Let's Chat

11 Daftar Pantai di Malang yang Bisa Buat Berenang. Apa Saja?

Pantai di Malang – Berikut rekomendasi pantai di Malang yang memiliki ombak tenang, ideal untuk berwisata air, berenang, dan bermain air.

Berada di Malang Selatan, sejumlah pantai di Malang dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Meskipun begitu, ada 11 pantai yang menawarkan ombak yang lebih damai, sempurna untuk bermain air bersama keluarga dan anak-anak.

Malang adalah kota tujuan wisata yang menampilkan keindahan alam yang luar biasa. Selain pemandangan pegunungan, Malang juga menyuguhkan pesona wisata bahari yang menakjubkan.

Tak hanya itu, beberapa pantai di Malang juga memiliki pesona yang mirip dengan Raja Ampat dan Bali. Jika Anda ingin merasakan atmosfir ala Raja Ampat, jangan lewatkan rekomendasi pantai di Malang yang cocok untuk bermain air.

11 Daftar Pantai di Malang yang Bisa Buat Berenang

Pantai Balekambang

Banyak yang menganggap Pantai Balekambang sebagai versi Tanah Lot-nya Malang karena di sana terdapat Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo di tengah laut, menyerupai Tanah Lot di Bali.

Selain menikmati suara ombak di pantai, wisatawan bisa menjelajahi pura dengan berjalan melalui jembatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Pantai Balekambang Malang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di sana, terdapat pemandangan indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang besar, ideal untuk kegiatan selancar.

Pantai Gatra

Pantai Gatra adalah salah satu destinasi pantai terbaru yang terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini menarik karena memiliki keunikan tersendiri dengan adanya dua jenis pasir yang berbeda, yakni pasir putih dan pasir hitam.

Di sepanjang pantai, terdapat beberapa warung makan yang menawarkan beragam hidangan, termasuk ikan bakar dan seafood segar. Pantai Gatra Malang terkenal dengan kesendirian dan jauh dari keramaian, menjadikannya tempat yang ideal bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dalam suasana yang tenang. Selain itu, di sekitar pantai terdapat bukit-bukit yang menambah daya tarik alaminya.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, juga dikenal sebagai Pantai Sumber Pitu, terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama pantai ini berasal dari perbedaan tiga warna air laut di sekitarnya, yaitu biru, hijau, dan coklat.

Keindahan alam yang masih asli merupakan daya tarik utama dari Pantai Tiga Warna. Di sini, pengunjung dapat menikmati pasir putih yang halus, air laut yang bening, dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Selain itu, terdapat kesempatan untuk melakukan snorkeling guna menikmati keindahan bawah laut di sekitar pantai.

Untuk mencapai Pantai Tiga Warna, pengunjung dapat mengaksesnya melalui jalur darat yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Malang. Setelah tiba di lokasi, akan ada perjalanan trekking sekitar 1 kilometer melalui bukit dan hutan menuju pantai.

Pantai Sendiki

Pantai Sendiki, merupakan salah satu pantai tersembunyi yang berlokasi di Malang Selatan, Jawa Timur, terletak di Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai ini masih mempertahankan keasriannya dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, menjadikannya tempat yang ideal bagi mereka yang menginginkan suasana pantai yang tenang dan sepi.

Keunikan Pantai Sendiki terletak pada adanya formasi batu karang yang membentuk kolam alami, tempat yang sempurna untuk berenang dan bermain air.

Selain itu, Pantai Sendiki juga memiliki pasir putih yang halus serta ombak yang cukup tenang, memungkinkan pengunjung untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman.

Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara merupakan destinasi pantai yang menarik yang terletak di Tambak, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Wisata alam populer ini menampilkan pemandangan yang luar biasa dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang transparan. Di sini, pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan yang menjulang di sepanjang pantai dan menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler.

Juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai hidangan seafood dan minuman segar yang cocok dinikmati sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai Teluk Asmara Malang sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati kecantikan alam pantai yang memukau.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Destinasi pantai ini menonjolkan daya tariknya dengan adanya batu karang besar yang mencuat ke laut dengan berbagai bentuk yang unik.

Selain itu, Pantai Watu Leter menampilkan panorama alam yang memukau dengan pasir putih yang luas dan air laut yang bening. Pantai ini menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan pantai.

Fasilitas seperti akomodasi, tempat parkir, dan warung makan juga tersedia untuk memudahkan pengunjung selama berkunjung ke Pantai Watu Leter.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Malang terletak sekitar 63 km dari pusat Kota Malang, tepatnya di Desa Kedungsalam, Donomulyo. Destinasi wisata ini menarik para pengunjung dengan kecantikan pasir putihnya dan warna air laut yang menakjubkan biru kehijauan.

Selain itu, keberadaan bebatuan karang besar di sekitar pantai juga menambah pesona tempat ini. Dekat pantai, terdapat Gunung Kombang, sebuah bukit yang menjadi tempat ritual pemberian sesajen kepada Ratu Laut Selatan.

Bukit tersebut juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Untuk menikmati keindahan Pantai Ngliyep Malang, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000,00.

Pantai Kondang Merak

Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang menenangkan bagi mata. Anda akan terpesona oleh gabungan antara lautan luas dan tepi pantai yang lapang. Warna biru cerah dari lautnya memukau dan berkilauan, sementara pasir putihnya terlihat sangat bersih tanpa cela.

Kehadiran pepohonan dan vegetasi hijau yang rimbun di sekitar pantai menambah kesegaran lingkungan. Anda dapat bersantai di sini sambil menikmati panorama alam yang segar.

Udara bersih yang disediakan oleh pepohonan memberikan kenyamanan tersendiri. Pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk melepaskan kepenatan dan bersantai sejenak.

Pantai ini terkenal dengan keleluasaan tepi pantainya, memberikan ruang gerak yang lebih untuk aktivitas. Pasir pantainya yang halus sangat cocok untuk bermain atau berlari.

Anda juga dapat menikmati kegiatan seperti berenang atau bermain air di tepi pantai. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, dengan tarif retribusi tiket masuk ke pantai ini hanya Rp12.000,00.

Pantai Ngantep

Pantai Ngantep, yang terletak di Gedangan, menjadi tujuan wisata pantai yang sedang populer. Pantai ini menawarkan ombak yang unik dan sangat cocok bagi para penggemar selancar.

Keasrian alamnya tetap terjaga dengan baik dan fasilitasnya pun lengkap. Selain untuk para peselancar, pantai ini juga cocok untuk berenang karena memiliki muara sungai yang aman.

Selain menikmati kegiatan berwisata, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Malang yang terjangkau, seperti ikan segar, di pantai ini.

Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng menampilkan pemandangan yang menakjubkan. Saat pertama kali tiba, Anda akan disambut oleh pasir putihnya yang lembut dan luas. Sentuhan pertama kaki di atas pasir terasa hangat, namun saat terkena ombak, sensasinya menjadi sejuk.

Dengan sekadar berjalan di sepanjang tepian pantai, pengunjung dapat mengalami keindahan laut yang disajikan. Perairan di pantai ini sangat tenang, tanpa gelombang yang berombak-ombak.

Nama pantai, “Banyu Meneng,” memiliki arti “air yang diam” dalam bahasa Jawa. Kehadiran air yang jernih memungkinkan wisatawan melihat dasar laut yang dekat dengan pantai.

Warna airnya tampak hijau karena adanya ganggang, dan semakin biru ketika menjauh dari pantai. Pantai ini tidak hanya sunyi dari keramaian pengunjung, tetapi juga menampilkan pemandangan daratan yang memesona.

Tanaman bakau menambah kecantikan sekitar pantai, menciptakan suasana yang sejuk dan alami. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memilih menghabiskan waktu di sini untuk menikmati keindahan pantainya dan tempat-tempat teduh yang tersedia.

Baca Juga: Mengenal Alun-Alun Batu

Pantai Goa Cina

Dahulu, Pantai Rowo Indah dikenal sebagai nama Pantai Goa Cina. Perubahan nama terjadi sekitar 20 tahun yang lalu setelah penemuan mayat etnis Tionghoa dan peninggalan tulisan China di sebuah gua di sekitar pantai tersebut.

Terletak di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, pantai ini dapat dicapai dalam waktu perjalanan 10 menit dari Pantai Bajulmati.

Pantai ini populer di kalangan wisatawan karena keindahannya yang menarik. Di sepanjang pantai, terdapat tiga pulau karang: Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

Meskipun kegiatan berenang tidak diperbolehkan di pantai ini, pengunjung tetap dapat menikmati keindahannya. Tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau, hanya seharga Rp5.000,00.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top