Let's Chat

Alun-Alun Kota Wisata Batu, Suka Naik Bianglala atau Kulineran?

Alun-Alun Kota Batu – Alun-alun Batu, seperti halnya alun-alun di kota lainnya, selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai kalangan, terutama bagi para wisatawan yang datang dari luar kota, kunjungan ke alun-alun menjadi suatu hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Namun, berbeda dengan alun-alun kota lainnya, alun-alun di Kota Batu ini secara khusus mencerminkan citra Kota Wisata dari Kota Batu. Awalnya dikenal sebagai Taman Tari Banyu, yang hanya merupakan taman umum yang dimiliki oleh pemerintah Belanda.

Pada tahun 1942, taman ini diubah menjadi alun-alun untuk kepentingan masyarakat. Kemudian, setelah Kota Batu menjadi terpisah dari Kabupaten Malang pada tahun 2001, taman ini terus mengalami renovasi hingga mencapai penampilan yang indah seperti sekarang.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kota Batu

Tiket masuk area alun-alun Batu ini gratis atau tidak ada biaya apapun. Orang yang datang bebas berhenti dan masuk beraktivitas di area alun alun.Hanya saja, untuk beberapa wahana pengunjung harus menyiapkan biaya begitu juga dengan parkirnya. Berikut ini rincian biaya beberapa wahana yang ada di alun alun Batu.

Retribusi Tarif

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Bianglala: Rp5.000,00
  • Komidi putar: Rp5.000,00
  • Parkir Motor: Rp2.000,00
  • Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun Batu terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Berikut adalah beberapa rute yang bisa diambil untuk menuju ke Alun-alun Batu dari pusat kota Malang:

  1. Rute melalui Jalan Panglima Sudirman:
    • Dari pusat kota Malang, ikuti Jalan Panglima Sudirman ke arah timur.
    • Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Kota Batu.
    • Di Kota Batu, ikuti petunjuk arah menuju Alun-alun Batu.
  2. Rute melalui Jalan Ijen:
    • Dari pusat kota Malang, ambil Jalan Ijen ke arah utara.
    • Terus ikuti Jalan Ijen hingga tiba di Kota Batu.
    • Di Kota Batu, ikuti petunjuk arah menuju Alun-alun Batu.
  3. Rute melalui Jalan Raya Batu – Malang:
    • Dari pusat kota Malang, ikuti Jalan Raya Batu – Malang ke arah timur.
    • Terus ikuti jalan tersebut hingga tiba di Kota Batu.
    • Di Kota Batu, ikuti petunjuk arah menuju Alun-alun Batu.

Pastikan untuk memperhatikan papan petunjuk dan arah yang jelas saat perjalanan untuk mencapai Alun-alun Batu.

Jam Buka Alun-Alun Kota Batu

Jam operasional Alun-alun Batu adalah 24 jam sehari dan dapat dikunjungi kapan saja oleh masyarakat umum. Namun, beberapa wahana hanya beroperasi pada jam-jam tertentu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Alun-alun Batu biasanya paling ramai pada sore hingga malam hari, terutama pada akhir pekan. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik jika ingin mengunjungi tempat ini selama liburan.

Demikianlah ringkasan tentang Alun-alun Kota Batu di Malang. Tempat yang unik ini merupakan kebanggaan bagi warga Kota Batu dan mencerminkan citra Kota Batu sebagai destinasi wisata yang menyenangkan.

Aktivitas Menarik di Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Batu Malang adalah satu-satunya alun-alun di Indonesia yang dilengkapi dengan wahana bermain permanen. Selain itu, desain taman ini tidak hanya terdiri dari lapangan terbuka dengan pohon-pohon besar di tengahnya, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik.

Tidak mengherankan bahwa tempat wisata ini sering menjadi tujuan bagi masyarakat setempat maupun wisatawan. Hal ini karena Alun-alun Batu menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Naik Bianglala

Ciri khas utama dari alun-alun kota Batu adalah adanya bianglala permanen yang berfungsi sebagai wahana di tempat tersebut. Bianglala ini memiliki ukuran yang cukup besar, dari atasnya pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Kota Batu dengan jelas.

Bianglala ini terdiri dari 17 kabin yang mampu menampung hingga 4 orang dalam satu kabin. Selain itu, perlengkapan keamanan seperti seatbelt dan perlengkapan lainnya telah disiapkan dengan baik.

Selain bianglala, juga terdapat wahana lain seperti Komidi Putar yang disediakan khusus untuk anak-anak. Dengan adanya berbagai wahana ini, setiap pengunjung dapat menikmati bermain dan berwisata dengan harga yang terjangkau.

Area Bermain Anak

Selain menyediakan wahana, Alun-alun Batu juga menawarkan area bermain khusus untuk anak-anak yang meliputi perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan berbagai permainan lainnya.

Area ini dirancang dengan sangat nyaman dan aman bagi anak-anak, sehingga orang tua dapat mengawasi anak-anak mereka dengan tenang saat bermain. Selain itu, adanya patung dan miniatur di sekitar area bermain juga memberikan tempat untuk istirahat atau berfoto bagi orang tua sambil menunggu anak-anak mereka.

Hunting Foto

Salah satu fitur khas lain dari Alun-alun Batu adalah bangunan bertema Apel dan Strawberry yang terletak di area taman. Bangunan ini berfungsi sebagai fasilitas toilet dan pusat informasi bagi para pengunjung.

Dikarenakan desainnya yang unik, seringkali penduduk lokal atau pengunjung suka berfoto di sekitar bangunan ini. Kehadiran banyak wisatawan yang gemar berfoto di sana juga membuat peluang bagi beberapa orang untuk melakukan cosplay.

Para cosplayer ini memakai beragam kostum, termasuk kostum superhero, karakter kartun, dan bahkan kostum hantu untuk menarik perhatian pengunjung. Pengunjung yang ingin berfoto dengan mereka hanya perlu memberikan sumbangan sukarela ke tempat yang telah disediakan oleh masing-masing cosplayer.

Air Mancur

Alun-alun Batu memiliki beragam air mancur yang menarik, termasuk 5 air mancur yang dapat ditemukan di taman ini. Setiap air mancur memiliki desain yang unik, salah satunya adalah air mancur tugu apel.

Di air mancur tugu apel, pengunjung dapat melihat apel-apel yang tersusun rapi di tengah air mancur bertingkat. Air mancur ini terletak di pusat Alun-alun dan menjadi spot foto yang populer di antara wisatawan.

Salah satu air mancur favorit lainnya adalah yang berdekatan dengan taman bermain anak-anak. Di sini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang tulisan “Alun-alun Kota Wisata Batu” yang menjadi landmark Kota Batu.

Selain itu, terdapat juga air mancur yang sering digunakan sebagai tempat bermain air bagi anak-anak. Air mancur ini terletak di permukaan tanah dan menyembur air dengan pola tertentu pada titik-titik tertentu. Pengunjung yang ingin bermain air disarankan untuk membawa pakaian ganti ketika berkunjung ke sini.

Baca Juga: Kampung Jodipan Malang

Berburu Kuliner Khas

Alun-alun Batu juga merupakan destinasi yang ideal untuk menikmati kuliner. Di sekitar area alun-alun, terdapat banyak pedagang kaki lima, restoran, dan kafe yang menawarkan berbagai jenis makanan.

Anda dapat dengan mudah menemukan jajanan khas Indonesia seperti soto, sate, bakso Malang, dan hidangan lainnya di sekitar sini. Jika Anda ingin menikmati makanan sambil menikmati pemandangan, restoran dan kafe yang berada di pinggir alun-alun juga merupakan pilihan yang tepat.

Tidak jauh dari alun-alun, terdapat juga Pasar Laron yang menyediakan berbagai jajanan dan makanan ringan. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh atau aksesori yang diinginkan di pasar ini.

Jalan-jalan ke Alun-Alun Kota Batu Malang akan menjadi lebih lengkap dengan menikmati suasana dan berbelanja oleh-oleh khas kota ini, sehingga membuat pengalaman berjalan-jalan ke tempat ini yang tak terlupakan. Nah, jangan lewatkan untuk mengunjungi pusat oleh-oleh terkenal di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok, yang menawarkan rasa otentik dengan harga yang terjangkau. Dengan cabangnya yang tersebar di berbagai lokasi di Kota Malang, pastikan untuk singgah di Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang terdekat dengan destinasi liburan Anda di Alun-alun Kota Batu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top