Let's Chat
Mie Jjajangmyeon Asal Korea

Mengenal Mie Jjajangmyeon Asal Korea, Berikut Varian Instan yang Lezat dan Mudah Didapatkan

Jjajangmyeon Asal Korea – Penggemar drama Korea tentu sudah familiar dengan Jjajangmyeon, mie dengan saus pasta kacang kedelai hitam yang sering muncul dalam berbagai adegan drama atau film Korea.

Film Korea atau K-drama sering menampilkan Jjajangmyeon, baik ketika mereka sedang makan Jjajangmyeon di kantor atau mereka makan Jjajangmyeon di restoran dan seringkali di rumah yang dipesan melalui layanan pesan antar.

Adegan-adegan yang menampilkan Jjajangmyeon seringkali terlihat, menggugah selera bagi para penggemar mi dan kuliner Korea yang mungkin telah mencicipi hidangan ini secara berkali-kali. Berikut ini mari mengenal tentang asal-usul, perkembangannya, hingga rekomendasi mie Jjajangmyeon Instan yang Lezat dan mudah Anda buat.

Sejarah Asal Usul Jjajangmyeon

Jjajangmyeon, mi dengan saus pasta kacang kedelai hitam, merupakan hidangan yang populer di Korea. Beberapa orang menyebutkan bahwa mie hitam Korea memiliki akar dari Tiongkok, namun kemudian diadopsi dan dikembangkan di Korea.

Ada banyak spekulasi mengenai asal usul pertama kali munculnya mi hitam Korea ini.
Jjajangmyeon terinspirasi dari mi saus goreng khas Provinsi Shadong, Tiongkok yang dikenal sebagai zhajiangmian. Perbedaan utama antara Jjajangmyeon dan zhajiangmian terletak pada saus kedelai yang digunakan. Zhajiangmian menggunakan pasta kacang kedelai sebagai bahan utama sausnya, sementara Jjajangmyeon versi Korea menggunakan pasta kacang kedelai hitam yang telah difermentasi.

Hubungan antara China dan Korea memiliki pengaruh besar, termasuk pada perkembangan hidangan mereka. Arirang TV di kanal YouTube menyatakan bahwa awalnya Jjajangmyeon disajikan di salah satu restoran China di Incheon sekitar tahun 1905, yang dikelola oleh seorang imigran asal Provinsi Shadong, China. Dikarenakan jarak yang cukup dekat antara Shandong dan Korea, tak heran jika muncul perpaduan antara hidangan Korea dan China, seperti Jjajangmyeon ini.

Masakan ini semakin terkenal menjelang pertengahan tahun 1950-an, setelah Perang Korea. Sejak saat itu, Jjajangmyeon menjadi favorit di kalangan pedagang yang singgah di pelabuhan Incheon. Bagi mereka, Jjajangmyeon dianggap sebagai makanan terbaik dan pilihan ‘aman’ saat waktu terbatas.

Saat ini, Korea memiliki beberapa varian terkenal dari Jajangmyeon. Pertama, ada ganjajangmyeon, di mana mi dan sausnya disajikan secara terpisah. Selain itu, terdapat juga samseon jajangmyeon, di mana sausnya dicampur dengan hidangan laut kecuali ikan. Yang terakhir samseon ganjajangmyeon, merupakan kombinasi mi dan saus dengan olahan laut, namun disajikan dalam wadah terpisah.

Perayaan Hari Black Day di Korea

Jjajangmyeon bukan hanya menjadi salah satu kuliner khas yang disukai di Korea, tetapi juga memiliki makna khusus bagi para single atau jomlo.

Pada hari Black Day, yang dirayakan pada tanggal 14 April di Korea Selatan oleh mereka yang tidak memiliki pasangan atau tidak menerima hadiah di Hari Valentine maupun White Day, para jomblo berkumpul untuk merayakan Black Day dengan berpakaian serba hitam. Tradisi ini melibatkan makan mie Jjajangmyeon dan minum kopi hitam.

Tradisi ini berkaitan dengan warna hitam pada Jjajangmyeon yang berasal dari saus chunjang yang memiliki warna hitam pekat. Warna hitam menggambarkan perasaan kesedihan dan kesepian para jomlo yang merasa sendiri tanpa pasangan.

Rekomendasi Mie Jjajangmyeon Instan Lezat dan Murah

Saat ini, Jjajangmyeon instan sudah tersedia secara luas, memungkinkan para penggemar hidangan ini untuk menikmatinya tanpa harus pergi ke Korea atau restoran Korea, tetapi bisa dinikmati kapan pun di rumah.

Di Kota Malang, ada Piata Camilan yang tepatnya berada di Mall Olympic Garden lantai 3. Merupakan sebuah toko kekinian yang sedang populer menjual berbagai jenis mie ramen, termasuk mie Jjajangmyeon ini. Di tempat ini, para pengunjung dapat menemukan ragam mie ramen atau ramyeon dengan berbagai topping seperti nori, toppoki, siomay, ceker pedas, dan masih banyak lainnya.

Uniknya, Piata Camilan mengusung konsep Self Service Ramen yang memungkinkan pengunjung untuk memilih dan memasak sendiri bahan-bahan ramen sesuai keinginan mereka, termasuk menambahkan topping yang tersedia. Selain konsep pelayanan yang inovatif tersebut, tempat Ramen Piata Camilan juga memiliki desain interior yang menarik, memberikan suasana mendukung kepada pengunjung untuk berfoto dan berbagi di media sosial. Tidak hanya menjual ramen, Piata Camilan juga menawarkan berbagai oleh-oleh-oleh khas Malang dan snack impor dari berbagai negara, termasuk dari Korea dan Jepang.

Piata Camilan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

Nah, untuk menikmati Jjajangmyeon instan yang lezat dan mudah, penting juga untuk bijaksana dalam memilih. Ada beberapa merek Jjajangmyeon yang populer dengan harga terjangkau, dan bisa Anda beli di Piata Camilan sehingga bisa dinikmati di mana pun Anda berada.

Nongshim Chapagetti Noodle

Seperti namanya, bentuk mi Chapagetti Nongshim ini menyerupai spageti, namun dengan tambahan saus tradisional Jjajangmyeon. Mi ini cocok sebagai hidangan keluarga karena tidak mengandung micin atau MSG. Saus hitam Jjajangmyeon menawarkan perpaduan unik antara rasa manis, pedas, dan gurih, dilengkapi dengan tambahan taburan seperti wortel, bawang, dan biji-bijian yang menambah kelezatan mi instan ini.

Paldo Premium Jajang Noodles

Jika Anda ingin menikmati mie Jjajangmyeon yang lezat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya di akhir bulan, merek ini merupakan solusinya. Meskipun menawarkan kualitas premium, merek ini terkenal karena mi-nya yang lezat, kenyal, dan dilapisi dengan saus kacang hitam. Selain itu, mi ini memiliki campuran rempah yang kaya dan saus yang diperkaya dengan kubis kering dan kacang polong. Dengan berat kemasan sekitar 200 gram atau 7,16 ons, mi ini pasti akan memberikan rasa kenyang!.

Ottogi Jjajang Noodles

Jika Anda tidak menyukai rasa yang beraroma pedas, mi instan ini merupakan pilihan tepat. Meskipun termasuk dalam kategori Jjajangmyeon, saus kacang hitamnya tidak memiliki rasa pedas yang kuat, melainkan lebih mengarah pada rasa manis. Mi instan akan tambah lezat dengan menambahkan potongan daging atau sayuran favorit Anda. Karena tidak terlalu rasa pedasnya, mi instan ini cocok disajikan sebagai hidangan keluarga di rumah.

Paldo Ilpoom Jajangmen Noodles

Merupakan mi Jjajangmyeon instan yang mudah dibuat tanpa memerlukan waktu lama, hanya sekitar 5 menit saja. Anda bisa menambahkan sayuran atau taburan favoritmu untuk meningkatkan cita rasa sambil menikmati menonton drama Korea. Mi instan ini terbuat dari bahan-bahan yang baik dengan saus kacang hitam yang menyajikan perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas yang sangat menggugah selera.

Baca Juga: Tips Membuat Parcel dan Hampers

Nongshim Zha Wang Noodles

Nongshim Zha Wang Noodles adalah mi instan dengan ketebalan kira-kira 3 mm dengan kekenyalan yang sangat baik. Tidak hanya memiliki saus jajangmyeon yang kental, tetapi mi instan ini juga memberikan cita rasa khas dan lezat. Ada juga bubuk rumput laut yang ditambahkan ke dalam saus, memberikan tambahan rasa dan tekstur yang lebih nikmat. Mi instan ini juga ada didalam taburan potongan sayuran seperti bawang, kentang, dan kacang hijau, yang menambah kelezatan dan keautentikan rasa mi instan ini.

Dari beberapa mi Jjajangmyeon instan khas Korea yang lezat dan nikmat tadi, adakah yang menjadi favorit Anda? Jadi, tidak perlu repot-repot ke Korea untuk menikmati cita rasa makanan yang sering muncul di KDrama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top