Let's Chat

Liburan Malang Ke Bromo dan Sekitarnya, Rute Terbaik Menyatu dengan Alam

Liburan Malang Ke Bromo – Dengan ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo memiliki kawah yang aktif dan menjadi destinasi populer bagi para pendaki dan wisatawan. Kawahnya yang luas dan pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo menjadi daya tarik utama, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka yang mengunjunginya.
Sebagai destinasi wisata alam unggulan di Jawa Timur, Gunung Bromo tak hanya menawarkan keindahan puncaknya yang megah, tetapi juga petualangan menarik sepanjang perjalanan. Dalam sekali perjalanan liburan Malang, Anda tidak hanya akan mendaki Gunung Bromo, tetapi juga menjelajahi destinasi menarik di sekitarnya.

Berikut ini rute liburan terbaik ke Malang di sekitar Gunung Bromo.

Rute Liburan Malang Ke Bromo dan Sekitarnya

Penanjakan View Point

Spot pertama yang tidak boleh dilewatkan Penanjakan View Point 1,  yang masih tergabung dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) di Jawa Timur, Indonesia, menawarkan kemegahan alam Gunung Bromo yang luar biasa. Dari ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat menikmati eksotisme pemandangan, terutama saat langit cerah dengan lautan kabut mengelilingi Gunung Bromo.
Bukit Penanjakan View Point 1 menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Puncak ini selalu menjadi bagian dari rute liburan ke Malang di Bromo, terutama karena tujuan utamanya adalah menikmati keindahan matahari terbit.

Puncak B29

Bukit 29 atau Puncak B29, adalah view point terbaik di Gunung Bromo. Dengan ketinggian 2.900 mdpl, tempat ini memberikan pemandangan spektakuler matahari terbit atau terbenam. Perjalanan menuju puncak dapat dinikmati dengan kendaraan pribadi, terutama motor, memberikan sensasi petualangan yang memacu adrenalin.
Sejak tahun 2013, puncak ini menjadi sorotan para wisatawan yang ingin merasakan suasana yang berbeda dari puncak-puncak yang lain di Bromo, terutama dalam menyaksikan sunrise. Tradisi menikmati matahari terbit di spot-spot seperti Pananjakan 1, Seruni Point, Bukit Kingkong, Bukit Cinta, Bukit Mentigen, dan Pos Dingklik telah mendominasi. Namun, Puncak B29 memberikan sensasi berbeda yang memukau, terutama dengan pemandangan kaldera Bromo yang luar biasa di pagi hari. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan hamparan pegunungan yang berbeda di lokasi ini.

Pasir Berbisik Bromo

Selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan juga adalah Pasir Berbisik Bromo. Pemandangan pasir yang luas ini menjadi magis ketika terhembus angin kencang, menciptakan suara bisikan alam yang memukau. Disarankan mengunjungi spot ini pada pagi atau sore hari untuk pengalaman yang paling menakjubkan.

Pasir Berbisik Gunung Bromo terletak di timur kawah Bromo, pada ketinggian 2000m di atas permukaan laut, tempat ini menjadi daya tarik utama dalam liburan ke Bromo. Sering menjadi penutup perjalanan setelah menikmati sunrise di Puncak Penanjakan, melihat kegiatan kawah Bromo, dan membiarkan diri terpesona oleh panorama savana yang menakjubkan. Kunjungan ke Pasir Berbisik menghadirkan pengalaman mistis dan menambahkan kesan mendalam bagi para wisatawan yang mencari petualangan di kawasan Bromo.

Desa Cemoro Lawang

Dekat Pasir Berbisik, Desa Cemoro Lawang menjadi pintu masuk menuju Gunung Bromo. Dengan ketinggian 2.220 mdpl, desa ini tidak hanya menawarkan pemandangan cantik, tetapi juga memperkenalkan Anda pada suku Tengger yang mempertahankan adat dan tradisi mereka. Keunikan budaya dan panorama alamnya menjadikan Cemoro Lawang destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pesona tinggi dan keakraban Suku Tengger.

Cemoro Lawang, bermakna “pohon cemara pintu” dalam bahasa Jawa, merujuk pada pemandangan pohon cemara yang menghiasi desa ini. Desa ini juga membawa pengalaman unik dengan hamparan kabut yang melingkupi sebagian wilayah. Wisatawan dapat menikmati panorama menakjubkan dan memilih penginapan terjangkau di sekitar Cemoro Lawang, sambil menjelajahi tempat lain di Bromo menggunakan jasa jeep yang tersedia.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies di Desa Cemoro Lawang menjadi destinasi berikutnya. Walaupun kemarin pertengahan tahun 2023 sempat terjadi kebakaran, kini bukit Teletubbies sudah kembali menghijau dan dapat dikunjungi lagi. Dengan medan yang menantang, perjalanan menuju bukit ini dapat dilakukan dengan kuda, motor, atau mobil Jeep. Pemandangan padang rumput luas dan panorama Gunung Bromo membuat pengorbanan perjalanan sepadan dengan keindahan alam yang disajikan.

Coban Pelangi

Coban Pelangi, air terjun yang menakjubkan, menjadi destinasi berikutnya. Terletak pada ketinggian 1.400 mdpl, air terjun ini tidak hanya mempesona dengan keindahannya, tetapi juga dapat mengeluarkan aneka warna pelangi. Perjalanan menanjak yang curam menambah kesan petualangan sebelum tiba di lokasi.

Di Coban Pelangi beragam aktivitas seru bisa dilakukan, mulai dari berfoto di jembatan kayu hingga menunggang kuda sambil menjelajahi kawasan air terjun. Selain itu, pengunjung dapat mengisi waktu dengan berkemah dan mengikuti kegiatan outbond. Meskipun dilarang berenang di kolam air terjun, sungai kecil di sekitarnya menyediakan area bermain air, river tubing, dan rafting.

Padang Savana Bromo

Padang Savana Bromo atau Lembah Jemplang menghadirkan pesona alam dengan padang rumput hijau kecokelatan yang luas. Suasana meneduhkan dan kesegaran udara di kawasan ini membebaskan pikiran dari beban sehari-hari. Disarankan berkunjung pada bulan Januari hingga April untuk menikmati keindahan Savana Bromo.

Dengan meningkatnya infrastruktur di Savana Teletubbies Bromo, anda juga dapat menikmati beragam aktivitas disini,  seperti menunggang kuda, fotografi, camping, dan game outbond bersama rombongan. Adapun Fasilitas yang disediakan, meliputi toilet dengan tarif Rp.3000,-, warung dengan pilihan makanan dan minuman, serta persewaan kuda untuk menjelajahi keindahan savana. Selain itu, tersedia lokasi parkir yang luas untuk jeep dan motor. Pengalaman yang lengkap dengan sarana yang memadai di Savana Teletubbies, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi anda yang ingin mengeksplor liburan Malang ke Bromo dan sekitarnya.

Baca Juga: Pusat Oleh-Oleh Malang

Pura Luhur Poten

Selain keindahan alamnya, rute liburan Malang ini juga mengajak Anda ke Pura Luhur Poten yang berada di bawah kaki Kawah Bromo. Pura ini memiliki nilai sakral bagi masyarakat Hindu, terutama suku Tengger. Kunjungi pada pagi hari untuk merasakan nuansa keagungan Pura Luhur Poten dan menyaksikan matahari terbit di balik Gunung Bromo.

Kesimpulan

Rute liburan Malang ke Bromo dan sekitarnya ini akan membawa Anda dalam perjalanan menyatu dengan alam, menggabungkan keindahan alam Gunung Bromo dengan keunikan budaya dan tradisi sekitarnya. Dengan rute perjalanan yang terencana dan perjalanan wisata yang sudah dipersiapkan, anda dapat nikmati setiap momen liburan Malang ke Bromo dan sekitarnya.
Nah, anda juga bisa merencanakan liburan Malang ke Bromo, solo maupun dengan agen travel. Lalu menyaksikan pesona matahari terbit di kawah dan nikmati petualangan seru disekitarnya. Jangan lupa untuk pulangnya membawa oleh-oleh khas Malang, seperti Pia Cap Mangkok, keripik apel atau orem-orem, yang memikat dengan rasa lezatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top