Let's Chat

Apa Itu Mie Ramen dan Adakah Self Servicenya di Malang?

Apa Itu Mie Ramen – Walaupun dikenal sebagai sajian khas Jepang, asal-usul ramen sesungguhnya berasal dari kata la mien dalam bahasa Tiongkok yang berarti ‘mie yang ditarik’. Hal ini merujuk pada teknik pembuatan ramen dengan cara menarik adonan tepung terigu sebelum dipotong.

Ramen merupakan jenis mie Jepang yang disajikan dengan berbagai cara. Dibandingkan dengan jenis mie lainnya, ramen memiliki bentuk yang lebih ramping. Sajian ramen biasanya disertai dengan kuah kaldu yang memiliki beraneka rasa seperti shoyu dan miso, serta ditambah dengan bermacam-macam sayuran seperti tauge dan rumput laut.

Apa Itu Mie Ramen dan Adakah Self Servicenya di Malang?

Bagi Anda yang ingin mencicipinya, ramen tersedia di restoran-restoran Jepang atau bisa ditemukan dalam versi instannya. Namun, perlu diperhatikan, konsumsi ramen sebaiknya tidak berlebihan karena meskipun lezat, ramen kurang dalam nutrisi dan tinggi kalori.

Kepopuleran ramen telah melahirkan berbagai varian rasa. Selain itu, ada berbagai variasi dalam bentuk mie, metode pengolahan, bumbu, dan kuah yang digunakan untuk memperkaya kenikmatan ramen itu sendiri.

Namun, rasa dari ramen biasanya masih tetap setia pada nuansa tradisional khas Jepang, seperti:

1. Shoyu Ramen

Apa Itu Mie Ramen

Shoyu ramen merupakan varian ramen yang sering kita temukan di banyak restoran Jepang. Ramen jenis ini dikenal dengan kuahnya yang berwarna cokelat, hasil dari rebusan daging dan aneka sayuran, yang memberikan rasa gurih mirip dengan kecap asin namun tetap terasa ringan saat dinikmati.

Dalam penyajiannya, shoyu ramen biasanya menggunakan mie yang keriting dan dihidangkan dengan tambahan daun bawang, potongan ikan, nori (sejenis rumput laut khas Jepang), telur rebus, dan tauge. Tak jarang, beberapa restoran yang ingin memberikan sentuhan berbeda pada resep ini menambahkan lada hitam dan minyak cabai.

2. Shio Ramen

Apa Itu Mie Ramen

Shio ramen termasuk ke dalam kategori ramen yang sudah lama ada. Meski rasa kuahnya memiliki kemiripan dengan shoyu ramen karena keduanya berasal dari rebusan daging dan sayuran, shio ramen memiliki keunikan tersendiri dengan penambahan garam sebagai bumbu utamanya dan tidak menggunakan kecap asin. Sebagai hasilnya, kuah shio ramen memiliki nuansa warna yang kekuningan.

3. Miso Ramen

Apa Itu Mie Ramen

Bagi Anda yang lebih memfavoritkan kuah ramen dengan tekstur yang lebih kental, mirip dengan kari, miso ramen bisa menjadi pilihan yang sempurna. Miso merupakan bahan masakan khas Jepang berupa pasta yang diperoleh dari fermentasi kedelai yang direbus bersama garam. Hal ini memberikan rasa kuah yang kaya dan berlapis.

4. Tonkotsu Ramen

Apa Itu Mie Ramen

Tonkotsu ramen merupakan varian ramen yang secara khas dibuat dari kaldu hasil rebusan tulang dan lemak babi, memberikan kuah berwarna putih keruh dan tekstur yang kental. Salah satu kekhasan dari tonkotsu ramen adalah durasi perebusan yang sangat panjang, bisa mencapai 20 jam, untuk mendapatkan kaldu yang nikmat, kental, dan penuh rasa.

5. Kandungan Kalori dan Nutrisi pada Ramen

Jika kita melihat bahan dasar dan metode pembuatannya, ramen sebenarnya tidak memiliki perbedaan signifikan dengan jenis mie lainnya. Ramen juga tersedia dalam versi instan yang memiliki kandungan gizi yang terbatas, namun kaya akan kalori.

Kandungan kalori dan nutrisi mungkin akan berbeda di setiap produk ramen instan, detilnya bisa dilihat pada bagian belakang kemasannya. Rata-rata, satu pak ramen instan mengandung sekitar 371 kalori.

Self Service Ramen Malang Bersama Piata Camilan

Di tengah meningkatnya popularitas ramen, berbagai inovasi bermunculan, termasuk konsep self service ramen. Di kota Malang, konsep ini diperkenalkan oleh Self Service Ramen Malang Bersama Piatacamilan. Tempat ini memberikan pengalaman unik bagi para pengunjungnya untuk memilih dan mencampur sendiri berbagai bahan ramen sesuai dengan selera mereka.

Baca Juga : Oleh Oleh Khas Malang Kekinian 2023

Pengunjung Self Service Ramen Malang Bersama Piatacamilan diberi kebebasan untuk memilih jenis mie, kuah, hingga topping yang diinginkan. Selain itu, untuk menambah kenikmatan, Piatacamilan juga menyediakan berbagai camilan khas Malang yang bisa dinikmati sebagai pelengkap makanan. Dengan konsep self service ini, setiap orang dapat menciptakan kombinasi ramen impian mereka dengan beragam pilihan yang tersedia.

Keunikan dari Self Service Ramen Malang Bersama Piatacamilan ini tidak hanya berhenti pada konsep pelayanannya saja. Desain interior yang menarik dan suasana yang nyaman membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Malang. Konsep self service ini memberikan nuansa modern, namun tetap mempertahankan cita rasa tradisional ramen yang autentik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top