang diawasi oleh instruktur hingga paket lanjutan untuk para pengunjung berpengalaman.

Paralayang dapat dinikmati dari pagi hingga malam hari, masing-masing menawarkan pesona tersendiri. Di pagi hari, Anda dapat menikmati pemandangan hijau sawah dan pegunungan dari atas langit dengan jelas. Sedangkan pada malam hari, pemandangan kota yang berkilauan seperti bintang-bintang akan menghiasi langit. Pengalaman terbang ini akan menjadi momen tak terlupakan selama liburan Anda di Batu Malang.

Berkunjung ke Omah Kayu

Salah satu fasilitas yang tidak boleh dilewatkan adalah Omah Kayu. Di sini, Anda dapat dengan bebas berpose di berbagai spot yang menawarkan pemandangan indah alam Kota Batu.

Spot favorit di Omah Kayu adalah sebuah rumah pohon yang dilengkapi dengan kasur di dalamnya dan balkon dengan pemandangan yang menakjubkan. Saat ramai, pengunjung perlu bergantian untuk berpose di spot tersebut, dengan batasan waktu sekitar 5 menit. Meskipun Omah Kayu juga merupakan akomodasi penginapan, area untuk berfoto terpisah, sehingga privasi tetap terjaga. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin bersantai, menikmati udara segar, dan menikmati pemandangan indah Paralayang Batu lebih lama.

Menikmati Keindahan Alam dengan Santai

Meskipun Anda merasa ragu untuk mencoba paralayang, Anda tetap bisa menikmati kunjungan ke destinasi wisata ini. Ada banyak tempat indah di sekitar Gunung Banyak yang dapat Anda pilih untuk bersantai dan menikmati panorama alam.

Udara segar dan angin lembut memberikan suasana yang menyegarkan, membantu menghilangkan kepenatan dan menyegarkan pikiran. Pemandangan hijau pepohonan di kawasan pegunungan Kota Batu akan memanjakan mata Anda.

Beragam jajanan dan minuman tersedia untuk menemani waktu santai Anda di Paralayang Batu. Saat sore tiba, tempat ini akan semakin ramai dengan pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Pemandangan matahari terbenam dari tempat wisata ini sangat memukau, terutama karena lampu-lampu kota dan jalan Kota Batu yang mulai menyala ketika malam tiba. Meskipun Anda tidak mencoba paralayang, Anda tetap dapat menikmati keindahan alam sekitar Gunung Banyak ini.

Outbound dan Flying Fox

Pengelola Paralayang Batu menggunakan kawasan hutan pinus Gunung Banyak untuk aktivitas rekreasi seperti outbound. Di sini, Anda dapat mencoba berbagai permainan seru outbound, termasuk Flying Fox.

Dalam Flying Fox, Anda akan merasakan sensasi meluncur dengan kecepatan tinggi dari atas pohon hanya dengan menggunakan kabel dan pengaman. Pengalaman ini tidak kalah seru dengan paralayang, dan pasti akan memacu adrenalin Anda.

Flying Fox sangat cocok bagi mereka yang belum berani mencoba paralayang namun tetap ingin merasakan sensasi memacu adrenalin. Selain outbound, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan petualangan lain di sekitar objek wisata ini, seperti rafting, trekking, dan offroad. Paralayang Batu menawarkan wahana wisata alam yang cocok bagi pecinta tantangan.

Baca Juga: Kuliner Hidden Gems Malang

Hunting Foto di Taman Langit yang Indah

Selain Omah Kayu, Anda juga dapat menikmati berbagai spot foto yang memukau di Taman Langit. Berbagai jenis bunga disusun secara rapi, menciptakan pemandangan yang memesona, mirip dengan keindahan bunga di Selecta Malang.

Salah satu spot menarik di Taman Langit adalah kasur yang terbuat dari rumput hijau lengkap dengan ranjangnya. Selain itu, terdapat banyak lagi spot foto menarik lainnya yang dapat Anda pilih untuk berpose dan membagikannya di media sosial.

Kawasan Paralayang Batu sering dipilih sebagai lokasi sesi foto prewedding oleh pengunjung. Keindahan pemandangan Gunung Banyak dan tata letak tanaman hias yang cantik menjadi daya tarik utamanya.

Meskipun tidak dilengkapi dengan wahana permainan, tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama anak-anak. Anda dapat bersantai menikmati udara segar dan suasana dingin pegunungan yang masih alami, khas Kota Batu.

Setelah menikmati petualangan seru paralayang di Batu Malang, jangan lupa untuk melengkapi pengalaman liburan Anda dengan membeli oleh-oleh khas dari kota ini. Salah satu oleh-oleh yang sangat direkomendasikan adalah Pia Cap Mangkok, yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan kualitasnya yang terjamin.

Dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera, Pia Cap Mangkok akan menjadi kenangan manis dari liburan Anda di Batu Malang yang patut dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Pia Cap Mangkok telah terkenal di kota ini dan memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai sudut Kota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top