Let's Chat
Ranu Pani

Danau Indah Ranu Pani, Berikut Lokasi dan Harga Tiket 2024

Ranu Pani – Di kawasan Lumajang, Jawa Timur, berdekatan dengan Gunung Semeru, terletak sebuah desa wisata yang juga memiliki danau indah yang dikenal dengan nama Ranu Pani. Keindahannya menarik perhatian para pengunjung yang datang berkunjung.

Ranu Pani, sebuah danau yang menjadi lambang dari Desa Wisata Ranu Pani, mempersembahkan kecantikan alam dan budaya Lumajang bagi pengunjungnya. Sebelum berkunjung, disarankan untuk tau rute, lokasi, harga tiket dan daya tarik danau ini serta mengetahui berbagai fasilitas yang tersedia di sana. Mari selengkapnya berikut ini.

Mengenal Ranu Pani

Ranu Pani adalah nama yang diberikan pada sebuah danau yang menjadi inspirasi bagi nama desa setempat. Dalam bahasa Kawi, “ranu” berarti danau dan “pani” dapat diartikan sebagai tangan, sehingga dapat dimaknai sebagai Danau Tangan.

Desa Ranu Pani terletak di sebelah utara Gunung Semeru dan dihuni oleh sekitar 2.000 penduduk. Mayoritas dari mereka adalah suku Tengger asli yang mayoritas bekerja sebagai porter atau petani.

Danau ini terletak pada ketinggian sekitar 2100 meter di atas permukaan laut dengan suhu yang mencapai 25 hingga -4 derajat Celsius. Awalnya, luas danau mencapai sekitar 5.6 hektar, tetapi mengalami penyusutan karena pencemaran.

Kedalaman danau juga mengalami perubahan, dari 12 meter pada tahun 2013 menjadi 7 meter karena pendangkalan. Meskipun demikian, daya tarik tempat wisata ini tetap tidak berkurang.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati di Ranu Pani, seperti berkemah. Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap, termasuk warung yang menyajikan makanan khas Malang dan Suku Tengger, serta penginapan.

Tiket Masuk Ranu Pani

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda tidak akan dikenakan biaya yang terlalu tinggi. Hanya dengan membayar beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini dan sekitarnya.

Berikut adalah daftar harga yang berlaku di dalam kawasan Ranu Pani:

  • Tiket Masuk Ranu Pani: Rp5.000,00
  • Sewa Jeep: Rp650.000,00 per mobil untuk 15 orang
  • Ojek Motor: Rp100.000,00
  • Parkir Motor: Rp5.000,00
  • Parkir Mobil: Rp10.000,00

Perlu diingat bahwa harga-harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada keputusan dari pihak pengelola. Namun, daftar ini dapat menjadi perkiraan biaya saat Anda berencana mengunjungi kawasan Ranu Pani.

Lokasi dan Rute

Secara administratif, Ranu Pani terletak di Ranu Pane Satu, Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 17 km dari Gunung Bromo dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju ke Ranu Pani, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Dari kota Lumajang, Jawa Timur, arahkan perjalanan ke arah timur menuju Kecamatan Senduro.
  2. Setelah mencapai Senduro, lanjutkan perjalanan ke Desa Ranupani.
  3. Di Desa Ranupani, ikuti petunjuk jalan menuju Ranu Pani atau tanyakan kepada penduduk setempat untuk petunjuk yang lebih detail.
  4. Perjalanan menuju Ranu Pani biasanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Gunung Bromo atau sekitar 17 km.

Pastikan untuk mempersiapkan peta atau aplikasi navigasi yang dapat membantu Anda menemukan rute yang tepat. Selalu perhatikan kondisi jalan dan cuaca saat melakukan perjalanan.

Jam Buka Ranu Pani

Ranu Pani tidak memiliki batasan waktu operasional tertentu karena tetap buka 24 jam setiap hari. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang direkomendasikan untuk menikmati keindahan penuh dari tempat wisata ini.

Salah satu waktu yang direkomendasikan adalah pagi hari, di mana momen matahari terbit menawarkan pemandangan yang sangat indah. Anda juga dapat mengunjungi danau ini pada sore hari untuk berkemah dan bermalam di tepi destinasi wisata ini.

Disarankan untuk mengunjungi saat musim kemarau untuk menghindari hujan selama liburan Anda. Namun, pastikan untuk membawa perlengkapan camping yang lengkap karena suhu dapat turun hingga -4 derajat Celsius saat musim kemarau.

Daya Tarik Wisata Ranu Pani

Destinasi wisata ini menawarkan pesona dan pengalaman yang sebanding dengan Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Ranu Pani:

Menikmati Keindahan Ranu Pani

Meskipun tidak sebesar saat sepi, danau ini tetap memancarkan keindahan yang memukau. Di sekitarnya, pepohonan pinus dan cemara gunung menambah suasana yang alami.

Air danau yang tenang dan transparan memberikan kesegaran, terkadang disertai dengan burung atau bebek yang berenang di sekitar. Rumah penduduk yang berjejer di sekitar danau menambah daya tariknya.

Pada pagi hari, kabut tipis yang mengelilingi area wisata ini memberikan pesona yang memikat namun juga misterius. Cahaya matahari pagi yang berwarna keemasan memantul di permukaan air dan membuat pepohonan bersinar indah.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman hangat di restoran sekitar danau. Pemandangan memukau dari tempat wisata ini dapat menjadi pengalaman terbaik saat mengunjungi kawasan Bromo Tengger Semeru.

Menyaksikan Berbagai Upacara Adat Suku Tengger

Penduduk sekitar, yang sebagian besar berasal dari Suku Tengger, sering mengadakan upacara adat pada waktu-waktu tertentu. Salah satu upacara yang umum adalah upacara unan-unan, di mana mereka berkumpul untuk berdoa bersama di bawah arahan Romo Dukun.

Dalam upacara tersebut, seluruh komunitas menyembelih kepala kerbau dan membawanya ke Sanggar Agung bersama dengan sesaji lainnya. Acara diakhiri dengan doa bersama untuk memohon perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, masyarakat Pengger juga sering melakukan upacara bersih desa untuk menjauhkan desa dari hal-hal negatif dan sial. Tindakan ini tidak hanya menjaga kebersihan desa tetapi juga memelihara keasrian lingkungan sekitarnya.

Menyaksikan berbagai upacara adat yang dilakukan oleh salah satu Suku Tertua di Jawa dapat menjadi pengalaman berharga bagi Anda. Sambil memperluas pengetahuan, Anda juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar danau ini.

Camping

Anda dapat menikmati kegiatan menarik seperti mendirikan tenda dan berkemah bersama teman di tepi danau. Salah satu area objek wisata ini memiliki tanah lapang yang menghadap langsung ke danau, menjadi lokasi yang ideal untuk berpergian.

Dengan berkemah di sini, Anda bisa mengalami keindahan alam dan kesegaran air danau secara langsung. Saat malam tiba, suhu di tempat wisata ini dapat turun hingga -4 derajat Celsius, sehingga penting untuk mempersiapkan perlengkapan yang sesuai.

Meskipun suhu dinginnya, saat pagi tiba Anda dapat menyaksikan fenomena unik seperti embun yang membeku menjadi salju dan es di daun. Pengalaman langka ini dapat menjadi momen menarik saat berkemah bersama teman di destinasi wisata ini.

Bagi yang ingin berkemah di sini, tidak perlu repot membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Terdapat banyak tempat sewa perlengkapan camping di sekitar Desa Ranu Pani, namun tentu lebih baik jika Anda sudah menyiapkan perlengkapan sendiri lebih awal.

Baca Juga: Mengenal Masjid Tiban Malang

Mendatangi Ranu Regulo

Tidak jauh dari danau ini, terdapat destinasi lain yang tak kalah menarik, yaitu Ranu Regulo. Lokasinya hanya sekitar 2 km dari tempat wisata tersebut dan dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15 menit melalui jalur setapak.

Keindahan danau ini tidak kalah dengan Ranu Pani dan Ranu Kumbolo, terutama saat pagi hari sebelum matahari terbit. Warna merah ungu dan oranye dari cahaya fajar yang memenuhi langit menciptakan pemandangan yang epik saat diselimuti oleh kabut Ranu Regulo.

Karena keindahannya, banyak pengunjung yang juga memilih berkemah di sekitar Ranu Regulo. Suasana sepi dan terpencil membuatnya menjadi tempat yang nyaman dan serupa dengan Ranu Kumbolo.

Pada malam hari, suhu di Ranu Regulo bisa turun hingga -4 derajat Celsius, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang di danau. Namun, mereka dapat menikmati malam yang indah di bawah langit berbintang dan pagi yang epik dari Ranu Regulo yang begitu memukau.

Inilah informasi tentang Ranu Pani yang Indah. Untuk melengkapi perjalanan Anda ke danau ini, nikmatilah suasana lokal dan berbelanja oleh-oleh khas kota untuk membuat pengalaman Anda menjadi tak terlupakan.

Pastikan untuk berkunjung ke pusat oleh-oleh terkenal di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok, yang menawarkan cita rasa asli dengan harga yang terjangkau. Dengan cabangnya yang tersebar di berbagai lokasi di Kota Malang, pastikan Anda mampir ke Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang terdekat dengan lokasi liburan Anda di Malang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top