Let's Chat
Pantai Batu Bengkung

Pesona Pantai Batu Bengkung: Harga Tiket dan Daya Tariknya

Pantai Batu Bengkung – Malang Selatan memang dikenal sebagai surganya pantai indah dan unik di wilayah Jawa Timur. Salah satu destinasi yang menarik perhatian adalah Pantai Batu Bekung di Kabupaten Malang. Keindahan pantai ini di tepi Samudera Hindia sungguh memukau, dengan pasir putihnya yang lembut dan ombak yang menghiasi pantainya. Pesona alamnya yang memikat membuat Pantai Batu Bekung tak perlu diragukan lagi sebagai tujuan liburan yang menarik.

Tak hanya itu, Kota Wisata Malang juga menjadi opsi liburan yang diminati oleh warga Surabaya dan sekitarnya. Kota ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga berbagai macam wisata edukasi dan sejarah yang menarik. Dari wisata alam hingga museum-museum yang memperkaya pengetahuan, Malang menjadi destinasi yang menyenangkan bagi berbagai kalangan wisatawan. Selengkapnya berikut harga tiket, rute hingga daya tarik wisata Pantai Batu Bekung.

Mengenal Pantai Batu Bekung

Pantai Batu Bengkung di Kabupaten Malang tidak hanya memikat dengan keindahannya, tetapi juga memiliki keunikan tersendiri yang jarang ditemui di pantai lain. Salah satunya adalah adanya kolam alami di tepi pantai yang menambah daya tariknya. Keunikan lainnya adalah posisinya yang menghadap ke arah barat, menjadikannya sebagai salah satu dari sedikit pantai di Provinsi Jawa Timur yang menghadap ke arah tersebut.

Pantai Batu Bengkung di Kabupaten Malang membedakan dirinya dari pantai-pantai lain dengan garis pantai yang berada di sisi kiri dan kanannya. Pantai ini seakan menjadi dua pantai berbeda karena adanya pantai yang menghadap ke barat dan juga ke selatan. Meskipun ombaknya cenderung kencang dan besar seperti pantai-pantai di pesisir selatan Jawa, namun kontur karang yang unik memungkinkan pengunjung untuk bermain air dengan pengawasan dari tim SAR. Karang di sisi selatan Pantai Batu Bengkung membentuk sebuah benteng alami yang dapat menahan ombak di pinggiran, membentuk kolam alami yang aman untuk berenang bagi pengunjung.

Selain itu, sekitar pantai terdapat bukit karang besar yang hampir menyerupai sebuah pulau dengan pepohonan yang tumbuh di atasnya. Nama “batu bengkung” sendiri diambil dari bentuk pantai yang unik, di mana garis pantai yang terbentuk dan batu karang besar ini menyerupai perut yang sedang dibengkung atau diikat menggunakan stagen. Keunikan ini memberikan kesan pantai yang ramping, mirip dengan perut wanita yang diikat stagen setelah melahirkan. Keindahan dan keunikan inilah yang membuat Pantai Batu Bengkung sangat menarik untuk dikunjungi saat berada di Malang.

Alamat dan Rute Pantai Batu Bengkung

Untuk sampai diPantai Batu Bengkung, Anda dapat memilih dari dua rute yang tersedia, baik melalui Turen maupun Kepanjen, yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 64 km dari pusat Kota Malang, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Jika memilih rute Turen, pengunjung akan diantar melewati tiga pantai lainnya seperti Pantai Sendangbiru, Goa Cina, dan Bajulmati, sementara rute melalui Kepanjen akan membawa mereka melewati daerah Bantur dan Gondanglegi.

Meskipun demikian, pengunjung perlu memperhatikan bahwa jalan menuju pantai ini memiliki tikungan yang banyak dan kondisi jalanan yang tidak selalu bagus, sehingga perlu untuk tetap berhati-hati selama perjalanan.

Jam Operasional dan Jam Operasional

Pantai Batu Bengkung menerima pengunjung setiap hari dengan jam operasional 24 jam, memberikan fleksibilitas bagi wisatawan untuk mengunjunginya kapan pun mereka inginkan, baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Harga tiket masuk yang relatif terjangkau juga membuat pantai ini menjadi destinasi yang ramah di kantong, dengan biaya tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

Selain itu, pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir tambahan sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Dengan fasilitas yang terjangkau dan jam operasional yang fleksibel, Pantai Batu Bengkung menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai di Kabupaten Malang.

Daya Tarik Wisata Pantai Batu Bengkung

Pantai ini menawarkan beragam daya tarik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahannya. Mulai dari kesempatan untuk berenang di kolam alami yang terbentuk di pinggiran pantai hingga bermain pasir di tepi pantai yang indah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner Malang dengan mencicipi berbagai hidangan lezat yang tersedia di sekitar pantai.

Batu Melengkung

Di Pantai Batu Bengkung, terdapat fenomena alam yang menarik berupa batu melengkung yang terletak di antara dua bukit. Bebatuan ini tidak hanya memikat karena bentuknya yang unik, tetapi juga karena perpaduan warna hijau, biru, dan putih yang menakjubkan.

Beberapa pengunjung bahkan mengamati bahwa batuan ini menyerupai seorang wanita yang mengenakan bengkung (selendang). Keindahan batu melengkung ini menjadi spot primadona yang sayang untuk dilewatkan di Pantai Batu Bengkung. Banyak wisatawan yang rela mendaki bukit tinggi demi melihat fenomena alam yang memukau ini.

Kolam Alami

Pantai Batu Bengkung menawarkan pengalaman unik berupa kolam alami yang luas dan indah, terletak di antara bebatuan karang dengan pasir. Karena sifatnya yang alami, kedalaman kolam bervariasi sehingga pengunjung, terutama anak-anak, disarankan untuk didampingi oleh orang dewasa saat berenang. Namun, untuk menikmati kolam ini, pengunjung perlu menunggu air laut pasang untuk mengisi cekungan kolam, karena saat air laut surut, air di dalam kolam akan menyusut dan hilang.

Ketika berenang, penting untuk tetap berhati-hati dan mengikuti protokol keselamatan yang disarankan oleh petugas yang berjaga. Kondisi alam yang tidak dapat diprediksi dapat menjadi berbahaya jika tidak waspada saat bermain di kolam alami ini.

Matahari Terbenam

Salah satu daya tarik Pantai Batu Bengkung adalah kesempatan untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Dengan pantainya yang menghadap ke arah barat, pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang spektakuler tanpa ada penghalang. Momen ini bisa dinikmati sambil duduk santai sambil menikmati makanan bersama teman atau pasangan, menciptakan suasana romantis di langit senja pantai ini yang selalu dinanti-nanti oleh wisatawan.

Tidak ada habisnya untuk mengabadikan momen indah ini dengan jepretan kamera, bahkan ketika langit mulai gelap. Pemandangan sunset yang menakjubkan di Pantai Batu Bengkung bisa menjadi salah satu view terbaik dan foto terindah yang akan Anda miliki selama liburan di sana.

Bukit Karang

Selain bermain air dan pasir di tepi pantai, pengunjung Pantai Batu Bengkung dapat mencoba untuk mendaki bukit karang yang menawarkan pengalaman yang berbeda. Dari puncak bukit karang, Anda dapat menikmati panorama pantai dan laut yang luas dengan jelas.

Bukit karang ini juga merupakan spot favorit para wisatawan untuk berfoto karena latar belakangnya yang indah. Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus melewati jalanan sempit di tepian dengan bantuan tali pengaman yang sudah terpasang.

Meskipun tantangannya terasa sulit, keindahan pemandangan dari atas bukit mampu membangkitkan semangat para pengunjung untuk terus melanjutkan pendakian. Namun, penting untuk selalu berhati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh dari bukit karang. Keselamatan tetap menjadi prioritas utama saat melakukan kegiatan mendaki ini.

Perkemahan

Salah satu daya tarik lain dari Pantai Batu Bengkung adalah tersedianya area perkemahan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan berkemah di tepi pantai. Suasana berkemah di pantai memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan di pegunungan, karena disertai dengan suara ombak yang menenangkan dari laut. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit langsung dari tepi pantai, menciptakan momen yang tak terlupakan selama perjalanan camping mereka.

Baca Juga: Alamat dan Harga Oleh-Oleh Malang, Memiliki Banyak Pilihan

Wisata Kuliner

Mengunjungi Pantai Batu Bengkung akan semakin lengkap dengan menikmati berbagai hidangan khas Malang yang tersedia di sekitarnya. Anda dapat menikmati berbagai olahan seafood segar seperti udang, kepiting, dan ikan laut yang lezat.

Menu favorit seperti kepiting saus pedas dan ikan asam manis menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung. Harga yang terjangkau tidak mengurangi kenikmatan rasa dari hidangan ini, bahkan mungkin bisa melebihi ekspektasi Anda.

Liburan ke Pantai Batu Bengkung bakan menjadi lebih memorable dengan menikmati kecantikan alamnya serta berbelanja oleh-oleh khas untuk membuat pengalaman Anda tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi toko oleh-oleh terkenal di sekitar Malang, seperti Pia Cap Mangkok, yang menawarkan rasa autentik dengan harga yang terjangkau. Dengan berbagai cabang yang tersebar di Kota Malang, pastikan untuk mampir ke Pusat Oleh-Oleh Pia Cap Mangkok yang terdekat dengan destinasi wisata di Malang Selatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top