Let's Chat

Wisata Taman Satwa Malang Jawa Timur

Taman Satwa Malang – Berkunjung dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan dapat menjadi kegiatan menarik untuk mengisi waktu liburan di Kota Batu, Malang. Selain memberikan kesenangan, aktivitas ini juga sebagai sarana pendidikan tentang kehidupan hewan, yang dapat meningkatkan pengetahuan.

Setelahnya, Anda juga dapat membawa pulang berbagai makanan khas dari kota Malang ini,  seperti Pia Cap Mangkok, keripik buah, dan lainnya sebagai oleh-oleh.

Destinasi wisata kebun binatang sering menjadi pilihan favorit bagi keluarga. Saat berada di Jawa Timur, terdapat beberapa kebun binatang yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Ada satu kebun binatang di Jawa Timur yang bahkan termasuk dalam kategori terbesar di Asia. Mengunjungi kebun binatang memberikan pengalaman menyenangkan karena pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis satwa.

Taman Satwa Malang Jawa Timur

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo, sebagai bagian dari Jatim Park Group, adalah destinasi konservasi satwa modern yang sangat populer di area Batu. Terletak di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9, Kota Batu, tempat ini berdekatan dengan atraksi lain seperti Jatim Park 1, Eco Green Park, dan Jatim Park 2.

Dengan luas 17 hektar, kebun binatang ini menampung lebih dari 300 spesies satwa dari seluruh dunia, termasuk pygmy marmoset, kera terkecil di dunia dengan panjang 15 centimeter.
Tiket terusan untuk Jatim Park 2 dan Eco Green Park tersedia seharga Rp 140.000 pada hari biasa dan Rp 170.000 pada akhir pekan, mencakup akses ke Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Sweet Memories Selfie, dan Eco Green Park. Untuk periode high season seperti libur Lebaran, Natal, tahun baru, dan liburan sekolah, tarif akhir pekan berlaku sebesar Rp 170.000 per orang.

Piataland

Piataland terletak di Jalan Galunggung nomor 51, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, berdampingan dengan Pia Cap Mangkok dan Piata Camilan. Akses ke Piataland dapat ditempuh melalui pintu masuk Pia Cap Mangkok di cabang Galunggung.

Meskipun letaknya agak tersembunyi, namun tak perlu khawatir karena tersedia lahan parkir yang luas. Piataland melayani pengunjung setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Cafe ini memiliki konsep wisata yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Area ini menyajikan taman kelinci dengan berbagai jenis kelinci lucu, menjadikannya sebagai salah satu spot favorit bagi anak-anak.

Selain menikmati kehadiran kelinci yang menggemaskan, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan memberi makan kelinci menggunakan wortel yang tersedia di Piataland dengan harga Rp5 ribu per cupnya.

Museum Satwa di Jatim Park 2

Museum Satwa di Jatim Park 2 dikenal sebagai museum internasional dengan koleksi satwa yang sangat lengkap, dan dalam konsep modern yang menarik.

Berbeda dengan pengalaman di Batu Secret Zoo yang memperlihatkan hewan-hewan yang hidup, di Museum Satwa kita akan menemukan hewan-hewan yang sudah diawetkan namun tetap terlihat sangat realistis.

Koleksi Museum Satwa mencakup:

  • Hewan pemangsa
  • Berbagai jenis unggas
  • Binatang air
  • Reptil
  • Galeri kupu-kupu,
  • Serta beragam hewan purba.


Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu kebun binatang besar dan terkenal di Indonesia yang saat ini memiliki lebih dari 230 spesies satwa, dengan jumlah total sekitar 2179 ekor. Di antara koleksinya, terdapat beberapa satwa langka seperti Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

KBS menyediakan berbagai wahana menarik, termasuk Animal Edutainment, Kids Zoo, Aquanocrudio Park, Tunggang Gajah, Tunggang Unta, Wisata Perahu dengan keliling di Pulau Bekantan, Foto Bersama Satwa, Animal Story, Kolam Renang, dan Memberi Makan Satwa.

Lokasi KBS berada di Jalan Setail No.1 Darmo, Wonokromo Surabaya, Jawa Timur. Kebun Binatang Surabaya buka setiap hari Senin-Minggu dari pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat, dengan harga tiket sebesar Rp 15.000 per orang. Untuk tiket rombongan, harga Rp 13.000 berlaku untuk pembelian minimal 30 orang, dengan satu tiket gratis yang berlaku kelipatan.

Maharani Zoo

Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi di Lamongan adalah Maharani Zoo dan Goa, tempat di mana pengunjung dapat menggabungkan wisata dan edukasi seputar fosil dan satwa langka.

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis satwa langka, termasuk yang berasal dari luar negeri, sambil belajar mengenai fosil hewan yang hampir punah seperti beruang putih dan ikan paus.

Lokasinya terletak di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tidak jauh dari Terminal Paciran dan Wisata Bahari Lamongan (WBL), hanya sekitar 300 meter dari WBL. Kedua tempat ini dikelola oleh satu pengelola, sehingga pengunjung dapat mengakses keduanya dengan promo tiket terusan.

Biaya masuk  untuk mengunjungi Kebun Binatang dan Goa Maharani adalah Rp35.000 (Senin – Kamis) dan Rp45.000 (Jumat – Minggu) per orang, belum termasuk wahana berbayar seperti Animal Feeding (Rp10.000) dan Kereta Gajah (Rp15.000). Jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, di mana pengunjung dapat menyaksikan satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka, memberikan pengalaman baru dalam bersafari dan mengamati kehidupan hewan di habitat alaminya.

Daya tarik utama di Taman Safari Prigen adalah Safari Adventure, di mana pengunjung dapat mengelilingi berbagai satwa dari seluruh dunia menggunakan kendaraan pribadi atau bus taman safari. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat satwa dalam lingkungan yang menyerupai habitat alaminya.

Selain itu, terdapat juga Baby Zoo di mana anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan, termasuk burung, reptil, dan satwa akuatik yang diimpor langsung dari Amerika Selatan. Di sini, pengunjung memiliki kesempatan untuk berfoto dan berswafoto bersama satwa.

Lokasinya berada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, terletak di kaki Gunung Arjuno. Meskipun demikian, harga tiket masuk Taman Safari Prigen sangat terjangkau, mulai dari 80 ribu rupiah, mengingat fasilitas yang diberikan.

Jember Mini Zoo

Lokasi kebun binatang mini ini terletak di Jl. Brawijaya, Komplek Redjo Agung, Tanjung, Mangli, Kaliwates, Jember, Jawa Timur. Harga tiket paket terusan Macau, mencakup tiket masuk, sepeda air, memberi makan kelinci, mini train, dan panahan, adalah Rp44.000,00 per orang.

Terdapat juga paket terusan Sulcata, melibatkan tiket masuk, sepeda air, dan memberi makan kelinci, dengan harga Rp28.000,00 per orang. Meski ukurannya kecil, kebun binatang ini menyajikan beragam jenis hewan yang unik, dengan total 300 ekor satwa.

Di sini, pengunjung dapat menemui kura-kura sulcata Afrika, biawak Papua, musang bulan dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Selain itu, terdapat tupai tiga warna, ular albino, dan blue iguana. Pengunjung juga dapat menikmati kehadiran hewan-hewan eksotis seperti kuda pony, domba bertanduk, burung hantu, kalkun, dan sugar glider. Tempat wisata ini juga menyuguhkan keindahan burung berwarna-warni yang mirip dengan yang terdapat dalam film Rio, termasuk burung macaw, nuri Abu-abu dari Afrika, burung unta, dan merak biru.

Bagi pecinta kucing, Jember Mii Zoo memiliki 17 kucing dengan sebelas jenis yang berbeda, termasuk jenis-jenis kucing unik seperti sphynx, mainecoon, scottish, dan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Homestay di Malang

Taman Wisata Study Lingkungan (TWSL)

Taman Wisata Study Lingkungan (TWSL) terkenal sebagai kebun binatang di Probolinggo karena memiliki beragam koleksi satwa. Terletak di Jalan Basuki Rachmad, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kabupaten Probolinggo, TWSL menempati lahan seluas 1 hektar.

Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis satwa seperti singa, buaya, ular, beruang, burung, dan lainnya. Selain koleksi satwa, Taman Wisata Study Lingkungan juga menampilkan beragam koleksi fauna. Keberadaan sekitar 20 jenis pohon di taman ini menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top