Let's Chat
Makanan ala Korea

Rekomendasi Makanan Ala Korea, Populer dan Wajib Dicoba!

Makanan Ala Korea – Makanan Korea saat mudah ditemukan di Indonesia, baik di restoran, warung, maupun di tempat makan di minimarket dan supermarket. Tak terkecuali di Malang, Anda dapat menikmati makanan ala Korea ini di MOG tepatnya gerai toko Piata Camilan. Trend masakan Korea berkembang cukup pesat di berbagai belahan dunia, tentunya karena hadirnya drama dan film Korea yang tersebar di dunia maya.

Drama Korea mencakup beberapa hingga belasan hingga puluhan episode, sering kali menyertakan adegan makan. Tampilan makanan Korea yang menarik dan enak membuat kita ingin mencobanya juga. Apalagi kalau makanan yang disukai oppa korea itu ada di negara kita. Ada peningkatan minat untuk menemukan restoran dan toko yang menyajikan masakan Korea. Apa saja makanan ala Korea populer dan wajib anda coba? Simak daftar rekomendasinya berikut ini.

Makanan Ala Korea Populer dan Wajib Anda Coba

Ramyeon

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner populer yang satu ini? Apalagi jika Anda adalah penikmat drama Korea, pasti tahu. Khususnya bagi yang pernah menonton serial TV Hospital Playlist pasti akan mengingat adegan Jun-wan dan teman-temannya makan ramyeon saat tampil di sebuah band.

Ramyeon merupakan masakan mie ala Korea yang seringkali pedas.Di Korea, ramyeon sering dimakan langsung dari pancinya. Jika Anda perhatikan, wajan ramyeon yang ada di drama atau film Korea seringkali sangat khas, yaitu wajan berwarna kuning keemasan yang memiliki penutup.Tutup panci tidak hanya digunakan sebagai penutup saat memasak tetapi juga digunakan sebagai wadah ramyeon.

Jjajangmyeon

Selain ramyeon, di Korea ada jenis mie lain yang sering muncul di drama Korea, bernama jjajangmyeon. Hidangan ini hadir dalam bentuk mie. Dibandingkan makanan Indonesia, Jjajangmyeon mirip dengan mie ayam.

Jjajangmyeon merupakan hidangan mie dengan saus kacang hitam yang difermentasi sehingga memberikan tampilan khas pada hidangan mie tersebut. Ternyata jjajangmyeong bukanlah masakan Korea melainkan terinspirasi dari keindahan masakan Cina, khususnya Zhajiangmian. Banyak masyarakat Korea yang mulai menyukai hidangan ini dan semakin populer setelah Perang Korea, sekitar pertengahan tahun 1950. Seiring berjalannya waktu, jjajangmeyeon semakin populer dan menjadi hidangan favorit..

Tteokbokki/Toppoki

Camilan Korea yang satu ini pasti sering banget kamu lihat kalau nonton drama Korea. Tteokbokki juga merupakan jajanan khas Korea yang banyak ditemui di Indonesia karena banyak sekali yang menjual jajanan khas Korea ini.

Tteokbokki adalah kue beras Korea yang terbuat dari beras yang diolah hingga menghasilkan tekstur yang lembut lalu di atasnya diberi saus merah yang manis dan pedas. Bentuknya yang lonjong menyerupai bulatan kecil dan sering disajikan dalam mangkuk.Jajanan Korea ini cocok sekali menemani aktivitas Anda seperti menonton film atau serial TV Korea. Tahukah Anda, mengonsumsi camilan sambil beraktivitas bisa meningkatkan mood.

Bulgogi

Olahan Korea yang populer, Bulgogi, telah meraih ketenaran di seluruh dunia. Tak mengherankan jika Bulgogi dianggap sebagai salah satu hidangan paling lezat di dunia dengan irisan daging tipis yang dipanggang bersama kecap, wijen, bawang, dan lada hitam.

Bulgogi telah ditetapkan sebagai makanan khas Korea sejak periode Goguryeo dari 37 sebelum Masehi. Bulgogi dibuat dengan daging pilihan untuk menciptakan rasa istimewa. Potongan daging yang biasa digunakan untuk membuat bulgogi adalah tenderloin, sirloin atau potongan daging sapi pilihan lainnya.

Kimbab

Mendengar atau membaca nama masakan ini pasti mengingatkan Anda pada akun channel YouTube seorang pembuat konten yang tinggal di Korea. Benar sekali, keluarga Kimbab terdiri dari sepasang suami istri dan tiga orang putri yang cantik dan menggemaskan.

Kimbap adalah jajanan khas Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan daun rumput laut kering (gim), atau di Jepang disebut nori. Kimbap kemudian dipotong-potong seukuran gigitan.

Isian kimbap bisa bermacam-macam, namun umumnya mengandung sumber protein seperti perkedel ikan, daging kepiting, daging sapi, dan sayuran seperti bayam, timun, acar lobak, dan wortel. Bentuk gimbab mirip dengan sushi Jepang, namun jika dilihat dari bahan dan rasanya berbeda.
Bahan gimbap sering kali berupa acar sehingga rasa gimbap agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan mentah

Menariknya, kimbab kerap hadir di negeri ini. Bahkan ada tempat makan Korea di Malang yang menyajikan kimbab langsung di dapurnya.

Odeng atau Eomuk

Odeng atau kue ikan dalam bahasa Inggris adalah makanan ringan khas Korea yang berbentuk bergelombang terbuat dari daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Di Korea, jajanan Korea ini sering dijajakan di pinggir jalan bersama dengan jajanan Korea lainnya seperti tteokbokki.Odeng memiliki tekstur yang lembut, sedikit kenyal, dan memiliki rasa yang nikmat. Bentuk odengnya tipis dan pipih, kemudian ditusuk dengan batang bambu panjang, kemudian adonannya dibentuk seperti gelombang dan disajikan dengan kuah yang bening dan segar. Makan odeng enaknya saat panas, apalagi saat dingin atau malam hari.

Corndog

Jajanan Korea yang dikenal dengan sebutan Corndog telah menjadi populer melalui video mukbang di Korea Selatan. Corndog adalah camilan Korea yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan ragi, diisi dengan sosis atau keju mozzarella, kemudian dilapisi dengan tepung panir sebelum digoreng hingga garing.

Hotteok

Pancake dengan topping rasa manis yang dominan merupakan masakan Korea yang digemari masyarakat di seluruh dunia. Jajanan khas musim dingin asal negeri ginseng ini juga sudah terkenal di Indonesia.

Kue jenis ini menggunakan campuran tepung terigu dan tepung ketan, air, gula pasir, susu dan ragi instan, karena melalui proses pemasakan berbentuk seperti bola. Adonan kemudian ditekan hingga rata dalam cetakan datar setelah sebelumnya diisi dengan adonan sesuai selera. Isiannya kebanyakan manis yaitu coklat, madu, kacang tanah, kayu manis dan lain-lain. Hotteok enak disajikan panas langsung dari wajan.

Manakah dari makanan ala Korea di atas yang membuat anda tertarik? Ada beberapa masakan ala Korea yang bisa anda nikmati dirumah seperti Tteokbokki/Ttokpokki, Ramyeon, odeng dan Bulgogi. Namun anda juga merasakan sensasi makanan ala Korea di Piata Camilan. Cukup mendatanginya, anda akan mendapatkan pengalaman meracik sendiri komposisi untuk membuat ramen, hingga mencicipi menu khas seperti Odeng dan Toppoki dalam keadaan panas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top