Let's Chat

Daftar Kuliner Pecinan Malang, Otentik dan Mengoyang lidah

Kuliner Pecinan Malang – Jantung kota Malang menyimpan jejak sejarah dan setiap sudut Pecinan terdapat keunikan kuliner. Terbukti dengan keberagaman budaya yang hidup dan berkembang di sini. Mulai dari hidangan khas seperti Nasi Pecel Kawi, Soto Ayam Kampung, hingga Bakso Presiden, Pecinan Malang mengajak penikmatnya dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan.

Sebagai salah satu pusat kuliner khas Tionghoa di Malang, Pecinan tak hanya menawarkan cita rasa yang menggugah selera, tetapi juga nuansa sejarah yang begitu kental. Tak heran jika Pecinan Malang menjadi destinasi wajib bagi para penikmat kuliner yang mengagumi keaslian cita rasa.

Dari sarapan pagi hingga makan malam, Pecinan Malang selalu siap menyuguhkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa pun yang bersedia menjelajahinya. Berikut selengkapnya rekomendasi kuliner Pecinan Malang.

Daftar Rekomendasi Kuliner Pecinan Malang

Inilah beberapa rekomendasi kuliner khas yang ada di Pecinan Malang dan sekitarnya:

Pecel Kawi Malang Hj. Musilah

Jika Anda berkunjung ke Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Pecel Kawi Malang Hj. Musilah yang terletak di Jl. Kawi Kios No. 43B, Bareng, Klojen. Berdiri sejak 1975, pecel di tempat ini menawarkan perbedaan dari pecel pada umumnya dengan harga yang masih terjangkau, sangat cocok untuk sarapan atau makan siang.

Pecel Kawi disajikan lengkap dengan nasi, kangkung, kacang panjang, kembang turi, tauge, tempe, dan rempeyek yang semakin lezat saat disiram dengan bumbu pecel yang gurih dan pedas. Anda juga bisa menambahkan lauk ekstra seperti telur bacem, bakwan jagung, atau telur ceplok untuk pengalaman makan yang lebih memuaskan.

Warung Lama Haji Ridwan

Warung Lama Haji Ridwan, yang terletak di lantai dasar Pasar Besar Malang di Unit B15-16, Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, merupakan tempat yang legendaris. Berasal dari usaha nasi rawon keliling, Haji Ridwan membuka kios ini setelah pembangunan Pasar Besar Malang pada tahun 1925. Saat ini, warung ini dikelola oleh generasi ketiga, H. Yusuf.

Di warung ini, Anda bisa menikmati masakan khas Malang dengan resep keluarga yang telah turun-temurun, seperti Sate Komoh Sapi, Sate Usus Sapi, Nasi Rawon, Nasi Gule Daging Sapi, dan Nasi Campur yang merupakan favorit pengunjung. Semua hidangan ditawarkan dengan harga yang terjangkau, memastikan pengunjung kenyang dan puas dalam suasana yang penuh kenangan.

Vietcong Petjinan

Di pojok Pecinan di pusat Kota Malang, tepatnya di Jalan Sutan Syahrir, tersembunyi sebuah bangunan bersejarah dua lantai yang dikenal sebagai Vietnamese Food, atau Vietcong Petjinan. Meskipun agak tersembunyi di balik deretan pedagang buah kaki lima, kafe ini menawarkan aneka hidangan Vietnam yang autentik dan minuman dengan harga yang ramah di kantong. Dibuka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB, kafe ini memancarkan suasana Vietnam kuno dengan menu seperti Phõ Bò (mie daging sapi) seharga Rp27.000, Phõ Gà (mie ayam) Rp22.000, dan Báhn Mì (roti isi) Rp20.000.

Selain makanan, Vietcong Petjinan juga menyediakan berbagai minuman hangat dan dingin seperti Cà Phê (kopi hitam), yang ditawarkan seharga Rp13.000 untuk versi hangat dan Rp16.000 untuk yang dingin. Ada juga Teh Lo Han Kuo panas seharga Rp8.000 dan versi dinginnya Rp9.000, serta air mineral hanya Rp6.000.

Vietcong Petjinan telah menjadi ikon baru di Kota Malang, kota yang baru-baru ini mengalami revitalisasi untuk menghidupkan kembali bangunan kolonial kuno, menarik lebih banyak pengunjung. Kafe ini buka dari Senin hingga Kamis dan tutup pada Jumat, tetapi buka kembali pada Sabtu dan Minggu.

Toko Roti dan Kopi Cengli

Toko Roti dan Kopi Cengli, terletak di Jalan Kaliurang No.51 Lowokwaru, menawarkan suasana nongkrong yang menyenangkan dengan desain bergaya pecinan. Tempat ini menonjol dengan konsep China-nya yang unik dan menyediakan pilihan menu yang 100 persen halal, cocok untuk berbagai usia dan selera khas Indonesia.

Di toko ini, pengunjung dapat menikmati beragam roti manis seperti keju, nougat, oreo, srikaya, meses, dan milo, serta roti gurih dengan varian ayam, telur bebek, telur ayam, dan ikan asap. Juga tersedia pilihan roti dingin seperti soya, matcha, nougat, oreo, dan milo. Selain itu, terdapat berbagai makanan berat, camilan, minuman dari yang tradisional hingga modern, dan kopi khas Cengli. Terdapat juga menu terbaru bernama Yuwanyam dan kopi Cengli yang bisa dipesan dalam ukuran 1 liter. Harga menu mulai dari Rp 8 ribu, menawarkan pilihan yang terjangkau untuk menikmati sajian otentik.

Giok Kopitiam

Kedai Kopitiam Giok di Malang ini menawarkan pengalaman kuliner unik dengan perpaduan antara budaya Melayu, China, dan lokal, berlokasi dekat dengan kawasan Embong Arab yang dikenal dengan nuansa Arab dan peranakan Cina. Tempat ini tidak hanya menghidangkan makanan yang autentik, tapi juga suasana yang mengingatkan pada budaya Melayu dan China. Menu di Kopitiam Giok mencakup berbagai pilihan kuliner peranakan seperti ayam kungpao, nasi kulit kungpao, nasi ayam charsiu, beragam laksa, dan kwetiau, yang semuanya memberikan cita rasa khas.

Selain itu, Kopitiam Giok juga menyediakan berbagai pilihan minuman, dimana kopi susu autentik menjadi favorit banyak pengunjung. Kopitiam ini menggunakan house blend yang terdiri dari 70% kopi robusta dan 30% kopi arabica, menciptakan paduan rasa kopi yang kuat dengan susu kental yang lembut. Ada juga pilihan lain seperti kopi butter, kopi klasik, dan Vietnam drip. Tersedia pula cemilan seperti mantau dan pisang goreng, serta jajanan khas lainnya yang menambah kekayaan pengalaman bersantap di sana.

Warung Semur Gang Buntu

Warung Semur Gang Buntu, yang didirikan oleh Ibu Riama pada tahun 1982, kini dikelola oleh anak-anaknya, Titik, Suyanto, dan Kusmiati, setelah beliau meninggal pada tahun 1990. Warung ini buka dari pukul 8 pagi hingga 2 siang dan sering menerima pesanan antar ke berbagai kantor di sekitar Kiduldalem, seperti Kantor Kabupaten Malang dan bank-bank terdekat.

Selama 38 tahun beroperasi, warung ini tetap setia menggunakan kompor arang atau anglo, menghindari kompor modern karena khawatir akan risiko ledakan. Penggunaan kompor arang ini memberikan rasa smokey khas pada masakan mereka. Anda bisa menikmati semangkuk semur hanya dengan Rp25.000. Menu lain yang tersedia termasuk sop, sate komoh, nasi campur, ayam goreng, perkedel, dadar jagung, dan mendol.

Toko Madjoe

Toko Madjoe, yang berdiri sejak tahun 1930 di Jalan Pasar Besar Nomor 30B, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, telah mempertahankan cita rasa kue keringnya dengan resep turun-temurun selama 91 tahun. Layaknya toko-toko lain di kawasan Pecinan, Toko Madjoe juga merupakan rumah toko dimana pemiliknya tinggal dan memproduksi kue di tempat yang sama. Ketika mengunjungi saat produksi berlangsung, Anda akan disambut dengan aroma kue kering yang sedang dipanggang.

Kue kering di Toko Madjoe dijual mulai dari Rp150.000 per kilogram, tetapi Anda juga bisa membeli per ons seharga Rp16.000, memungkinkan Anda untuk mencicipi lebih banyak varian tanpa perlu membeli dalam jumlah besar. Toko ini buka setiap hari dari pukul 08.30 hingga 17.00, kecuali hari Minggu, ketika toko tutup lebih awal pada pukul 12.30 WIB.

Baca Juga: Rekomendasi Tteokbokki Instan, Banyak Pilihan Rasa

Bakso President

Lokasi Bakso President berada di Jl. Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Klojen, Malang, tempat yang terkenal dengan hidangan baksonya. Restoran ini telah membuka usahanya sejak tahun 1973 dan menawarkan pengalaman unik makan di samping rel kereta, memungkinkan pengunjung untuk menonton kereta yang lewat sambil menikmati makanan mereka.

Bakso di sini sangat populer berkat teksturnya yang lembut dan kenyal serta kuah kaldu yang penuh rasa. Bakso President menawarkan berbagai jenis bakso, termasuk bakso tahu, bakso goreng, dan pangsit. Jangan lupa mencoba bakso urat, salah satu favorit di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top