Let's Chat
Wisata Air di Malang

Segarnya 9 Wisata Air di Malang, Mata Air Alami Bisa Snorkeling

Wisata Air di Malang – Malang memang merupakan kota yang penuh dengan keindahan alam yang tidak ada habisnya. Saat ini, tempat-tempat wisata air menjadi daya tarik dan tujuan utama wisatawan setelah sekian lama hanya wisata buatan yang menjadi tren di Kota Malang.

Destinasi wisata air yang sering dikunjungi oleh para wisatawan menawarkan pemandangan indah dan suasana yang membuat betah. Selain serunya bermain air, tempat-tempat ini juga cocok bagi pecinta fotografi. Ingin tahu lebih lanjut tentang tempat wisata air yang murah dengan keindahan alamnya di Kota Malang? Berikut adalah 9 destinasi sumber air yang pasti patut dikunjungi.

9 Wisata Air di Malang

Sumber Sira

Jika Anda mencari referensi untuk mencoba mengexplore alam Malang, pilihan terbaik adalah mengunjungi pemandian Sumber Sira. Terletak di Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Gondanglegi, tempat ini menjadi destinasi populer bagi masyarakat yang ingin berlibur bersama keluarga pada akhir pekan.

Selain menawarkan panorama alam yang memukau, Sumber Sira juga memukau dengan kejernihan airnya dan pemandangan bawah air yang menakjubkan, seperti ganggang hijau dan tumbuhan air yang berkelompok tanpa pola tertentu. Keelokan ini dapat dinikmati melalui aktivitas snorkeling atau menyelam di bawah air.
Tak perlu khawatir tentang biaya, karena tiket masuk ke Sumber Sira sangat terjangkau. Fasilitas yang memadai, seperti toilet umum, persewaan ban, dan area istirahat, juga tersedia di tempat ini.

Bagi para pelancong yang mencari tempat wisata gratis di Malang, mata air ini bisa menjadi pilihan terbaik karena tidak ada biaya masuk yang harus dibayarkan.

Sumber Taman

Salah satu destinasi wisata sumber air di Malang yang direkomendasikan selanjutnya adalah Sumber Taman. Terletak di daerah Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, tempat ini menawarkan panorama sumber air yang dikelilingi oleh pepohonan yang sangat indah. Cocok untuk mereka yang senang berfoto dan berbagi momen di media sosial.

Dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp 3000, Anda dapat menikmati kesegaran air sumber yang jernih. Sumber Taman juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan tempat istirahat. Meskipun banyak cerita mistis yang beredar, destinasi wisata air ini tetap menjadi favorit bagi warga sekitar untuk berlibur.

Sumber Janon

Sumber Janon, yang terletak di Kawasan Gunungronggo, Tajinan Kabupaten Malang, merupakan destinasi menarik bagi mereka yang ingin berlibur sambil berenang. Kolam berkedalaman 4 meter ini tidak hanya menawarkan keindahan bawah air yang memukau dengan kayu akar yang terbentang secara alami.

Saat ini, Sumber Janon dikelola dengan baik oleh masyarakat, terutama oleh Bumdes Lumbung Agrotirto. Bagi para wisatawan, tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti pusat informasi, penitipan barang, toilet, dan beberapa pondokan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hijau pepohonan yang asri.

Sumber Umbulan

Berikutnya, terdapat Sumber Umbulan yang terletak di Kabupaten Malang, tepatnya di Jalan Langlang, Ngenep, Singosari.

Sumber Umbulan adalah kolam mata air alami dengan air yang jernih dan menyegarkan. Kolam ini dihuni oleh banyak ikan koi yang berenang dengan bebas di dalamnya.

Warga lokal dan wisatawan sering menggunakan sumber mata air ini sebagai tempat berenang, menikmati suasana sejuk dan teduh. Pepohonan besar tumbuh subur, bahkan akarnya yang panjang menyentuh air kolam.

Sumber Polaman

Sumber Polaman merupakan sumber mata air yang terletak di kaki Gunung Arjuno, berlokasi di Jalan Indrokilo, dusun Polaman, Lawang, Kabupaten Malang.

Legenda menyebutkan bahwa mata air ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan para bangsawan pada masa Kerajaan Kediri. Aliran air di Sumber Polaman telah diatur dengan baik oleh sebuah tandon yang berdiri sejak tahun 1925.

Selain air yang jernih, kompleks Sumber Polaman juga menyimpan beberapa situs budaya menarik. Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi berkemah.

Coban Sumber Pitu Pujon

Coban atau air terjun, dalam bahasa Jawa, yang disebut Coban Sumber Pitu Pujon ini bukanlah destinasi yang dapat dijangkau dengan mudah. Sebab, untuk mencapainya, kamu perlu melewati jalur yang cukup ekstrem dan menantang. Tempat yang pas untuk pecinta petualangan!

Tiket masuknya seharga Rp. 6000,- dan berlokasi di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini memang agak tersembunyi, ditandai dengan trek mendaki yang licin terutama pada musim penghujan. Meskipun begitu, kecantikan alam yang dapat dinikmati di sana sebanding dengan usaha yang dikeluarkan. Tertarik? Datang saja ke Sumber Pitu ini.

Sumber Maron

Salah satu destinasi pemandian sumber yang populer di Malang adalah Sumber Maron, terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Sumber air ini menjadi pilihan favorit keluarga ketika liburan karena tidak hanya menyajikan air yang jernih, tetapi juga dilengkapi dengan air terjun kecil untuk bermain air.

Sejak dikenal oleh masyarakat pada tahun 2012, Sumber Maron terus berkembang dengan peningkatan fasilitas publik. Beberapa fasilitas yang telah disediakan meliputi ruang ganti, kamar mandi, penitipan barang, flying fox, hingga terapi ikan. Selain menjadi tempat rekreasi, Sumber Maron juga memiliki sejarah penggunaan lama sebagai sumber irigasi untuk sawah dan penyediaan kebutuhan listrik.

Sumber Mata Air Krabyakan

Destinasi wisata sumber air di Malang yang tak kalah menarik adalah Sumber Mata Air Krabyakan, dengan tiket masuk seharga Rp. 2000,-. Terletak di Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, tempat ini menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat mengagumkan.

Anda bersama keluarga dapat menikmati berenang di air sumber yang jernih, di sekitar kolam terdapat tatanan batuan alam yang memperindah suasana. Lokasi ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, sambil melakukan piknik dan menikmati hidangan favorit keluarga dalam suasana alam yang sejuk.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang beserta harganya

Air panas Cangar

Sumber air panas terletak di Desa Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kawasan Cangar termasuk dalam wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo yang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. Air panas di Cangar berasal dari Gunung Welirang, menjadikan pemandian ini sebagai destinasi alami dengan sedikit intervensi manusia. Jaraknya sekitar 20 km dari Kota Batu, dengan waktu tempuh sekitar satu jam hingga satu setengah jam.

Sumber air panas di kaki Gunung Welirang ini memberikan terapi dan sensasi berendam air panas yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, menjadikan wisata ini menarik. Harga tiketnya adalah Rp. 10.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000,- untuk wisatawan mancanegara. Tiket masuk kolam renang tersedia dengan harga Rp. 5.000,- per orang.

Itulah sebagian informasi mengenai wisata air di Malang dengan mata air alami di Malang, Jawa Timur. Destinasi mana yang pernah Anda kunjungi?

Tak lengkap rasanya jika setelah berwisata tidak membawa buah tangan khas kota ini. Anda dapat berbelanja di pusat oleh-oleh yang direkomendasikan di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok atau di Piata Camilan. Tak perlu khawatir dengan harganya, karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top