Let's Chat
Wisata Malang Dampit

7 Wisata Malang Dampit, Didominasi Alam Yang Mempesona

Wisata Malang Dampit – Malang Dampit adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang memikat. Terletak di kawasan pegunungan, tempat ini menawarkan udara segar dan pemandangan yang menakjubkan. Dengan hamparan kebun teh yang hijau memikat, Malang Dampit menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam.

Meskipun nama Dampit mungkin belum sepopuler destinasi wisata lainnya di Malang selatan seperti Donomulyo dan Sumbermanjing yang dikenal dengan pantainya, namun tempat ini juga memiliki daya tariknya sendiri untuk liburan yang menyegarkan. Wisata alam menjadi primadona di Dampit, tetapi kebanyakan dari mereka ramah keluarga, sangat cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu bersama pasangan dan anak di akhir pekan. Apa saja wisata Malang Dampit? berikut selengkapnya.

Rekomendasi 7 Wisata Malang Dampit

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan Malang adalah sebuah hidden gem yang menawarkan keindahan air terjun dengan aliran yang unik. Berbeda dengan air terjun kebanyakan, airnya tidak hanya mengalir dari atas tebing, melainkan juga dari dalam tebing dengan aliran yang melebar. Pancuran air yang keluar secara bersamaan dengan debit air yang deras menciptakan pemandangan yang memesona.

Alamat air terjun ini adalah Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65183, terletak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang, sementara biaya parkirnya hanya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk mobil. Pengelolaan tiket dilakukan oleh warga setempat, sehingga jika tidak ada yang berjaga, Anda bisa masuk secara gratis.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Air terjun ini memiliki banyak aliran dengan ketinggian yang berbeda, termasuk aliran yang keluar dari dalam tebing dengan air yang berasal dari mata air alami. Kealamian airnya mengundang wisatawan untuk bermain air atau berenang, sambil menikmati keasrian alam yang menenangkan dan pemandangan tebing yang dihiasi oleh tumbuhan hijau yang rimbun.

Puncak Binglis

Bukit Blingis, yang terletak di kawasan Coban Tundo atau Coban Bidasari, adalah tempat yang epik untuk menikmati pemandangan senja yang menakjubkan. Dari sini, Anda dapat menyaksikan keindahan Gunung Semeru sambil menikmati hijaunya alam sekitar. Lokasinya yang sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Malang membuatnya menjadi destinasi yang mudah dijangkau.

Yang menarik, untuk menikmati keindahan Bukit Blingis, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, hanya biaya parkir yang perlu diperhatikan. Tempat ini buka 24 jam dan difungsikan sebagai lokasi berkemah, sehingga pengunjung yang ingin camping dapat menikmati malam di sini. Namun, bagi yang ingin berkemah, penting untuk mencari penitipan kendaraan terdekat yang buka 24 jam untuk keamanan kendaraan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Puncak Binglis atau Bukit Binglis, Anda dapat langsung menuju ke Dusun Wonosari, Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Di sini, selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mencicipi jajanan khas Dampit yang pasti menggugah selera. Tempat ini cocok sekali untuk bersantai dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari!

Umbulan

Wisata Umbulan Dampit adalah destinasi pemandian yang sangat asri, terletak di Dusun Umbulrejo Ubalan atau Area Sawah dan Kebun, Pamotan, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun telah ada sejak zaman dahulu, kini wisata ini kembali dikembangkan dan dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).

Seperti namanya, Umbulan Dampit menawarkan kolam renang dengan air sumber yang bening dan segar. Terdapat satu kolam dengan air yang dingin dan tenang, namun perlu diingat bahwa kedalaman kolam bisa mencapai 3 meter, sehingga tetap perlu berhati-hati. Air yang jernih membuat Umbulan Dampit menjadi tempat favorit untuk pemotretan underwater bagi para wisatawan.

Di samping bermain air, pengunjung juga dapat menyewa pelampung ban atau gethek (perahu kecil dari bambu) untuk menikmati kolam atau sekadar mengelilinginya. Selain itu, Umbulan Dampit juga menyediakan area camping ground di sekitar kolam, cocok bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam.

Saat menikmati keindahan Umbulan Dampit, pengunjung akan disuguhi pemandangan bukit pohon sengon yang memukau. Pohon sengon ini ditanam oleh warga sekitar sebagai upaya pencegahan banjir dan tanah longsor, serta memberikan udara sejuk dan segar di sekitar area sumber. Kebersihan dan keasrian lingkungan alam di sekitar pemandian juga tetap terjaga dengan baik, menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pandawa Waterfall

Coban Pandawa, yang terletak di Dusun Wonorejo, Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu objek wisata yang menarik. Berada di Bukit Dinamo, nama Coban Pandawa diambil dari lima air terjun yang berdekatan dalam satu aliran sungai. Pengelolaannya dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat, mulai dari pembukaan akses, pembenahan area sekitar, hingga pengelolaan secara keseluruhan.

Meskipun kondisi jalan menuju Desa Sukodono kurang baik, Coban Pandawa tetap dapat diakses dengan sepeda motor, mobil, dan ELF. Setelah parkir, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai Coban Pandawa 2, yang merupakan air terjun kedua dari atas. Di sekitar area ini, pengunjung akan menemukan fasilitas yang sudah ditata, seperti taman kecil, kursi kayu, tempat sampah, gazebo kecil, dan jalan setapak menuju Coban Pandawa 3 dan 4. Biaya retribusi yang dikenakan cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000,00 untuk satu mobil dan Rp 5.000,00 untuk satu sepeda motor.

Sawah Desa Wisata Pamotan

Desa Pamotan, yang terletak di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, merupakan sebuah hidden gem yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Dengan deretan sawah terasiring yang indah, Pamotan sering dijuluki sebagai “Ubudnya Malang”. Keindahan sawah, sungai, pohon pinus, dan pohon kelapa di sini benar-benar memanjakan mata, menjadikan sawah Pamotan layak dijadikan salah satu hidden gems di Malang yang wajib dikunjungi.

Selain keindahan alamnya, Pamotan juga terkenal sebagai desa penghasil kopi robusta. Terletak di dekat lereng Gunung Semeru, udara di sini sangat segar dan menyegarkan mata. Aliran sungainya masih sangat jernih, membelah sawah dan dikelilingi oleh deretan pohon kelapa, menciptakan suasana seperti berada di surga.

Pamotan juga terkenal dengan sunset dan sunrise yang indah, di mana pemandangan sawah, pohon kelapa, dan latar belakang Gunung Semeru menjadikannya favorit bagi para fotografer. Banyak pemuda dan pemudi yang datang ke sini untuk mengambil foto, bahkan untuk sesi prewedding.

Selain itu, di Pamotan juga tersedia wahana river tubing bagi pengunjung yang ingin berseluncur menyusuri sungai. Ada juga Fun Jeep untuk menjelajahi keindahan desa sekitar, dan area tracking hutan pinus yang menjadi rute favorit. Di sana juga terdapat wisata umbulan, tepatnya di dusun Umbulrejo Ubalan, menambah pesona wisata alam yang beragam di Pamotan.

Pantai Sipelot

Pantai Sipelot, tersembunyi di dalam perkampungan, menawarkan keindahan alam yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Meskipun jalurnya berkelok, sempit, dan curam, jalanan masih mudah diakses dan terdapat papan petunjuk yang memudahkan menuju Pantai Sipelot, yang berada dekat dengan Dampit di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Ketika tiba di Pantai Sipelot, pengunjung disambut oleh pemandangan indah dari laut biru, pasir kecoklatan yang eksotis, dan bukit hijau yang mengelilingi area pantai. Garis pantainya yang panjang memberikan ruang bagi pengunjung untuk bermain di pinggir pantai. Keunikan pantai ini adalah bukit hijau yang melengkung mengelilingi pantai, membentuk cekungan saat dilihat dari atas, serta batu besar berbentuk payung yang disebut Watu Payung.

Meskipun ombak besar membuat berenang tidak diperbolehkan, pengunjung dapat menikmati keindahan air payau kehijauan di timur pantai dan Coban Sipelot di sebelah barat pantai. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen indah di Pantai Sipelot, karena terdapat banyak spot foto cantik, seperti ayunan kayu dengan latar belakang panorama pantai, pemandangan cantik dari atas bukit, dan langit senja saat sore hari. Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000,-, membuat pengalaman ini semakin menarik untuk dinikmati.

Baca Juga: Info Coban Rais Malang, Rute, Harga Tiket dan Aktivitas Menarik Ditempat Wisata Ini

Coban Pletes

Kabupaten Malang memang memiliki beragam tempat wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Coban Pletes di Kecamatan Dampit. Coban Pletes merupakan gabungan dua air terjun yang bersatu dengan kebun kopi, memberikan pengalaman unik bagi pengunjung.

Terletak di Desa Pletes, Dusun Sukodono, Kecamatan Dampit, Coban Pletes tidak mengenakan biaya tiket masuk karena belum diatur secara resmi. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya membawa perbekalan makanan sendiri, karena fasilitas umum tidak tersedia di sini.

Di Coban Pletes, pengunjung dapat bermain air di sekitar air terjun atau sekadar menikmati keindahan alam sekitarnya. Bagi yang ingin berkemah, bisa mencari lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda, namun sebaiknya tidak berkemah saat musim penghujan karena daerah ini rawan banjir.

Setelah menikmati Coban Pletes 1, pengunjung dapat melanjutkan petualangan ke Coban Pletes 2 yang berada di atasnya. Hanya dengan berjalan sekitar 10 menit melalui tanjakan di sekitar situ, Anda akan sampai di air terjun yang tak kalah cantiknya. Di Coban Pletes 2, terdapat kolam hijau yang dapat digunakan untuk berenang, namun tetap perlu berhati-hati terhadap aliran air yang deras. Bagi pemula, sebaiknya memahami teori air terjun agar tidak terkena risiko yang berbahaya.

Setelah berwisata ke Malang Dampit, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh Pia Cap Mangkok. Pia Cap Mangkok adalah oleh-oleh khas yang sangat terkenal di Malang. Pastikan untuk membeli beberapa boks pia Cap Mangkok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman setelah menikmati liburan di Malang Dampit. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut pasti akan membuat senang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top