Let's Chat

Eksotisnya Pantai Tiga Warna Malang, Pesona Pantai Bersih & Asri

Pantai Tiga Warna Malang – Di Indonesia, kawasan perairan terkenal sering dikaitkan dengan Bali dan Lombok. Namun, banyak potensi perairan menawan lainnya yang layak diperhitungkan, seperti yang ada di Pulau Jawa, khususnya Malang. Contohnya adalah Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang, yang kini mulai dikenal sebagai destinasi wisata populer.

Pantai Tiga Warna, yang dibuka sekitar tahun 2014, sesuai dengan namanya, menampilkan tiga warna berbeda pada air lautnya. Ketiga warna tersebut merupakan perpaduan dari biru, hijau, dan putih, yang masing-masing merepresentasikan kedalaman air. Dijamin, Anda tidak akan kecewa jika mengunjungi dan menghabiskan waktu liburan di pantai unik ini.

Daya Tarik Pantai Tiga Warna yang Menawan

Pantai Tiga Warna Malang

1. Kebersihan dan Keasrian Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, terletak di Malang, termasuk dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation. Hal ini menjadikan pantai ini sangat terjaga kebersihan dan keasriannya. Suasana pantai ini sangat asri, dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi mangrove subur. Akses menuju pantai ini melibatkan melewati beberapa pantai lain seperti Pantai Clungup, Gatra, dan Batu Pecah.

Dikelilingi perbukitan hijau yang tampak seperti gundukan, Pantai Tiga Warna menawarkan udara sejuk meskipun matahari bersinar terik. Suasana asri ini tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

2. Tiga Warna Air Laut yang Unik

Keunikan dan daya tarik utama pantai ini terletak pada tiga warna air lautnya. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut. Bagian terdalam memiliki air berwarna biru, sedangkan bagian dangkal berwarna hijau. Warna putih terlihat di area yang bersentuhan dengan pasir pantai.

Tiga warna air laut yang indah berpadu dengan pasir putih bersih dan batuan karang hijau, menciptakan pemandangan yang sangat menawan. Gradasi warna pantai ini memang menawarkan panorama luar biasa, yang membuat banyak orang penasaran ingin mengunjunginya.

3. Peraturan Unik yang Mempertahankan Kebersihan

Pantai Tiga Warna, sebagai kawasan konservasi, menerapkan peraturan ketat kepada pengunjung. Sebelum berkunjung, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Prosedur keamanan dan kebersihan diterapkan secara ketat, mulai dari pemeriksaan barang bawaan di pintu masuk hingga pemeriksaan sampah sebelum pulang.

Barang yang berpotensi menjadi sampah, seperti makanan dan minuman, akan diperiksa. Jika ada sampah yang tertinggal saat Anda pulang, Anda mungkin dikenakan denda sebesar Rp 100.000. Berkat peraturan ini, lingkungan pantai tetap bersih dan bebas sampah.

4. Keindahan Bawah Laut Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna tidak hanya menawarkan keindahan permukaannya, tetapi juga keindahan bawah laut yang mempesona. Terumbu karang dan biota laut di pantai ini sangat terjaga, sehingga pengunjung dapat menyaksikan keindahannya secara langsung. Hal ini menjadikan liburan Anda di pantai ini terasa lengkap dan memberikan pengalaman yang unik.

5. Menyediakan Spot Foto Menarik

Salah satu alasan mengapa Pantai Tiga Warna layak dikunjungi adalah adanya beberapa spot menarik yang cocok untuk berfoto. Pengelola pantai sengaja menyediakan fasilitas ini, mengingat hampir semua destinasi wisata kini memiliki spot foto. Pemandangan alam yang memukau di pantai ini tentu sayang untuk tidak diabadikan melalui kamera Anda.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Jika Anda tertarik mengunjungi Pantai Tiga Warna, Anda dapat menuju ke daerah Sumbermanjing Wetan, tepatnya di Desa Tambakrejo, Malang Selatan. Pantai ini terletak di kawasan konservasi Sendang Biru dan merupakan bagian dari Clungup Mangrove Conservation. Rute yang umum digunakan adalah melalui Pantai Goa Cina.

Dari pusat kota Malang, Jawa Timur, arahkan kendaraan Anda ke Gadang, lalu menuju Turen. Setelah itu, ikuti rute ke Pantai Sendang Biru. Anda akan memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga sampai di persimpangan antara Sendang Biru dan Goa Cina. Ambil rute lurus ke arah Pantai Goa Cina.

Setelah sekitar 2 km, Anda akan menemukan persimpangan berikutnya. Ambil arah belok kiri menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Selanjutnya, Anda akan menemukan Kampung Warna dan pilih jalan menuju Clungup Mangrove Conservation. Patokannya adalah Pantai Clungup, tepat sebelum Bank BRI.

Kemudian, Anda akan menemukan pintu masuk bertuliskan Pantai Tiga Warna. Jalan menuju pantai cukup sempit dan hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus memarkirkannya dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga mencapai pantai yang indah ini.

Menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua, akan lebih mudah untuk mengakses pantai ini, karena belum banyak kendaraan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana. Selain itu, membawa kendaraan sendiri akan memberikan keleluasaan. Akses menuju pantai ini dianggap cukup mudah untuk dijangkau.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan Pantai Tiga Warna, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Harga tiket masuk pantai ini mulai dari Rp 10.000, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua mulai dari Rp 10.000, sementara untuk mobil sekitar Rp 15.000.

Jika Anda ingin menyewa pemandu, tarifnya sekitar Rp 100.000 untuk setiap sepuluh orang selama 24 jam. Karena pantai ini membatasi jumlah pengunjung, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai. Jika kuota sudah penuh, Anda harus menunggu giliran setelah kelompok sebelumnya selesai.

Jam operasional Pantai Tiga Warna tidak berbeda jauh dengan pantai-pantai lain. Anda dapat mengunjungi pantai ini mulai Senin hingga Minggu, dengan jam buka 24 jam. Anda bahkan bisa menginap di area pantai ini. Namun, sebaiknya Anda berkunjung di luar musim hujan, karena trekking dan jalanan menjadi lebih licin saat hujan.

Aktivitas Menarik di Pantai Tiga Warna

1. Trekking

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda harus melakukan trekking untuk mencapai Pantai Tiga Warna, terutama jika menggunakan kendaraan roda empat. Jarak yang harus ditempuh ke pos pertama sekitar 1 km. Sementara itu, jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda bisa langsung menuju pos pertama dengan lokasi parkir yang dekat. Anda tetap harus trekking untuk sampai ke pos kedua, di mana barang bawaan Anda akan diperiksa. Selama trekking, Anda akan melewati hutan mangrove yang menarik.

2. Bersantai dan Menikmati Keindahan

Setibanya di pantai, Anda akan disuguhi keindahan Pantai Tiga Warna. Pasir putih yang berkilau dan gradasi warna laut yang menawan akan memanjakan mata Anda. Anda bisa bersantai di bawah pepohonan rindang atau di saung yang tersedia. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa bersantai di tepi pantai.

3. Berenang dan Bermain Air

Kunjungan ke Pantai Tiga Warna tentu tidak lengkap tanpa berenang atau bermain air. Pantai ini aman untuk berenang dan bermain air, dengan air yang jernih menambah kesegaran. Membangun istana pasir juga ide yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama teman-teman.

4. Snorkeling atau Diving

Dengan keindahan bawah laut Pantai Tiga Warna, Anda bisa menjelajahinya melalui snorkeling atau diving. Karena pantai ini merupakan kawasan konservasi terumbu karang, keanekaragaman biota lautnya terjaga dengan baik. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving di lokasi jika tidak membawanya dari rumah.

5. Camping

Berkemah di Pantai Tiga Warna juga menjadi aktivitas yang seru. Mendirikan tenda dan bermalam di pantai memungkinkan Anda menyaksikan sunset dan sunrise yang memukau. Menghabiskan malam di tepi pantai dengan api unggun akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman.

6. Berfoto Ria

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen indah saat berada di pantai ini. Pantai Tiga Warna menawarkan banyak spot fotogenik yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang foto. Pengelola pantai juga menyediakan gardu pandang dan beberapa spot menarik lainnya. Jadi, pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda.

Fasilitas di Pantai Tiga Warna

Liburan Anda di Pantai Tiga Warna akan semakin menyenangkan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Meskipun Anda tidak akan menemukan warung makan di pantai ini, disarankan untuk membawa bekal makanan dari rumah. Area parkir yang cukup luas juga tersedia untuk pengunjung.

Pantai ini juga menyediakan beberapa kamar mandi bersih untuk pengunjung dan mushola bagi mereka yang beragama Islam. Jika Anda ingin melakukan snorkeling atau camping, Anda bisa menyewa peralatan di pantai ini dengan harga terjangkau.

Jika Anda ingin menginap di dekat pantai selain camping, Anda bisa menemukan penginapan di sekitar Pantai Tiga Warna, seperti di dekat Sendang Biru. Harga penginapan bervariasi mulai dari Rp 180.000 hingga di atas Rp 350.000, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Menghabiskan liburan di Pantai Tiga Warna, Malang, akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, seperti pantai ini yang terkenal dengan air laut tiga warnanya. Keindahan alam yang terjaga dan asri membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini.1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top