Let's Chat

Pengen Naik Malang City Tour (Macito), Ini Caranya!

Malang City Tour – Apakah Anda ingin menjelajahi kota Malang dengan cara yang seru dan berbeda? Macito Malang City Tour bisa menjadi pilihan yang tepat! Dengan Macito, Anda akan diajak untuk mengunjungi berbagai destinasi menarik di Malang dalam satu perjalanan wisata yang seru dan menyenangkan.

Apakah kamu ingin mencoba? Jika tertarik, panduan ini tentang naik Bus Macito di Malang bisa membantu kamu untuk menjelajahi kota tersebut. Pastikan untuk memperhatikannya dengan seksama!

Apa itu Malang City Tour

Malang City Tour adalah sebuah program tur yang dirancang khusus untuk membawa wisatawan menjelajahi berbagai tempat menarik di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Selama Malang City Tour, peserta akan dibawa berkeliling berbagai destinasi wisata populer di sekitar kota Malang. Destinasi tersebut bisa mencakup museum-museum bersejarah, taman-taman kota, tempat-tempat ibadah, kuliner khas Malang, dan tempat-tempat menarik lainnya. Seorang pemandu wisata akan mendampingi peserta selama tur, memberikan penjelasan tentang sejarah, budaya, dan keistimewaan masing-masing tempat yang dikunjungi.

Saat ini, terdapat lima armada Macito yang telah disiapkan untuk beroperasi, mengangkut penumpang untuk menikmati pemandangan indah kota Malang. Macito versi sebelumnya memiliki desain bus bertingkat dengan bodi berwarna hijau tua, yang mulai beroperasi sejak tahun 2014, namun kemudian harus dihentikan sementara karena berbagai alasan.

Macito kini sudah menghadirkan versi terbarunya dengan tetap mempertahankan gaya heritage. Bus terbaru ini memiliki bodi berwarna hijau toska dan biru tua, meskipun tidak lagi bertingkat, namun memiliki dimensi yang besar dengan panjang 7,4 meter, lebar 2,1 meter, dan tinggi 3,1 meter. Bodi bus dibuat dari bahan khusus yang dapat bertahan hingga 20 tahun tanpa keropos.

Bus wisata ini dapat menampung hingga 20 penumpang dan memiliki logo singa di bodinya, serta tulisan ‘Het Dorado van East Java’ yang berarti ‘Dorado dari Timur’ di sisi bus. Akses naik ke bus Macito terbaru menjadi lebih mudah dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Salah satu fitur menarik dari Macito terbaru adalah kehadiran tangga hidrolik, memudahkan penyandang disabilitas untuk naik ke bus. Dengan kecepatan maksimum 20 km/jam, Macito siap mengantar penumpang mengelilingi kota dalam rute yang telah ditentukan selama 40 menit.

Jam Operasional Malang City Tour Bus

Bus Macito beroperasi sepanjang minggu kecuali pada hari Jumat untuk memberikan waktu libur guna melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan. Pada hari kerja, titik kumpul keberangkatan berada di area parkir Stadion Gajayana, sementara pada hari libur berada di Taman Rekreasi Kota (Tarekot).

Berikut adalah jadwal perjalanan Bus Macito:

Senin hingga Kamis, pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, terbagi menjadi 6 trip, dengan detail:

  • trip I (09.00-09.40 WIB)
  • trip II (09.40-10.20 WIB)
  • trip III (10.20-11.00 WIB)
  • trip IV (13.00-13.40 WIB)
  • trip V (13.40-14.20 WIB)
  • dan trip VI (14.20-15.00 WIB).

Sabtu dan Minggu, pukul 10.00 hingga 17.30 WIB, terbagi menjadi 7 trip, dengan detail:

  • trip I (10.00-10.40 WIB)
  • trip II (10.40-11.20 WIB)
  • trip III (13.00-13.40 WIB)
  • trip IV (13.40-14.20 WIB)
  • trip V (15.30-16.10 WIB)
  • dan trip VI (16.10-16.50 WIB).

Rute Perjalanan Malang City Tour

Rute perjalanan Bus Macito dimulai dari titik kumpul di Jalan Majapahit, melalui Alun-Alun Bundaran Tugu yang menakjubkan. Di sana, wisatawan dapat menikmati keindahan bundaran alun-alun yang didesain oleh Belanda, lengkap dengan kolam teratai dan tugu sebagai simbol perjuangan bangsa Indonesia. Selanjutnya, perjalanan akan melalui kawasan Kayutangan Heritage yang mempersembahkan suasana Malang Tempo Doeloe, dengan bangunan-bangunan pertokoan klasik dan lampu-lampu kuno yang mengingatkan pada atmosfer Malioboro, Yogyakarta.

Setelahnya, perjalanan dilanjutkan melewati Alun-Alun Merdeka, kemudian melalui Jalan Ijen yang dihiasi dengan taman yang indah. Di sepanjang jalan, wisatawan dapat menyaksikan rumah-rumah mewah dengan arsitektur klasik zaman Hindia Belanda. Rencananya, rute perjalanan Bus Macito akan diperluas sesuai dengan permintaan wisatawan yang semakin meningkat.

Cara Naik Macito

Naik Bus Macito tidak sulit, tetapi untuk memastikan mendapatkan tempat duduk yang diinginkan, disarankan untuk memesan tiket dua hingga tiga hari sebelum rencana perjalanan. Berikut adalah cara naik Bus Macito:

  1. Unduh Aplikasi Macito dari Playstore.
  2. Isi informasi pribadi seperti identitas, nomor ponsel, KTP, dan email untuk mendaftar.
  3. Pilih jadwal perjalanan yang diinginkan.
  4. Jika perjalanan sendiri, pilih opsi individu dengan maksimal empat kursi. Jika bersama keluarga atau teman, pilih opsi rombongan dengan maksimal 10 kursi.
  5. Pilih nomor kursi yang diinginkan.
  6. Setelah memesan, calon penumpang akan menerima notifikasi berupa kode pemesanan (barcode). Kode ini akan ditunjukkan kepada petugas Dishub Kota Malang saat naik ke Bus Macito.
  7. Datanglah ke titik kumpul yang terletak di Jalan Majapahit sesuai dengan hari dan waktu perjalanan yang dipilih di aplikasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat naik ke Bus Macito dengan mudah dan nyaman saat menjelajahi Kota Malang.

Baca Juga: Wisata Cangar Batu Malang, Berikut Harga Tiket dan Daya Tariknya

Tips Naik Macito

Berikut adalah beberapa tips untuk naik Bus Macito Malang City Tour:

  1. Pesan Tiket Lebih Awal: Pastikan untuk memesan tiket beberapa hari sebelum rencana perjalananmu untuk memastikan kamu mendapatkan tempat duduk yang diinginkan.
  2. Unduh Aplikasi Macito: Untuk kemudahan dalam memesan tiket dan mendapatkan informasi terkini tentang jadwal perjalanan, pastikan untuk mengunduh aplikasi Macito dari Playstore.
  3. Pilih Jadwal yang Sesuai: Teliti jadwal perjalanan yang tersedia dan pilihlah yang sesuai dengan waktu luangmu. Pastikan juga untuk memperhatikan titik kumpul keberangkatan.
  4. Persiapkan Identitas: Saat memesan tiket, pastikan kamu telah menyiapkan informasi identitas seperti nomor ponsel, KTP, dan email untuk pendaftaran.
  5. Datang Tepat Waktu: Agar tidak ketinggalan bus, pastikan untuk datang beberapa menit sebelum waktu keberangkatan yang telah ditentukan.
  6. Pilih Jenis Kursi: Jika kamu berpergian sendiri, pilih opsi individu dengan maksimal empat kursi. Namun, jika bersama keluarga atau teman, pilih opsi rombongan dengan maksimal 10 kursi.
  7. Patuhi Aturan dan Instruksi: Selama perjalanan, patuhi aturan yang berlaku dan ikuti instruksi dari pemandu wisata. Ini akan memastikan pengalaman liburanmu berjalan lancar dan menyenangkan.
  8. Siapkan Kode Pemesanan: Pastikan untuk menyimpan dan menunjukkan kode pemesanan (barcode) kepada petugas Dishub Kota Malang saat naik ke dalam Bus Macito.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menikmati perjalanan dengan Bus Macito Malang City Tour dengan lebih nyaman dan lancar.

Setelah menjelajahi keindahan kota Malang dengan Bus Macito, jangan lupa untuk melengkapi pengalaman liburanmu dengan membeli oleh-oleh khas dari Pia Cap Mangkok. Pia Cap Mangkok merupakan tempat yang terkenal dengan produk pia yang lezat dan berkualitas. Dengan membeli oleh-oleh di sini, kamu dapat membawa pulang kenangan manis dari perjalananmu dan juga membagikannya kepada keluarga dan teman-teman. Jadi, setelah menikmati keindahan dan wisata kota Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh yang istimewa dari Pia Cap Mangkok sebagai penutup yang sempurna untuk liburanmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top