Let's Chat
Coban Rais Malang

Info Coban Rais Malang, Rute, Harga Tiket dan Aktivitas Menarik Ditempat Wisata Ini

Coban Rais di Malang adalah salah satu air terjun disekitarnya Batu yang menarik. Tersembunyi di tengah hutan Jawa Timur, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memesona dan udara segar yang menyegarkan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan batuan karang yang menjulang tinggi, Coban Rais adalah destinasi yang pas bagi para pencinta alam dan penggemar petualangan.

Ketika mengunjungi Coban Rais, Anda akan disambut oleh suara gemericik air yang menenangkan dan udara yang sejuk. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air terjun ini menawarkan pengalaman yang menakjubkan bagi siapa saja yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Di sekitar air terjun, terdapat area rekreasi yang luas dan nyaman, cocok untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, air terjun ini menjadi habitat bagi beragam flora dan fauna yang unik, sehingga menjadikannya sebagai salah satu spot favorit bagi para pecinta lingkungan. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan keberagaman hayatinya, Coban Rais adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menjelajahi keajaiban alam Indonesia. Nah berikut ini informasi lengkap mengenai Coban Rais Malang yang bisa Anda jadikan panduan ketika berwisata ketempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Coban Rais Malang

Wisata Coban Rais terletak di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian sekitar 1025 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, destinasi ini terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Meskipun dekat dengan Kabupaten Mojokerto dan sering disebut sebagai Coban Rais Mojokerto, namun lokasinya berada di wilayah Kota Batu.

Dari Kota Batu, perjalanan menuju Coban Rais memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan jarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Batu atau sekitar 3,5 kilometer dari Bumi Perkemahan Coban Rais. Rutenya dapat diikuti dari Kota Batu ke arah Studio Batu, kemudian mengikuti petunjuk jalan yang ada hingga mencapai area parkir.

Setelah sampai di area parkir, pengunjung harus bersiap untuk melakukan perjalanan pendakian selama sekitar 40 menit melalui jalur setapak yang melewati lembah dan sungai. Meskipun memerlukan sedikit usaha untuk mencapai lokasi, namun pemandangan alam yang menakjubkan di sepanjang perjalanan menuju Coban Rais pasti akan membuatnya sepadan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Coban Rais buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk menikmati keindahan air terjunnya, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Selain itu, terdapat biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Tak jauh dari Coban Rais, terdapat juga Batu Flower Garden yang menjadi pilihan banyak pengunjung untuk dikunjungi. Dengan lokasi yang berdekatan, pengunjung dapat menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam serta kebun bunga yang mempesona setelah menikmati kecantikan air terjun Coban Rais.

Aktivitas Menarik di Wisata Coban Rais Malang

Berikut beberapa aktivitas di Coban Rais ini bisa Anda coba, apa saja?

Spot Foto

Spot foto di sekitar Coban Rais memang cukup berlimpah meskipun tidak semuanya gratis. Beberapa di antaranya termasuk Batu Flower Garden, spot pinus, sepeda udara, hammock, spot “I love you”, dan ayunan. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa spot mungkin memerlukan sedikit waktu menunggu karena antrean pengunjung.

Batu Flower Garden menjadi salah satu wahana terakhir sebelum pengunjung harus berjalan kaki menuju air terjun Coban Rais. Dengan keindahan alam sekitarnya, Batu Flower Garden menjadi tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen berharga selama berkunjung ke Coban Rais.

Trekking Di Coban Rais Malang

Trekking di Coban Rais bisa menjadi pengalaman menarik, tetapi banyak yang mengira wahana bermain dan spot foto berada dalam satu lokasi dengan air terjun. Padahal, Coban Rais masih 2 km lagi dari wahana tersebut atau 3 km dari parkiran. Pengunjung dapat memilih untuk berjalan kaki dari parkiran atau naik ojek seharga Rp10.000 ke taman bunga terlebih dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pemandangan sepanjang perjalanan sangat hijau dan

Jalur trekking menuju Coban Rais kadang berlumpur dan termasuk mudah bagi yang berpengalaman namun cukup sulit bagi pemula. Nama Coban Sabrangan sendiri berasal dari 14 sungai yang harus diseberangi untuk sampai ke air terjun. Meskipun melewati medan yang kadang sulit, tetapi keindahan alam sepanjang perjalanan membuatnya sepadan. Bagi para pengunjung yang menyukai petualangan, trekking menuju Coban Rais akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bermain Air

Meskipun harus trekking terlebih dahulu, semua pengunjung langsung tersenyum bahagia begitu tiba di Coban Rais karena keindahannya yang menakjubkan. Suasananya begitu memukau sehingga pengunjung merasa langsung terhubung dengan alam.

Di Coban Rais, pengunjung bisa menikmati kesegaran air terjun dengan mandi atau bermain-main di air yang cukup dingin. Pengalaman ini akan menjadi momen yang tak terlupakan selama liburan di Malang.

Outbond

Kawasan Coban Rais memiliki fasilitas outbond yang lengkap, termasuk menara dan flying fox yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Untuk mengatur acara outbond atau menyelenggarakan permainan, banyak operator outbond di sekitar Batu yang dapat dihubungi. Mereka akan membantu dalam mengatur acara dan menyiapkan permainan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengunjung.

Dengan adanya fasilitas outbond ini, pengunjung dapat menambahkan keseruan dan tantangan ekstra selama berkunjung ke Coban Rais.

Camping Ground

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Rais adalah menjelang malam, di mana pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan meriah dengan membuat acara keakraban, seperti api unggun. Saat yang paling dinantikan adalah matahari terbit, di mana keindahan alam sekitar Coban Rais akan semakin memukau.Camping ground di Coban Rais dilengkapi dengan fasilitas umum, termasuk listrik, yang membuat pengalaman berkemah menjadi lebih nyaman.

Untuk yang tidak ingin repot membawa peralatan masak, tersedia juga penjual makanan di sekitar area camping ground. Dengan fasilitas yang lengkap dan suasana yang memikat, menghabiskan malam di Coban Rais akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung.

Baca Juga: Mencari Hotel Malang Ada Playground? Berikut Daftarnya

Caffe

Café Machete menawarkan suasana yang alami yang sempurna untuk menikmati hidangan. Bagi yang ingin bersantai dan menikmati udara segar, tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk duduk-duduk santai sambil menikmati suasana sekitar.

Dengan menu yang lezat dan suasana yang tenang, Café Machete menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan menikmati momen santai di Coban Rais.

Setelah menikmati liburan di Coban Rais, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Malang, yaitu Pia Cap Mangkok. Pia Cap Mangkok telah memiliki cabang di berbagai sudut kota, sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, Pia Cap Mangkok akan menjadi kenangan manis dari petualangan Anda di Malang.

Jadi, pastikan untuk membeli beberapa kemasan Pia Cap Mangkok sebagai kenang-kenangan untuk dibagikan kepada keluarga dan teman-teman saat pulang dari liburan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top