Let's Chat
Kuliner Khas Malang

15 Kuliner Khas Malang 2023 yang Nyesal Kalau Sampai Terlewatkan

Kuliner Khas Malang – Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki berbagai makanan khas Malang. Makanan Malang tidak hanya enak tapi juga terkenal murah dan murah.

Tampaknya menjadi legendaris di seluruh dunia. Makanan khas Malang ini memiliki cita rasa dan kenikmatan tersendiri yang terlihat dari tempatnya disantap langsung dari tempat asalnya.

15 Kuliner Khas Malang 2023 Kamu Wajib Coba

Masakan Malang cukup berbeda dan terkenal dengan rasanya. Beberapa makanan khas mereka yang populer adalah Bakso Malang Singuri Salad Rhubarb Bebek Panggang Sup Kudus Ragusa Cream Ice Cream dan masih banyak lagi.

Malang memiliki banyak kafe dan restoran yang menyajikan berbagai masakan termasuk hidangan internasional seperti pizza pasta dan burger. Malang karenanya menjadi tujuan kuliner yang menarik wisatawan ke kota.

1. Pia Mangkok Malang

Malang punya kuliner legend yang fenomenal, salah satunya adalah Pia Cap Mangkok Malang, karena pia ini sudah didirikan sejak tahun 1959, dan sekarang sudah menjadi kuliner khas malang yang sangat diminati oleh para pecinta pia di Indonesia, dan uniknya pia ini bisa dikirim ke seluruh Indonesia dan menjadi camilan teman Anda selama Anda bekerja.

Kuliner Khas Malang

Favorit yang umum adalah pia rasa kacang hijau dan cokelat. Dan rasa kopi dan durian tidak banyak diproduksi. Nanas jenis ini hanya boleh disimpan selama dua minggu. Karena tidak mengandung bahan pengawet piacap mangkok ini laris manis di Erema Food. Itu selalu menarik karena rasanya berbeda dari yang lain. Hal yang paling menonjol adalah kulit nanas ini berbeda dengan nanas lainnya. Tekstur kulitnya sedikit berkerut.

Bagaimana dengan ini. Harga terus naik namun mengikuti perkembangan zaman dan selalu kekurangan pasokan. Pia Cap Mengkok terus berinovasi menciptakan pilihan rasa dan kemasan baru. Piya adalah oleh-oleh kekinian yang selalu inovatif dan bersertifikasi Halal berbasis teknologi tanpa meninggalkan cita rasanya yang unik dan istimewa.

Hari ini Pia Cap Mangkok adalah pusat oleh oleh khas Malang dengan banyak cabang di kota Malang. Toko Pia merupakan pusat oleh-oleh khas Malang yang menawarkan produk-produk Pia serta oleh-oleh khas Malang lainnya yang berkualitas.

2. Bakso Malang

Bakso adalah salah satu masakan yang paling terkenal dan populer di Malang. Bakso di Malang memiliki variasi isian yang lebih banyak dibandingkan di kota lain. Ada juga bihun dan mie kuning tahu.

Kuliner Khas Malang

Selain itu lontong juga disajikan untuk teman makan bakso. Bakso mudah ditemui di jalan-jalan kota Malang. Dari trem hingga restoran. Ada lebih banyak jenis bakso. Misalnya: Melcon bola gulung atau bola ikan atau bola sumsum tulang atau bakso dll.

3. Sate Gebug

Sate Gebug adalah kuliner khas Malang yang melegenda. Makanan ini bisa didapatkan di Warung sate Gebug yang sudah beroperasi sejak tahun 1920. Set Gebag memiliki irisan daging yang sangat tebal. Dagingnya tidak diiris atau digiling melainkan disegel hingga empuk.

Kemudian dilapisi dengan kecap yang lezat dan dipanggang sampai matang. Satenya masih juicy dan rasanya lebih enak karena disajikan dengan banyak kecap encer.

Makanan di Sate Gebug Malang memang unik. Sate khas Malang ini dibuat dengan daging sapi segar dan rempah-rempah premium pilihan. Sate disiapkan menggunakan metode klasik oleh koki ahli dengan pengalaman puluhan tahun.

Proses memasaknya memang unik mungkin Anda belum pernah mengalaminya sebelumnya. Salah satu cara memasak masakan ini adalah dengan menggiling daging sapi hingga empuk.

Seperti namanya Sate Gebug kata Gebug berarti memukul dalam bahasa Indonesia. Daging sapi dipanggang dibumbui dan dipanggang. Hasilnya adalah tampilan dan tekstur nasi yang lebih enak serta rasa nasi yang nikmat.

Maka wajar jika restoran-restoran tersebut memiliki sejarah yang panjang dan banyak dicari oleh para ahli kuliner. Malang memiliki nuansa yang sangat kental dari hiruk pikuk tempo dulu berkat warung sate kepak. Di sini Anda bisa melihat gardu tua dengan eksterior hijau tua untuk tampilan klasik. Interior ruangan juga menyerupai bangunan kuno.

4. Sempol

Jajanan Sempol atau Sempolan banyak dijumpai di pinggir jalan. Berasal dari Desa Sempolan jajanan ini terbuat dari tepung kanji yang diperas di atas sekam bambu lalu dilumuri dengan telur kocok dan digoreng. Harganya sangat terjangkau hanya 1000 dram per batang.

Sempol adalah adonan tepung yang dicampur dengan daging atau ikan murni dan rempah-rempah lainnya dan dimasak dalam minyak panas dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Sempoll biasanya disajikan dalam bentuk cabai bubuk atau cabai bubuk. Hidangan ini sangat populer di Jawa Timur dimana Anda bisa menemukannya di restoran termasuk pasar tradisional dan pedagang kaki lima di Malang.

Baca Juga : Pusat Oleh Oleh Premium Malang

5. Mie Pangsit

Selain hobinya ia juga memiliki mi pangsit yang dikenal sebagai makanan khas Malang. Mi pangsit mirip dengan cwimie tetapi dicampur dengan minyak kuning dan kunyit.

Biasanya cwimie disajikan dengan daging cincang mustard atau kucai kuning usus ayam dan banyak biskuit. Mie pangsit ini juga termasuk makanan murah. Anda dapat membelinya seharga 5.000-8.000 rupiah Indonesia. Ada juga pedagang yang menjual mie pangsit seharga 3000 rupiah.

6. Tahu Lontong

Malang memiliki sajian unik bernama Tahu Lontong. Ada juga produk khas Malang yaitu Duburonggang. Pada dasarnya tahu tidak jauh beda dengan tahu randang.

Selain itu tahu malang randang dari segi bentuk dan rasa sedikit berbeda dengan tahu malang randang surabaya namun tahu malang randang asli terbuat dari campuran kacang tanah yang dihaluskan dan kecap manis. Lalu disajikan dengan tahu goreng dan kerupuk kanji. Sedangkan Tahu Landang Surabaya lebih dominan ukuran dan kecambahnya.

7. Ceker Setan

Bahkan sebelum Mie Setan datang ke Malang masyarakat kota ini sudah jatuh cinta dengan Cakar Setan. Kla dimasak dengan banyak bumbu tambahan yang juga dikenal sebagai kla mercon di negara lain.

Ceker Setan adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari paha ayam yang sudah dibersihkan kemudian direbus dan digoreng hingga garing disajikan dengan bumbu seperti bawang putih cabai dan kecap manis. Ini menghasilkan rasa yang unik. Lidah pemakan pedas.

8. Soto Kampung

Makanan khas Malang berikutnya adalah soto ayam kuning dengan kuah yang agak kental dan ditaburi sedikit dal. Bagi warga Malang soto jenis ini disebut soto kampung.

Semangkuk soto kampung terdiri dari nasi rebus telur kentang rebus tauge dan ayam kampung. Warung soto desa yang paling terkenal di Malang adalah depot soto Lombok.

Soto Kampung Malang adalah masakan Soto khas Indonesia yang berasal dari kota Malang di Jawa Timur. Hidangan ini menyajikan mie telur ayam berkuah yang kaya dengan potongan tauge dan rempah-rempah seperti serai daun jeruk dan jahe.

Biasanya Soto Kampung Malang disajikan dengan kerupuk goreng dan sambal sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan gurih.

9. Mie Setan

Saat ini Mie Setan atau Mie Setan dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Tapi dulu masakan ini disiapkan di Malang. Maka dari itu tidak salah jika menyebut Mie Setan sebagai sajian khas dari Malang.

Tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan selera pemesan. Biasanya penjaja makanan ini menyajikan mie setan dengan sambal mata burung dan kecap manis sebagai variasi menunya.

Ada ratusan warung mie setan di Malang. Mee Seitan Kobar Mie Chetan Mee dan Dimsum dan Mee Gakon adalah hidangan populer.

10. Cilok Daging

Chilok dikenal sebagai jajanan khas Bandung. Namun Malang juga memiliki kuliner khas bernama med chilok. Chilok yang dijual di pinggir jalan biasanya memiliki tekstur yang agak keras seperti bakso mini.

Ada yang disajikan dengan sambal merah sambal kacang sambal bakso dan sayur. Kecap manis gosong juga tersedia.

Cilok Daging adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang digulung menjadi cincin dan direbus kemudian disajikan dengan potongan daging sapi yang di beri kecap manis dan bumbu kacang. Hidangan ini biasanya dijual sebagai jajanan pinggir jalan dan sangat populer di Jawa Barat.

11. Nasi Mawut

Hidangan khas Malang yang sangat unik adalah maut chawal. Sejenis nasi goreng dengan topping berbeda seperti mi telur ayam dan sayuran cincang. Nasi-mout hidangan ini memiliki bahan yang berbeda dan terlihat berantakan di piring.

Anda bisa menemukan nasimun terbaik di warung nasi goreng keliling dan warung pinggir jalan. Beberapa hidangan yang disajikan di Mawt Chal cukup unik seperti: Dibuat dalam panci besar Warung Sepupu Sego Lysek hadir dengan beragam lauk pauk dan Nasi Maut Spesial Pak Ivan dengan mie kering yang renyah.

12. Keripik Tempe

Tak heran jika olahan tempe menjadi sajian khas Malang sebagai salah satu kota penghasil tempe. Salah satunya tempe goreng. Keripik tempe menjadi oleh-oleh yang wajib dimiliki oleh para traveller yang singgah di kota Malang.

Camilan renyah ini biasanya dibeli dari Sentra Industri Tempe dan Sanon Keripik Tempe dalam berbagai rasa. Selain keripik tempe kawasan ini juga menawarkan keripik pai apel dan makanan khas Malang lainnya.

13. Mendol

Makanan gilingan yang umum selanjutnya adalah tempe yang disebut mandol. Mandol terbuat dari tempe yang dihaluskan dicampur dengan bumbu digulung menjadi bentuk lonjong dan digoreng sampai matang.

Biasanya mandol ini disajikan sebagai lauk pelengkap nasi pesal nasi jagung atau nasi rawan. Harum dan manis seperti kanguru dan daun jeruk.

14. Ketan Topping

Selain sate kelinci Batu memiliki kuliner khas lainnya. Topping Ketan Ketan Makanan khas malang ini merupakan sajian nasi ketan kukus yang disajikan dengan berbagai topping.

Misalnya saus durian pisang coklat dengan susu kental dan ayam. Di sebelah warung legenda Pos Ketan Alun-alun Batu yang menjual isian ketan terkenal di Malang. Namun cabangnya juga bisa ditemukan di pusat kota Malang.

Ketang topping malang adalah masakan Indonesia yang terdiri dari ketan yang dimasak dengan santan dan gula sampai kental dan lembut kemudian disajikan dengan parutan kelapa kacang tanah dan kuah gula merah.

Hidangan ini biasa disajikan dalam mangkok atau kotak dan sangat populer di Malang Jawa Timur. Topping Ketang Malang bisa ditemukan di banyak tempat mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran modern.

15. Sate Kelinci

Sate kelinci menjadi makanan eksotis bagi sebagian orang karena daging hewan bertelinga panjang ini tidak lazim dimakan. Namun makanan ini mudah didapat di dataran tinggi.

Malang Batu merupakan tempat makan sate kelinci yang populer di kalangan wisatawan luar Malang. Satu porsi sate biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging yang dipotong kecil-kecil dan sekilas terlihat seperti sate ayam.

Sate kelinci adalah sejenis hidangan sate dimana daging kelinci dipotong kecil-kecil dan ditusukkan pada tusuk sate bambu sebelum dipanggang atau dipanggang. Sate kelinci adalah hidangan populer di banyak negara termasuk Indonesia Malaysia dan Thailand.

Sate kelinci biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kecap namun bisa juga disajikan dengan lontong atau nasi dan sayuran seperti timun atau tomat. Daging kelinci dipilih sebagai bahan utama sate karena dagingnya empuk rendah lemak enak dan sehat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top