Let's Chat
Wisata Cangar Batu Malang

Wisata Cangar Batu Malang, Berikut Harga Tiket dan Daya Tariknya

Wisata Cangar Batu Malang – Air panas Cangar di Batu, Malang, adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman menyegarkan dan menyenangkan bagi para pengunjung. Terletak di kaki Gunung Arjuna, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dan udara segar yang menyegarkan. Para pengunjung dapat menikmati berendam di air panas yang kaya akan mineral, yang diyakini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Selain menikmati kehangatan air panas, pengunjung juga dapat mengeksplorasi keindahan alam sekitar. Jalur hiking yang tersedia memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan hutan pegunungan yang hijau dan berbagai spesies flora dan fauna yang hidup di sana. Suasana tenang dan damai di sekitar air panas Cangar membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk melepaskan penat dan menghilangkan stres dari kesibukan sehari-hari.

Dengan suasana yang menenangkan dan berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan, tidak heran jika air panas Cangar menjadi destinasi wisata populer di Malang bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selengkapnya berikut ulasan wisata Cangar Batu Malang.

Mengenal Wisata Cangar Batu Malang

Berlokasi di daerah dataran tinggi yang sejuk, Pemandian Air Panas Cangar Kota Batu Jawa Timur menawarkan pengalaman yang luar biasa. Suhu dingin sekitar tidak akan terasa saat Anda mulai menikmati perendaman di sana. Terlebih lagi, ternyata berendam di kolam air panas alami tersebut memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan, menjadikannya tujuan yang diminati oleh banyak pengunjung.

Pemandian Malang ini terletak di lereng gunung dengan udara yang sejuk, berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Batu. Sumber air panas ini berasal dari mata air pegunungan. Keindahan tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga yang ingin bersantai. Kehangatan airnya memberikan efek menenangkan, membuat banyak pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan pemandian tersebut.

Lokasi dan Rute Menuju Cangar Batu Malang

Pemandian Air Panas Cangar berada di ketinggian Kota Batu. Tempatnya terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Dari pusat Kota Batu, Anda dapat mengambil rute melalui jalan Raya Tumpang – Kota Batu. Setelah itu, Anda dapat mengikuti petunjuk arah ke arah barat menuju Desa Sumber Brantas. Air Panas Cangar terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Batu, dan perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas dan cuaca. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti taksi, ojek, atau kendaraan sewa yang tersedia di Kota Batu untuk mencapai destinasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Air Panas Cangar Batu Malang

Harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Cangar terjangkau bagi semua orang. Di sini, tersedia tiket untuk perorangan dan juga tiket khusus untuk kolam keluarga bagi rombongan keluarga. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Cangar untuk tahun 2022:

  • Tiket Masuk: Rp16.500,00 per orang
  • Tiket Masuk Kolam Keluarga: Rp100.000,00 per jam
  • Parkir Sepeda Motor: Rp3.000,00 per motor
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00 per mobil

Jam Buka Air Panas Cangar Batu Malang

Pemandian Air Panas Cangar memiliki jadwal operasional yang berbeda. Destinasi wisata ini buka dari Senin hingga Kamis, serta Sabtu hingga Minggu, dan juga tetap buka selama hari libur nasional. Namun, pada hari Jumat, kolam akan dikuras untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

Berikut adalah jadwal terkini jam buka Pemandian Air Panas Cangar: 08.00 – 15.00 WIB.

Daya Tarik Wisata Cangar Batu Malang

Pemandian Air Hangat dengan Udara Sejuk

Pemandian air panas Batu ini terletak di dataran tinggi pada ketinggian 1.000 mdpl di bawah kaki Gunung Welirang, sehingga udara di sekitar lokasi wisata ini sangat segar. Keberadaan banyak pepohonan di sekitar pemandian juga menambah kesegaran ketika cuaca sedang terik. Lingkungannya yang alami, udaranya yang segar, dan suasana yang damai menjadikannya destinasi wisata yang ideal untuk menyembuhkan pikiran yang lelah dari rutinitas kota.

Kealamian dan keaslian pemandian alam ini tetap terjaga dengan baik, seperti yang dibuktikan dengan kehadiran kawanan monyet yang sering berkunjung. Meskipun banyak pengunjung, monyet-monyet tersebut terlihat tenang dan santai. Suara derik serangga dari pepohonan juga menambah efek relaksasi bagi pengunjung yang sedang menikmati kehangatan kolam pemandian.

Pemandian ini memiliki tiga kolam yang tersedia, satu kolam alami dan dua kolam renang. Air di kolam alami sangat jernih dengan dasar yang terbuat dari batuan alami. Meskipun mengandung mineral belerang, airnya tetap jernih, dengan uap air yang terlihat keluar menandakan suhu hangat kolam tersebut. Kombinasi udara yang segar dan air kolam yang hangat membuat perjalanan ke pemandian ini sangat berharga, ideal untuk proses penyembuhan dan relaksasi.

Air Hangat Berkhasiat

Air panas yang terdapat di kolam ini berasal dari sumber mata air panas alami. Mata air tersebut mengalir dari dalam perut bumi dengan suhu awal yang cukup tinggi. Ketika air panas ini mencapai kolam, ia dicampur dengan air alami yang suhunya lebih rendah, menghasilkan air dengan suhu yang hangat untuk pengunjung menikmati.

Air yang ada di pemandian alami ini memiliki beragam manfaat. Beberapa orang percaya bahwa air tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan bahkan ada mitos yang menyebutkan bahwa air panas ini dapat membantu mempertahankan kecantikan dan memperlambat penuaan.

Suasana Mendukung

Suasana yang sangat damai dan tenang dapat ditemukan di pemandian ini, menjadikannya destinasi ideal bagi mereka yang mencari ketenangan. Terutama pada hari-hari biasa, pengunjung dapat menikmati ketenangan tanpa banyaknya pengunjung lain. Secara keseluruhan, pemandian ini menawarkan keheningan alam yang menenangkan, dihiasi dengan riuh rendah pepohonan yang digoyangkan oleh angin, teriakan gelegar monyet, dan seruan serangga di pepohonan, menambahkan keindahan suasana alami.

Datang pada saat sepi memungkinkan pengunjung untuk benar-benar menikmati kehangatan air dengan tenang. Suara alam yang mengiringi kehangatan air dapat memberikan kesegaran pada tubuh dan ketenangan pada pikiran setelah berendam, memberikan dampak positif pada kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga: Danau Indah Ranu Pani

Berkuliner Khas Cangar

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Malang yang sedang viral di sini. Terdapat banyak gazebo di sekitar area kolam yang dapat digunakan untuk beristirahat atau menikmati hidangan dan minuman. Di sekitar tempat wisata ini, Anda akan menemukan beragam penjual makanan khas Cangar seperti Tetel, Tape Ketan Hitam Cangar, dan Badhek (air tape ketan hitam). Kuliner-kuliner ini terkenal dengan cita rasanya yang lezat.

Kesimpulan

Nah itulah informasi tentang wisata air panas Cangar Batu Malang. Dengan demikian, Pemandian Air Panas Cangar merupakan destinasi wisata yang menarik bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan dan menyegarkan.Terletak di dataran tinggi dengan udara sejuk, pemandian ini menyediakan kolam-kolam hangat yang berasal dari sumber mata air alami.

Untuk melengkapi perjalanan Anda ke tempat wisata ini, nikmatilah suasana dengan tenang dan damai, serta berbelanja oleh-oleh khas kota untuk membuat pengalaman Anda menjadi tak terlupakan. Pastikan untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh terkenal di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok, yang menawarkan cita rasa asli dengan harga yang terjangkau. Dengan cabangnya yang tersebar di berbagai lokasi di Kota Malang, pastikan Anda mampir ke Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang terdekat dengan lokasi liburan Anda di Malang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top