Let's Chat
Pantai Ngantep Malang

Pantai Ngantep Malang, Berikut Tips Berwisata Disini

Pantai Ngantep Malang – Pantai Nganteb merupakan salah satu pantai eksotis di Malang, Jawa Timur, menawarkan pesona alam yang menarik para wisatawan. Walaupun tidak disarankan untuk tempat berenang, pantai ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini menjadi tempat yang pas untuk bersantai sambil menikmati keindahan laut yang menakjubkan. Selain itu, ada tebing-tebing batu yang menjulang tinggi menambahkan kesan eksotis pada pemandangan pantai ini.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang memesona, Pantai Nganteb juga menyediakan berbagai aktifitas rekreasi yang menarik bagi pengunjungnya. Para wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau sekadar berjemur di tepi pantai yang tenang.

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati sunset, menciptakan momen romantis yang tak terlupakan bagi pasangan yang berkunjung. Bagaimana daya tarik wisata dari pantai ini dan tips berwisata di tempat ini? Simak selengkapnya ulasan berikut.

Mengenal Pantai Ngantep

Pantai Ngantep merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Malang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pantai ini menampilkan pesona alam laut yang memukau, dengan keunikan bahwa pengunjungnya relatif sedikit, menjadikannya sebagai tempat yang tenang, sunyi, serta tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Pantai Ngantep terbagi menjadi dua bagian yang berbeda. Bagian baratnya dikenal sebagai Pantai Taman Ayu, yang cenderung sepi, sementara bagian timurnya adalah Pantai Ngantep yang lebih ramai. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama mempesona dan memiliki keunikan masing-masing.

Meskipun pantai ini menampilkan pesona keindahan alamnya, ternyata memiliki kisah-kisah tentang mitos dan legenda yang berkaitan dengan hal-hal mistis. Namun, ironisnya, cerita-cerita tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngantep

Pantai Ngantep terletak di Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang, Anda dapat menuju terminal Gadang, kemudian melanjutkan perjalanan ke Balulawang, lalu ke Gondang Legi.

Setelah itu, Anda cukup mengikuti jalan menuju Balekambang hingga tiba di lokasi Pantai Ngantep. Untuk petunjuk rute yang lebih detail, disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Maps.

Tiket Masuk Pantai Ngantep Malang

Harga tiket masuk Pantai Ngantep Malang terjangkau, dan tarif parkir kendaraan di sini juga bersahabat. Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan yang terbaru:

  • Tiket Masuk: Rp10.000,00 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp2.000,00 per kendaraan
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00 per kendaraan

Jika Anda telah mengalokasikan anggaran liburan yang cukup besar sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan sisa anggaran untuk keperluan lainnya.

Jam Buka Pantai Ngantep Malang

Pantai Ngantep Malang buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu, termasuk hari libur nasional, dengan jam operasional selama 24 jam penuh.

Meskipun demikian, setelah matahari terbenam, pantai cenderung sepi dari pengunjung, kecuali bagi mereka yang memilih untuk mendirikan kemah dan menghabiskan malam di sana.

Fasilitas di Pantai Ngantep Malang

Pantai Ngantep Malang menawarkan keindahan alam yang didukung oleh berbagai fasilitas lengkap, antara lain:

  • Area parkir luas untuk kendaraan wisata
  • Beragam warung jajanan
  • Pusat informasi dan penjualan tiket masuk
  • Restoran atau rumah makan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Gazebo dan area duduk
  • Penginapan
  • Tempat berkemah
  • Wahana permainan yang menarik
  • Spot foto yang instagramable

Nikmati pengalaman liburan yang menyenangkan bersama keluarga saat menjelajahi destinasi wisata terbaik di Malang ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngantep Malang

Pesona Pantai Ngantep Malang Meskipun belum sepopuler destinasi wisata pantai lainnya di Malang, keberadaan Pantai Ngantep tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebaliknya, pantai ini menawarkan daya tarik yang khas dan menarik. Di bawah ini daftar daya tarik pantai ini.

Pendopo Agung

Pendopo utama ini berbentuk joglo dan terletak di puncak Gunung Batok, dengan jarak hanya sekitar 200 meter dari tepi pantai. Akses ke pendopo ini dapat dilakukan melalui tangga yang telah disediakan.

Selain itu, Pendopo Panembahan juga memiliki sebuah kentongan yang diyakini memiliki kekuatan magis. Tidak mengherankan jika banyak masyarakat yang mengunjungi tempat ini untuk melakukan upacara adat.

Keindahan Pantai

Keunikan Pantai Daya tarik utama dari pantai ini adalah keberadaan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai dengan panjang sekitar satu kilometer. Meskipun ombaknya cenderung tenang di sebagian besar pantai, namun sekitar 10 meter dari tepi pantai, ombaknya cukup besar.

Pantai ini menjadi tujuan utama bagi banyak turis asing, terutama dari Australia, AS, dan Inggris, yang tertarik untuk mencoba surfing. Namun, pantai ini kurang cocok untuk kegiatan renang karena dianggap berbahaya. Bagi yang ingin berenang, alternatifnya adalah berpindah ke muara sungai yang terletak tidak jauh dari pantai, di sebelah Timur.

Tebing Karang

Di sekitar pantai, terdapat pepohonan yang rindang dan tinggi. Salah satu jenis pohon yang menarik adalah pohon pandan, yang memiliki bunga berwarna merah yang mekar di antara dedaunannya.

Selain itu, Pantai Ngantep juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang menarik dan indah. Di sebelah barat pantai, terdapat tebing karang yang tinggi dan kokoh. Tebing ini dapat menjadi spot yang ideal untuk menikmati pemandangan laut dari ketinggian.

Gua di Pinggir Pantai

Di salah satu sisi pantainya, terdapat Gunung Batok, yang juga merupakan tempat makam leluhur warga Desa Tumpakrejo. Uniknya, di area pemakaman ini terdapat Gua Batok, sebuah gua yang meskipun tidak terlalu besar, tetap memiliki nilai sakral, terutama bagi masyarakat setempat.

Jika tertarik mengunjungi Gua Batok yang terletak di bawah gunung ini, Anda dapat mengunjungi Panembahan, sebuah pendopo agung.

Baca Juga: Wisata Cangar Batu Malang, Berikut Harga Tiket dan Daya Tariknya

Tips Berwisata Di Pantai Ngantep Malang

Berikut adalah beberapa tips berwisata di Pantai Ngantep:

  1. Pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai untuk beraktivitas di pantai, seperti pakaian yang nyaman, perlindungan matahari seperti topi atau payung, dan tabir surya.
  2. Selalu waspada terhadap kondisi ombak dan arus laut di sekitar pantai. Patuhi petunjuk keselamatan yang dipasang di pantai dan hindari berenang di area yang berbahaya.
  3. Bantu menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. Dukung upaya pelestarian lingkungan dengan tidak merusak atau mengganggu flora dan fauna di sekitar pantai.
  4. Manfaatkan waktu Anda untuk menikmati berbagai aktivitas wisata di Pantai Ngantep, seperti berjemur, berenang, atau berselancar jika kondisi memungkinkan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di pantai.
  5. Jelajahi area sekitar Pantai Ngantep dan nikmati keindahan alamnya. Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di sekitar pantai, seperti gua atau objek wisata lainnya.
  6. Manfaatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan belajar tentang budaya dan kehidupan sehari-hari mereka. Ini bisa menjadi pengalaman yang berharga selama liburan Anda.

Nah itulah ulasan mengenai pantai Ngantep Malang dan beberapa tips berwisata disini. Setelah menjelajahi keindahan pantai Ngantep, jangan lupa untuk melengkapi pengalaman liburanmu dengan membeli oleh-oleh khas dariĀ Pia Cap Mangkok. Pia Cap Mangkok merupakan tempat yang terkenal dengan produk pia yang lezat dan berkualitas. Dengan membeli oleh-oleh di sini, Anda dapat membawa pulang kenangan manis dari perjalananmu dan juga membagikannya kepada keluarga dan teman-teman.

Pia Cap Mangkok memiliki banyak gerai yang berada diberbagai sudut kota Malang. Anda dapat mendatangi tempat terdekatnya. Jadi, setelah menikmati keindahan dan wisata pantai Ngantep, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh yang istimewa dari Pia Cap Mangkok sebagai penutup yang sempurna untuk liburanmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top