Let's Chat
Apa Julukan Kota Malang

Apa Julukan Kota Malang? Berikut 5 Julukan Kota Malang, Pasti Anda Belum Pernah Mendengarnya

Apa Julukan Kota Malang – Lihatlah julukan untuk Kota Malang. Ada tujuh di antara salah satunya mungkin yang paling sering didengar atau jangan jangan Anda sama sekali belum pernah mendengarnya seumur hidup Anda?? hehe.

Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Jember di wilayah selatan. Selain Surabaya Kota Malang merupakan salah satu tujuan wisata terbesar kedua di Jawa Timur. Jadi siapa nih yang belum pernah ke kota Malang??

Setiap sudut kota Malang memiliki tempat wisata yang menarik dan populer. Selain julukan Kampung Warna Warni Jawa Timur dan Kota Apel dari Gunung Bromo Malang punya julukan lain yang mungkin Anda kenal.

Mari kita lihat beberapa julukan kota Malang berikut ini.

Apa Julukan Kota Malang Sebenarnya? Berikut 7 Julukan Kota Malang Yang Wajib Anda Ketahui

Seperti kota-kota lain di Indonesia kota Malang juga bertemu dan berkembang dengan kehadiran pemerintah kolonial Belanda. Kota Malang terus berbenah dan berkembang dari waktu ke waktu dan menjadikannya sangat populer sebagai tujuan wisata dalam beberapa dekade terakhir.

Itulah mengapa kota Malang memiliki julukan tersendiri yang disebut oleh para wisatawan sehingga terdengar sangat familiar di telinga kita. Lulusan SMA yang ingin belajar di bidang ini.

Tidak hanya itu banyak kampus dan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang menjadi tempat untuk suasana malam yang sejuk dan biaya hidup yang juga tidak mahal yang menjadikan kota ini sebagai kota. Penggilingan adalah tujuan bagi calon pendatang baru.

1. Kota Pendidikan

Salah satu predikat yang terkait dengan Kota Malang adalah Kota Pendidikan. Karena Malang menawarkan banyak lembaga pendidikan dengan kualitas yang kompetitif di semua tingkatan. Sekolah Dasar Sekolah Menengah Sekolah Menengah Atas Swasta dan Negeri sampai perguruan tinggi juga banyak di Kota Malang ini.

Udara yang segar dengan biaya hidup yang terjangkau lingkungan yang tenang dan transportasi yang nyaman menjadikan Malang pilihan alternatif bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak perlu membayar mahal.

Apa Julukan Kota Malang

Penyebab Malang dinobatkan Sebagai Kota Pendidikan

Jika melihat LTMPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kota Malang memiliki setidaknya 21 SMA/sederajat yang masuk dalam 1000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai UTBK. Tempat pertama pergi ke MAN. 2 Kota Penggilingan menduduki peringkat ke-19 secara nasional dengan total skor UTBK 617.606.

Ini adalah yang kedua dari MAN 2 Kota Malang di Jawa Timur. Selain sebagai sekolah terbaik di Penggilingan MAN 2 Kota Penggilingan juga merupakan lembaga pendidikan.

Baca Juga : Pusat Oleh Oleh Premium Malang

Ini meloloskan delegasi terbanyak dari OSN Provinsi Jawa Timur (OSNP) yakni 23 mahasiswa. Peringkat kedua diraih oleh SMAS K Kolsey ST Yusup yang mendapatkan poin UTBK 589502. Dengan skor tersebut SMAS K Kolese ST Yusup menempati peringkat ke-63 nasional dan peringkat ke-5 se-Jawa Timur.

Kemudian pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022 dan peringkat selanjutnya adalah SMAN 1 SMAN 3 dan SMAN 8. Selain sekolah menengah Penggilingan adalah rumah bagi puluhan institusi pendidikan tinggi. Baik secara publik maupun privat.

2. Kota Pelajar

Lebih dari 300 ribu pelajar dari berbagai penjuru Indonesia saat ini sedang belajar di kota Malang. Tak heran jika Malang dikenal sebagai kota pelajar dengan banyak kampus pemerintah maupun swasta di sekitar kota.

Malang dikenal sebagai Kota Pelajar karena banyaknya perguruan tinggi negeri dan swasta yang bergengsi. Begitu banyak orang pergi ke Malang untuk bersekolah di luar pulau dan mengenyam pendidikan yang lebih baik di kota lain.

3. Kota Wisata

Ada banyak objek wisata alam dan buatan yang tersebar di berbagai penjuru kota Malang. Sebutan ini dekat dengan kota Malang dengan banyak objek wisata baik di kota maupun di wilayah Malang.

Malang merupakan destinasi wisata yang terus berbenah. Padahal Malang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Misalnya Taman Nasional Bromo Gunung Semeru Pulau Senbu Pantai Gua Cina Air Terjun Coban Rondo.

Jangan ragu untuk memulai petualangan dan menjelajahi Malang. Ada beberapa alasan yang memperkuat tekad Anda untuk berkunjung ke Malang.

4. Kota Apel

Julukan tersebut berasal dari seorang Jerman bernama Grafiel yang menanam lemon dan apel di daerah Batu pada tahun 1929 namun budidaya lemon tersebut tidak terlalu berhasil karena banyak yang terkena penyakit jeruk. Pada saat yang sama tanaman apel juga menjadi sangat lebat sejak saat itu.

Bukan tanpa alasan karena Malang merupakan salah satu penghasil apel hijau terbesar di Indonesia. Nama panggilan kota Pom juga memiliki sejarah Baca juga fakta kota Malang dari sejarah ke kota memiliki nama panggilan yang berbeda Mr. Suharyono dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika apel diproduksi pada tahun 1930 tahun yang sama Belanda membawa bibit apel dari Australia ke Indonesia.

Apa Julukan Kota Malang

Pada awalnya bukan daerah Malang yang ditanam bibit apel tetapi daerah Pasuruan di Jawa Timur dan penanaman apel di Pasuruan juga sangat berhasil. Akhirnya pemerintah melalui Dinas Perkebunan Rakyat yang kini bernama Pusat Hortikultura kembali mendatangkan varietas apel lain yaitu apel Princess Noble dan apel Roman Beauty.

Pada tahun 1960-an banyak pohon apel yang akhirnya ditanam dan dipanen di Malang. Khususnya di Kabupaten Pongokusumo dan Nongojajar Malang konon cocok ditanami apel untuk cuaca dingin namun saat apel didatangkan dari Australia konon ditanam langsung di desa Tebo Ruyon Kabupaten Malang.

Kebun apel sudah tumbuh di kawasan Batu Malang sejak tahun 1950-an. Pada tahun 2004 saja produksi apel hijau Batu Malang mencapai 46.000 ton dan ditanam 2 juta pohon apel. Alhasil Malang mendapat julukan kota apel.

5. Bumi AREMA

Nama AREMA tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang mencintai sepakbola. AREMA adalah nama klub sepak bola yang berasal dari Malang. Seperti Farsia dari Batavia dan Prasib dari Bandung Arima juga memiliki penggemar Aramania dan Aramanita.

Saat pertama kali memasuki kota Maling Anda akan langsung terkesan dengan karakteristik daerah yang berbeda. Dari t-shirt hingga wallpaper singa ikonik Anda akan merasa berguna bahkan jika Anda bukan seorang pengembang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top