Let's Chat

21 Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023 – Wajib Kamu Ketahui

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023 – Malang adalah kota yang sangat menarik. Keindahannya tidak hanya berasal dari keindahan alamnya, tetapi juga dari oleh-oleh khas yang ditawarkan.

Meskipun Malang terkenal dengan apelnya, namun dengan perkembangan pariwisata di kota ini, banyak pilihan buah tangan yang dapat dipilih oleh para wisatawan yang berkunjung.

Suasana sejuk di Malang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi kota ini. Jika Anda sedang berkunjung ke Malang, ada banyak hal yang dapat dinikmati di sana.

Piata Camilan menyarankan untuk memilih oleh-oleh khas Malang, Jawa Timur, yang terutama terdiri dari makanan sebagai berikut.

Oleh-oleh Khas Malang Terbaru

1. Pia Cap Mangkok Malang

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Kue Mangkok Cap Pia atau yang lebih akrab dikenal sebagai Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023 Pia Mangkok merupakan camilan tradisional khas Malang yang telah ada sejak tahun 1959, teman-teman.

Pia Cap Mangkok Malang merupakan salah satu oleh-oleh khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Malang. Terbuat dari adonan tepung yang lembut dan memiliki isian yang bervariasi, seperti coklat, kacang hijau, hingga durian, Pia Cap Mangkok menjadi salah satu camilan favorit wisatawan. Bentuknya yang unik, menyerupai mangkuk mini, membuat Pia Cap Mangkok mudah dikenali dan menjadi ciri khas yang membedakannya dari pia-pia lainnya.

Proses pembuatan Pia Cap Mangkok Malang juga cukup menarik. Adonan tepung dibentuk menjadi mangkuk kecil dan diisi dengan isian yang telah disiapkan, kemudian ditutup dengan adonan tepung lainnya. Setelah itu, pia tersebut dipanggang hingga matang dan berubah warna menjadi keemasan. Rasanya yang lezat dan tekstur yang renyah membuat Pia Cap Mangkok cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau camilan saat bersantai bersama keluarga dan teman. Selain itu, kemasannya yang menarik juga menjadikannya pilihan tepat sebagai buah tangan saat berkunjung ke Malang.

2. Jenang Apel

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Jenang apel diberi nama demikian karena bahan dasarnya berbeda dari jenang pada umumnya. Jenang apel, yang merupakan oleh-oleh khas Malang, memiliki tekstur dan rasa yang unik.

Proses pembuatannya melibatkan ekstraksi sari apel menjadi bubur apel. Beberapa produsen jenang apel dalam skala industri kecil menambahkan labu atau ketela ke dalam adonan jenang.

Tidak semua jenis apel dapat digunakan untuk membuat makanan khas Malang ini. Hanya buah yang matang yang dapat digunakan, tetapi tidak terlalu matang dan bebas dari tanda-tanda kerusakan.

Kulit buah apel yang berwarna hijau juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat selai yang kemudian diubah menjadi jenang.

Jenang apel dapat digunakan sebagai camilan atau oleh-oleh bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.

Selain rasanya yang lezat, jenang apel juga termasuk makanan sehat karena mengandung serat alami dari buah apel.

Jenang apel memiliki masa simpan selama tiga bulan, berbeda dengan sari buah apel yang tahan hingga satu tahun.

Karena masa simpannya yang singkat, pemasaran Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023 jenang apel hanya dilakukan di sekitar Malang dan daerah sekitarnya.

3. Puthu Lanang Celaket

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Celaket adalah tempat wisata kuliner yang telah bertahan sejak tahun 1935 di kota Malang. Lokasi tempat ini berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang Buntu, Celaket, Malang.

Berbagai jajanan tradisional seperti puthu, klepon, cenil, dan lupis tersedia di sini. Salah satu jajanan yang terkenal di lokasi ini adalah Puthu Lanang.

Puthu Lanang adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah. Nama “lanang” ditambahkan untuk membedakannya dari makanan tradisional lain seperti putu ayu.

Pada awalnya, namanya bukanlah ‘Puthu Lanang’, melainkan hanya ‘Puthu Celaket’ karena tempat penjualannya berada di Celaket. Namun, karena adanya pesaing yang juga menggunakan nama ‘Puthu Celaket’, maka namanya diganti menjadi ‘Puthu Lanang’.

Penyajian kue tradisional ini sangat khas, yaitu disajikan di atas daun pisang dan disiram dengan gula merah yang telah dijadikan karamel, ditambah dengan taburan parutan kelapa. Perpaduan rasa gula, kelapa, dan jajanan tersebut menciptakan sensasi yang luar biasa.

Oleh karena itu, Puthu Lanang Celaket sangat populer di kalangan masyarakat sekitar hingga saat ini. Jam buka warung ini dimulai pada sore hari sekitar pukul setengah enam.

4. Apel Malang

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Malang dan Kota Batu memang menjadi satu destinasi liburan Jawa Timur yang tak terpisahkan. Selain memiliki keindahan alam dan wahana permainan yang menyenangkan, banyak kebun apel yang tumbuh subur di sini.

Jangan lupa untuk membeli apel segar langsung dari kebun sebagai oleh-oleh. Rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam cocok untuk dinikmati begitu saja atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti pie dan selai~

5. Sari Apel

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Minuman segar dari sari buah apel ini merupakan oleh-oleh khas Malang yang umumnya dibeli dalam jumlah banyak oleh para wisatawan dari luar kota.

Di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, oleh-oleh ini juga sering disajikan sebagai minuman saat pesta atau hari raya. Apakah kamu tertarik mencicipinya?

6. Strudel Malang

Selanjutnya ada Strudel Malang, oleh-oleh khas Malang berupa kue pastry buah yang manis dan modern ini dibuka oleh aktor Teuku Wisnu.

Beberapa varian rasa Strudel Malang tersedia untuk kamu coba. Rasanya yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam membuat setiap gigitan terasa nikmat!

7. Tempe Goreng

Menonton drama Korea atau film di rumah memang paling nikmat sambil ngemil. Nah, camilan khas Malang yang satu ini cocok sebagai teman saat bersantai. Ada berbagai pilihan rasa tempe goreng yang bisa kamu pilih.

Apakah kamu ingin rasa BBQ, rasa udang, pedas, atau yang original? Semuanya membuat kamu tak henti mengunyah!

8. Keripik Buah

Setelah membahas tentang tempe goreng, kini giliran keripik buah yang juga wajib ada dalam daftar belanjamu.

Selain buah apel yang menjadi ciri khasnya, ada berbagai pilihan buah lain seperti nangka, salak, hingga nanas!

9. Keripik Ceker Ayam

Masih tentang camilan kering yang cocok sebagai teman perjalanan. Kota Malang juga menawarkan keripik unik, yaitu keripik ceker ayam. Pernah mencoba keripik ceker ayam belum, sobat?

Walaupun terdengar agak aneh, rasa gurih kulit ceker ayam ini akan membuat kamu tak bisa berhenti mengunyah.

10. Bakpao Sayang

Udara sejuk Kota Malang dan Batu memang sangat cocok untuk mampir ke tempat makan yang menyajikan menu hangat. Salah satunya adalah Bakpao Sayang.

Makanan dengan tekstur lembut ini memang menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Malang. Terlebih, ada banyak varian rasa manis seperti coklat dan gurih ayam yang bisa kamu pilih.

11. Bakso Sapi Beku

Kunjungan ke Malang belum sempurna tanpa mencicipi bakso Malang yang lezat.

Tenang saja, sekarang kamu bisa membawa pulang bakso sapi beku dari Malang untuk diolah di rumah. Bakso sapi beku ini nantinya bisa kamu masak dengan sayuran, bumbu kuah, dan sambal kesukaanmu. Nikmat!

12. Petis Udang

Sejatinya, petis udang bukan hanya ditemukan di Malang. Di beberapa daerah Jawa Timur seperti Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, dan Madura, banyak kuliner lezat dengan bahan petis.

Petis ini bisa kamu bawa sebagai salah satu oleh-oleh dari Malang. Sangat cocok sebagai teman gorengan hangat atau campuran makanan seperti rujak cingur.

13. Onde-Onde Wijen

Siapa yang tidak suka camilan tradisional ini? Di Malang, ada onde-onde wijen Tangkil yang sangat lezat untuk dicoba.

Bagi kamu yang akan mengunjungi pantai di daerah Malang Selatan, cobalah mencicipi onde-onde ini.

14. Madu Klanceng

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Di Malang, kamu juga bisa mencicipi rasa unik madu klanceng. Berbeda dari madu pada umumnya, madu ini dihasilkan oleh lebah liar dari spesies Trigona sp. Lebah ini memiliki bentuk tubuh lebih ramping dan berwarna hitam.

Madu ini memiliki banyak manfaat, kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Wajib dicoba!

15. Ledre Pisang Bangka

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Pecinta olahan pisang? Cobalah oleh-oleh Ledre Pisang. Sebenarnya, bukan hanya di Malang saja kamu bisa menemukan camilan ini. Jika ke Surabaya dan Sidoarjo, ledre dengan rasa pisang juga akan mudah ditemukan.

Kata Bangka sendiri merupakan lokasi di daerah Malang yang menjadi pusat produksi camilan leker beraroma pisang ini. Jadi, bagi kamu yang suka pisang, wajib mencoba.

16. Lapis Malang

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Satu lagi oleh-oleh khas yang bisa kamu temukan dengan mudah di Malang, yaitu Lapis Malang. Kue lapis kukus ini terkenal lembut dan banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Kota Bunga ini.

17. Berbagai Olahan Ubi

Selain terkenal dengan keripik buahnya, kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual berbagai olahan ubi ungu di Malang. Cobalah aneka olahan yang kaya karbohidrat ini di Repoeblik Telo.

Ada beragam makanan seperti keripik, es krim, hingga pizza berbahan dasar ubi ungu. Tentu saja rasa dan teksturnya akan berbeda dari es krim atau pizza biasanya. Yuk, dicoba!

18. Keripik Gadung

Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023

Cicipilah keripik gadung khas Malang. Meski bernama keripik kentang, keripik ini sebenarnya terbuat dari umbi-umbian yang sering disebut gadung.

Rasanya gurih dan potongan keripik ini sedikit lebih tebal dari keripik umumnya. Keripik Gadung Cap Macan ini akan membuat kamu sulit berhenti mengunyah!

19. Carang Mas

Carang Mas, camilan klasik ini berupa bola dari potongan ubi kuning. Ubi ini digoreng terlebih dahulu dan dicelupkan ke gula merah yang telah dilelehkan.

Baca Juga : Oleh Oleh Khas Malang Murah

Rasanya sedikit gurih dengan manis yang pas. Sekali gigit, pasti ingin menambah terus!

20. Makaroni Pedas

Selanjutnya ada camilan Oleh Oleh Khas Malang Terenak 2023 kekinian yang sulit ditolak bagi pecinta makanan pedas. Namanya Makaroni Pedas Mangade, berlokasi di daerah Jodipan, Kampung Pelangi.

Ada banyak jenis makaroni yang bisa kamu pilih, seperti makaroni keriting, bentuk lada, kerang, hingga mi lidi. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan, jadi aman bagi kamu yang tidak terlalu suka pedas.

21. Kopi Robusta Dampit Malang

Bagi kamu yang sangat menyukai kopi, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang sebungkus bubuk kopi khas Malang, yaitu Kopi Dampit Malang. Sesuai dengan namanya, perkebunan kopi ini berada di daerah Dampit, Kabupaten Malang.

Kopi Dampit ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia, terutama jenis kopi robusta. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja ke Dampit dan bawa pulang kopi spesialnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top