Let's Chat
Air Terjun Coban Rondo

Ada di Pujon, Berikut Legenda Air Terjun Coban Rondo dan Daya Tariknya

Air Terjun Coban Rondo – Merupakan Objek wisata yang terletak di Desa Pandensari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Banyak yang mengunjungi lokasi ini karena daya tarik air terjun dan labirin yang menawan. Dengan ketinggian 84 meter, air terjun ini dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari pusat kota Malang atau sejauh 12 km dari kota Batu.

Coban Rondo tidak hanya dikenal karena keindahan air terjunnya, tetapi juga menyajikan berbagai wahana wisata dan fasilitas pendukung lainnya. Beberapa di antaranya Taman Labirin, area perkemahan, paintball, dan tidak ketinggalan Tubing disekitar aliran air sungai. Ingin mengetahui lebih banyak tentang pesona Coban Rondo? Simak hingga akhir, ya!

Legenda Menarik Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Cerita turun temurun yang sangat menarik di balik Air Terjun Coban Rondo selalu dikaitkan dengan legenda Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Dalam sejarah ini, setelah beberapa hari menikah, mereka berencana pergi ke Gunung Anjasmoro. Meskipun melanggar adat Jawa kuno yang melarang perjalanan sebelum genap selapan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo tetap nekat berangkat.

Di pertengahan perjalanan, rombongan mereka dihadang oleh Joko Lelono yang berambisi merebut Dewi Anjarwati yang mempesona. Ini memicu pertarungan sengit antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Untuk menjaga keselamatannya, Dewi Anjarwati bersembunyi di belakang air terjun hingga dijemput kembali oleh Raden Baron Kusumo. Sayangnya, dalam pertarungan tersebut, baik Joko Lelono maupun Raden Baron Kusumo tewas, membuat Dewi Anjarwati menjadi janda.

Air terjun tempat persembunyian Dewi Anjarwati ini kemudian dinamai Coban Rondo, yang artinya Air Terjun Janda. Hingga saat ini, cerita ini terus dipegang oleh masyarakat, menambah keunikan Air Terjun Coban Rondo.

Mitos-Mitos di Coban Rondo

Mitologi di sekitar Air Terjun Coban Rondo juga masih terikat akibat cerita tragis asal usulnya, menciptakan banyak mitos dan misteri di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah kabar adanya penampakan sosok perempuan di dekat air terjun di atas batu besar.

Masyarakat meyakini bahwa sosok tersebut adalah Dewi Anjarwati yang masih belum bisa merelakan dirinya menjadi janda. Sejumlah pengunjung bahkan datang untuk membuktikan kebenaran mitos tersebut.

Mitos lain menyiratkan bahwa sepasang kekasih yang masih dalam masa pacaran yang datang ke Coban Rondo akan menghadapi hubungan yang tidak bertahan lama. Ini dikarenakan Dewi Anjarwati yang cemburu dan menginginkan agar nasib sepasang kekasih tersebut serupa dengan nasibnya sendiri.

Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

Biaya masuk ke Coban Rondo cukup terjangkau, terutama jika Anda datang dalam rombongan. Berikut adalah detail tarif yang perlu Anda bayarkan untuk menikmati keindahan Coban Rondo:

  • Tiket Masuk Weekdays: Rp25.000,00 – Rp35.000,00
  • Tiket Masuk Weekends: Rp40.000,00
  • Tiket Masuk Terusan: Rp40.000,00
  • Offroad Jeep: Rp100.000,00 – Rp250.000,00
  • Berkuda Delman: Rp15.000,00
  • Panahan: Rp15.000,00
  • Scooter: Rp25.000,00
  • Flying Fox: Rp30.000,00
  • ATV: Rp30.000,00 –

Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola Coban Rondo. Tetapi, informasi biaya ini dapat Anda gunakan sebagai referensi dan perkiraan sebelum mengunjungi Malang.

Rute Menuju Air Terjun Coban Rondo

Rute ke Coban Rondo dapat dijangkau dari Kota Malang, tepatnya di Jl Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 12 km dari Kota Batu atau 20 km dari pusat Kota Malang.

Dari Kota Batu, pintu masuk ke wisata Coban Rondo dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan. Patokan untuk mencapai Coban Rondo adalah pertigaan patung sapi Pujon; setelah melewati gang pertigaan tersebut, Anda akan tiba di loket masuk.

Dari loket masuk, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sebelum mencapai area air terjun. Sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan hutan yang hijau dan mencoba beberapa wahana yang tersedia.

Jam Buka Coban Rondo

Coban Rondo dibuka setiap hari dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dengan kecenderungan ramai pada hari libur. Waktu terbaik untuk mengunjungi Coban Rondo adalah pagi sebelum pukul 10.00 WIB atau menjelang sore sekitar jam 14.00 WIB, untuk menghindari panas terik siang hari.

Disarankan untuk menghindari kunjungan saat musim hujan karena jalanan menjadi licin dan tertutup kabut. Sebaliknya, kunjungan saat musim pancaroba, di mana suhu tidak terlalu panas dan hujan jarang terjadi, dapat menjadi pilihan yang baik.

Fasilitas di Sekitar Coban Rondo

Di kawasan wisata air terjun ini, tersedia berbagai fasilitas yang lengkap, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • akomodasi,
  • tempat makan,
  • fasilitas toilet,
  • tempat ibadah,
  • dan berbagai fasilitas lainnya.

Daya Tarik Wisata Coban Rondo

Meskipun terdapat berbagai mitos dan misteri, Coban Rondo menawarkan pengalaman wisata alam keluarga yang komprehensif. Selain menampilkan panorama alam yang memukau, tempat ini juga menyediakan berbagai wahana hiburan.

Coban Rondo bahkan diakui sebagai destinasi terbaik untuk kegiatan outbound keluarga. Berikut adalah tiga wahana utama yang sebaiknya dicoba saat mengunjungi Coban Rondo.

Taman Labirin

Air Terjun Coban Rondo

Daya tarik utama di Coban Rondo adalah Taman Labirin, yang terkenal karena labirinnya yang terbuat dari tanaman alami yang tumbuh dan disusun dengan cermat membentuk pola tertentu.

Dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar jalur 1.75 meter, pengunjung akan menemui tantangan untuk menemukan jalan keluar dari labirin. Namun, itulah daya tariknya; pengalaman mencari jalan keluar yang menarik.

Di pusat labirin terdapat air terjun dan jembatan tinggi, menyediakan pemandangan menarik untuk pengunjung. Tempat ini juga menjadi favorit untuk berfoto, sementara di luar labirin, terdapat gardu pandang dan petunjuk menuju jalan keluar. Gardu pandang ini memberikan angle terbaik bagi kameramen yang ingin mengabadikan momen di Taman Labirin.

Tubing di Aliran Sungai

Sensasi bermain air di Coban Rondo akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi Anda yang berani mencoba wahana Fun Tubing. Dengan wahana ini, Anda dapat menjelajahi aliran sungai segar dari air terjun Coban Rondo.

Melalui perjalanan ini, Anda akan melewati berbagai jeram sungai sambil menikmati pemandangan menggunakan ban khusus untuk aktivitas ini. Aliran sungai yang deras dan jeram yang menantang akan memberikan tantangan adrenalin sepanjang perjalanan.

Keamanan wahana ini telah dijamin dengan peralatan keselamatan yang lengkap bagi pengunjung. Selain itu, pemandu yang siap memantau keselamatan Anda selama menjelajah sungai juga akan menyertai perjalanan Anda.

Fun Tubing ini sangat cocok untuk dinikmati bersama rombongan, membentuk rangkaian panjang yang menambah keseruan para wisatawan yang berkunjung ke Coban Rondo.

Baca Juga : Hotel Terbaik di Malang, Mau Coba?

Paintball

Paintball juga menjadi salah satu wahana seru yang patut dicoba di Coban Rondo. Pengalaman perang tembak-tembakan dengan senjata khusus dan seragam lengkap dapat dinikmati di wahana ini.

Yang membuatnya unik, arena permainan ini terletak di hutan asli, di mana pohon dan semak belukar dapat menjadi tempat persembunyian yang strategis. Dengan demikian, perang antara dua tim menjadi semakin seru, menyerupai suasana pertempuran sebenarnya.

Biasanya, permainan ini membutuhkan setidaknya 6 orang yang terbagi menjadi dua tim berbeda. Durasi permainannya berkisar antara 30 hingga 45 menit, tergantung pada jumlah peluru dan gas yang digunakan dalam senjata.

Keselamatan dalam permainan ini telah dipastikan dengan banyak peraturan yang harus dipatuhi untuk mencegah kecelakaan. Bermain perang-perangan di hutan Coban Rondo akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda dan rombongan.

Ada banyak wahana seru lain yang dapat dijajal di Coban Rondo, seperti Flying Fox, sepeda gunung, dan berkuda. Setiap wahana yang tersedia membuat Coban Rondo menjadi destinasi wisata yang lengkap untuk Anda, keluarga, bahkan rombongan besar.

Dengan beragam fasilitas dan daya tarik, Coban Rondo telah menjadi salah satu tujuan populer di Malang. Anda pasti akan merasakan momen liburan yang nyaman dan berkesan selama mengunjungi tempat ini. Dan jangan lupa sempatkanlah mampir ke pusat oleh-oleh Kota Malang saat mengunjungi kota ini.

Untuk membawa pulang oleh-oleh khas dari wisata ini, Anda dapat mendatangi berbagai pusat oleh-oleh Malang yang menawarkan beragam makanan khas dan souvenir dengan pilihan terlengkap serta harga yang ramah di kantong. Salah satu tujuan belanja oleh-oleh yang utama di Malang adalah Pia Cap Mangkok, yang telah terkenal di kota ini dan memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai lokasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top