Let's Chat

Ini Dia 9 Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang – Batu menyajikan rangkaian daya tarik turistik yang komprehensif, mulai dari atmosfer sejuk yang minim polusi, variasi destinasi wisata, hingga sajian kuliner yang memikat. Tak lengkap rasanya kunjungan Anda ke Jawa Timur tanpa mampir ke Batu, Malang.

Ini Dia 9 Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Ketika Anda berada di Batu, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang berbagai jenis suvenir atau oleh-oleh. Berikut ini kami sarankan beberapa pilihan oleh-oleh populer yang kerap dibawa oleh para wisatawan:

1. Pia Cap Mangkok Malang

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Batu atau Malang adalah Pia Cap Mangkok. Pia ini adalah salah satu camilan khas Malang yang telah terkenal dan banyak dicari oleh para wisatawan. Meskipun aslinya dari Malang, Pia Cap Mangkok juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Batu.

Yang membuat Pia Cap Mangkok istimewa adalah isian dan teksturnya. Pia ini biasanya memiliki isian berupa pasta kacang hijau, coklat, atau bahkan durian. Tekstur kulit pia yang lembut berpadu sempurna dengan isian yang lezat, membuatnya menjadi camilan yang sulit untuk dilupakan.

Pia Cap Mangkok sangat cocok sebagai oleh-oleh karena umumnya memiliki masa simpan yang cukup panjang. Selain itu, camilan ini dikemas dengan apik, membuatnya praktis untuk dibawa pulang atau diberikan sebagai hadiah.

Baca Juga : Pia Cap Mangkok Malang Menjadi Pilihan

Dengan penambahan Pia Cap Mangkok, daftar oleh-oleh dari Batu dan Malang Anda menjadi semakin lengkap. Seperti camilan khas lainnya dari daerah ini, Pia Cap Mangkok menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memikat, yang tentunya akan menambah kebahagiaan dalam setiap gigitannya.

Jika Anda masih ingin mengeksplorasi lebih banyak pilihan oleh-oleh, jangan lupa untuk membaca artikel lain tentang oleh-oleh khas dari Malang dan Batu untuk melengkapi daftar pilihan Anda.

2. Apel Batu

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Disebut sebagai “kota apel,” Batu terkenal dengan banyaknya kebun apelnya. Anda bisa menemukan Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang apel-apel segar ini di hampir seluruh pasar dan pedagang kaki lima di sepanjang jalan kota.

Apel dari Batu memiliki rasa yang sedikit asam, sehingga seringkali diolah menjadi jus atau camilan. Ada dua variasi warna apel dari Batu, yaitu hijau dan perpaduan antara merah dan hijau. Jadi, akan merasa kurang sempurna jika Anda berkunjung ke Batu tanpa membawa apel sebagai oleh-oleh.

Ingin merasakan memetik apel langsung dari pohonnya? Silakan baca artikel tentang tempat wisata kebun apel di Malang untuk menemukan informasi lebih lanjut.

3. Madu Klanceng

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Jika Anda ingin memberikan oleh-oleh yang juga bermanfaat, madu klanceng bisa menjadi pilihan. Madu ini berasal dari tawon klanceng, sebuah jenis tawon liar yang dikembangbiakkan di Batu. Kota ini menjadi pusat budidaya tawon klanceng yang menghasilkan madu berkualitas tinggi.

Menariknya, manfaat madu klanceng diklaim empat kali lebih banyak daripada madu konvensional. Madu ini dapat dikonsumsi oleh semua kelompok usia. Khusus untuk anak-anak, madu klanceng dikenal dapat meningkatkan kecerdasan otak karena kandungan Vitamin B Kompleks, Niasin, Asam Folat, Vitamin K, Biotin, dan Asam Pantotenat.

4. Sari Apel

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Perlu ditegaskan, sari apel yang dimaksud bukanlah cuka apel, melainkan minuman dari buah apel Batu yang rasanya manis dan segar. Anda bisa menemukan minuman ini di berbagai toko oleh-oleh khas Batu atau Malang.

Sari apel tersedia dalam kemasan gelas atau botol plastik, dan keduanya sama-sama lezat dan menyegarkan, terutama jika dinikmati dingin. Harganya pun terjangkau, sehingga Anda bisa membawanya pulang dalam jumlah yang lebih banyak.

5 Plintiran Cookies

Pusat Oleh Oleh Khas Batu Malang

Satu lagi pilihan oleh-oleh yang bisa Anda temukan di Batu atau Malang adalah kue plintiran. Diberi nama “plintiran” karena bentuknya yang melingkar seperti spiral. Kue ini menawarkan rasa yang kaya dan tekstur yang renyah ketika dikunyah.

Kelebihan dari kue plintiran ini adalah daya tahan lamanya, menjadikannya pilihan oleh-oleh yang ideal untuk perjalanan jauh. Anda juga bisa menikmati kue ini sebagai camilan selama liburan Anda di Batu atau Malang.

6. Ladu

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang camilan khas dari Desa Gunungsari di Batu, Malang, bernama ladu. Awalnya, ladu hanya dibuat sebagai sajian khusus selama perayaan Idul Fitri. Namun, kini ladu sudah tersedia sepanjang tahun.

Ladu dibuat dari beras ketan yang telah direndam selama satu hari, kemudian digiling menjadi tepung. Untuk mempertahankan autentisitasnya, masyarakat setempat biasanya membuat tepung beras ketan sendiri. Tepung kemudian ditumbuk hingga halus dan elastis, seringkali masih dengan menggunakan alu atau lesung batu.

Selanjutnya, adonan akan dicampur dengan gula pasir dan dijemur selama sehari di bawah matahari. Setelah kering, adonan dipotong dan dipanggang selama 10 menit. Hasil akhirnya, ladu memiliki tekstur mirip dengan krupuk namun rasa manisnya unik. Tanpa pengawet, camilan ini bisa bertahan hingga enam bulan.

7. Apple Pie

Jika Bali terkenal dengan pie susunya, Batu tidak kalah dengan pie apelnya yang menggugah selera. Pie ini terbuat dari apel Batu yang memiliki rasa asam, namun diproses dengan sangat profesional menggunakan bahan-bahan berkualitas, sehingga rasa asam apel bertransformasi menjadi manis ketika diolah menjadi pie.

Berbeda dengan pie susu Bali yang teksturnya lebih tipis, pie apel dari Batu memiliki tekstur yang lebih tebal. Rasanya juga tidak terlalu manis, menjadikannya camilan yang pas untuk disantap bersama secangkir teh atau kopi. Sungguh, sebuah pilihan oleh-oleh yang sangat cocok untuk dibawa pulang!

8. Malang Strudel

Salah satu oleh-oleh modern yang bisa Anda temukan di Batu, Malang, adalah Malang Strudel. Karena Batu termasuk dalam wilayah Malang, tentu tidak ada masalah jika Anda memilih Malang Strudel sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda. Bahkan, Anda tidak perlu pergi ke Malang, karena kue ini juga tersedia di berbagai toko oleh-oleh di Batu.

Ada banyak varian Malang Strudel yang bisa Anda pilih, mulai dari rasa green tea, durian, apel, jeruk, stroberi, coklat kacang, keju persik, nangka, dan masih banyak lagi. Varian yang paling populer adalah Strudel Apel, yang memang menjadi salah satu kekhasan dari Batu dan Malang.

9. Fruit Chips

Jika Anda sedang berada di Batu, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli keripik buah sebagai oleh-oleh. Tidak hanya keripik apel, Anda juga bisa menemukan keripik dari berbagai jenis buah lain seperti nanas, nangka, pisang, mangga, dan salak. Semua keripik ini terbuat dari buah segar, jadi kualitasnya dijamin.

Cara membuatnya juga cukup sederhana namun menghasilkan rasa yang istimewa. Buah diiris dengan ketebalan tipis, kemudian dilapisi tepung dan digoreng hingga renyah. Keripik buah dari Batu ini sangat cocok sebagai oleh-oleh atau sekedar camilan pribadi. Cobalah semua varian keripik buah yang lezat ini!

Inilah beberapa pilihan oleh-oleh dari Batu, Malang, yang patut Anda pertimbangkan. Kebanyakan oleh-oleh dari Batu memang berbentuk makanan. Namun, jika Anda berencana untuk membawanya dalam perjalanan jauh, pilihlah camilan yang tahan lama dan mudah dibawa.

Jika Anda tertarik mencari lebih banyak pilihan oleh-oleh dari Batu atau Malang, Anda bisa merujuk pada artikel lain tentang oleh-oleh khas Malang untuk menambah referensi Anda.

Kesimpulan

Batu dan Malang di Jawa Timur adalah destinasi wisata yang menawarkan lebih dari sekadar pemandangan indah dan udara segar; keduanya juga kaya akan pilihan oleh-oleh khas yang lezat dan unik. Mulai dari Apel Batu, Madu Klanceng, Sari Apel, Kue Plintiran, Ladu, hingga Pie Apel, setiap camilan memiliki ciri khas tersendiri yang memikat para wisatawan. Tidak ketinggalan, Malang Strudel dan Keripik Buah menambah daftar pilihan yang memanjakan lidah. Dan tentu saja, Pia Cap Mangkok Malang, sebuah tambahan yang menyempurnakan daftar oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

Semua oleh-oleh ini tidak hanya lezat tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan sumber daya lokal. Jadi, jika Anda berkunjung ke Batu atau Malang, jangan lupa untuk membawa pulang sedikit kenangan berupa oleh-oleh ini. Dan jika Anda ingin lebih banyak pilihan, ada banyak referensi lain yang bisa Anda telusuri untuk menemukan oleh-oleh yang paling sesuai dengan selera Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top