Let's Chat
Camilan Buka Puasa

10 Rekomendasi Camilan Buka Puasa Terenak Disantap Dengan Keluarga

Camilan Buka Puasa – Bulan Ramadhan sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, karena selain berpuasa, momen paling dinanti adalah berbuka puasa bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk sebagian orang, berbuka puasa tak sempurna tanpa camilan sebagai awal makan. Berikut adalah 10 pilihan camilan untuk berbuka puasa.

Rekomendasi 10 Camilan Buka Puasa Terenak

Kurma

Mengawali berbuka puasa dengan mengonsumsi tiga butir kurma dan segelas air putih adalah praktik yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Selain memberikan energi dengan cepat setelah berpuasa sepanjang hari, kurma juga kaya akan serat dan vitamin. Sebagai buah kering, kurma menjadi pilihan camilan buka puasa terenak.

Kolak

Kolak merupakan hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari pisang, ubi jalar, dan kolang-kaling direbus dengan santan dan gula merah. Rasanya manis dan gurih, sempurna untuk menikmati saat berbuka puasa.

Berikut cara membuat kolak secara singkat

  1. Rebus santan, gula merah, dan daun pandan dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan potongan pisang, ubi jalar, dan kolang-kaling ke dalam panci.
  3. Masak hingga bahan-bahan lunak dan bumbu meresap.
  4. Angkat dan sajikan kolak dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

Tahu Sumedang

Tahu sumedang, sebuah kuliner tradisional Jawa Barat, dibuat dari campuran tahu dan tepung terigu yang dibentuk menjadi adonan. Makanan ini bisa menjadi pilihan camilan yang lezat untuk berbuka puasa. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti tahu goreng, tahu isi, atau bahkan tahu sumedang kukus. Karena teksturnya yang padat dan cita rasanya yang khas, tahu Sumedang dapat memberikan rasa kenyang dan memuaskan saat berbuka puasa.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan saus atau sambal untuk menambah lezatnya tahu Sumedang tersebut.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan camilan buka puasa yang di sukai oleh anak-anak maupun dewasa, seperti almond panggang, menawarkan tekstur renyah dan rasa yang unik yang sering kali di sukai oleh mereka. Selain menjadi camilan yang lezat, kacang-kacangan juga memberikan manfaat kesehatan yang penting bagi pertumbuhan mereka. Almond panggang, sebagai contoh, merupakan sumber lemak sehat, serat, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan dan perkembangan anak-anak.

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan pada saat puasa, Anda dapat mendapatkan nutrisi yang di perlukan untuk menjaga kesehatan tulang, otak, dan sistem imun mereka secara optimal. Oleh karena itu, mengenalkan kacang-kacangan ketika puasa adalah langkah yang baik untuk mendukung ibadah puasa dengan rasa yang enak.

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam merupakan hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan hitam direbus dengan santan dan gula merah. Memiliki cita rasa manis dan gurih, dan umumnya di sajikan saat masih hangat.

Berikut cara nembuat bubur ketan secara singkat

  1. Cuci bersih ketan hitam dan rendam dalam air selama minimal 4 jam atau semalam.
  2. Tiriskan ketan dan masukkan ke dalam panci.
  3. Tambahkan air secukupnya hingga ketan terendam.
  4. Masak ketan dengan api sedang hingga empuk, sesekali diaduk agar tidak lengket.
  5. Setelah ketan empuk, tambahkan santan dan gula merah sesuai selera.
  6. Masak kembali hingga bubur mengental dan bumbu meresap.
  7. Angkat dan sajikan bubur ketan panas dengan tambahan irisan kelapa dan pisang sebagai hiasan jika di inginkan.

Buah-Buah Segar

Mengonsumsi buah-buahan segar adalah pilihan camilan sehat yang dapat menyegarkan tubuh setelah berpuasa seharian. Buah-buahan segar juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Anda dapat memilih dari berbagai macam buah favorit seperti apel, jeruk, anggur, melon, atau semangka.

Terdapat beberapa buah yang cocok untuk berbuka puasa karena kandungan airnya yang tinggi dan rasa segar yang dapat menghilangkan dahaga. Berikut adalah beberapa rekomendasi buah untuk berbuka puasa:

  1. Semangka: Buah ini kaya akan air dan sangat menyegarkan.
  2. Mangga: Mangga memiliki rasa manis yang segar dan juga mengandung banyak air.
  3. Melon: Melon memiliki rasa yang manis dan juga mengandung banyak air.
  4. Jeruk: Jeruk kaya akan vitamin C dan memberikan sensasi segar.
  5. Anggur: Anggur memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan.
  6. Apel: Apel mengandung banyak serat dan memberikan rasa kenyang.
  7. Pepaya: Pepaya kaya akan vitamin C dan serat, serta memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.
  8. Pear: Pear memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air.
  9. Kiwi: Kiwi mengandung banyak vitamin C dan serat.
  10. Pisang: Pisang mengandung kalium dan memberikan rasa kenyang.

Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi susu sapi atau nabati dengan rasa asam manis. Makanan ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh setelah berpuasa seharian. Yoghurt dapat disantap dengan sereal kering atau buah-buahan segar sebagai camilan buka puasa yang lezat. Saat ini, tersedia juga kemasan yoghurt yang praktis dan hemat, sehingga bisa di nikmati di perjalanan atau bahkan saat menyetir tanpa khawatir tumpah.

Pisang Nugget

Pisang nugget adalah cemilan modern saat berbuka puasa yang memiliki cita rasa manis dan mengenyangkan. Dengan pisang sebagai inti yang dilapisi tepung roti dan di goreng hingga renyah, pisang nugget menjadi camilan manis yang lezat. Anda dapat mengkreasikannya dengan berbagai bahan tambahan. Karena memiliki tekstur yang kering dan garing, pisang nugget dapat di nikmati dengan mudah bahkan saat dalam perjalanan.

Berikut cara membuat pisang nugget secara singkat:

  1. Siapkan pisang matang, potong menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera.
  2. Siapkan tepung roti di satu mangkuk dan kocok telur di mangkuk lain.
  3. Celupkan potongan pisang ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung roti hingga merata.
  4. Panaskan minyak dalam wajan.
  5. Goreng potongan pisang hingga kecoklatan dan renyah.
  6. Angkat dan tiriskan pisang nugget dari minyak.
  7. Sajikan pisang nugget panas dengan saus cokelat atau saus karamel sebagai pelengkap jika diinginkan.

Tempe Goreng

Tidak akan sempurna tanpa tempe goreng. Anda dapat memilih tempe goreng tepung yang memberikan sensasi kriuk yang merata hingga di gigit habis. Alternatifnya, tempe mendoan yang memiliki keunikan setengah matang, tidak terlalu garing. Camilan sederhana ini nikmat di nikmati selagi hangat dengan tambahan kecap dan cabai rawit.

Pudding

Pudding yang terbuat dari agar-agar adalah sumber serat yang baik. Anda dapat menciptakan variasi pudding susu dengan mencampurkannya dengan berbagai buah seperti anggur, stroberi, dan jeruk mandarin. Selain menyegarkan dan lezat sebagai camilan, pudding juga memberikan rasa kenyang yang seimbang.

Berikut cara membuat puding secara singkat

  1. Siapkan bahan-bahan seperti agar-agar, susu, gula, dan air.
  2. Campurkan agar-agar dengan air dalam panci, aduk hingga larut.
  3. Tambahkan susu dan gula ke dalam campuran agar-agar, aduk rata.
  4. Panaskan campuran tersebut di atas kompor dengan api sedang sambil terus di aduk hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, tuang campuran puding ke dalam cetakan atau wadah.
  6. Biarkan puding dingin dan mengeras di suhu ruangan atau masukkan ke dalam kulkas untuk mempercepat proses pengerasan.
  7. Setelah puding mengeras, keluarkan dari cetakan atau wadah dan sajikan dingin.
  8. Puding siap disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Mudik Lebaran Malang

Tahu Bakso

Tahu bakso, makanan khas Indonesia yang terkenal, berasal dari Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Makanan ringan ini terdiri dari tahu yang diisi dengan bakso di tengahnya. Jika ingin variasi dari camilan gorengan, Anda bisa memilih tahu bakso ini. Cocok di nikmati sebagai pengganjal perut saat dalam perjalanan, terutama saat masih hangat.

Nah itulah beberapa rekomendasi camilan buka puasa yang enak dan tentunya sehat. Bagi yang ingin menikmati berbagai pilihan camilan legendaris hingga kekinian yang berasa dari luar negeri seperti Korea dan Jepang hingga Malaysia, Anda dapat mengunjungi Piata Camilan yang berada di lantai tiga MOG Malang. Mencicipi berbagai camilan di Piata Camilan adalah pengalaman yang menyenangkan bagi yang suka ngemil makanan ringan. Di sini, pengunjung akan disambut oleh etalase-etalase estetik yang menggoda dari aneka camilan yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top