Let's Chat
Oleh-oleh Asli Malang

18 Daftar Oleh-Oleh Asli Malang, Tidak Hanya Apel

Oleh-Oleh Asli Malang – Malang dan sekitarnya atau yang biasa dikenal dengan Malang Raya merupakan salah satu kawasan wisata andalan di Jawa Timur. Selain banyak tempat wisata yang menarik, oleh-oleh khas Malang pun sangat bermacam dan menarik,  jangan sampai lupa untuk dibawa pulang.
Oleh-oleh khas Malang ini tidak hanya berupa buah apel dan produk olahannya saja, namun juga ada pia, berbagai macam keripik, bakso, ledre dan masih banyak lagi makanan lainnya. Selain makanan, oleh-oleh khas Malang juga berupa kerajinan tangan atau kaos bertema Malang yang khas. Apa saja? Simak daftar oleh-oleh asli Malang berikut ini.

18 Daftar Oleh-Oleh Asli Malang

Pertama dimulai dengan oleh-oleh selain apel, yaitu berbagai makanan khas Malang asli Kota Malang yang bisa anda bawa pulang. Diantaranya adalah nomor-nomor berikut:

Pia Cap Mangkok

Oleh-Oleh asli Malang

Pia mungkin yang paling terkenal di Yogyakarta. Namun di Malang juga ada jenis kue pia yang khas terkenal dan legendaris.
Pia yang legendaris ini adalah Pia Cap Mangkok. Kue ini lebih besar dan memiliki banyak varian rasa. Tekstur dan rasanya hampir mirip dengan kue pia pada umumnya. Anda dapat menemukannya di berbagai toko oleh-oleh di Malang. Seperti di Pia Cap Mangkok Galunggung , harganya pun sangat terjangkau.

Keripik Tempe

Keripik Tempe merupakan makanan favorit banyak orang. Di Malang, jenis keripik tempe banyak ditemukan di toko oleh-oleh. Rasanya pasti enak dan renyah. Ada centra produksinya yaitu di kampung Sanan.

Ledre Bangka

Ledre Bangka merupakan oleh-oleh khas Malang sekaligus telah menjadi kuliner legendaris di daerahnya.
Bahan-bahan pembuatan ledre khas Malang ini antara lain tepung terigu, pisang dan gula pasir. Ledre Bangka bentuknya tipis dan memiliki rasa manis.

Berbagai Olahan Telo/Ubi

Banyak masyarakat di Malang yang menanami kebunnya dengan ditanami ubi atau telo. Dan telo di Malang banyak dijual dalam bentuk olahan, seperti bakpao telo ungu, keripik telo, mie telo, kue telo bahkan es krim telo.

Bakpao Sayang

Udara Malang yang segar tentunya sangat cocok untuk menyantap hidangan panas seperti bakpao.
Cobalah berkunjung ke Bakpao Sayang untuk menikmati bakpao yang masih hangat dengan banyak variasi isian seperti coklat, kacang hijau, bahkan daging ayam.

Coklat Tempe

Pada umumnya, tempe cara pengolahannya dengan digoreng atau dibuat keripik. Berbeda dengan yang lain, di Malang tempe juga dibuat menjadi tempe coklat.
Dengan rasa gurih dari tempe dipadukan dengan manisnya coklat menciptakan cita rasa khas yang nikmat. Anda bisa membelinya di beberapa toko Dekonco Malang.

Onde-Onde Malang

Di Malang ada juga onde-onde yang seperti dapat ditemukan di berbagai daerah lain.
Ada salah satu tempat makan di Malang yang menyajikan onde-onde legendaris, yaitu Depo HTS di Lawang Malang. Sajian onde-onde di sini unik karena memiliki rasa yang lembut.

Keripik Gadung

Selain keripik tempe dan keripik buah, anda juga bisa mencoba keripik yang terbuat dari gadung. Keripik ini memiliki tekstur yang lebih ringan, asin, dan renyah.

Bakso Malang Frozen

Bakso Malang mempunyai ciri khas tersendiri. Dalam satu mangkuk berisikan berbagai macam seperti beberapa macam bakso dan pangsit.
Saat ini bakso khas Malang telah mengikuti zaman dan bisa dijadikan oleh-oleh karena dikemas dalam bentuk bakso beku.

Malang Strudel

Strudel merupakan kue kering khas Jerman yang diisi dengan buah-buahan.
Malang Strudel menawarkan beragam isian dengan rasa lokal, antara lain seperti, pisang, rasa apel,  bahkan nangka. Makanan ini bisa Anda beli di beberapa toko oleh-oleh atau toko kuliner di Malang.

Carang Mas

Carang mas merupakan jajanan tradisional Malang yang masih digandrungi banyak orang. Berbahan dasar ubi jalar dan gula merah.
Ubi jalar tadi diserut sehingga berbentuk menjadi mie kering, lalu digulung menjadi bola-bola kecil. Anda dapat menemukannya di toko suvenir.

Kopi Malang

Bagi pecinta kopi, Anda bisa menyiapkan kopi sebagai oleh-oleh. Kopi khas Malang ini biasanya berasal dari daerah Dampit, Kabupaten Malang. Kopi di sini adalah Robusta dan banyak sudah diekspor ke berbagai negara.

Oleh-oleh dari Apel Malang

Selanjutnya khusus oleh-oleh populer di Malang yaitu apel Malang. Apel malang ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan. Berikut beberapa oleh-oleh Malang dari Apel.

Apel Malang

Apel Malang mempunyai rasa, bentuk dan tekstur yang unik. Ukurannya cukup kecil jika dibandingkan dengan apel Fuji atau apel Washington. Saat digigit, tekstur apel ini lebih renyah. Rasanya manis dan asam.
Tidak sulit mendapatkannya, penjual apel Malang banyak dijumpai, baik di pinggir jalan maupun di toko oleh-oleh. Pengalaman memetik apel Malang sebenarnya bisa juga Anda coba di beberapa agrowisata seperti Petik Apel Green Garden, Agrowisata Kusuma,  dan Wisata Petik Apel Agro Rakyat.

Jenang Apel

Olahan apel Malang lainnya adalah jenang apel. Dodol atau jenang ini terbuat dari buah apel Malang.Jenang apel mempunyai rasa manis tetapi sedikit asam dengan sedikit tekstur apel yang masih terasa. Rasanya pasti berbeda dengan jenang dodol pada umumnya

Keripik Buah

Karena tempatnya yang mendukung, Malang Raya merupakan daerah penghasil banyak jenis buah-buahan. Buah-buahan ini kemudian banyak diolah menjadi berbagai keripik yang lezat.
Selain apel, buah lain yang biasa dijadikan keripik adalah nangka, salak, nanas, dan melon. Anda dapat membeli keripik-keripik ini di banyak toko oleh-oleh di Malang.

Sari Apel

Apel malang juga dapat diolah menjadi minuman khas, seperti sari buah Malang, sari buah apel ini rasanya manis dan sedikit asam.
Cara membuatnya yaitu dengan mesin untuk memeras apel, lalu menambahkan bahan lainnya. Sari apel seringnya dikemas dalam gelas plastik kecil dan biasanya dijual dalam paket dus.

Baca Juga : Tips Belanja Oleh-Oleh

Souvernir khas Malang

Tak hanya makanan dan minuman yang bisa Anda bawa pulang selama berada di Malang. Dibawah ini beberapa kerajinan tangan yang telah menjadi oleh-oleh khas Malang.

Topeng Polowijen

Bagi yang menyukai seni, cobalah datang ke Kampung Budaya Polowijen.
Salah satu hasil kerajinan tangan yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah topeng Malang. Topeng yang terbuat dari kayu ini dapat dijadikan sebagai pajangan dinding atau sebagai gantungan kunci untuk ukuran lebih kecil.

Keramik Malang

Di Desa Wisata Keramik Dinoyo, Anda bisa membawa pulang oleh-oleh keramik buatan tangan.
Produk keramik disini banyak macamnya, antara lain seperti piring, gelas, vas bunga, celengan, hingga pot. Anda juga bisa belajar membuat kerajinan keramik di sana.

Kaos Malang

Sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Malang, belum lengkap rasanya jika tidak membeli kaos yang bertema Malang.
Selain gambar ikonik Malang, juga terdapat berbagai kata-kata unik yang ditulis dalam Boso Walikan atau bahasa kebalikan khas Malang. Misalnya Malang yang ditulis Ngalam, Singo Edan yang ditulis Ongis Nade atau Arek Malang yang ditulis Kera Ngalam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top