Let's Chat

Simak Berbagai Varian Kemasan Pia Cap Mangkok, Agar Tidak Bingung Saat Membelinya

Kemasan Pia Cap Mangkok – Pia Cap Mangkok, sebuah oleh-oleh terkenal yang berasal dari kota Malang, sudah diproduksi sejak tahun 1959. Saat ini coba nikmati beragam pilihan menu dan cita rasa yang ditawarkannya.

Pia atau bakpia dapat ditemui di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Yogyakarta, Malang, dan Bali. Kuliner ini dipengaruhi oleh budaya China.

Asal-usul nama “Bakpia” dikatakan berasal dari dialek Hokkian, “Tou Luk Pia,” yang secara bahasa berarti kue atau roti berisi daging. Namun, seiring berjalannya waktu, di Indonesia, pia atau bakpia juga sering diisi dengan berbagai rasa, dan bahan manis.

Pia Cap Mangkok yang berasal dari Malang ini, terkenal karena didirikan pada tahun 1959 oleh pasangan Zabur Oetomo (Oei To Lam) dan Tri Pinarti (The Pin Nio), yang meneruskan resep warisan dari leluhur mereka.

Varian yang sering menjadi favorit adalah Pia dengan rasa kacang hijau dan coklat, sementara produksi rasa kopi dan durian lebih terbatas. Kue ini hanya dapat disimpan selama 2 minggu karena tidak menggunakan bahan pengawet.

Sejarah Pia Cap Mangkok

Mengutip dari laman resminya, cerita perjalanan Pia Cap Mangkok berawal pada tahun 1959, didirikan oleh Zabur Oetomo (Oei To Lam) dan Tri Pinarti (The Pin Nio), yang mewarisi resep tradisional dari leluhur mereka.

Resep tersebut kemudian disempurnakan dengan bahan-bahan pilihan untuk mencapai cita rasa terbaik. Hingga saat ini, semua Pia Cap Mangkok masih diproduksi secara handmade menggunakan teknik tradisional, diolah satu per satu dengan tangan.

Pada awalnya, produksi Pia Cap Mangkok dilakukan di rumah dengan kapasitas 20 bungkus per hari. Mulanya, hanya satu varian rasa diproduksi, yaitu kacang hijau, dikemas dengan kertas minyak warna putih tanpa cap dan logo Pia Cap Mangkok. Oei To Lam sendiri memasarkannya langsung dari satu tempat ke tempat lain setiap 2 hari, memastikan pelanggan selalu mendapatkan Pia Cap Mangkok yang segar dan berkualitas terbaik.

Hingga tahun 1960, Oei To Lam mengembangkan kemasan Pia Cap Mangkok dengan menambahkan logo berupa gambar mangkok, disertai tulisan ‘ISTIMEWA’ dan dua karakter China “Shuang Xi,” yang mengartikan “Kebahagiaan Ganda” sebagai simbol keberhasilan usaha dan kebahagiaan keluarga.

Setiap warga atau pengunjung Malang yang memilih Pia Cap Mangkok sebagai oleh-oleh khas kota, pasti mengenal Pia buatan Oei To Lam yang memiliki ciri khas dengan kulit yang renyah, tekstur isian yang lembut, dan cita rasa unik setiap kali menggigit Pia Cap Mangkok.

Pia Cap Mangkok menawarkan variasi rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, tangkwee, durian, kopi, green tea, dan apel. Selain itu, beragam opsi kemasan tersedia, mulai dari isi 5, 12, hingga 25. Toko Pusat Oleh Oleh Pia Cap Mangkok menyediakan layanan pengiriman antar kota dan provinsi, juga menyajikan berbagai paket oleh-oleh untuk memudahkan pelanggan luar kota yang ingin membeli oleh-oleh khas Malang.

Pia Cap Mangkok terus berinovasi dengan menciptakan varian rasa dan kemasan baru, tetap mengutamakan teknologi tanpa mengabaikan keaslian rasa yang khas dan telah bersertifikasi Halal.

Kini, Pia Cap Mangkok telah menjadi Toko Pusat Oleh Oleh Khas Malang dengan beberapa cabang di kota Malang. Selain produk Pia, toko ini juga menawarkan berbagai oleh-oleh khas Malang lainnya yang dipilih dengan cermat, menjamin kualitas terbaik.

Variasi Kemasan Pia Cap Mangkok Kekinian

Jika diperhatikan, desain kemasan Pia Cap Mangkok terlihat modern. Kemasannya cukup estetik dan  menarik secara visual, menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh selain cita rasanya yang enak.
Jika Anda bingung dalam memilih Pia Cap Mangkok yang akan Anda bawa pulang, berikut ulasan berbagai variasi kemasan dan harganya.

Kemasan Bungkus (Isi Lima)

Kemasan ini berisi 5 pia dengan satu varian rasa pada setiap satu bungkusnya, seperti kacang hijau, cokelat, tangkwee, keju, green tea, durian, nanas, dan kopi, dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Kemasan Kotak (Isi dua belas)

Dalam kemasan kotak berisi 12 pia, terdapat opsi untuk memilih 1 rasa, 2 rasa, 3 rasa, dan 4 rasa yang dapat dikombinasikan. Pilihan kombinasi meliputi:

  • 2 rasa Coklat-Kacang Hijau.
  • 3 Rasa Coklat-Kacang Hijau-Keju.
  • 4 Rasa Coklat-Kacang Hijau-Keju-Tangkwee.
  • 4 Rasa Coklat-Kacang Hijau-Keju-Green tea.

Kemasan Mini Bag (Isi enam belas pia mini)

Dalam kemasan Mini Bag berisi 16 pia mini, dapat dipilih dalam varian rasa cokelat atau kacang hijau.

Kemasan Toples (Isi enam belas pia mini)

Dalam toples berisi 16 pia mini, dapat dipilih dalam varian rasa cokelat, kacang hijau, nanas, dan apel dengan harga mulai dari Rp 35.000.

Kemasan Kotak (Isi enam)

Dalam kotak berisi 6 pia, setiap kotaknya memiliki satu varian rasa, dengan opsi rasa durian dan nanas, dengan harga mulai dari Rp 24.000.

Tips Menyimpan dan Penyajiannya

Penyimpanan Pia Cap Mangkok dapat dilakukan di tempat yang kering pada suhu ruangan atau dalam kulkas untuk memperpanjang ketahanan. Produk ini dapat bertahan 2-3 minggu jika disimpan pada suhu ruangan.

  • Oven
    Untuk menghangatkannya di oven, panaskan pada suhu 180 dan masukkan Pia Cap Mangkok setelah melepas bungkus atau kotaknya, lalu panaskan selama sekitar 3 menit.
  • Toaster
    Panaskan Pia dengan toaster pada suhu 180. Setelah melepas bungkus atau kotaknya, panaskan selama sekitar 3 menit.

Lokasi Toko Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok di Malang

Ada banyak cabang toko Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang tersebar di berbagai lokasi di Malang. Berikut ini daftar toko Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang bisa Anda datangi. 

Simak lokasi terdekat dengan Anda.

  • Toko Pia Cap Mangkok Semeru berlokasi di Jl. Semeru no. 25, Klojen, Malang, dengan nomor kontak (0341 – 335900) dan 082143294818.
  • Toko oleh-oleh Pia Cap Mangkok Suhat berada di Ruko Grand Soekarno Hatta Kav 16-17, Malang, dengan nomor kontak (0341 – 299 6400 / 299 6490) dan 0895 05091133.
  • Toko Pia Cap Mangkok Tidar  di Jl. Villa Tidar Indah no. 5, Malang, dengan nomor kontak 0822 33601692.
  • Toko Pia Cap Mangkok Galunggung berada di Jl. Galunggung 51, Malang, dengan nomor kontak 081 1553995.
  • Toko Oleh-oleh Pia Cap Mangkok Batu terletak di Jl. Panglima Sudirman no.4, Pesanggrahan, Batu, Kota Batu, Jawa Timur, dengan nomor kontak 0821-1212-0507.

Nah itulah berbagai varian kemasan Pia Cap Mangkok, agar Anda tidak bingung saat membelinya. Setelah itu, di Malang ada destinasi yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Terletak di lantai tiga MOG, Piata Camilan menawarkan destinasi kuliner untuk menikmati mie ramen dengan konsep self-service. Anda dapat mencicipi berbagai varian mie ramen tanpa perlu khawatir dengan harga yang dibanderol.

Selain menyajikan mie ramen, tempat ini juga menawarkan berbagai jajanan kekinian ala Korea, seperti Toppoki, Rabboki, Odeng, dan aneka snack import lainnya. Bagi yang senang berada di lokasi yang instagramable, suasana di Piata Camilan sangat mendukung untuk mengabadikan momen dan membagikannya di media sosial. Selamat mencoba kuliner ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top