Let's Chat
Wisata Edelweiss Malang

Wisata Edelweiss Malang: Rute, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Wisata Edelweiss Malang – Di tengah gemerlapnya kota Malang yang ramai, terdapat sebuah tempat yang menawarkan kedamaian dan keindahan alam yang memukau. Wisata edelweis di Malang adalah destinasi yang menarik bagi para pencinta alam dan petualang. Terletak di ketinggian yang mencapai ribuan meter di atas permukaan laut, tempat ini menjadi surga bagi pecinta flora yang ingin menemukan keindahan edelweis yang langka.

Edelweis, dengan kelopak putihnya yang lembut dan cantik, menjadi daya tarik utama wisata ini. Para pengunjung dapat menemukan kebun edelweis yang tersebar di berbagai titik di sekitar Malang. Selain menikmati keindahan bunga yang langka ini, pengunjung juga dapat menikmati udara segar dan sejuk serta pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar lokasi wisata.

Tidak hanya untuk menikmati keindahan alam, wisata edelweis di Malang juga menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat dan stres dari kehidupan sehari-hari. Dengan udara yang segar dan hawa pegunungan yang menyejukkan, pengunjung dapat merasakan ketenangan dan kedamaian yang jarang ditemui di tengah keramaian kota. Wisata ini memberikan pengalaman yang berbeda dan menyegarkan bagi siapa pun yang mengunjunginya. Nah selengkapnya berikut ini lokasi, rute, harga tiket, hingga daya tarik utamanya, yuk simak.

Mengenal Wisata Edelweiss Malang

Desa Wisata Edelweis, yang terletak di Pasuruan, menjadi pusat budidaya Bunga Edelweis, yang juga dikenal sebagai bunga abadi. Meskipun bunga Edelweis dilindungi, Desa Wonokitri memperoleh izin dari pemerintah untuk membudidayakannya, menjadikannya salah satu tempat wisata yang menarik. Terletak di lereng Gunung Bromo pada ketinggian 1840 mdpl, taman ini memiliki lahan seluas 1192 meter persegi yang berbentuk lereng. Bunga Edelweis yang ditanam memiliki beragam warna, termasuk merah muda, kuning, putih, dan ungu.

Destinasi wisata ini, yang mencakup area seluas 7.000 meter persegi, terletak di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Desa Wisata Edelweiss secara resmi diumumkan sebagai desa wisata pada bulan November 2018, dengan peran penting sebagai tempat konservasi dan budidaya bunga Edelweiss.

Bunga edelweis disebut sebagai bunga abadi karena memiliki masa mekar yang panjang, yakni sekitar 10 tahun. Namun, bunga ini dilindungi secara hukum sehingga tidak diperbolehkan untuk dipetik secara ilegal. Wisatawan yang ingin mempelajari cara menanam edelweis dapat mengunjungi Desa Wisata Edelweiss Wonokitri.

Fasilitas Wisata Edelweiss Malang

Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Edelweis:

  • Areal Parkir
  • ATM
  • Balai Pertemuan
  • Kafe
  • Kamar Mandi Umum
  • Kios Souvenir
  • Berbagai Pilihan Kuliner
  • Musholla
  • Area Selfie
  • Spot Foto
  • Tempat Makan
  • Area Wifi

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Desa Wisata Edelweis terletak di Jl. Sekar Sari, Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan. Destinasi ini beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya.

Untuk menikmati semua yang ditawarkan, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10 ribu. Namun, tak hanya tiket masuk, pengunjung juga akan menerima voucher senilai tiket tersebut yang dapat ditukarkan dengan makanan di kafe yang tersedia di area lokasi wisata. Selain itu, untuk memastikan kendaraan tetap aman, pengunjung perlu membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Rute Menuju Desa Wisata Edelweis

Desa Wisata Edelweiss Wonokitri terletak sekitar 43 kilometer dari Pusat Kota Pasuruan, dapat dicapai dalam waktu perjalanan sekitar 1 jam 20 menit dengan kendaraan pribadi. Akses menuju destinasi ini sudah cukup baik, memungkinkan pengunjung untuk mengunjunginya baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Alun-alun Pasuruan

Jika berasal dari Alun-alun Pasuruan, rute perjalanan dimulai dengan mengambil arah ke Tenggara menuju Jl. WR Supratman, kemudian terus lurus menuju Jl. Veteran atau Jl. Raya Pantura sejauh 900 meter. Selanjutnya, belok kanan ke Jl. Patimura sejauh 5,5 km, lalu ambil arah kiri di Rest Area Bajangan menuju Jl. Warungdowo Timur sejauh 1,5 km.

Setelah melewati Puskesmas Gondang, ambil jalur kiri menuju Jl. Raya Bromo sejauh 10 km. Di pertigaan depan Paimo Motor, belok kiri dan ikuti jalur tersebut hingga mencapai Balai Desa Ngatungan, lalu belok kiri dan terus mengikuti jalur yang tersedia. Setelah sampai di Jl. Sekar Sari, hanya tinggal melanjutkan perjalanan lurus sejauh 800 meter untuk mencapai tujuan.

Daya Tarik Wisata Edelweiss Malang

Taman Edelweiss

Salah satu daya tarik utama dari Desa Wisata Edelweis adalah Taman Edelweis. Di tempat ini, pengunjung dapat menemukan bunga edelweis yang telah dibudidayakan dengan baik. Taman ini menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk berpose di tengah-tengah hamparan bunga abadi tersebut, dengan latar belakang pemandangan indah pegunungan yang khas dari wilayah Bromo. Selain berfoto di spot Taman Edelweis, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk belajar tentang proses budidaya tanaman ini, menambah pengalaman dan pengetahuan tentang flora yang langka ini.

Edukasi Edelweiss

Di Taman Edelweis, pengunjung tidak hanya dapat berpose di spot yang menakjubkan, tetapi juga memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan tentang cara membudidayakan tanaman ini. Tempat ini berfungsi sebagai pusat pembudidayaan Edelweis serta sebagai tempat pembelajaran bagi para wisatawan yang ingin mengetahui trik dan teknik bercocok tanam edelweis.

Pengunjung dapat memperoleh berbagai informasi seputar budidaya edelweiss, mulai dari seleksi biji, pemisahan tanaman bibit, hingga langkah-langkah penanaman yang efektif. Meskipun edelweiss umumnya ditemukan sebagai tanaman liar, namun dengan pengetahuan yang tepat, tanaman ini dapat berhasil dibudidayakan. Dengan demikian, setiap wisatawan yang mengunjungi taman ini tidak hanya dapat menikmati pengalaman berfoto yang menarik, tetapi juga akan pulang dengan pengetahuan yang berharga tentang budidaya edelweiss.

Proses Budidaya Edelweis

Rangkaian kegiatan budi daya bunga edelweis di Desa Wisata Edelweiss Wonokitri meliputi beberapa tahapan penting. Pertama, pengunjung akan mempelajari proses memilah biji bunga edelweis yang menjadi langkah awal dalam budi daya tanaman ini. Selanjutnya, mereka akan diajak untuk menabur benih bunga edelweis di media tanam yang sesuai.

Selain itu, pengunjung juga akan dikenalkan dengan berbagai jenis bunga edelweis yang ada di lokasi wisata ini. Salah satu kegiatan menarik lainnya adalah pembelajaran tentang cara membuat suvenir yang bahan utamanya berasal dari bunga edelweis. Dengan rangkaian kegiatan ini, diharapkan pengalaman wisatawan terhadap bunga edelweis akan bertambah, sehingga mereka dapat lebih memahami dan menghargai pentingnya pelestarian bunga abadi ini.

Souvenir Edelweiss

Wisatawan memiliki opsi untuk memetik bunga edelweis dengan izin, atau jika ingin membawa pulang suvenir, dapat membelinya secara legal di toko-toko suvenir di sekitar lokasi. Hal ini karena memetik bunga edelweis di alam bebas merupakan pelanggaran hukum yang dapat berdampak negatif pada ekosistem. Oleh karena itu, penting bagi pengunjung untuk menghormati peraturan dan memilih opsi yang legal untuk membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan mereka.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penginapan Malang Dekat Wisata

Mendalami Budaya dan Tradisi Masyarakat Tengger

Selain dapat belajar menanam bunga edelweis, para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk mengikuti paket wisata “One Day Being a Tengger”, yang memungkinkan mereka merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Tengger. Salah satu kegiatan yang tersedia dalam paket ini adalah ikut serta dalam persiapan pelaksanaan upacara adat suku Tengger, termasuk penyajian sajen dan simbolik patung raksasa.

Selain itu, wisatawan juga dapat berpartisipasi dalam upacara adat, mulai dari awal hingga penutupan acara. Paket ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 250.000. Dengan mengikuti paket ini, para wisatawan dapat mendapatkan pengalaman unik dan mendalam tentang budaya dan tradisi masyarakat Tengger, memperkaya pengalaman wisata mereka di Desa Wisata Edelweis Wonokitri.

Usai menjelajahi pesona Wisata Edelweiss Malang, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh pia Cap Mangkok. Menciptakan kenangan manis, pia ini merupakan pilihan yang sempurna untuk dinikmati di rumah atau sebagai hadiah bagi kerabat. Rasanya yang lezat pasti akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Pia Cap Mangkok menawarkan beragam rasa dengan harga terjangkau. Nikmati variasi rasanya dengan harga yang ramah di kantong, sehingga Anda dapat menikmati lezatnya pia ini tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Gerai oleh-oleh ini dengan banyak cabang terdekat yang dapat Anda kunjungi. Dengan keberadaan cabang yang tersebar luas, Anda bisa dengan mudah menemukan dan menikmati pia Cap Mangkok di tempat terdekat dari Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top