Let's Chat

6 Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya – Yuk Disimak

Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya – Malang menjadi salah satu kota yang banyak dipilih oleh para pelajar untuk kuliah. Hal ini disebabkan oleh persepsi masyarakat yang tinggi dan banyaknya universitas negeri di Malang. Selain itu, Malang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak pelajar yang ingin berkuliah di Malang.

6 Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya

Saat ini, terdapat enam universitas negeri di Malang yang semuanya terkenal dan diminati oleh para pelajar. Selain itu, tersedia banyak jurusan yang bisa dipilih. Berikut adalah enam universitas negeri di Malang beserta jurusan-jurusannya yang paling diminati:

1. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya

UB adalah universitas terbaik di Malang yang telah terakreditasi A. Jurusan favorit di UB adalah Kedokteran, namun ada banyak jurusan lain yang juga diminati, seperti Ilmu Hukum, Administrasi Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi. UB juga menawarkan jurusan baru, yaitu D4 Manajemen Perhotelan dan D4 Desain Grafis.

Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi negeri yang telah berkembang pesat sejak didirikan. UB awalnya hanya memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, yang didirikan pada 1 Agustus 1962. Kemudian, pada tanggal 5 Januari 1963, UB dan seluruh fakultasnya secara resmi mendapatkan status negeri berdasarkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 Tahun 1963 yang dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis Universitas Brawijaya.

Saat ini, UB telah berkembang pesat dengan memiliki 18 fakultas dan 221 program studi untuk jenjang vokasi Universitas yang Ada di Malang, sarjana, magister, doktor, dokter spesialis, dan profesi. UB secara konsisten telah menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut penilaian resmi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). UB juga menempati posisi kedua di Indonesia dalam pemeringkatan universitas dunia yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan universitas dunia, Times Higher Education (THE) World University Rankings, pada tahun 2020.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya

UM adalah kampus pendidikan terkenal di Indonesia yang banyak mencetak guru-guru berprestasi. UM memiliki 59 program studi dengan banyak jurusan terakreditasi A. Jurusan yang menjadi terfavorit di Universitas Negeri Malang atau yang disebut dengan UM adalah Teknik Informatika, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Akuntansi, dan Manajemen, Pendidikan Guru SD

Universitas Negeri Malang (UM) memiliki sejarah panjang dari awal didirikan. UM awalnya berdiri sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang pada 1 September 1954 dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 33756/Kb tanggal 4 Agustus 1954. PTPG ini dibuka dan diresmikan pada 18 Oktober 1954.

Kemudian, Universitas yang Ada di Malang pada tanggal 20 November 1957, PTPG Malang menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang pada Universitas Airlangga Surabaya dengan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 119533/S tanggal 20 November 1957.

Pada tanggal 1 Mei 1963, FKIP Malang menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 55 Tahun 1963 tanggal 22 Mei 1963.

Dengan sejarah yang panjang dan perjalanan yang terus berkembang, UM kini menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas yang Ada di Malang Beserta Jurusannya

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah kampus islami yang terkenal di Malang. UIN telah terakreditasi A dan menawarkan 32 jurusan. Jurusan terfavorit di UIN adalah Kedokteran.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 21 Juni 2004 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50. Nama Maulana Malik Ibrahim diambil dari nama Sunan Gresik, seorang Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Sebelum memiliki nama tersebut, universitas ini pernah diberi nama Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS) pada 21 Juli 2002 sebagai bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Sudan.

Selain mengembangkan ilmu pengetahuan yang bersumber dari metode ilmiah dengan pemikiran yang logis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga mengembangkan ilmu dari Alquran dan Hadis. Oleh karena itu, universitas ini menjadikan mata kuliah keislaman seperti Alquran, Hadis, dan Fiqih sebagai mata kuliah wajib untuk memadukan ilmu pengetahuan umum dengan ilmu Islam secara seimbang.

Dengan penguasaan bahasa Arab, kajian tentang Islam dapat dilakukan melalui sumber aslinya yaitu Alquran dan Hadis. Kemudian, dengan penguasaan bahasa Inggris, komunikasi secara global dan kajian ilmu umum dan modern dapat dilakukan lebih baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengembangkan ma’had atau pesantren kampus yang mewajibkan seluruh mahasiswa tahun pertama untuk tinggal di tempat ini. Tradisi dalam pendidikan di universitas dan tradisi dalam pendidikan di ma’had atau pesantren digabungkan di universitas ini. Melalui penerapan model pendidikan ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya terampil di bidangnya, tetapi juga memahami ajaran Islam yang bersumber dari Alquran dan Hadis, sehingga menjadi lulusan yang berpredikat ulama yang intelektual dan profesional di bidangnya.

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang merupakan kampus terkenal dalam mencetak tenaga kesehatan yang handal dan profesional. Kampus ini memiliki empat jurusan dengan 24 program studi, termasuk D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, D3 Asuransi Kesehatan, dan D3 Teknologi Bank Darah.

5. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Polinema adalah politeknik terkenal di Malang yang menawarkan 14 program studi D3 dan 11 program studi D4. Jurusan terfavorit di sini adalah D3 Administrasi Niaga, D4 Teknik Informatika, dan D4 Akuntansi Manajemen.

Baca Juga : Kenapa Malang Disebut Dengan Kota Apel

6. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

Universitas yang Ada di Malang – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang dikenal sebagai kampus yang memiliki jurusan-jurusan yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Politeknik ini memiliki tiga jurusan, yaitu Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Agribisnis Peternakan, dan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan. Kampus ini juga menawarkan lowongan pekerjaan CPNS untuk penyuluh pertanian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top