Let's Chat
Museum Sejarah di Malang

6 Museum Sejarah di Malang Yang Kamu Wajib Mampir

Museum Sejarah di Malang – Malang adalah salah satu kota yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata. Terdapat berbagai pilihan wisata, mulai dari alam, pendidikan, hingga kuliner. Semuanya sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga dan suasana sejuk membuat pengalaman berkeliling kota ini semakin menyenangkan.

Kota ini dikenal sebagai “Kota Bunga” karena memiliki banyak tempat wisata untuk belajar sejarah dan budaya. Berbagai museum yang ada di sini sangat unik dan beragam. Tak heran jika Malang selalu ramai dikunjungi, terutama saat musim liburan sekolah. Wisata edukasi dan sejarah, seperti museum, sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak yang merasa lelah dengan rutinitas sekolah.

6 Museum Sejarah di Malang Yang Kamu Wajib Mampir

Kota Malang memiliki banyak daya tarik yang layak untuk dikunjungi, seperti wisata alam dan kuliner. Namun, kota ini juga memiliki beberapa museum yang memiliki koleksi yang menarik dan layak dikunjungi. Berikut adalah daftar museum di Kota Malang:

1. Museum Brawijaya

Museum Sejarah di Malang

Alamat: Jl. Ijen No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, di Kota Malang
Nomor telepon: (0341) 562394
Museum Brawijaya adalah sebuah museum militer yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Museum ini dibuka setiap hari pukul 08.00 WIB. Harga tiket masuk Museum Brawijaya sekitar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Di Museum Sejarah di Malang, Anda bisa menemukan berbagai koleksi peninggalan bersejarah selama masa penjajahan. Beberapa koleksi yang bisa ditemukan adalah tank, senjata, dan gerbong maut. Selain itu, ada juga perpustakaan yang mengoleksi buku-buku dan dokumen-dokumen sejarah perjuangan TNI dan karya-karya umum.

2. Museum Zoologi Frater Vianney

Museum Sejarah di Malang

Alamat: Jl. Raya No.7, Doro, Karangwidoro, Malang, Jawa Timur 65146
Nomor telepon: (0341) 558965
Museum Zoologi Frater Vianney merupakan sebuah museum yang secara pandangan menarik yang terletak di kawasan Tidar, Kota Malang. Museum ini memiliki koleksi sekitar 12.000 spesies, seperti ular, kadal, gurita, dan ribuan kerang. Koleksi di sini diperuntukkan untuk keperluan ilmu pengetahuan, sehingga banyak pelajar yang datang untuk belajar.

Museum ini dibuka setiap hari Senin-Sabtu pukul 06.30 WIB hingga 14.00 WIB. Biaya masuk ke Museum Zoologi Frater Vianney gratis, namun disediakan kotak sumbangan sukarela untuk mendukung keberlangsungan museum.

3. Museum Musik Indonesia

Museum Sejarah di Malang

Alamat: Jl. Nusakambangan No. 19, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117
Nomor Telepon: (0341) 3012518

Museum Musik Indonesia (MMI) diduga sebagai satu-satunya museum musik seni di Indonesia. Museum ini terletak di Gedung Kesenian Gajayana Lantai 2 dan baru diresmikan pada tahun 2015. Museum ini memiliki koleksi sebanyak 26.000 item, termasuk piringan hitam (vinyl), kaset, CD, alat musik, majalah, dan buku baik dalam maupun luar negeri. Koleksi lawas yang ada di sana masih dalam kondisi baik dan bisa didengarkan.

Museum Musik Indonesia buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang murah, hanya Rp5 ribu per orang. Fasilitas cafetaria juga tersedia bagi pengunjung yang ingin makan atau minum.

4. Museum Mpu Purwa

Alamat: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Shanta Blk. B No.210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141
Nomor Telepon: (0341) 404515

Museum Mpu Purwa adalah sebuah museum yang baru saja dibuka pada tahun 2018. Museum ini berada di kawasan Perumahan Griya Shanta dan buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga 14.45 WIB (Jumat-Sabtu) atau 15.30 WIB (Minggu-Kamis). Menurut informasi, masuk ke Museum Mpu Purwa gratis tanpa dipungut biaya.

Baca Juga : Sejarang Kota Malang Lengkap

Museum ini telah direvitalisasi selama beberapa tahun sebelumnya dengan luas lahan sekitar 1.800 meter persegi dan bangunan seluas 1.200 meter persegi. Di Museum Mpu Purwa terdapat sekitar 136 koleksi peninggalan Mpu Sendok dan Majapahit, di mana 58 koleksi di antaranya dipamerkan dan sisanya disimpan di ruang penyimpanan khusus. Museum ini juga memiliki arca unik, yaitu arca Ganesha yang duduk di atas tikus kecil, yang hanya ada di Kota Malang dan India.

5. Indonesian Old Cinema Museum

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.45, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142
Nomor telepon: (0341) 498858

Anda penggemar film? Maka wajib mengunjungi Indonesian Old Cinema Museum. Museum ini didirikan pada tahun 2017 dan berada di area Rumah Makan Ringin Asri. Di museum ini, pengunjung dapat melihat barang-barang antik yang digunakan sebagai alat pemutar film pada layar tancap.

Tidak hanya alat pemutar film, di museum ini juga terdapat poster film, majalah, papan pengumuman pemutaran film, bahkan roll film lawas. Lebih menyenangkan lagi, saat berkunjung Anda bisa meminta untuk memutar film Indonesia lawas, karena tersedia sekitar 20 judul film Indonesia jadul.

6. Museum Batu Mulia Nusantara

Alamat: Jl. Veteran Malang, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145

Bagi para pencinta batu permata, pasti akan merasa sangat terhibur ketika berkunjung ke Museum Batu Mulia Nusantara. Museum ini berlokasi di lobi Gedung Rektorat Universitas Brawijaya dan baru diresmikan pada tahun 2016. Walaupun baru, Museum Batu Mulia Nusantara memiliki koleksi sekitar 150 jenis batu permata dari berbagai daerah.

Setiap batuan yang ada di Museum Batu Mulia Nusantara diberikan nama, mulai dari ukuran kecil hingga bentuk bongkahan. Terdapat beberapa jenis batuan seperti Black Jade, Chalcedony, Batu Gambar (Picture Jasper), Jasper, Meteorite Chondrite, Neprite, Sojol, Denrite Agate, fosil kerang kima, dolomite, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga jenis batuan yang langka seperti Giok Nabire.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top