Let's Chat
Kampung Jodipan Malang

Kampung Warna Warni Jodipan Malang, Bisa Foto di Setiap Sudutnya

Kampung Jodipan Malang – Malang, yang terletak di Jawa Timur, adalah destinasi wisata yang populer dengan beragam tempat menarik untuk dikunjungi, termasuk Kampung Warna Warni. Kampung Warna Warni Malang, juga dikenal sebagai Kampung Jodipan, merupakan kampung wisata utama di Kota Malang.

Dikenal karena dihiasi dengan warna-warni cerah di setiap sudutnya, tempat ini menarik perhatian pengunjung dengan berbagai kerajinan tangan dan hiasan yang juga menyemarakkan suasana. Popularitasnya membuat tempat ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin mengambil foto atau sekadar menikmati keindahan kampung yang dulunya pernah di anggap kumuh ini.

Nah berikut awal mula Kampung Warna Warni Jodipan Malang dan daya tarik yang membuat tempat ini ramai dikunjungi.

Mengenal Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Awalnya, kampung yang terletak di sepanjang aliran sungai ini merupakan salah satu daerah kumuh di Malang, dengan bantaran Sungai Brantas yang tercemar oleh banyak sampah karena perilaku membuang sampah sembarangan oleh penduduk setempat.

Namun, pada tahun 2016, sekelompok mahasiswa dari jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang memulai sebuah inisiatif. Melalui kerjasama dengan sebuah perusahaan cat melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, kawasan kumuh ini berhasil di evitalisasi menjadi sebuah kampung yang penuh warna.

Pada tahun 2017, Kampung Warna Warni Jodipan diresmikan oleh Wali Kota Malang saat itu, H. Mochamad Anton. Sejak saat itu, Kampung Jodipan telah berubah menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para pengunjung.

Transformasi ini juga memberikan dampak positif bagi penduduk setempat. Tidak ada lagi perilaku pembuangan sampah sembarangan, dan pendapatan warga juga meningkat berkat jumlah pengunjung yang datang.

Keberhasilan transformasi Kampung Jodipan telah menginspirasi kampung-kampung sekitarnya. Contohnya adalah Kampung Biru Arema dan Kampung Tridi yang terletak dekat dengan Kampung Warna Warni Jodipan.

Keunikan Kampung Warna Warni Jodipan bahkan telah menjadi sorotan dalam film-film dan berita nasional, seperti dalam film Yowis Ben yang menggunakan Kampung Warna Warni Malang sebagai lokasi syuting untuk film dan serial TV-nya.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 RT 9 RW 2, Jodipan, Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Lokasinya mudah di jangkau dari berbagai tempat di kota, termasuk alun-alun dan Stasiun Malang Kota Baru.

Untuk menuju ke Kampung Jodipan Malang, Anda bisa mengikuti beberapa rute yang mudah diakses:

  1. Dari Alun-alun Kota Malang:
    • Melalui Jalan Gatot Subroto, Anda dapat mencapai Kampung Jodipan Malang dengan waktu tempuh sekitar 3 menit.
  2. Dari Stasiun Malang Kota Baru:
    • Lewati Jalan Gatot Subroto, Anda dapat mencapai Kampung Jodipan Malang dalam waktu sekitar 2 menit.

Pastikan untuk menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk memandu perjalanan Anda secara tepat menuju Kampung Jodipan Malang.

Jam Operasional Kampung Jodipan Malang

Jam operasional Kampung Warna Warni Malang terbatas hingga sore hari, dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, untuk memastikan tidak terganggunya aktivitas warga oleh kedatangan wisatawan.

Sore hari sekitar pukul 15.00 WIB merupakan waktu yang ideal untuk mengunjungi kampung ini, ketika matahari tidak terlalu panas dan pencahayaan optimal.

Disarankan untuk mengunjungi kampung ini selama musim kemarau untuk menghindari gangguan cuaca buruk seperti mendung atau hujan, sehingga liburan Anda dapat dinikmati dengan nyaman dan tenang.

Retribusi Kampung Jodipan Malang

Biaya masuk ke Kampung Warna Warni Malang tidaklah tinggi. Dengan hanya membayar beberapa ribu rupiah, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan kampung ini.

Berikut adalah daftar tarif yang berlaku:

  • Tiket Masuk Wisatawan: Rp3.000,00
  • Parkir Motor: Rp2.000,00
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00

Perlu diingat bahwa harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola. Namun, daftar ini dapat menjadi panduan bagi Anda jika berencana mengunjungi Kampung Warna Warni Malang.

Daya Tarik Wisata Kampung Jodipan Malang

Berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat ditemui dan dilakukan saat berkunjung ke Kampung Warna Warni Jodipan:

Berbagai Sudut Foto Menarik

Kampung Warna Warni Malang telah menjadi terkenal sebagai tempat yang pas untuk berfoto setelah direvitalisasi menjadi kampung wisata. Setiap sudutnya menawarkan potensi fotogenik yang mengagumkan, mulai dari dinding tebing hingga tangga di kampung ini.

Lorong payung yang dihiasi dengan payung berwarna-warni merupakan salah satu spot foto yang sangat populer dan tidak boleh di lewatkan. Sementara lorong topeng menampilkan topeng-topeng tradisional Jawa yang menggantung di bawah topi caping, menciptakan pemandangan yang unik.

Dinding-dinding batu yang berwarna mencolok juga menjadi pilihan favorit wisatawan untuk mengambil foto yang menakjubkan. Dengan demikian, kunjungan Anda ke Kampung Warna Warni Malang di jamin akan menghasilkan banyak foto yang menarik untuk dibagikan di media sosial.

Jembatan Kaca

Di Kampung Jodipan, selain keindahan warna-warni kampungnya, Anda juga akan menemukan jembatan kaca yang menghubungkan Kampung Tridi dan Kampung Warna Warni Jodipan yang terpisah oleh aliran Sungai Brantas. Jembatan kaca ini memiliki panjang sekitar 25 meter dan ketinggian sekitar delapan meter di atas Sungai Brantas. Meskipun tidak terlalu lebar dan hanya cukup untuk dua orang lewat berpapasan, Anda tidak perlu khawatir akan kekuatannya karena mampu menampung hingga 50 orang dengan bobot maksimal 250 kg. Terbuat dari baja dan kaca tebal, jembatan ini sangat kokoh dan aman untuk dilalui.

Dari jembatan kaca berwarna kuning ini, Anda dapat mengambil foto dan menikmati pemandangan Kampung Warna Warni Jodipan dengan jelas. Menyaksikan keindahan kampung Jodipan dari perspektif yang berbeda melalui jembatan ini akan melengkapi pengalaman wisata Anda dengan sempurna.

Baca Juga: Wisata Arum Jeram Malang

Mengexplore Kampung di Sekitar Jodipan

Anda juga dapat menikmati pengalaman serupa dengan mengunjungi Kampung Tridi, yang terletak di seberang Sungai Brantas. Kampung ini di juluki sebagai Kampung Tridi karena dihiasi dengan lukisan tiga dimensi yang menarik di dinding-dindingnya.

Di sini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang lukisan yang menarik, mirip dengan pengalaman di museum 3D Trick Art yang sering di temui di tempat wisata Malang. Dengan sudut pengambilan yang tepat, Anda akan mendapatkan foto-foto yang unik bersama dengan gambar T-rex, bunglon, dan lukisan tiga dimensi lainnya.

Selain Kampung Tridi, Kampung Warna Warni Jodipan juga telah menginspirasi kampung-kampung sekitarnya untuk melakukan hal serupa. Salah satunya adalah Kampung Biru Arema, yang di dominasi oleh warna biru yang khas dari klub sepak bola Arema. Anda dapat dengan jelas melihat kedua kampung yang berwarna-warni ini bersebelahan dari jembatan Brantas yang memisahkan keduanya. Menjelajahi kawasan Kampung Warna Warni Jodipan adalah salah satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

Nah, demikian awal mula Kampung Warna Warni Jodipan Malang dan daya tarik wisatanya. Jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh Malang saat berkunjung ke kota ini. Untuk membeli oleh-oleh khas Kota Apel, Anda dapat berbelanja di berbagai pusat oleh-oleh Malang yang menawarkan makanan khas dan souvenir dengan berbagai pilihan dan harga yang terjangkau.

Salah satu tujuan belanja oleh-oleh utama di Malang adalah Pia Cap Mangkok, yang telah menjadi icon populer di kota ini dan memiliki beberapa cabang di berbagai lokasi.Anda dapat mendatangi lokasi terdekatnya.

Berikut adalah beberapa cabang Pia Cap Mangkok yang tersebar di berbagai area Kota Malang:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top