Let's Chat
Jajanan Khas Malang Yang Lagi Hits

7 Jajanan Khas Malang Yang Lagi Hits, dari Jadul sampai Kekinian

Jajanan Khas Malang Yang Lagi Hits – Menikmati berbagai masakan lezat adalah suatu keharusan jika Anda berada di Malang. Jajanan Malang yang satu ini dijamin tidak akan menguras kantong Anda. Malang merupakan salah satu kota paling maju di Jawa Timur.

Malang Raya Kota Malang memiliki ciri khas yang membedakan Provinsi Malang dan Kota Batu dengan daerah lain. Selain warisan budaya yang begitu unik Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan dan banyak pendatang yang mengembangkan peradaban kuliner Malang dari waktu ke waktu. Makanan bukan hanya kebutuhan itu adalah cara hidup. Ragam makanan khas Malang langsung hits karena penyebarannya yang cepat.

Cita rasa dan kenangan manisan Malang

Sebelum kemerdekaan saat Malang dijajah dan dikuasai asing berkembang. Selain penjajah Belanda banyak juga pedagang Arab dan Cina yang merantau ke pesisir dan menetap di Malang. Ini terkait erat dengan potensi pertanian dan tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan rempah-rempah untuk Eropa.

Orang Eropa memperkenalkan penduduk asli ke berbagai makanan seperti roti dan es krim. Pedagang Tionghoa pun memperkenalkan bakso yang kemudian menjadi makanan khas Malang. Bangsa Arab juga memperkenalkan makanan Timur Tengah dan kontak dengan banyak budaya asing yang kemudian berkembang namun Malang tetap berhasil mempertahankan kelezatan masakan asli Indonesia.

Makanan ringan seperti ketan sudah ada sejak kerajaan Majapahit. Mereka yang lahir dan besar di Malang mungkin akan merindukan berbagai snack bar yang ada di Malang. Berkeliaran dan sesekali menawarkan makanan dan jajanan dapat menyembuhkan kerinduan. Yogyakarta juga merupakan rumah yang ingin dikunjungi banyak orang.

7 Jajanan Khas Malang Yang Lagi Hits Yuk Disimak

Berlibur ke Malang belum lengkap rasanya tanpa mencicipi jajanan enak di Malang. Usahakan untuk membeli makanan ringan saat istirahat. Jenis jajanan berikut juga bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Malang.

1. Pia Cap Mangkok

Pia cap mangkok ini merupakan salah satu jajanan paling dicari di Malang, karena jajanan pia cap mangkok ini sudah sangat melegenda di Malang dan sekiatrnya sekitar dari tahun 1959 produk pia mangkok sudah ada di Malang, jadi sangat disayangkan jika Anda belum berkesempatan mencicipi pia ini.

Jajanan Khas Malang Yang Lagi Hits

Bagaimana Cara pemesanannya?

Jl. Semeru no. 25 Klojen – Malang
(0341 – 335900) 082143294818

2. Cilok Daging

Salah satu jajanan pinggir jalan yang bisa disantap kapan saja dan banyak ditemui di keramaian adalah caro cilok. Meski malang bukan makanan asli budaya menggunakan tsilok membuatnya identik dengan malang.

Pasalnya kota Malang juga terkenal dengan daging dan masakannya yang enak. Jika anda ingin membeli jajanan malang ini maka anda tidak perlu khawatir untuk mencarinya.

Coba jalan-jalan di sekitar Jalan Soekarno Hatta atau beberapa area di depan universitas. Anda akan menemukan pedagang kaki lima yang berjualan hingga pagi hari.

3. Ketan Bubuk

Selain jajanan populer yang banyak ditemui di pusat perhubungan Malang juga punya jajanan legendaris bernama tepung ketan. Makan siang Malang era Majapahit ini seperti pelengkap waktu berkumpulnya orang-orang – jika Anda adalah pengunjung luar kota cobalah sisihkan waktu untuk menikmati lezatnya nasi Malang yang halus.

Baca Juga : Pusat Oleh Oleh Premium Malang

Ada banyak warung nasi ketan yang sudah ada sejak tahun 70-an dan sangat direkomendasikan. Cobalah ketan Pak Yan Ketan Lorong atau ketan Bengawan STMJ diikuti dengan ketan bengawan solo

4. Mendol

Tempe pedas ini tidak kalah dengan jajanan malang lainnya. Menthol merupakan makanan ringan yang terbuat dari tempe yang direbus dengan bumbu seperti kangguru dan daun jeruk purut. Adonan dibentuk menjadi kepalan tangan berbentuk oval dan digoreng hingga matang.

Coba kunjungi supplier gorengan atau toko makanan mandala terdekat. Menthol biasa digunakan sebagai lauk di Rawan Beesal dan menu makanan berkuah. Menthol juga digunakan sebagai komponen penting menu sehari-hari ibu rumah tangga.

5. Kue ontbijtkoek

Jajanan ini sudah ada sejak zaman Belanda dan menjadi warisan budaya berupa masakan. Masyarakat adat pada masa itu sudah mengenal jenis-jenis manisan yang biasa mereka santap di pagi hari. Kini masyarakat Kajoetangan sudah menyiapkan kue ombikuk yang enak ini.

6. Bakso bakar

Bakso sendiri menjadi ikon kota Malang. Isian bakso yang berbeda membuat daging malang berbeda dengan bakso di negara lain. Bakso Malang sering disajikan dengan aneka gorengan dan makanan lainnya.

Salah satu makanan khas malang adalah bakso bakar. Daging sapi Pentagon disajikan di atas tusuk sate panggang dan ditaburi berbagai bumbu lezat. Hal ini bisa Anda temukan di Bakso Kak Maan Bakso presiden dan STMJ Bakso Bakar Malang.

7. Ceker setan

Salah satu jajanan larut malam yang paling enak dan masih laris sampai sekarang adalah ceker setan. Saya tidak tahu berapa banyak lada yang masuk ke saus cakar setan.
Mulut Anda pasti akan disuguhi suguhan pedas sambil menikmati tekstur renyah yang lembut. Jika Anda penasaran dengan pedasnya Cakar Setan Malang ini cobalah berjalan-jalan di sekitar pekarangannya.

Beberapa globe vendor biasanya menempati tempat yang tidak terlalu jauh dari keramaian. Karena pembeli malam biasanya masih muda dan pelajar.

Semoga perjalanan Anda selama di Malang sangat menyenangkan ya dengan adanya banyak jajanan yang hits di Malang dan sekitarnya, salam jajanan dari Piatacamilan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
Scroll to Top