Let's Chat
Kuliner Wisata Malang

Menjelajah Kuliner Wisata Malang, Yuk Cobain!

Kuliner Wisata Malang – Malang, salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, menawarkan kuliner Malang yang mudah dijangkau dan beragam macam pilihan. Berbagai makanan seperti nasi goreng, lalapan, soto, serta kuliner khas Malang yang legendaris tersedia di sini.

Kuliner Malang cenderung memiliki rasa yang gurih dan lezat patut untuk anda dicoba. Jadi, sangat disayangkan jika melewatkan rekomendasi kuliner populer di kota ini.

Berikut adalah daftar kuliner wisata khas Malang yang terkenal di dengan Kelezatannya. Mulai dari camilan, masakan berkuah, hingga makanan manis seperti keras, eskrim yang bisa memuaskan selera Anda. Apa saja? Simak berikut ini.

Rekomendasi Kuliner Wisata Malang

Orem-Orem Khas Arema

Apakah Anda familiar dengan Orem-orem? Masakan ini merupakan hidangan khas Malang yang disajikan dari irisan tempe goreng dan ayam, dimasak dengan kuah santan yang kental. Kalau melihat tampilannya, hidangan Jawa ini menyerupai opor.

Untuk mencoba Orem-orem, Anda dapat mengunjungi Jalan Blitar di Kota Malang. Di sana, terdapat warung sederhana bernama “Orem Orem Khas Arema” yang menyajikan hidangan Orem-orem yang lezat. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per porsi.

Lokasinya berada di Jl. Blitar No.14A, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Warung ini buka setiap hari, kecuali Jumat, mulai pukul 09.30–16.30 WIB dengan kisaran harga menu Rp7.000–Rp15.000.

Baca Juga: Tempat Jajan ala Korea di Malang

Depot Han Tjwan Sing atau HTS

Kuliner yang satu ini telah menjadi pilihan favorit orang Malang sejak masa penjajahan Belanda. Depot Han Tjwan Sing atau HTS menampilkan beragam hidangan khas Jawa, mulai dari nasi rawon, nasi krengsengan, sop buntut, hingga iga masak.

Selain masakan utama, di sini juga tersedia aneka jajanan ringan seperti onde-onde, risol, lemper, pisang goreng, dan kroket. Jika Anda merencanakan kunjungan ke HTS, disarankan untuk mencoba onde-onde mereka yang juga sudah terkenal sejak lama.

Lokasinya berada di Jl. DR. Wahidin No.123, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65215. HTS buka setiap hari dari pukul 07.00–19.00 WIB dengan kisaran harga menu sekitar Rp4.800–Rp50.000.

Toko Oen

Toko sekaligus restoran ini merupakan salah satu destinasi kuliner legendaris yang sangat populer. Bahkan, lokasinya sangat dekat dengan alun-alun Kota Malang dan bisa dicapai dengan berjalan kaki. Toko Oen sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda dan memiliki cabang di Jakarta, Malang, dan Semarang.

Menu andalan di Toko Oen adalah es krim dan berbagai kue manis yang memiliki cita rasa otentik dan konsisten sejak dulu. Selain itu, tempat ini juga menawarkan beragam masakan seperti masakan China, Indonesia, burger, steak, salad, serta berbagai hidangan khas dari barat.

Salah satu hidangan yang paling diminati oleh pengunjung Toko Oen adalah Oen’s Special, yaitu es krim yang terdiri dari tiga varian rasa favorit di Toko Oen, yaitu cokelat, strawberry, dan vanilla.

Meski harganya lebih tinggi dari kisaran harga biasanya, makanan di toko ini citarasa cita rasa yang memuaskan, suasana yang nyaman, serta pelayanan yang baik dari oleh Toko Oen.

Alamat Toko Oen berada di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Toko Oen buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 20.00 WIB dengan kisaran harga sekitar Rp25 ribu.

Warung Sate Gebuk

Meskipun dari luar, warung ini mungkin terlihat biasa saja, namun begitu memasuki ruangannya, pengunjung bisa merasakan nuansa interior khas bangunan Belanda yang masih terjaga dengan baik.

Warung Sate Gebuk telah berdiri sejak tahun 1920 dan tidak pernah membuka cabang atau berpindah lokasi sejak pertama kali didirikan. Meskipun begitu, warung ini tetap diminati banyak orang karena keaslian dan cita rasa masakannya yang khas.

Berlokasi tidak jauh dari pusat kota, Warung Sate Gebuk menjadi salah satu pilihan kuliner yang populer di sekitar alun-alun Kota Malang. Banyak Food Blogger atau YouTuber terkenal yang sudah mengunjungi warung ini. Tidak hanya itu, banyak juga artis yang telah merasakan langsung kelezatan masakan yang ditawarkan oleh Warung Sate Gebuk.

Nama “Gebug” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “dipukul”. Sate Gebug adalah daging sapi yang dipukul hingga empuk untuk kemudian diolah menjadi sate. Selain sate gebuk, warung ini juga menyajikan hidangan lain seperti sop, rawon, dan soto.

Anda bisa menemukan Warung Sate Gebug 1920 di Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Warung ini buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 13.00 WIB, tutup pada hari Jumat atau hari besar lainnya, dengan harga menu mulai dari Rp20 ribu.

Warung Lama Haji Ridwan

Destinasi kuliner selanjutnya di Malang terletak di dalam Pasar Besar. Warung Lama Haji Ridwan berlokasi di lantai dasar Pasar Besar Malang. Meski warungnya sederhana, cita rasa masakannya tidak diragukan lagi.

Warung Lama Haji Ridwan pertama kali berdiri pada tahun 1919, awalnya Haji Ridwan menjual dagangannya dengan gerobak. Namun, ia kemudian membangun warung tetap pada tahun 1925. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai hidangan khas Malang dengan harga yang terjangkau. Menu andalannya adalah rawon dan nasi campur.

Alamatnya berada di Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65141. Warung ini buka setiap hari dari pukul 08.00–16.00 WIB dengan kisaran harga menu sekitar Rp4.000–Rp17.500.

Pos Ketan Legenda 1967

Di Malang, selain sate, orem-orem dan lainnya, terdapat juga tempat jajanan yang menyajikan berbagai jenis ketan tradisional. Ketan merupakan camilan sederhana yang lezat, dan di Pos Ketan Legenda 1967, Anda bisa menikmati ketan dengan topping seperti oreo, keju susu, hingga ayam pedas.

Harga untuk satu porsi ketan cukup bervariasi, dimulai dari Rp8.000, Anda dapat menikmati ketan di tempat makan yang sudah menjadi legenda ini.

Anda bisa menemukan Pos Ketan Legenda 1967 di Jl. Kartini No.6, Ngaglik, Sisir, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65311. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.00–00.00 WIB dengan kisaran harga menu sekitar Rp8.000–Rp20.000.

Bakso President

Terakhir, saat berkunjung ke Malang, pasti akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi bakso khas daerah ini. Ada satu warung bakso legendaris di kota ini yang dikenal dengan nama Bakso President. Bakso Malang ini karena sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Di Bakso President, Anda dapat menikmati mangkuk bakso sambil menyaksikan kereta api melintas. Satu porsi Bakso Malang berisi bakso, tahu, siomay, gorengan, dan pangsit kering.

Alamatnya terletak di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111. Warung ini buka setiap hari dari pukul 08.00–21.30 WIB dengan kisaran harga menu sekitar Rp12.000–Rp25.000.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top