Let's Chat

Wisata Malang Petik Buah, Cek Harga Tiket dan Lokasi

Wisata Malang Petik Buah – Kota Malang dengan sebutan Kota Apel memang sudah terdengar  tidak asing lagi, apalagi wisatawan yang sering mengunjungi Malang. Selain menyediakan bermacam hasil dari olahan apel, di Malang pada beberapa tempat wisata juga menyediakan wisata memetik buah.


Di tempat-tempat ini wisatawan tidak menemukan buah apel, tetapi juga bermacam buah lainnya, seperti jambu,  jeruk, dan juga stroberi. Apabila sedang berkunjung ke Malang, beberapa tempat wisata di Malang ini menyediakan tempat petik buah yang mungkin bisa kamu datangi bersama teman maupun keluarga.


Wisata Malang petik buah

Kusuma Agrowisata

Di tempat wisata buah di Malang ini, kamu dapat merasakan pengalaman memetik aneka buah, antara lain buah apel dan stroberi yang dapat ditemani oleh pemandu.
Kusuma Agrowisata juga menawarkan beberapa paket wisata petik buah. Yaitu paket farming, paket petik apel, paket duo, paket hore, lalu paket petik jeruk dan jambu merah, serta paket petik stroberi dan jambu merah.

Untuk dapat memetik buah di sini, dikenakan tiket mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 90 ribu per orang. Tentu harga tersebut menyesuaikan dengan jenis paket apa yang dipilih, setiap paket berbeda harganya.
Apabila tertarik memetik buah di tempat wisata Malang ini,  kamu dapat mengunjungi agrowisata yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Kusuma Agrowisata buka setiap, dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

Wisata Agro Petik Jeruk Malang

Di tempat Wisata Agro Petik Jeruk ini, kamu juga akan merasakan pengalaman langsung memetik buah jeruk dari pohonnya. Alamatnya ada di Jl. Watu Gede, Selorejo, kec. Dau, Malang, Jawa Timur.
Wisatawan nanti tidak hanya diajarkan caranya dengan memetik jeruk, tapu juga akan diperlihatkan teknik budidaya, cara perawatan, dan manfaat dari jeruk.
Apabila ingin memetik buah jeruk ini sendiri, dikenakan tarif yaitu mulai dari Rp 20 ribu per orang.  Wisatawan dapat berkunjung di Agro Petik Jeruk ini setiap hari mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Dan Khusus di hari sabtu dan minggu,  tempat wisata ini buka sampai sore jam 17.00 WIB.

Wisata Petik Lumbung Strawberry

Merupakan tempat wisata memetik buah strawberry, di Wisata Petik dan Edukasi Lumbung Strawberry wisatawan dapat merasakan juga pengalaman langsung memetik buah stroberi dari pohonnya di kebun. Alamatnya wisata petik buah ini, ada di Desa Pandanrejo, Kota Batu, Jawa Timur.
Untuk tiket masuk Wisata Petik ini dikenakan harga mulai dari Rp 25 ribu per orang. Apabila ingin berwisata di tempat ini, buka setiap hari dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Dan terkhusus hari Sabtu dan  hari Minggu akan buka sampai jam 17.00 WIB.

Wisata Apel Green Garden  Malang

Green Garden juga dapat memberikan pengalaman memetik buah apel, langsung dipetik dari pohonnya. Tempat wisata petik buah ini ada di Jl. Pangeran Diponegoro, Tulungrejo, kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
Apabila ingin berwisata disini, Green Garden setiap hari mulai dari jam 07.30 WIB sampai jam 17.00 WIB. Dan tarif tiket masuknys yaitu mulai harga Rp 25 ribu per orang.

Mitra Apel Malang

Selanjutnya yaitu tempat memetik apel yang segar di Malang yaitu Mitra Apel. Tempat wisata ini ada di kawasan Sidomulyo, kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Baca Juga : Malang Kota Apel

Di sini kamu akan dapat memetik buah apel hijau juga langsung dari kebun apel, dimana kebun apel disini sangat rimbun. Selain itu, kamu juga dapat menikmati hamparan pemandangan alam dan pegunungan yang sejuk di sekitaran kebun.Untuk merasakan pengalaman memetik buah apel di sini, dikenakan tiket tarif masuk yaitu mulai dari Rp 25 ribu per orangnya. Mitra Apel Malang buka setiap hari mulai jam 07.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Mengenal Berbagai Macam Varian Apel Malang

Pada zaman dulu, menurut sejarah Belanda membawa bibit Buah Apel yang akan dibudidayakan di Malang Raya pada sekitar tahun 1930-an. Akan tetapi tidak semua bibit Apel yang dibawa itu tumbuh dengan baik.
Dan jenis apel yang terkenal dan menjadi andalan di Malang Raya yaitu Manalagi, Wangling, Anna, Green Smith, Room Beauty, dan Princess Noble.

Apel Manalagi

Manalagi merupakan varian apel yang memiliki rasa paling manis dengan daging buah yang sedikit keras. Berwarna cenderung hijau kekuningan. Apabila kamu menemukan Apel yang berwarna hijau di pasaran daerah Malang, rata-rata itu adalah Apel manalagi.

Tidak hanya  mempunyai rasa, warna, dan karakter yang spesial, Apel Manalagi juga mempunyai aroma yang paling harum (wangi) diantara jenis apel lainnya. Daunnya pun berkembang berbentuk melebar dan mengandung air yang relatif sedikit.

Apel Manalagi juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan dari berbagai tempat, karena memiliki daya tahan yang cukup lama sampai sekitar satu bulanan.

Apel Rome Beauty

Selanjutnya yaitu Apel Rome Beauty, yang memiliki kulit buah berwarna hijau bersemburat merah. Untuk rasanya segar dan sedikit asam. Bentuknya hampir mirip dengan apel Manalagi, sedikit bulat. Tetapi lekukan di bagian ujungnya buah ini rata-rata lebih dalam.

Apel jenis ini memiliki daging buah yang sedikit keras, tapi apabila telah masak di pohon, buahnya akan terasa lebih Masir dan renyah. Perlu diketahui, jenis apel ini seringkali digunakan untuk bahan pembuatan Sari Apel karena memiliki rasanya yang cukup kuat. Rome Beauty juga jenis apel yang banyak dipanen di Malang. Saat tiba musim panen, satu pohon Apel ini dapat menghasilkan hingga 40 kilogram apel.

Apel Anna

Jenis apel ini memiliki rasa dengan kombinasi asam dan manis. Daging buah apel Anna bertekstur lunak (masir), dan isinya padat. Apel Anna juga memiliki aroma buah apel yang cukup tajam. Dan perlu diketahui, apel Anna memiliki kulit yang tipis, sehingga Apel Anna tidak dapat bertahan terlalu lama dibandingkan Apel Manalagi.

Cukup menarik dengan warna merah yang menggoda, jangan terkecoh karena seperti Apel impor. Apel ini banyak ditanam di Batu dan Malang. Saat masih muda, buah apel ini akan berwarna hijau selanjutnya perlahan-lahan warnanya akan mulai berubah menjadi merah, saat mulai sudah tua.

Apel Granny/Green Smith

Sesuai dengan namanya, kulit apel Green Smith ini berwarna hijau dan terkadang terlihat bintik-bintik putih. Varian apel ini sangat cocok untuk dijadikan jus karena memiliki kandungan air yang banyak dan juga berasa asam.

Untuk bentuknya hampir mirip dengan Apel Princess Noble dan warna kulit buahnya malah sama dengan Apel Granny Smith. Tetapi rasa dari buah menjadi manis segar dengan aroma tajam, juga akan berubah warna menjadi krem setelah diperam selama sekitar 2-3 minggu.

Tetapi sayangnya, saat ini Apel Green Smith atau  juga ada yang menyebutnya dengan Granny Smith ini, cukup sulit ditemukan dibanding dengan jenis apel lainnya di Malang dan Batu, karena saat ini sudah jarang ada petani yang menanamnya.

Apel Wanglin

Terakhir Wanglin merupakan varian apel yang memiliki warna hampir sama dengan Green/Granny Smith tadi. Akan tetapi mempunyai bintik-bintik hitam pada kulit buah nya. Apel ini mempunyai rasa yang manis dan segar mirip dengan buah pir. Namun perlu diketahui, apel ini termasuk langka karena  petani jarang yang menanamnya.

Kandungan air dalam Apel Wanglin tidak hanya sangat banyak, ketika digigit juga akan mendapati rasa renyah. Wanglin ini hasil dari persilangan antara buah Pear dan  apel Manalagi.

Nah, itulah beberapa tempat wisata petik buah di Malang yang bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Selain merasakan pengalaman memetik buah sendiri langsung dari pohonya, kamu juga akan mengenal jenis-jenis apel yang tumbuh di Malang.

Apabila kamu ingin mencicipi olahan apel yang dapat dibawa pulang dan menjadi oleh-oleh, kamu juga bisa mengunjungi toko oleh-oleh sekitar Malang. Salah satunya Piata Camilan yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, termasuk keripik apel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top