Let's Chat
oleh-oleh mudik lebaran Malang

Catat Oleh-Oleh Mudik Lebaran Malang, Enak, Murah, dan Tahan Lama!

Oleh-Oleh Mudik Lebaran Malang – Persiapan untuk pulang kampung saat Lebaran melibatkan lebih dari sekadar persiapan transportasi atau pembelian tiket. Umumnya, banyak pemudik juga mempersiapkan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Jika Anda berencana untuk kembali ke luar kota, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas Malang yang memiliki masa simpan yang panjang. Jenis oleh-oleh khas Malang yang tahan lama ini bervariasi, seperti keripik tempe dan keripik buah.

Berikut adalah oleh-oleh khas Malang yang harus Anda bawa saat pulang ke kampung halaman.

Rekomendasi Oleh-Oleh Mudik Lebaran Malang

Pia Cap Mangkok

Yang pertama Di Malang, terdapat varian pia yang sama nikmatnya dengan bakpia khas Jogja yang dikenal sebagai Pia Mangkok. Populer menjadi oleh-oleh mudik lebaran Malang, berbeda dari bakpia Jogja yang kecil, pia mangkok ini lebih besar dan menawarkan 8 pilihan rasa yang menarik.

Rasanya meliputi kacang hijau, cokelat, keju, tangkwee, durian, kopi, nanas, dan green tea. Kemasannya memiliki berbagai pilihan, mulai dari lima hingga toples berisi 16 buah dengan desain yang unik. Pia mangkok ini dapat disimpan hingga dua minggu, menjadikannya sebagai oleh-oleh yang ideal dari Malang.

Toko Pia Mangkok dapat ditemukan di beberapa lokasi, salah satunya di Jl. Galunggung No.51, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Harganya berkisar antara Rp18.000,00 hingga Rp40.000,00.

Carang mas

Carang mas, oleh-oleh mudik lebaran khas Malang, terbuat dari ubi jalar dan gula yang dibentuk pipih bulat seperti koin. Meskipun merupakan makanan klasik, carang mas tetap populer dengan penampilan dan rasa yang lebih menarik di era saat ini.

Dengan tekstur renyah dan rasa manis yang pas, carang mas cocok dinikmati saat bersantai. Camilan ini masih mudah ditemukan tidak hanya di Malang tetapi juga di daerah lain.

Anda dapat membeli carang mas di toko oleh-oleh khas Malang atau pasar tradisional di sekitar Malang dengan harga terjangkau, biasanya sekitar Rp500,00 per buah atau Rp15.000,00 untuk kemasan besar.

Keripik Buah

Di Malang, selain menikmati berbagai buah segar, Anda juga dapat menikmati berbagai olahannya seperti keripik buah. Hampir setiap jenis buah yang ada di Malang dapat diolah menjadi keripik dengan rasa unik yang khas.

Beberapa contoh keripik buah khas Malang yang bisa Anda coba adalah dari buah nangka, salak, apel, rambutan, kelengkeng, hingga semangka. Keripik buah ini memiliki masa simpan yang lebih lama daripada buah aslinya, sehingga cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau camilan.

Anda dapat dengan mudah membelinya di berbagai tempat oleh-oleh Malang atau toko buah terdekat. Harga satu bungkus keripik buah Malang biasanya berkisar antara Rp8.000,00 hingga Rp25.000,00 untuk ukuran kecil.

Repoeblik Telo

Jika Anda mencari oleh-oleh yang unik, kunjungi Repoeblik Telo yang menawarkan berbagai olahan telo. Telo atau ubi jalar ini diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti bakpao, pizza, nugget, kue, keripik, dan es krim.

Ubi jalar yang digunakan adalah ubi ungu, yang memiliki warna menarik dan rasa manis yang lebih kuat dibandingkan dengan ubi biasa. Selain menikmati makanan, Anda juga dapat menikmati suasana asri di sekitar area Repoeblik Telo yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Harga makanan yang dijual di sini juga terjangkau, berkisar mulai dari Rp3.000,00 hingga puluhan ribu rupiah. Repoeblik Telo terletak di Jl. Raya Purwodadi No.1 Lawang, yang merupakan jalan utama antara Malang dan Surabaya.

Coklat Tempe

Di Malang, Anda dapat menemukan coklat yang menggunakan tempe sebagai isian, yang biasanya coklat menggunakan kacang mete atau almond. Meskipun terdengar tidak biasa, rasanya tidak kalah lezat dengan coklat kacang yang umumnya dijual di pasaran.

Coklat tempe ini diperkenalkan pertama kali di Malang oleh merek DeKonco pada tahun 2011, menjadi pelopor coklat tempe pertama. Tersedia dalam berbagai rasa seperti original, susu, pedas, strawberry, dan apel, sehingga dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Harganya juga sangat terjangkau, berkisar antara Rp8.000,00 hingga Rp11.000,00 per buah. Beberapa outlet yang bisa Anda kunjungi salah satunya terletak di Jl. Soekarno Hatta No38B Kota Malang.

Sari Apel

Selain membeli apel segar, Anda dapat menikmati olahan apel dalam bentuk sari apel, yang sering disebut sebagai jus apel. Sari apel ini umumnya dibuat dari apel varietas rome beauty dan apel manalagi yang terkenal karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Sangat cocok menjadi minuman saat lebaran tiba, sari apel sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh dari Malang.

Proses pembuatan sari apel dimulai dengan mencuci apel secara menyeluruh, kemudian menghilangkan bijinya sebelum diperas untuk mendapatkan sari buah yang terpisah dari ampasnya. Sari apel ini tidak mengandung pengawet dan pemanis buatan, dan diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Anda dapat dengan mudah menemukan sari apel Malang ini di berbagai toko oleh-oleh di Malang. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp30.000,00 untuk satu kardus kecil yang berisi sari apel.

Jenang Apel

Salah satu olahan lain dari apel Malang yang patut dicoba adalah dodol apel atau biasa juga disebut jenang apel. Pembuatan dodol apel ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena prosesnya melibatkan pengadukan dan pemrosesan yang berkepanjangan.

Meskipun memakan waktu, proses tersebut menghasilkan jenang atau dodol dengan cita rasa yang khas dan enak. Dodol apel ini memiliki rasa manis yang lembut, berbeda dengan dodol betawi dan jenis dodol lainnya.

Untuk mendapatkan dodol apel Malang ini sebagai oleh-oleh, Anda dapat mengunjungi toko oleh-oleh khas Malang terdekat. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp8.000,00 per kemasan kecil.

Bakso Frozen

Bakso merupakan salah satu makanan khas Malang yang sangat terkenal dengan citarasa uniknya. Untuk Anda yang ingin menikmati bakso Malang di rumah, kini telah tersedia bakso beku yang dapat dibeli.

Bakso beku ini dapat disimpan dalam lemari pendingin selama berbulan-bulan sehingga dapat dinikmati kapanpun. Salah satu tempat terbaik untuk membeli bakso beku ini adalah Warung Bakso President yang terletak di Jl. Batanghari, daerah Klojen.

Selain menjual bakso beku, di tempat tersebut Anda juga bisa mendapatkan bumbu bakso dalam kemasan sehingga lebih praktis. Harga bakso beku ini juga sangat terjangkau, sekitar Rp21.000,00 untuk kemasan 500 gram.

Malang Strudel

Malang Strudel, oleh-oleh khas Malang yang modern, merupakan karya dari artis Teuku Wisnu yang telah hadir sejak tahun 2014. Strudel sendiri adalah kue asal Jerman yang terbuat dari lapisan pastry dengan beragam isi buah-buahan dan sayuran.

Untuk memberikan sentuhan lokal, Malang Strudel disesuaikan dengan selera lokal dengan variasi isian dan bentuk yang menarik. Beberapa pilihan termasuk strudel apel, pisang, nanas, nangka, dan berbagai buah lainnya. Anda juga dapat memilih dari beberapa tipe strudel seperti strudel original, strudel O, toasted strudel, dan strudel premium.

Terdapat banyak outlet Malang Strudel yang dapat Anda temui, salah satunya berlokasi di Jl. Semeru, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang. Harga satu kotak Malang Strudel berkisar mulai dari Rp48.000,00 hingga Rp75.000,00, tergantung pada jenis dan isiannya.

Baca Juga: Air Terjun Coban Rondo

Lapis Malang

Selain Malang Strudel, kue kekinian yang dapat Anda nikmati adalah lapis Malang yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. Lapis Malang ini terdiri dari kue spons yang disusun dalam beberapa lapisan, bergantung pada rasa dan variasinya.

Salah satu varian favorit dari lapis Malang adalah varian original yang dilengkapi dengan topping meises dan isi chocolate buttercream. Selain itu, terdapat pilihan rasa lain seperti pandan, keju, choco holic, choco peanut, dan lapis bakar yang juga memiliki citarasa yang lezat.

Anda dapat menemukan outlet lapis Malang di Jl. Kawi Atas Malang atau di Jl. Soekarno Hatta Kavling 5 Malang. Harga kue ini masih terjangkau, sekitar Rp25.000,00 per kotak dan bervariasi tergantung pada rasa yang dipilih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top